Update Tentang Pelayanan BCA Klaten Terhadap Penyandang Tunanetra

Setelah tanggal 02 Januari 2022 saya menulis surat keluhan di mediakonsumen.com yang berjudul “Pelayanan Bank BCA Klaten Kurang Ramah Terhadap Penyandang Tunanetra“, keesokan harinya Senin, 03 Januari 2022 sekira pukul 10.30, saya dihubungi oleh Bank BCA pusat yang mengkonfirmasi tentang kebenaran surat keluhan saya. Kemudian pihak Bank BCA pusat mengatakan bahwa BCA Klaten akan menghubungi dan datang ke lokasi tempat saya tinggal.

Kemudian setelah beberapa waktu, saya dihubungi oleh pihak BCA Klaten dan meminta alamat tempat tinggal saya dan pukul 16.02 dari pihak BCA Klaten mendatangi rumah saya. Kemudian saya menjelaskan kepada pimpinan BCA Klaten, bahwa dari BCA pusat memperbolehkan penyandang disabilitas penglihatan untuk membuka rekening BCA Tahapan Xpresi dan menggunakan fasilitas mobile banking asal data sudah sesuai.

Setelah saya jelaskan dan menunjukkan bukti bahwa saya memiliki kartu ATM dari bank lain atas nama saya sendiri, akhirnya dari pimpinan BCA Klaten memperbolehkan saya untuk melakukan pembukaan rekening BCA Tahapan Xpresi dan menggunakan fasilitas mobile banking. Beliau juga mengatakan jika saya ingin melakukan penutupan rekening Tahapan BCA juga diperbolehkan.

Kemudian pada hari Selasa, tanggal 04 Desember 2022 pukul 09.00 saya datang ke BCA Klaten dengan didampingi oleh ibu. Sesampainya di BCA Klaten, saya pun disambut dengan sangat ramah oleh satpam dan karyawan BCA. Kemudian saya di bawa ke ruangan pimpinan untuk melakukan pembukaan rekening Tahapan Xpresi dan melakukan penutupan rekening Tahapan BCA.

Setelah rekening Tahapan Xpresi jadi, akhirnya rekening Tahapan BCA saya tutup. Untuk penutupan rekening Tahapan BCA saya dibebaskan dari biaya penutupan rekening oleh BCA Klaten. Tidak membayar sepeser pun. Kemudian setelah itu saya mengaktifkan mobile banking BCA dengan dibantu oleh ibu beserta karyawan BCA Klaten. Terlampir screenshot mobile banking BCA atas nama saya sendiri.

Setelah mobile banking BCA selesai dibuat, sebelum saya meninggalkan BCA Klaten, dari pihak BCA Klaten berpesan “Hati-hati dalam menggunakan mobile banking, jangan sebar data rekening kamu ke orang lain”. Permasalahan saya dengan BCA Klaten akhirnya sudah selesai.

Saya berpesan kepada BCA dan seluruh perbankan di Indonesia, jangan mempersulit kami para penyandang disabilitas tunanetra untuk melakukan pembukaan rekening dan menggunakan fasilitas mobile banking di lingkungan perbankan. Sebenarnya kami pun sama dengan manusia yang lain, hanya kekurangan kami di penglihatan. Tidak bisa melihat, bukan berarti tidak bisa bertanggung jawab atas data pribadi kami sendiri.

Surat ini dibuat atas kesadaran diri sendiri. Tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Much Aji Suseno
Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

4 komentar untuk “Update Tentang Pelayanan BCA Klaten Terhadap Penyandang Tunanetra

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Bank BCA?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Update Tentang Pelayanan BCA Klaten Terhadap Penyandang Tunanetra

oleh much aji suseno dibaca dalam: 2 menit
4