Surat Pembaca

Mendapatkan Tindakan Kekerasan Verbal Berupa Ancaman, Rasis dan Pintu Rumah Ditinju oleh Driver Aplikasi

Aku sebenarnya gak mau tulis ya kejadiannya kapan karena aku masih takut ada trauma dan ancaman, karena ini baru aku alami. Kejadiannya malam jam 10-an saya baru balik dari kantor yang mana jarak kantor ke rumah 1,5 jam tapi saya naik motor driver ini hanya jarak 2 km, karena sebelumnya saya naik kendaraan lain.

Jadi karena aku pesan titik rumahku di peta yang memang selalu gak pernah ada yang pas, paling beda 200–400 meter saja. Sejak awal aku sudah dimaki-maki sama driver-nya. Sebenarnya nulis ini takut diapa-apain karena dia tahu rumah saya. Saya benar-benar kecewa dengan driver itu, seumur-umur gak pernah mengalami ini:

Driver: mbak ini kok gak sesuai titik ya, harusnya di gerbang perumahan depan

Saya: iya mas sori ya, saya buru-buru milihnya, tapi saya kemarin itu juga buatnya tepat titik dan saya cek harganya sama, karena cuman beda jarak lokasi komplek beberapa meter, jadi kalau cuman beda 200–400 m itu sama harganya

Driver: (Entah ngomong apa, gak kedengaran karena naik motor)

Saya: Mas bilang apa, gak kedengaran

Driver: (Pas sudah sampai di pintu rumah, tiba-tiba ngomong ketus, ngegas dan langsung pikiran negatif, serta menuduh saya), Situ gak usah kasih saya bintang ya, gak perlu kasih saya penilaian.

Saya: (Dengan masih kaget dan bingung, saya jawab) maksudnya apa mas? Kok tiba-tiba ngomong gitu? Emang ada masalah apa ya?

Driver: Iya situ gak usah kasih saya bintang, dari pada kasih saya bintang 1 saya yang kena (semakin menuduh dan ngegas banget) mending gak usah kasih penilaian.

Saya: Loh mmgnya ada apa, kalau saya mau kasih bintang 5 gak boleh? (Di sini saya mulai ngegas, gak diterima dituduh, belum apa-apa kok udah pikiran buruk ke orang lain. Karena saya sama sekali gak ada ngomong apapun ke dia, kok dia nyerang saya tiba-tiba gini?

Ya saya gak terimalah, jujur di sini saya menyesal kenapa saya kepancing omongan dia, harusnya saya sudah mulai waspada, wah ni orang gak beres nyari gara-gara, apalagi tahu saya wanita, sudah malam banget, dan sudah di depan rumah pula).

Driver: Iya ndak perlu saya, awas kau ya, berani kasih bintang 1, kalau besok saya di-suspend ,berarti itu gara-gara kau, langsung saya datangi kau, gak takut saya, kau cuman pendatang kok.

Saya: (Makin gak terima, dia itu mulai rasis ke saya) oh gitu ya mau ancam saya ya, kok driver gak sopan, kurang ajar banget ya, mau saya laporkan ke aplikasinnya?

Driver: (Wah dia langsung makin kayak gila, makin ngamuk dan dia mulai makin anarkis, dia gak mau pulang, dia makin ancam saya), Hei kau jangan macam-macam sama saya ya, saya bisa bakar rumah kau ya.

Saya: Oh gitu ya, kurang ajar sama wanita kok begitu, saya gak ada salah apa-apa kok situ yang cari gara-gara, heran hal kecil kok kayak gini, masak beda titik dikit kok ngamuk, padahal harganya sama loh beda titik dikit, kan itu sudah satu perumahan, cuman beda blok, mau saya laporkan ke polisi juga??

Driver: (Gak terima saya mau laporkan dia ke polisi, dia makin ngamuk) Hei benar kau ya, kau berani laporkan aku ke polisi, kubakar rumah kau (dia ancam aku lagi). Sempat besok aku kesuspend, habis kau ya (ini posisinya aku sudah masuk ke rumah ku, langsung ku kunci pintuku yang ada besi dan kawat nyamuknya), lalu ditinju sama dia, sampe kawat besinya itu robek lumayan besar.

Terus karena ada keributan datanglah tetangga. Tetangga berusaha mengakurkan kami, lalu dia mengadu dan memutar balikan fakta bilang: kalau ada masalah, jangan bawa ke ojol.

Akhirnya karena sudah banyk tetangga datang, dia baru mau pergi dan itu juga setelah saya bilang ya sudah saya gak kan laporin, Saya anggap ini sudah selesai, gak perlu juga saya kasih bintang apa-apa, sudah sana pulang, saya gak mau berurusan sama lo lagi.

Oh my gosh, gila banget ya ini orang, lah dia yang ada masalah kok saya yang dituduh, justru dia yang gila dan gak sehat mentalnya, kok malah sudah curigaan sama orang. Ya saya bilang ke tetangga, kok dia kayak orang gila ketakutan gitu ya?

