2,3 Juta Rupiah “Biaya ADM” Bank BCA yang Tidak Jelas

Saya adalah nasabah Bank BCA dengan nomor rekening: 16305951**, atas nama Endang Kurniawan. Pada tanggal 07 Desember 2021, saya mendapati rekening BCA saya terdebet sebesar Rp2.361.500 dengan keterangan “BIAYA ADM”.

Pada tanggal 08 Desember 2021, saya langsung menelepon HaloBCA untuk mendapatkan klarifikasi terkait biaya ADM yang dimaksud. Namun pihak HaloBCA menyuruh saya langsung ke cabang.

Besoknya saya datangi kantor cabang Bank BCA tempat saya melakukan pembukaan rekening. Sesampainya di kantor cabang, petugas cabang tersebut (dalam hal ini Customer Service-nya) mengaku tidak tahu terkait biaya ADM tersebut yang sebesar Rp2.361.500. Kemudian petugas tersebut membuatkan laporan terkait klarifikasi tersebut ke kantor pusat dan saya disuruh menunggu selama 7 (tujuh) hari kerja.

Tanggal 17 Desember 2021, saya mendapat telepon dari BCA Cabang Pemuda terkait jawaban dari BCA Pusat, yang mana biaya ADM sebesar Rp2.361.500,00 tersebut adalah biaya transaksi saya selama satu tahun, dikarenakan saya banyak bertransaksi melalui rekening BCA selama satu tahun.

Tanggal 20 Desember 2021, saya mendatangi kantor BCA Cabang pemuda untuk menanyakan penjelasan lebih lanjut terkait biaya ADM tersebut, termasuk bagaimana cara perhitungannya serta kapan dan di mana informasi terkait “biaya ADM dikarenakan banyak melakukan transaksi” tersebut dimuat dan diinformasikan kepada nasabah. Petugas BCA Cabang Pemuda tersebut, tidak mampu memberikan informasi yang jelas kepada saya dan hanya memberikan jawaban bahwa biaya tersebut dilakukan oleh sistem.

Karena saya masih belum mendapatkan jawaban atas pertanyaan saya tersebut, akhirnya saya meminta penjelasan resmi dari pihak BCA terkait “Biaya ADM dikarenakan banyak melakukan transaksi” tersebut, termasuk bagaimana cara perhitungannya (batasan dan tarif per transaksinya) ,serta kapan dan di mana informasi tersebut dimuat dan diinformasikan kepada nasabah.

Tanggal 31 Desember 2021, saya ditelepon lagi oleh BCA Cabang Pemuda menginformasikan bahwa mereka belum menerima surat penjelasan resmi yang saya minta dari kantor pusat. Sampai hari ini tanggal 10 Januari 2021, saya masih belum mendapatkan jawaban apa-apa dari kantor BCA Cabang Pemuda.

Yang mau saya tanyakan di sini:

  1. Mohon klarifikasinya terkait “Biaya ADM dikarenakan banyak melakukan transaksi” tersebut, dimana dimuat dan diinformasikan kepada nasabah, karena untuk biaya transaksi antar BANK sendiri, BCA sudah langsung mendebet rekening saya Rp6.500 per transaksi.
  2. Bagaimana cara perhitungannya (batasan serta tarif per transaksinya)?

Sebagai informasi, saya sudah menghubungi Bank BCA (melalui HaloBCA dan datang ke Cabang) semenjak tanggal 07 Desember 2021 dan layanan yang saya gunakan adalah:

  1. mBanking,
  2. MyBCA,
  3. Internet Banking,
  4. Email Notifikasi.

Yang mana layanan – layanan tersebut sudah saya pastikan sebelumnya kepada petugas HaloBCA dan petugas cabang, bahwa layanan tersebut tidak dikenakan biaya.

Endang Kurniawan
Kota Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Endang Kurniawan

Menanggapi keluhan Bapak Endang Kurniawan di Redaksi Media Konsumen tanggal 13 Januari 2022 dengan judul “2.3 Juta Rupiah Biaya ADM...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Biaya ADM yg mana? Biaya adm tiap bulan pasti udh di potong. Sebesar langganan kita. ATM biru 14-16k ATM gold ATM platinum mungkin ATM berlian klu ada. Dan kita TT beda bank pun ada admin sendiri juga kepotong. Jika itu 1 rekening segitu. Yg lain tdk menutup kemungkinan. Berapa duit yg terkumpul dr transaksi tdk jelas itu. Bisa jd pencucian uang itu.

  • Kok aneh ya ada biaya admin atm, baru dengar sekarang. Saya juga nasabah bank BCA, jarang pakai ewallet jadi tiap transaksi pasti pakai BCA. Sebulan bisa 100-150X transaksi dan itu tidak pernah ada biaya lagi selama ini.
    Semoga ada jawaban yang jelas dari pihak terkait.

    • Beberapa Bank ada biaya admin kartu atm kak. BCA ada kok makannya saat buka di tanya mau kartu silver, gold, Atau platinum?

