Surat Pembaca

Seller Dirugikan Akibat Kiriman Hilang, Pihak SiCepat dan Shopee Lepas Tanggung Jawab

Saya adalah sebagai pihak seller yang berjualan di Shopee. Kronologi kejadiannya, pada tanggal 13 Desember 2021, saya menerima pesanan dengan besaran Rp46.950. Barang yang dibeli adalah keju, nomor pesanan: 2112131VEMW1EF. Tanggal 14 Desember 2021 saya telah mengirimkan paket tersebut sesuai dengan bukti di bawah ini, nomor resi: 002844754406.

Karena lama tidak terkirim, saya memutuskan untuk berkali-kali menghubungi pihak SiCepat melalui live chat WhatsApp resmi SiCepat dan menanyakan status paket yang tidak ter-update. Saya juga menghubungi pihak Shopee dengan nomor pelaporan pertama: 255686959, tapi saya diminta untuk menunggu. Berikut tanggapan pertama pihak SiCepat dan Shopee.

Estimasi pengiriman Shopee tertera akan menunggu konfirmasi pembeli sebelum 28 Desember 2021. Namun tidak dapat saya sisipkan lagi bukti tersebut karena pesanan sudah dibatalkan secara otomatis oleh sistem Shopee tanpa persetujuan penjual. Padahal saya sudah menunggu barang tersebut terkirim selama kurang lebih 3 minggu sejak 14 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, ketika pesanan dibatalkan otomatis oleh sistem.

Pada saat saya menanyakan alasan pembatalan secara tiba – tiba, saya memutuskan untuk kembali menghubungi pihak Shopee.

Nomor pelaporan kedua: 257146004. Penjelasan pihak Shopee berdasarkan konfirmasi dengan pihak ekspedisi SiCepat mengatakan bahwa paket tersebut hilang. Namun berbeda ketika saya konfirmasi dengan pihak SiCepat, justru mereka berdalih dan memberikan alasan bahwa paket saya belum melewati batas estimasi pengiriman dan diminta menunggu lagi.

Padahal jelas-jelas pada tanggal 27 Desember 2021 mereka menyatakan bahwa paket tersebut telah melewati batas estimasi pengiriman. Terdapat indikasi bahwa pihak SiCepat tidak mau mengakui kesalahan dan justru mencari alasan, terbukti dengan tidak konsistennya respon mereka.

Hingga saat surat ini saya tuliskan, belum ada tanggapan dan follow up kembali dari pihak Shopee maupun ekspedisi SiCepat. Sementara pesanan telah dibatalkan, yang artinya sudah tidak mungkin ada pengembalian dana dan barang hilang. Lalu bagaimana pertanggung jawaban pihak Shopee dan SiCepat terkait hal ini? Bukan masalah nominal barangnya, tapi bagaimana perusahaan sebesar itu merugikan mitra bisnisnya, yaitu saya sebagai seller atau penjual Shopee.

Tujuan saya dengan menulis surat ini adalah meminta keseriusan pihak Shopee dan SiCepat menangani masalah ini agar tidak menyebabkan ketidakpercayaan terhadap pihak kalian sebagai mitra bisnis dan ditangani segera. Terima kasih.

Grace Angelia Wibowo
Situbondo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Grace Angelia

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Grace Angelia Wibowo pada tanggal 7 Januari 2022 yang berjudul “Seller Dirugikan Akibat Kiriman...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Shopee itu tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan barang. Kehilangan barang hanya dapat diganti jika kurir memiliki kebijangan penggantian barang atau jika kurir mendukung asuransi. Jika diinginkan asuransi, maka wajib dibeli antara oleh penjual atau pembeli. Jika terjadi barang hilang atau rusak, maka pihak shopee hanya bertindak sebagai mediator yang menentukan keputusan akhir siapa yang harus menanggung kerugian. Artinya dalam hal ini pembeli dan penjual harus memiliki kesepakatan di depan apakah menggunakan asuransi atau tidak, jika tidak menggunakan asuransi siapa yang akan menanggung kerugian jika paket hilang atau rusak. Sayangnya banyak seller shoppe yang sekedar jualan tanpa paham aturan.

    https://help.shopee.co.id/s/article/Apakah-produk-pesanan-saya-dilindungi-oleh-asuransi
    https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana-proses-ganti-rugi-jika-barang-rusak-hilang-dalam-pengiriman

    • Mohon maaf kak, saya yang kurang paham aturan atau Anda yang tidak pernah berjualan di Shopee ya? Atau bahkan kakak tidak pernah menggunakan aplikasi shopee? Pernah nggak pas checkout ada opsi menggunakan asuransi? Kalau ngga ada, terus gimana dong mau pakai asuransi. Terimakasih untuk komentarnya ya, menandakan banyak netizen yang sering merasa paling benar kalau sudah paham teori tanpa melihat faktanya.

