Surat Pembaca

Kenapa Setelah Diblokir Tagihan IndiHome Tetap Berjalan?

Kepada Yth. Pt. Telkom Indonesia Tbk

Saya pelanggan IndiHome wilayah provinsi Sumatera Utara, dengan identitas pelanggan sebagai berikut:

Nama: Malinda Hanafi
ID pelanggan: 111224124887

Saya ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Mengenai pembayaran IndiHome  periode November 2021 telah saya lunasi, dengan nomor tagihan 111-013702519289 tanggal bayar 27 November 2021.
    BIAYA INDIHOME: Rp280.000
    DENDA: Rp14.000
    PPN: Rp28.000
    TOTAL TAGIHAN BULAN INI: Rp322.000
  2. Pada bulan Desember 2021 saya sudah jarang berada di rumah, hingga akhirnya saya telat membayar.
  3. Pada tanggal 21 Desember 2021 layanan IndiHome di rumah saya diblokir, akibatnya saya tidak dapat menikmati layanan IndiHome hingga sampai saat surat ini saya buat.
  4. Dengan mempertimbangkan keberadaan saya yang jarang di rumah, saya mengambil keputusan untuk berhenti layanan IndiHome dan bersedia untuk membayar tagihan yang saya nikmati pada tanggal 1 sampai 20 Desember 2021. Akan tetapi tagihan saya hari ini tanggal 14 Januari 2022 sudah bertambah. Padahal saya sama sekali tidak menikmati layanan wifi IndiHome di rumah, karena sejak tanggal 21 Desember 2021 sudah diblokir.
  5. Mohon kepada pihak PT Telkom untuk MENCABUT dan memperbaiki tagihan saya di sistem tagihan saya, agar saya dapat membayar tagihan pada periode tanggal 1-20 Desember 2021.
  6. Bahwa tagihan saya sampai saat ini mencapai Rp616.000 (belum termasuk denda dan PPN).

Pertanyaan saya:

  1. Apakah saya harus membayar tagihan dari tanggal 21 Desember 2021 sampai tanggal 14 Januari 2022? Karena pada kenyataannya, saya SAMA SEKALI TIDAK MENIKMATI LAYANAN WIFI INDIHOME. Yang berarti hak saya tidak saya dapatkan.
  2. Jika benar istilah pakai dulu baru bayar, kenapa di kuitansi pembayaran yang saya punya tertera bulan tagihan November 2021 dan tanggal bayar 27 November 2021? Seharusnya jika benar istilah pakai dulu baru bayar, tertera bulan tagihan Oktober 2021 tanggal bayar 27 November 2021. Untuk apa dibuat ribet istilah itu? Istilah itu sangat membingungkan.

Mohon kebijaksanaannya dengan segera, jika tidak tunggakan saya akan semakin membesar atau buncit. Sekian dan terima kasih.

Malinda Hanafi
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom Regional I atas Surat Pembaca atas nama Malinda Hanafi

Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca Malinda Hanafi pada tanggal 14 Januari 2022 dengan...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Setuju!!!! Kabar dari teman2 yang pakai kalau pas loss bisa berhari2....untung di tempat saya ada pilihan selain plat merah...dan syukur lah selain murah juga lancar...kalau loss paling hitungan jam itupun jarang....

  • a.Apabila PELANGGAN tidak melakukan pembayaran sampai dengan akhir masa pembayaran bulan N (tanggal 20 setiap bulan), maka pembayaran mulai tanggal 21 sampai akhir bulan N kepada PELANGGAN Layanan IndiHome dikenakan Denda Keterlambatan sebesar 5% dari total tagihan Biaya Layanan IndiHome terutang atau minimum Rp.5.000,- (lima ribu Rupiah), mana yang lebih besar nilainya;
    b.Selain dikenakan Denda Keterlambatan sebagaimana disebutkan dalam butir a di atas, PELANGGAN yang belum melakukan pembayaran sampai dengan bulan N (tanggal 20 setiap bulan), sambungan Layanan IndiHome (Telepon, Internet, dan/atau IndiHomeTV) akan di-Isolir mulai tanggal 21 bulan N;
    c.PELANGGAN sebagaimana dimaksud dalam butir a dan b di atas, apabila melakukan pembayaran Biaya Layanan IndiHome mulai tanggal 1 bulan N+1 sampai dengan akhir bulan N+1, maka PELANGGAN tetap dikenakan Biaya Layanan IndiHome ditambah dengan Denda Keterlambatan 10% (sepuluh persen) dari total tagihan Biaya Layanan IndiHome terutang atau minimal Rp10.000,- (sepuluh ribu Rupiah), mana yang lebih besar nilai Denda Keterlambatan-nya;

