Surat Pembaca

Akulaku Menghubungi Nomor di Luar Kontak Darurat

Saya Dhani, saya sangat kecewa dengan pelayanan kolektor Akulaku yang menghubungi nomor di luar kontak darurat saya. Saya mengerti di sini saya salah karena telah menunggak, tapi kolektor Akulaku menghubungi, mengancam kepada nomor di luar kontak darurat saya.

Saya sudah laporkan baik-baik, saya minta agar tidak terjadi lagi. Namun terjadi lagi.

Saya pun sudah tanya langsung ke OJK, dimana seharusnya Akulaku tidak boleh melakukan itu. Namun Akulaku berdalih, katanya nomor tersebut ditemukan di sistem mereka karena saya pernah melakukan pemesanan dengan nomor tersebut. Berarti mereka mengakui telah melakukan itu.

Saya tidak pernah mau merespon telepon dan whatsapp dari kolektor Akulaku, karena kata-kata mereka sangat kasar, bahkan lebih merendahkan. Itulah alasannya. Saya tidak bermaksud menjatuhkan Akulaku, tapi saya minta pertanggungjawaban Akulaku.  Jika memang Akulaku mengizinkan kolektornya untuk menghubungi nomor yang dimaksud tadi, saya ingin tahu panduannya dari mana.

Dhani Arifin
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Dhani Arifin

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Dhani Arifin pada tanggal 10...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Semua pinjol akan berdalih bahwa no yg di hub adalah no referensi atau kontak darurat, pdhl sebenarnya no2 yg ada di hp nasabah yg di tarik, saat pertama kali mendownload sdh ada persetujuan izinkan akses ke kontak, mereka akan acak no2 tsb saat anda tdk mampu membayar tepat waktu utk di kirimi teror berupa telp, wa, sms, mmg seharusnya dan benarnya hal ini tdk di benarkan tp entah bgmn dan memakai cela apa para pinjol dan collection atau DC menggunakan cara ini atau sebenarnya di acc OJK dan AFPI? Kita yg awam tdk tau

      • Kita kelompokan seperti ini pak :

        Bapak = Ngutang
        Debt Colector = Kerja Dapat Gaji dari penyedia tempat dimana bpk meminjam

        Saran saya hadapi saja pak kalau debt colector nelfn-nelfn bpk terus terusan dengan no yang berbeda. Bpk ceritakan permasalah bpk kenapa bpk belum sanggup bayar, debt collector juga butuh informasi nasabahnya knpa bapak BELUM bisa bayar, informasi tsb akan jadi laporan mereka ke penyedia jasa tempat bpk meminjam.

        Permasalahan nya :
        1. Jika mereka tidak dapat informasi dari bapak, pekerjaan mereka sebagai debt collector akan terancam dipecat, karena mereka gk mendapatkan laporan dari bpk.
        2. Jika bapak merespon, mereka pun punya laporan ke penyedia jasa tempat bpk pinjam.

        Tugas Bapak dan debt collector :
        1. Bapak harus merespon debt collector, walaupun debt colector nya bnyak menggunakan no telfn, ceritakan lah masalah bpk knpa belum bisa bayar(ya itu tugas bapak jika bpk belum ada dana untuk membayar)
        2. Debt Collector harus SMART dalam penerimaan informasi gagal bayar nasabah nya, bekerja sebagai debt kolektor hanya memberi laporan nasabah ke penyedia peminjaman bpk tsb dengan bukti-bukti yg jelas. ( Ingat pekerjaan kalian hanya menangih dan mendapatkan jawaban saja)

        Pengalaman saya jadi mantan debt colector :
        1. Laporan ke ojk hanya ditanggapi jika debt collector melakukan penagihan dengan cara kekerasan fisik.
        2. Debt collector juga bisa melaporkan ke ojk jika pekerjaan laporan nya dianggap tidak sesuai oleh penyedia peminjam nasabah tsb.

        Inti nya kalian berdua sama sama punya hak, bapak yang berutang punya hak menjawab, debt collector punya hak untuk bekerja.

        Terimakasih semoga bermanfaat.
        Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu.

