Surat Pembaca

2,3 Juta Rupiah “Biaya ADM” Bank BCA yang Tidak Jelas

Saya adalah nasabah Bank BCA dengan nomor rekening: 16305951**, atas nama Endang Kurniawan. Pada tanggal 07 Desember 2021, saya mendapati rekening BCA saya terdebet sebesar Rp2.361.500 dengan keterangan “BIAYA ADM”.

Pada tanggal 08 Desember 2021, saya langsung menelepon HaloBCA untuk mendapatkan klarifikasi terkait biaya ADM yang dimaksud. Namun pihak HaloBCA menyuruh saya langsung ke cabang.

Besoknya saya datangi kantor cabang Bank BCA tempat saya melakukan pembukaan rekening. Sesampainya di kantor cabang, petugas cabang tersebut (dalam hal ini Customer Service-nya) mengaku tidak tahu terkait biaya ADM tersebut yang sebesar Rp2.361.500. Kemudian petugas tersebut membuatkan laporan terkait klarifikasi tersebut ke kantor pusat dan saya disuruh menunggu selama 7 (tujuh) hari kerja.

Tanggal 17 Desember 2021, saya mendapat telepon dari BCA Cabang Pemuda terkait jawaban dari BCA Pusat, yang mana biaya ADM sebesar Rp2.361.500,00 tersebut adalah biaya transaksi saya selama satu tahun, dikarenakan saya banyak bertransaksi melalui rekening BCA selama satu tahun.

Tanggal 20 Desember 2021, saya mendatangi kantor BCA Cabang pemuda untuk menanyakan penjelasan lebih lanjut terkait biaya ADM tersebut, termasuk bagaimana cara perhitungannya serta kapan dan di mana informasi terkait “biaya ADM dikarenakan banyak melakukan transaksi” tersebut dimuat dan diinformasikan kepada nasabah. Petugas BCA Cabang Pemuda tersebut, tidak mampu memberikan informasi yang jelas kepada saya dan hanya memberikan jawaban bahwa biaya tersebut dilakukan oleh sistem.

Karena saya masih belum mendapatkan jawaban atas pertanyaan saya tersebut, akhirnya saya meminta penjelasan resmi dari pihak BCA terkait “Biaya ADM dikarenakan banyak melakukan transaksi” tersebut, termasuk bagaimana cara perhitungannya (batasan dan tarif per transaksinya) ,serta kapan dan di mana informasi tersebut dimuat dan diinformasikan kepada nasabah.

Tanggal 31 Desember 2021, saya ditelepon lagi oleh BCA Cabang Pemuda menginformasikan bahwa mereka belum menerima surat penjelasan resmi yang saya minta dari kantor pusat. Sampai hari ini tanggal 10 Januari 2021, saya masih belum mendapatkan jawaban apa-apa dari kantor BCA Cabang Pemuda.

Yang mau saya tanyakan di sini:

  1. Mohon klarifikasinya terkait “Biaya ADM dikarenakan banyak melakukan transaksi” tersebut, dimana dimuat dan diinformasikan kepada nasabah, karena untuk biaya transaksi antar BANK sendiri, BCA sudah langsung mendebet rekening saya Rp6.500 per transaksi.
  2. Bagaimana cara perhitungannya (batasan serta tarif per transaksinya)?

Sebagai informasi, saya sudah menghubungi Bank BCA (melalui HaloBCA dan datang ke Cabang) semenjak tanggal 07 Desember 2021 dan layanan yang saya gunakan adalah:

  1. mBanking,
  2. MyBCA,
  3. Internet Banking,
  4. Email Notifikasi.

Yang mana layanan – layanan tersebut sudah saya pastikan sebelumnya kepada petugas HaloBCA dan petugas cabang, bahwa layanan tersebut tidak dikenakan biaya.

Endang Kurniawan
Kota Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Endang Kurniawan

Menanggapi keluhan Bapak Endang Kurniawan di Redaksi Media Konsumen tanggal 13 Januari 2022 dengan judul “2.3 Juta Rupiah Biaya ADM...
Baca Selengkapnya

Komentar