    1.Dalam hal PELANGGAN bermaksud berhenti berlangganan Layanan IndiHome, maka PELANGGAN wajib melunasi tagihan Biaya Layanan IndiHome (yang telah jatuh tempo dan/atau tunggakan Biaya Layanan IndiHome), serta membayarkan Uang Titipan kepada TELKOM sebesar pemakaian Layanan IndiHomePELANGGAN pada bulan berjalan secara proporsional (pro rata). Dalam hal tagihan Biaya Layanan IndiHome pada bulan berjalan (yang terbit di awal bulan berikutnya) lebih besar dari Uang Titipan yang telah dibayarkan, maka PELANGGAN diharuskan melunasi sisa tagihan Biaya Layanan IndiHome tersebut.

    2. PELANGGAN dapat mengakhiri Kontrak Berlangganan secara sepihak dengan memberitahukan kepada TELKOM terlebih dahulu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sebelumnya, namun PELANGGAN (Eks PELANGGAN) tetap bertanggung jawab untuk melunasi seluruh tagihan, tunggakan Biaya Layanan IndiHome, Denda Keterlambatan, dan Denda Pengakhiran (jika ada) kepada TELKOM.

    poin poin dari syarat dan ketentuan indihome, mungkin bisa dibaca sebelum berhenti, dan juga malah seharusnya anda baca sebelum berlangganan, sehingga tidak asal ngmg seperti ini, anda yang tidak tahu dan tidak paham soalnya, tolong dipahami sebelum anda memakai sebuah layanan atau produk

    dari syarat ketentuan ini, jelas tertulis bulan berjalan itu tagihan nya terbit di bulan berikutnya memang

    dalam arti tagihan anda november itu memang untuk oktober, desember untuk nov, jan untuk des. hak anda sudah anda nikmati, silahkan dibayarkan kewajiban anda!

    • Cakap doang emnk enak sihh, cobak perhatikan kwintansi pembayaran yg saya lampirkan, JIKALU MEMANG BENAR PAKAI DLU BARU BAYAR, khusus november 2021 pembayarannya desember 2021. Nah jika benar pembayaran november 2021 untuk oktober 2021 seharusnya dkwintansi tertera periode bulan oktober 2021, kenapa.saya bilang gitu karena TANGGAL BAYARnya 27-11-2021.
      Semacam ada indikasi apa gitu, beda dimulut tp beda tinta. Paham tak???

      • mba, anda membingungkan antara tagihan, dan bukti pembayaran

        itu bukti pembayaran anda, untuk bulan tagihan november(bukan periode layanan, periode layanan bulan tagihan november adalah oktober)

        sama hal nya tagihan untuk periode layanan januari, bulan tagihan nya adalah februari

      • Kalau udah lewat tgl 20 belum di bayar internet di putus sementara. Nanti bakal di idupin lagi kalau sudah bayar. Kalau ga di bayar bayar ya ga di idupin lagi lah mba. Saran saya mba nya datang ke plaza Telkom / telpon kalau ada pulsa banyak 100ribu bakal kurang dah, nanti ke customer service ajukan pemberhentian jaringan, sekalian komplain masalah tagihan.mba udah baca semua belum kontrak nya?

    • Saya mau balas komentar Bapak ini sama Bapak Yohanes sebenarnya yg sebut kesalahan ada pada Anda!! Yg sekaligus sudah pakai sejak tahun 80an.