      • intinya santai ja, ada uang bayar, ga ada ydah, toh lu ga nipu pke data semua asli..
        ga ush ladenin DC krn memng tugas mereka nagih & gajih DC pinjol dr hasil tahihan, klau cm laporan doang mrk jg kena omel, di maki2 atasan & ga dpt gajih, Resiko mrk jd DC & Resiko Anda krn Telat bayar....

    • Yang sabar ya pak. Semoga semua urusannya kelar Dan diberikan rezeki agar utangnya lunas. Amin

  • Anda punya hutang, lalu ngaku salah karena gk bayar-bayar

    1. Dihubungi ke anda keterangannya gk pernah respond
    2. Dihubungi ke kontak darurat anda keterangannya sama gk pernah ada yg respond
    3. Dihubungi ke luar kontak darurat anda lalu ada yg respond, lalu anda protes
    4. Lalu anda complain ke OJK
    5. Kemudian setelah kejadian itu...Dihubungi ke anda, anda gk mau respond krn alasan kata2nya kasar.

    trus, Maunya gimana?
    serius nanya ...

    *pengalama sebentar lg ada yg nuduh gw DC nih

    • Tetep bae di jawab gak di jawab sama aja, yang datang gak cuma 1, emang mau lu ngejawab telpon atau chat wA 100 Pesan sehari dengan pertanyaan yang sama? Yang di ladenin itu mesin, jadi percuma ngejawab juga kagak bakalan lunas utang nya.

      • Saya juga mengalami hal yang sama, menurut saya percuma saja meskipun kita sudah angkat telfon balas wa dll seperti tidak ada gunananya.
        Jadi intinya maunya mereka kita harus bayar hutang bagaimanapun caranya,termasuk menghubungi nomor di luar kondar.
        Jadi saran saya kalau ada uang segera di bayar kalau tidak ada jangan sampai galob tulob ,lebih baik galbay daripada galob tulob.
        Gak usah malu di datangi dc toh kita tidak mencuri dan ada niatan bayar meskipun masih terkendala dana.

  • Utk smua yg punya hutang d pinjol,,
    1.hampir smua pinjol akan menghubungi kontak darurat anda
    2.lupakan smua aturan ojk utk pinjol (saya jg tak paham tapi jarang ad yg benar2 berjalan klaupun ad yg kena itu jangka waktunya lamaa)
    3.berani berurusan sama pinjol terima smua resiko terserah mau telat 1 hari,1 minggu atau setahun sama sajaaa
    4.jangan pura2 bodoh tak tau soal perangai pinjol (artikan sendiri)
    5.selamat berjuang ?

  • Banyakan gaya sih bapak.
    Gara gara dipermalukan dc karena hutang lapornya ke media konsumen. Jadi laki laki yg gentle pak. Berani berbuat berani bertanggung jawab.

    • Memang nya siapa yang di hamili koQ kamu bilang suruh bpk itu tanggung jawab...? jangan jangan kamu yang hamil..

      • Kejadian yg sama ..saya hanya sempat menunggak,tapi tagihan sy sudah dalam posisi lunas...
        DC AKULAKU tetap menagih kepada nomor yg berada dikontak dan mengirim foto selfi memegang KTP..hal ini sudah saya laporkan ke OJk dan pihak CS AKULAKU dan jawabannya enteng ..minta maaf atas ketidaknyamanan ini,dan akan kami selidiki lebih lanjut.

  • Masalah bapak sudah rumit ya makin rumit karena bapak GK mau respon telp & WhatsApp mereka. Masalah harus diselesaikan dengan kesepakatan bersama yaitu bapak dan akulaku, bukan diabaikan dengan dalih kata kata mereka kasar. Justru itu memperumit masalah.

  • Besok2 kalo instal aplikasi jgn asal kasih izin buat akses daftar kontak, sekali dikasih kesedot dah tuh nomor kontak di hp lu, tinggal pas ada macet disebar, nah repot kan..

  • Ada telepon masuk dari DC Akulaku angkat aja, jangan dihindari, bahasanya mungkin keras bukan kasar