    • Oh iya ini juga yang tertulis di link yang Anda kirim, resmi dari Shopee saya hanya mengutip.

      Pesanan yang disarankan untuk menggunakan asuransi jasa kirim:
      a. Pesanan yang belum terlindungi senilai harga barang.
      b. Pesanan bernominal tinggi di atas Rp1.000.000 atau bernominal lebih besar dari 10x ongkos kirim.

      Sudah saya tulis juga di atas berapa nominal pesanan dari pembeli. Bisa disesuaikan dan dihitung sendiri. Lalu yang perlu Anda pahamii adalah kesalahan Shopee ialah tanpa persetujuan penjual yaitu saya, langsung membatalkan transaksi oleh sistem secara otomatis. Itu yang saya sesalkan dari pihak Shopee. Mengenai barang yang hilang saya tahu itu kesalahan ekspedisi SiCepat. Sudah jelas kan yang saya keluhkan? Terlepas dari barang yang sudah terkirim setelah saya menuliskan surat konsumen ini, atau belum terkirim, saya juga tidak mendapatkan follow up dari pembeli maupun SiCepat.

      • Yang anda masalahkan merugikan pihak penjual bukan? Barang anda hilang dan mau klaim ke kerugian antara ke Shopee atau SiCepat? Silakan diajukan saja sesuai prosedur ke pihak SiCepat. Masalahnya disini anda menyalahkan Shopee yang menunjukkan anda tidak paham aturan mainnya. Komentar saya hanya menegaskan, Shopee itu tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan barang. Anda sudah sebut sendiri, tidak ada pilihan asuransi saat cek-out bukan? Jadi kalau anda merasa paket anda perlu diasuransi, ada 2 pilihan:
        1. Harga barang anda sudah dikutkan harga asuransi dengan catatan kurir tertentu tidak mendukung asuransi, sehingga anda harus pilih-pilih mengenai kurir yang akan digunakan. Atau..
        2. Pembeli anda membayar asuransi dimuka, caranya bisa anda siapkan lapak khusus pembayaran secara terpisah dari produk utama. Dan saat paket dikirim oleh penjual sekalian dibeli dengan asuransi.
        Bagaimana membuat kesepakatan dengan pembeli? Anda bisa membuat pernyataan negative covenant di deskripsi lapak anda.
        Saya bukan netizen yang merasa paling benar ya, tapi saya jualan sudah tahunan di shoppe dan platform lain. Moga-moga anda paham ya, dan menambah pengetahuan berjualan di platform.

        • Sepertinya Anda belum paham yang saya permasalahkan di sini. Baiklah akan saya buat poin saja.
          Kesalahan Shopee:
          1. Tanpa persetujuan saya sebagai penjual membatalkan transaksi, padahal sudah tahu sebelumnya kalau transaksi ini belum selesai dan bermasalah. Saya sudah komplain sebelum Shopee membatalkan transaksi ini.
          2. Memberikan respon yang bertele - tele dan tidak memberikan kepastian untuk penyelesaian masalah, hingga diterbitkannya artikel ini barulah pihak Shopee memberikan penyelesaian dengan follow up ke pihak ekspedisi.

          Kesalahan SiCepat:
          1. Tidak memberikan respon yang konsisten dan tanggap. Terkesan membela diri dan penjelasan mengambang.
          2. Hingga detik ini saya menuliskan komentar, tidak ada penjelasan resmi dari pihak SiCepat.
          3. Kurang bertanggung jawab dalam pengiriman barang, status tidak update dalam waktu yang lama.

          Semua kesalahan kedua belah pihak sudah ada buktinya di gambar yang saya unggah bersamaan dengan artikel ini. Apabila membutuhkan bukti yang lebih jelas dan detail, saya tidak keberatan mengirimkannya secara pribadi bahkan screenshot satu - satu. Bukannya mau memperumit masalah, sudah selesai sebenarnya, tapi komentar Anda ini harus saya luruskan. Semoga Anda bertanggung jawab atas komentar Anda dan membaca ini.