      Disini Bapak sudah nulis pro rata bukan??
      Pada awal saya berlangganan saya juga dapat tagihan pro rata karna mulai di pertengahan jalan.

      Bulan April kmrn saya terlambat bayar hingga 15hari. Kena denda. Tapi ga ada itu yg namanya pro rata.

      Lalu bulan Juni saya terlambat lagi, tentu saya akan bayar karna memang sudah saya nikmati hak saya.

      Sementara saya abaikan dulu, saya mau coba skip bulan juli.

      Tanggal 20 Juni, sudah di isolir. Skrg tanggal 24Juli.

      Tagihan terlambat saya bulan Juni dan bulan Juli dengan pemakaian Juli 0,tidak pakai apa2.

      Bagian mana yg pro rata???
      Bagian mana yg saya sudah menikmati hak saya????

      Soal denda 5% & 10% saya sudah baca.
      Tapi saya blm baca soal yg seperti ini, saya lupa karna sudah bbrp tahun lalu kontraknya.

      Okeee,,, telat bayar / terlambat karna hal keuangan adalah kesalahan pribadi, siapa suruh anda miskin. Siapa suruh anda dipecat. Anda sudah menikmati bulan Juni, oke dibayar.

      Lalu skrg bulan Juli bagaimana???

      Kalau hitungan nya dari tanggal 20 ke tanggal 20, maka Juli blm saya nikmati sama sekali.

      Kalau hitungan nya dari tanggal 1,
      Berarti bulan Juli hanya saya nikmati 20 hari.
      ---
      Singkat nya,,,, kalau mau tagihan tetap berjalan ya jgn isolir.

      Kalo sudah mengisolir, ya tagihan stop sampai terakhir yg sudah di nikmati saja.

      Jgn lalu bilang sudah dinikmati ya harus di bayar.
      Laahh itu yg blm di nikmati gmn???
      Itu lohhhh, tagihan nya nge gabung

      Per bulan kannnn, bukan per 2 bulan

  • Saya suka dengan analogi warung makan diatas: makan gak makan harus bayar. Begitu sudah tanda tangan kontrak pasang, maka dianggap sudah tahu segala aturan dan semua tetek-bengeknya, termasuk ketentuan kapan bayar, berapa yg didapat, apa konsekwensinya kalau telat dsb. Diblokir bukan berarti diputus, itu hanya sebagai punishment karena telat bayar, jadi tetap saja wajib bayar walau tidak memakai layanannya. Kalau sepengetahuan saya begitu

  • Kita ini sebagai konsumen sebenarnya dari awal udah 'kalah' posisi, karena kita cuma bisa menyetujui S&K untuk bisa dapet produk/layanan. Krn itu, kalau ada problem dan ingin mengeluh ya pertama2 harus lihat ke S&K dulu.

    Walaupun sebenarnya kalau ditarik ke prinsip dasar jual-beli, menurut saya, tagihan untuk sesuatu yang gk digunakan ya rada2 keterlaluan. Kalau denda dlm batas tertentu si ya wajar, kan biar pada cpet bayar.

    Inget, namanya juga bisnis, harus gaji banyak karyawan, ya harus memanfaatkan celah untuk dapet keuntungan, semaksimal dan se-durabel mungkin.

    Contoh biar konsumen ttep gunain layanan ya dg adanya cs untuk membantu masalah, adanya kompensasi, trus yg rada ekstrim adanya biaya tambahan kalau mau berhenti berlangganan.. Wkwk

    • Kaki dikepala, kepala di kaki.
      keren yaa komentarr lu pada kayak rel sambung menyambung. menjadi satu itu laahh indonesia. Boleh gabung donk d grup nyaa...kwkwkwkwkwk
      Boleh tau gak ni tugas nya apa? Revolusi mental apa revolusi MENTAL???