Kalau dia gak salah ngapain takut, toh kalau dia pelayanan bagus, gak mungkin orang kasih bintang 1, orang kalau dituduh mencuri dan kalau gak mencuri ya tinggal buktIkan aja gak usah panik, gak usah yang galak sendiri. Sama halnya dengan ini orang kalau dia merasa pelayanan dia bagus, kok dia takut orang kasih dia bintang 1, berarti kan selama ini dia sudah beberapa kali gituin penumpangnya.

Duh kasihan yang jadi penumpangnya mungkin juga mereka sama kayak aku gak berani UP kasus ni, gak berani lapor ke pihak aplikasi, padahal kalau ada yang lapor kan lebih bagus, jadi korbannya berhenti di dia, gak berlanjut ke orang lain. Dan ini pun terjadi sama saya, saya juga gak berani lapor karena sudah diancam dan dia tahu rumah saya 🙁 (berharap jugan sampai dia baca ni, karena saya benar-benar takut banget di bawah ancaman dia).

Anyway, pesan saya ke teman-teman lain, next time mau kalian co or ce, terutama ce, kita gak usah ladeni orang sakit kayak gitu. Serem banget diladeni, next kalau sudah dia ngomong gitu kita iyain aja, gak usah dihadapi dengan serius banget. Biar aja, terserah dia deh mau apa asal dia gak lecehkan or main fisik. Kalau bisa segera menjauh lari, dan tutup pintu.

mMungkin di satu sisi kt gak bisa trm ya, kok bisa tiba-tiba kt dituduh, dijutekin dijulidin gt ,biasanya kt kan bereaksi langsung ya karena pgn juga pertahanin harga diri kt,tapi mending gak sudah deh demi keselamatan diri kt dan orang rumah.

Dia yang sakit orang yang kena getahnya, makanya jadi orang yang benar, biar gak dihantui rasa takut, okelah kalau dulu pernah dikasih bintang 1 sama orang, ya intropeksi dirilah, buang tuh trauma lo, kepahitan lo, kalau selamanya simpan kebencian dan kepahitan. Orang gak ada salah apa-apa, orang yang kena getahnya, gak malu dan gak sopan banget gituin orang yang gak dia kenal, orang yang gak kenal aja bisa dia anarkis dan melakukan aksi kekerasan, gmn dengan keluarga dia ya?

Kalau service dia bagus, orang dengan sndariinya juga bakal kasih penilaian bagus. Bisa jadi orang kasih dia bintang 1 karena dianya yang sakit. Gak mungkin ada api kalau gak ada asap. Saya percaya sih sudah banyak korbannya. Orang kayak gini gak cuman ke 1 orang, cuma mungkin gak ada yang berani speak up, karena ini orang licik banget. Dia sengaja cari gara-garanya pas depan pintu rumah lo. Biar lo kalau macam-macam kasih dia rating jelek, dia sudah tahu rumah lo dan bisa melakukan tindak kekerasan.

Anyway, saya kasih dia bintang 5 ,yes saya kasih dia bintang 5, tujuannya apa? Biar dia tahu orang yang sudah dia fitnah dan tuduh, sudah dia ancam, anarkis dan merusak rumahnya, orang itu menunjukan bahwa saya dari awal gak ada masalah apa-apa sama lu. Gak ada sedikitpun terbesit saya mau kasih dia bintang 1 , biar dia belajar gak semua orang itu sama. Dan juga berburuk sangka sama orang lain, bahkan orang yang sudah lo zolimi masih baik sama lo. Dan gak laporkan lo.

Kasihan sih orang kayak gini, hidupnya gak kan tentram dan gak damai, selamanya dihantui rasa bersalah dan ketakutan, takut diketahui dan dilaporkan perbuatan jahatnya. Padahal saya nunggu dia itu 10 menit lo, coba dia yang tunggu saya, oh bisa habis saya.

Alasan saya menulis ini biar saya lega dan bisa tidur, mending diluapkan dan gak jadi penyakit hati. Serta semoga bisa dibaca oleh penumpang lain untuk berhati-hati ?

Ps: Saya tuh gak pernah tega sama driver mau mereka suruh saya tunggu kalau gak buru-buru pasti saya tunggu, gak pernah loh saya memperlakukan driver dengan buruk, baru kali ni saya diperlakukan seperti itu.

Benar-benar pengalaman paling buruk sekaligus pelajaran berharga buta lebih hati untuk tidak terpancing. Nyesel banget saya meladeni orang gila kayak gini, apa mungkin dia pemakai ya? Ehm don’t know, okelah sekarang dia mah bebas aja ya sudah zolimi saya, tapi kalau dia berulah lagi ini ke korban lain dan ternyata penumpang itu adalah anak TNI atau Polisi, bisa kena kasus tuh dia, malah dia yang diancam balik, ancaman dia bakal kemakan dia sendiri.

