Surat Pembaca

Meresahkan Penagihan Kredit Plus untuk Tunggakan yang Sedang Dicicil

Saya konsumen KreditPlus, dengan nomor kontrak: 04033017002512. Saya memiliki tunggakan dan sudah lama, baru tahu setelah dapat SLIK OJK.

Setelah mencari info ke sana kemari akhirnya saya diberikan no kontak KreditPlus Pusat. Akhirnya setelah dilakukan komunikasi saya dan petugas KP Pusat (Pak Benny), lalu DEAL setelah dikurangi potongan maka saya punya kewajiban total 5,5 juta dan sepakat akan dicicil 5x masing-masing Rp1,1 juta per bulan dan akan dibayar setiap akhir bulan.

Namun herannya belum tanggal akhir bulan penagihan sudah gila-gilaan dari tim KreditPlus. Saya coba komunikasi ke Pak Benny tapi hanya dijawab “Itu cuma reminder pak..”.

Masa iya reminder telepon sampai ke kantor ke HP sampai ratusan kali. Dan menurut orang KP ini, itu pihak ke 3. Bahkan sudah saya transfer pun masih tetap ditelepon sampai ancam akan hubungi HRD (menyebut nama HRD), mengancam akan datang ke kantor, mengancam akan datang ke rumah padahal sudah ditransfer.

isi wa yang terror

Saya coba permasalahkan ke Pak Benny katanya cukup kasih saja bukti transfernya selesai. Lo kan bisa dicek di sistem.

Mohon KreditPlus, sebagai lembaga pembiayaan yang diawasi dan terdaftar di OJK, apakah begitu cara penagihan yang sesuai ketentuan OJK?? Lagi pula sudah ada kesepakatan dengan pihak KreditPlus saya akan cicil tiap akhir bulan tetapi saya diperlakukan seperti akan hilang.

Saya tunggu konfirmasi KreditPlus.

Janter Tua Siahaan
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan KreditPlus atas Surat Bapak Janter Siahaan

Dengan Hormat, Bersama dengan surat tanggapan ini, izinkan kami untuk mengucapkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya atas kendala yang di alami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Orang yang komentar berlawanan langsung di cap dc. Situ waras? Punya otak? Atau jgn2 otaknya di s1l1t.

  • Saya juga ada keluhan dr kredit plus juga,cicilan d janjikan tanggal 3 .namun di tanggal 28 sudah d tagih,dan meminta barang2 yang ada untuk jaminan seperti KTP,SIM,HP,DLL.
    Tolong apakah memang seperti itu PROSEDURNYA???

    • @Akhtar
      Gak boleh. Krn sifatnya sama dgn KTA.
      Yg minta jaminan itu bisa kena pidana.

      Atau pancing aja ke rumah anda, bila datang DC nya dan minta jaminan (sebelumnya videokan dl buat BB), nah disitu baru ciduk dan serahkan ke polsek agar diproses.

      Nah disitulah anda bisa "nego" . Dia yg bayarin hutang anda, atau dijebloskan le penjara .

  • Harus nya bner dong kaya si Pak Benny itu, tinggal ksih Bukti TF Masalah Clear.
    Kan Lu bener udh TF, Lagian Juga Kalau Kta Gua Lucu sih Masa iYa utang Jutaan gak inget?
    Kan biasanya yg punya utang itu bakal gak tenang idupnya, ko anda bsa bsa nya santay.

  • tinggal kasih liat bukti tf.. kantor pa warung ? warung onlen aje punya data digital nya.

    gw jg dulu punya pengalaman. motor lunas masih di tagih, di jalan lg brentiinnya, mereka ber 4. gw ajak ikut je rumah, gw buktiin bpkb + belati. 2 orang kabur, di kejer ma warga komplek. di gebukin, yg 2 gw bawa ke polsek. tidur dah gw rumah.

    • memang betul yang namanya hutang wajib dibayar... tapi sekiranya blm mampu bayar, maka konsekuensinya harus sesuai dengan hukum yang berlaku.
      Yaitu, tidak bisa mengajukan pinjaman dahulu dan akan ditagih.
      penagihan dilakukan hanya kepada debitur yang berstatus macet (5bulan), jika belum macet atau status tunggakan bukanlah ditagih, tetapi hanya diinformasikan (tidak boleh memaksa).
      penagih hutang atau DC juga ada syaratnya, diatur dalam POJK no 35, yaitu WAJIB memiliki dan membawa:
      1. identitas petugas
      2. Surat tugas dr kreditur (baca dahulu, bahwa yang datang disuruh kenapa)
      3. sertifikat profesi penagihan.
      nama yang tercantum di tiga syarat itu harus sesuai dengan ktp yang dimilikinya.
      jika tidak memenuhi kewajiban diatas, boleh cukein aja. berarti preman berkedok DC atau penagih hutang.
      sekiranya dia menghina atau memaksa atau mempermalukan anda... rekam pakai video, viralkan, dan hubungi polisi call center 111.
      laporkan ke ojk jika dia mempunyai data2 atau tagihan anda, karena itu melanggar UU perlindungan konsumen. biarlah OJK yang menindaknya.
      Tetap pada prinsipnya hutang wajib dibayar, dan penagih hutang juga harus memenuhi kewajiban yang sudah diatur oleh negara.
      Ini negara hukum, semua harus tunduk hukum

  • Sya kredit hp truz byr cicilan.a tpi tiba" malah nagih.a maksa lagi N cara bicara.a kyk g ad adab.a sma skali...kreditplus kyk rentenir berjln gmn orang mw g ad tpi di paksa