      • Mbak malinda, dah gini aja solusinya gak ada cara lain.
        Mbak datang ke plasa telkom tempat registrasi pertama. Kemudian perlihatkan invoice digital ke bagian CS, minta banding/keberatan pembayaran akibat tidak dipakai layanan indi selama periode tersebut.
        Pasti dikasi keringanan dan hanya bayar yg mbak pakai.
        Tapi emang harus datang sih, kalau lewat CS indi di instagram/faceboook/twiter gak bakal dpt potongan. Lha mereka pegawai outsourcing, mbak. Bukan pegawai permanen telkom. Makanya yang punya wewenang ya orang yg di plasa telkom itu.
        Ok semoga terselesaikan dengan baik dan lancar.

      • Eh mba,mending situ Dateng langsung aja deh ke plaza biar kelar.Mending gausah nulis sekalian biar gaada yang respon.Hadeh.

        • Pihak telkom ada menjawab aja belum. Kok kelen kelen pada yg keter kwkkwkwkwkw.
          Yg pnting makasih atas ingo nya kalian kalian semua.

          • Kalau udah lewat tgl 20 belum di bayar internet di putus sementara. Nanti bakal di idupin lagi kalau sudah bayar. Kalau ga di bayar bayar ya ga di idupin lagi lah mba. Saran saya mba nya datang ke plaza Telkom / telpon kalau ada pulsa banyak 100ribu bakal kurang dah, nanti ke customer service ajukan pemberhentian jaringan, sekalian komplain masalah tagihan.mba udah baca semua belum kontrak nya?

  • ada salah persepsi:
    di blokir
    di isolir

    kalo telat bayar = itu bukan diblokir tapi diisolir, tapi tagihan tetep jalan. ​

    saya juga pernah gitu. jadi prosedur berhenti berlangganan di indihome bukan seperti itu. kalau ingin berhenti langganan harus telpon dulu ke CS indihome. trs nanti isi form berhenti langganan + bayar sisa tagihan berjalan + kirim fotokopi ktp + tanda tangan.

    nanti baru dapet keterangan resmi pemberhentian layanan.

    setelah  smua lapor + smua administrasi diberesi baru  tagihannnya gak muncul lagi. kalo gk dibayar, sisa tagihannya bakal terus menumpuk tiap bulannya. misal ada collector datang minta pelunasan anda tetep salah, bukan soal pakai/gak pakai tapi prosedur pemberhentian layanan ini  uda tertulis di surat perjanjian saat ptama kali langganan lengkap  dengan tanda tangan juga.

  • Kasian kakak yg nulis SP, dari balasan2 komentarnya macam orang stress banget. Mungkin Hayati lelah, atau lagi M.

    Ini adalah contoh komentar yg ga ngebantu banget, jadi abaikan saja demi kesehatan mental.

  • Yang komen ga ada yang kasar ya, malah mengedukasi. Tapi TS nya kasar banget balasannya. Cuekin aja deh kalau gitu, biar tenang jiwa raganya. Sing waras ngalah ?

    • mbanya ketus mungkin karena dia maunya kita bilang iyahhh indihomenya salah... gak usah bayar dll.... tapi seperti dijelaskan di atas diblock sama customer minta matikan beda dalam arti tagihannya...

  • gak usah di bayar, gak apa2. bibi gw ada yg langganan indihome, terus dia gak bayar, di cabut, sisa tagihan gak dia bayar sama sekali sampai detik ini, gak jadi masalah.

  • Apa uda ada tanggapan dari indihome mbak? Saya jg mengalami hal yg sama. Saya telat bayar utk tagihan Agustus, Saya bayar tanggal 21 September. Otomatis Saya jd bayar 2 periode tagihan, tagihan yg full Saya pakai, sama yg tdk. Saya bayar karna org tagihan IndiHome sdh dtg kerumah utk tagih. Alhasil dapat keputusan kalau utk tagihan Oktober nanti saya akan diberi potongan akibat kompensasi yg saya bayar full utk yg sy tdk pakai. Mulai dr tgl 17 Oktober saya wa sampai tgl 20 Oktober ini tdk ada jwbn. Padahal saya nagih janji yg pihak indihome katakan. 3 hari wa saya tdk di balas indihome, padahal waktu tagih terus wa saya. Ehh giliran saya tagih, saya macem nagih hutang. Read tp tdk dibalas. Benar2 kecewa....!