      Mandiri dan BNI ada juga biaya admin kartu ATM sepertinya. Yang ga ada biaya admin kartu ATM Bank CIMB, CommBank, dan OCBC sepertinya.

      • Tp biaya admnya terlalu besar ini .. Gamasuk akal... Setahu saya platnm 50rb @bln cmiw, di kalikan setahun juga ga akan segitu

        • Iya betul. Kalau sampe 2 juta ini ga tau admin apaan haha. Transaksi terlalu banyak sehingga dianggap transaksi tidak wajar kah? Atau gimana..

          Biasanya sih tiap buka rekening aku coba baca limit and fee.

  • tambah komentar karena saya juga pakai bank bca... kalo biaya admin 2 juta itu ngapain aja sama bca... nanti diupdate yah bu kalo sudah dikasi tahu dari bca apa...

    • ikut penasaran biaya admin apa itu. dulu gw pernah dipotong sekian juta tapi itu karena ada transferan dolar dari luar negeri di kurs ke rupiah gitu.

  • Pengalaman saya selama ini biaya admin utk ATM BCA hanya Rp. 17.000 (Jenis Gold) & dipotong hanya 1x/bln. CMIIW

    • Kok bisa bengkak, biaya apa ya? Biaya umum admistrasi tipe tertentu,misal gold bca sekitar 12rb/bl transfer beda bank 6.500 udah automatis terpotong waktu transaksi dan free transfer ke sama bca yg ada limit harian ataupun bulanan tergantung jenis kartunya juga.Saya agen bank mandiri,bni kadang biar hemat saya pake bca mobil/internet buat nasabah bca.Kok jadi was was dengar berita ini. Hampir tiap hari volume 10jtan dr 2-5 transaksi.

  • Wah parah ini, saya jadi takut nantinya akan terkena masalah yang sama seperti ini juga.
    Biaya ADM setau saya hanya untuk potongan biaya admin atm doang, biaya transfer luar bank itu kan lgsg di potong dari saldo yg ada, udah masuk kedalam ranah pidana penggalapan dana nasabah sih kalau menurutku hal sptti ini

      • Saya pengguna BCA baru lihat ada kasus gila gini soalnya rekening saya cuma adminitrsi bulanan aja nggak ada yg lain, kecuali transaksi beda bank itu pun lgsung dipotong. Nggak sampe terakumulasi sebanyak itu. ,,,,

      • Saya berdasarkan pengalaman dulu di koperasi karyawan, pembukuan akumulasi 1jutaan lebih/tahun ...itu tahun 2012.

        • Bisa di terangkan sedikit om biar saya paham...
          Mungkin skalian share pengalaman aja om buat pembelajaran... tq

          • Coba sampean minta print out GTU(gabungan transaksi) nanti kelihatan transaksi apasaja yg kena biaya admin banyak.

            Biasanya gak sadar kita transfer antar bank.

        • "karena untuk biaya transaksi antar BANK sendiri, BCA sudah langsung mendebet rekening saya Rp6.500 per transaksi."

          Udh langsung dipotong katanya... Lagian jg masa adm trf antar bank diakumulasi?

  • Benarkah itu hasil dari cetak mutasi transaksi sebenarnya. Aneh kok tulisan biaya ADM nya seperti edit copy paste

    • Sepertinya itu file pdf, dibuka di edge. Trus search/find "Adm". Makanya di tulisan "adm" ter-highlight

      • bener banged om... sesuai analisanya...
        Siapa juga yang bakalan brani ngedit2 begituan... bisa di hajar oleh BCA gw...

  • Si pemilik rek pasti sdh lm tdk aktif di rek nya, dan srtiap bln ada pemotongan biaya admin dr kartu ATM, dikarenakan saldo tdk mencukupi akhirny mskin lama makin byk. Nah waktu si pemilik rek mau minta di aktifin kembali rek itu otomatis dia hrs membayar tunggakan yg ada srlama ini. Kecuali yg bersangkutan membuka rek baru mk tdk ada pemotongan saldo.

    • Tapi nggak sampe jutaan paling ya 200 ribuan itu pun udah banyak banget gitu karena saldo Nol selama 6 bulan aja rekening sudah tutup otomatis

      • Haha ngakak sekali BCA ada "biaya banyak melakukan transaksi". Pasti kesalahan system itu.

        kalo merchant qris baru ada biaya transaksi, itupun biayanya langsung disettle gak akumulasi seperti itu.

    • Saya pengguna bca sejak 2010, setahu saya bila tidak ada transaksi selama 3 bulan rekening akan otomatis keblokir/ga aktif untuk mengaktifkan Kita harus ke Cs membayar kurleb 50 rb ( itu dulu ya sekitar th 2015 )pas saya aktifkan kembali rek bca, itu pun tidak boleh lebih Dari 6 bln kalau lebih harus buat rek baru, Dan bila tidak ada transaksi namun masih ada saldo untuk adm tiap bulan otomastis potong Dari saldo sekitar 16/17k per bulan jadi, ga mungkin adm bulanan di akumulasi seperti itu