        • Kesimpulannya: Saya tidak hanya menyalahkan pihak Shopee tetapi juga pihak ekspedisi untuk menanggung kehilangan barang. Yang saya harapkan dari Shopee yang Anda bilang sebagai "mediator" adalah mengkonfirmasi dengan ekspedisi dan membantu saya mendapatkan hak saya sebagai seller yaitu tanggung jawab dan ganti rugi.
          Jika sudah jelas sampai sini, saya harap Anda ke depannya tidak mengalami hal yang sama dengan saya sebagai seller yang sudah berpengetahuan banyak.

          • Ya, ok lah. Kalau argumen anda belok-belokan. Di atas pun anda setuju dengan komentar bahwa shopee yang harus mengganti kerugian, bukan? Seharusnya saat ini sudah paham maksud saya. Dan saya pikir penjelasan di atas membuka mata anda tentang tata cara penggunaan asuransi di shopee.

          • Dan cerita di atas hanya dari pihak penjual saja, tidak ada cerita dari pihak pembeli yang dapat mengajukan klaim pembatalan, atau dari pihak shopee mengapa dibatalkan. Hanya mendengar dari 1 pihak pastinya tidak bisa berkomentar banyak tentang apa yang sebenarnya terjadi.

          • Saya baca lagi komentar di atas tidak ada saya bilang hanya menyalahkan pihak Shopee saja untuk mengganti kerugian. Kalau ada silakan anda copy paste di komentar ini deh. Dari awal saya tulis surat keluhan ini, argumen saya sama aja kok. Anda yang gagal menangkap tujuan saya dan sama sekali komentar Anda tidak membuat perbedaan apapun. Saya sudah koordinasi dengan pembeli bahwa memang tidak ada permintaan pembeli untuk batal, bahkan pembeli juga bingung mengapa barang pesanannya tidak kunjung tiba. Sepertinya dari komentar Anda, tidak setuju dengan keluhan saya juga silakan. Asalkan jangan mencari alasan yang tidak masuk akal.

          • Kalau mau dengan cerita dari sisi Shopee ya silakan Anda follow up sendiri ke Shopee, jangan protes ke saya. Bukan ranah saya untuk menjawab hal tersebut, seharusnya Shopee sendiri yang memberikan klarifikasi kan.

          • Hakky
            8 Januari 2022 - (05:45 WIB)
            Permalink
            Kalau paket hilang biasa diganti pihak shopee 100℅

            2 2Balas

            GracePenulis artikel
            8 Januari 2022 - (14:23 WIB)
            Permalink
            Iya bener kak.

            Balas

          • Saya balas yang paling atas ini:
            Samuel
            8 Januari 2022 - (00:12 WIB)
            Permalink
            Fooloow up kak merugikan kali itu harus di tegas dan di selesaikan biar ga kebiasan seenak nya mereka

            Balasan saya setelah respon orang itu, jadi ada di bawahnya. Sementara orang itu membalas komentar ini yang saya maksud. Otomatis terlihat saya mengiyakan komentar yang Anda bilang.

      • emang si shopee itu kalo gak viral / di masukin surat pembaca, ga akan di tanggepin. ati2 disini juga banyak buzzer nya si shopee ka :) biasa kalo kita up masalah shopee langsung deh di keroyok, padahal mereka ga sadar. gaji nya mereka itu secara ga langsung ya penjual yang bayar.. kan penjual yang di potong sekian % dari penghasilan nya,hehe ya begitulah kualitas SDM nya, so farrr below average :)

  • Sama seperti yg saya rasakan jika meminta bantuan pada admin Shopee, jawabannya selalu disuruh menunggu. Tapi anehnya, diakhir chat, kita selalu diminta penilaian atas kinerja admin yg menangani masalah kita. Allooww Shopee, kira2 nilai apa yg pantas diberikan jika solusinya selalu disuruh menunggu.??

    • Persis, jujur saja saya sering memberikan penilaian paling buruk untuk admin Shopee karena belum ada penyelesaian masalah tuntas, penjelasan mengambang, tidak ada kepastian, dan seringkali tidak konsisten.