Surat Pembaca

Kecewa dengan Penagihan Pihak Ketiga Home Credit, Padahal Sudah Mencicil Sesuai Kesepakatan

Saya masih mempunyai cicilan Home Credit dengan nomor pelanggan: 3900350158. Saya terus mencicil tagihan saya, sampai dengan akhir Desember 2020. saya diputus kontrak, sehingga saya tidak bekerja. Sejak saat itu saya kesulitan untuk membayar cicilan dan tagihan saya.

Pada bulan September 2021, saya menerima email dari pihak Asia Collect yang mengatasnamakan pihak ketiga dari penagihan cicilan Home Credit. Asia Collect mengancam saya, apabila tidak melakukan pembayaran, maka saya akan diproses secara hukum.

Akhirnya saya hubungi pihak Asia Collect dan saya jelaskan kondisi keuangan saya. Dimana saya tidak bekerja, sehingga saya tidak sanggup membayar total cicilan yang pada waktu itu senilai 13.400.000. Padahal saya hanya meminjam sebesar Rp13.000.000, tapi total yang harus saya kembalikan senilai 28.000.000. Sungguh kejam sekali bunga yang dibebankan.

Saya berbicara dengan bpk. Pur***** dan saya diberi nomor telepon 08569185****. Bpk Pur***** pun menerima ketidaksanggupan saya dan saya hanya sanggup membayar senilai Rp500.000 setiap bulannya. Pembayaran pertama saya pada bulan Oktober 2021.

Namunsaya masih kerap dihubungi pihak Asia Collect, setiap hari bisa telepon saya lebih dari 5x. Saya bingung, kan saya sudah deal dengan bpk. Pur*****, kenapa saya masih kerap diteror seperti ini?? Bahkan yang menghubungi saya berbeda-beda orangnya dan berbicara amat sangat tidak sopan.

Akhirnya saya terhubung lagi dengan bpk. Pur***** dan menjelaskan karena pembayaran saya di bawah minimum, maka tidak bisa dimasukkan ke sistem mereka. Sehingga saya akan kerap kali dihubungi dengan orang yang berbeda-beda. Saya jelaskan lagi, saya tidak bisa jika harus membayar keseluruhan total tagihan, toh saya sudah deal diawal dengan bpk. Pur**** untuk membayar 500.000 setiap bulannya, saya tidak kabur kok!

Sampai saat ini sudah 3x saya melakukan pembayaran dan konsisten melakukan pembayaran Rp500.000, tetapi saya sudah sangat lelah. Karena pihak Asia Collect terus meneror saya dengan telepon, email, bahkan mengancam kembali akan didatangkan pihak Collector ke rumah.

Tolonglah dilihat, saya ini sungguh-sungguh membayar loh. Saya masih niat membayar. Karena ekonomi saya sedang sulit, saya hanya sanggup membayar di bawah minimum yang mereka minta. Akan tetapi pihak Asia Collect seakan menutup mata dan menyamaratakan saya dengan pelanggan yang tidak pernah membayar alias kabur!

Untuk apa kalau begitu saya membayar? Niat baik saya membayar walaupun di bawah minimum tidak dihargai sama sekali. Sungguh saya kecewa dan sangat tidak profesional, dari pihak Asia Collect juga tidak konsisten dengan pembicaraan di awal!

Saya harap tidak ada lagi kasus seperti saya. Saya juga menyesal mengambil cicilan Home Credit yang bunganya mengalahkan bunga bank. Bayangkan saja, saya pinjaman hanya Rp13.000.000, yang saya harus bayarkan totalnya Rp28.000.000. Sisa yang belum saya bayarkan sampai saat ini Rp12.000.000, kalau mau dihitung jumlah cicilan yang sudah saya bayarkan itu lebih dari total pinjaman awal saya.

Rima Dias Prettystia
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Rima Dias Prettystia

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Rima di MediaKonsumen.com pada 25 Desember 2021 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • BUAT KALIAN YG SUDAH TERLANJUR BERHUTANG DENGAN PUNJOL, TIDAK USAH TAKUT DENGAN ANCAMAN MAU DIBAWA KE RANAH HUKUM, BILA PERLU AJAK SEKALIAN KE PENGADILAN BIAR HAKIM MEMUTUSKAN BERAPA YG PERLU ANDA BAYAR DAN SANGGUP BERAPA ANDA MENYICIL HUTANG ANDA SETIAP BULANYA, KALO DC MAEN KASAR LAPORIN KE POLISI, YG PENTING ANDA PUNYA ETIKAT BAIK DAN SUDAH PERNAH MENYICIL ITU BUKAN PIDANA. LAWAN KALO DC NYA KASAR ATAU MARAH2.

  • itu dealnya sama penagih bukan sama homecreditnya,,
    mending nunggu aja sampai ada yg dateng kerumah.. lebih enak negonya

  • "Untuk apa kalau begitu saya membayar? Niat baik saya membayar walaupun di bawah minimum tidak dihargai sama sekali."

    seolah2 membayar bukan kewajibannya, hanya membayar hanya untuk menghindari ditagih

  • Mudah2an semua nasabah HCI kompak ga ada yg mau bayar ???
    Sy yg bukan nasabah aja ditelponin tiap hari, krn nomor sy katanya jd emergency call" nasabah yg kabur.
    1. Sy tidak kenal dg nasabah tsb.
    2. Kenapa pihak HCI ga konfirmasi saat awal org itu mau bikin hutang.
    3. Ada ID KTP nasabah itu, knp ga disamperin kerumahnya, malah neror sy.

    Malah seenak jidat ganggu tiap hari nlp, katanya direkam tp nlp tiap hari (buat apa direkam).

    MUDAH2AN HCI BANGKRUT

  • Hci ini jgnkan ga lunas/blm bayar, lunas cicilan lancar aja pun di teror pagi siang sore menawarkan pinjaman udah di tolak berkali2 berganti2 org dan nmr tiap tlp,sampe kita minta hapus data kita di sistem dia ttp bgitu. Ga lagi2 kredit lwt hci.