Saya percaya apa yang kamu tabur itu yang kamu tuai. Semoga suatu hari ada yang berani laporkan dia ke pihak aplikasi dan polisi jadi biar dia jera dan tidak memakan korban lain. Apalagi kalau sampai melukai fisik korban, orang kayak gitu sangat mungkin melukai orang lain, untung saja saya buru-buru masuk rumah dan gak kena bogem dia, makanya dia ninju pintu rumah saya.

Sekian dari saya, mungkin suatu hari saya akan lebih terbuka dengan bukti-bukti yang ada, tapi tidak sekarang. Semoga Tuhan melindungi kita semua dari orang-orang jahat ?

Widya
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Halo , trims bt komennya, tp andai anda tahu kej sbnrnya itu lbh seram, selama ini saya sll pakai titik itu dan tdk prn ada masalah, krn mmg titiknya tdk ada yg prn pas, dan itu pun saya ud tny pihak aplikasi, kl jarak msh beda selisih 200-400 m itu mmg hrgnya segitu, lagi pula itu nama perumahan itu sudah berubah dan saya tdk tahu knp tdk terupdate. Andai anda yg alami sndri mgkn anda tdk akan berkata sprti itu, krn pas saya turun tb2 dia uda jutekin saya dgn blg ga usa kasih penilaian,kl nanti dia dikasih bintang 1, pdhl gw bs bersumpah sdktpun gw ga ada ngomel2 dan mengeluh, trus dia bbrp kali ngmg pendapatang, dan mmg akun nama gw itu kentara bgt nama akun gw itu ketahuan bgt gw suku chinese.Driver lain aja ga prn loh gituin gw, tb2 kyk cr masalah dan ud nyalahin org dan ancam jgn ksh penilaian, lagian penilaian itu hak penumpang dan ga ada loh sedikitpun niat terlintas mau ksh bintang 1, kok dia cari masalah dan nuduh sembarangan. Saya tau sih dgn saya tulis d media ini pasti ada pro dan kontra,tp kl anda sndri yg alami pasti anda kecewa bgt.

    • Oh ya satu hal lg, itu jarak cuman 1km-an, trus gw hrs ksh brp tips bt dia, ud dikasarin gt trus mau ksh tips? Itu gw ud byr mahal loh jg 1 km-an harganya 15 rb

    • Titik maps bisa pin point manual di geser agar pas di lokasi tujuan.. Bisa aja jadi pas.. Kalaupun gk pas, kasih aja tips 1rb/2rb biar gk ngomel lagi daripada ribet.. Mohon maaf tapi awal sdh kesalahan konsumen sih.. Bulan kemarin kejadian juga ke saya, dia ngomel2 d depan rumah ?ku kasih bintang 3

  • sepertinya si driver sudah lelah, dan mungkin terbawa emosi dari kejadian rute2 sebelumnya. dan terkenalah saudari sebagai pelampiasan, tapi ini hanya dugaan saja. mungkin beda versi kalau cerita dari si driver. intinya syukur selamat tanpa ada drama lanjutan berarti.

    • Kl.mnrt saya dia pny mslh pribadi atau traumatik sih, makanya saya nulis kasihan org kyk gini, kyknya dia prn berbuat hal anarkis shgga org ancam dia laporkan ke polisi or aplikasi, makanya dia ada sdkt gmn sm org langsung ancam org ini itu, org kl dr dirinya damai ga mgkn sampe kyk gt. Ga ada drama krn dia akunnya blm disuspend, coba kl disuspend, pasti dia cr gr2 lagi dgn saya

  • Kasih uang tip mbak ..kalo jarak nya gak sesuai .. kasih aja 10 rb ..
    Kadang orang capek itu bawaan nya emosi ..
    Tapi tidak juga di benarkan oknum driver online tersebut .. sampe memgacam

    • Halo dia bukan saja mengancam tp dia merusak pintu rumah saya ,ampe jebol kawat nyamuknya,kl warga ga dtg bisa dibanting sepeda depan teras rumah saya. Bukan soal tips, gmn mau ksh tips, kl.anda jd sy mgkn kalian dua ud baku hantam, kk mnrt saya ni org pny masalah pribadi, mau capek mau ga itu bukan urusan customer lo, ga bs donk pny masalah sndri dilimpahkan k org,dia tau gw it7 perempuan, perumahan sepi, gw non pribumi makanya dia gertak gw, disitu ada mama gw, tp dia berani mengancam dan merusak pintu kami, untung kami buru2 msk k dlm rumah,dia sampe uda mau masuk k dlm rumah, rumah kami itu ada terasnya. Sekali lg saya blg bukan soal tips, gmn mau ksh tips, wong baru aja turun dr motor dia, dia ngmgnya uda ga enak, tb2 blg ga usa ksh kasih bintang, ga bth penilaian gw, ya gmn gw ga kaget trus nuduh gw bakal ksh dia bintang 1, ya elah gw bs bersumpah slma perjalanan ga ada pun sdktpun gw mengeluh or maki or marah2 dia, krn kl gw berbuat itu, uda ga selamat gw sampai di rumah.

    • Oh ya satu hal lg, itu jarak cuman 1km-an, trus gw hrs ksh brp tips bt dia, ud dikasarin gt trus mau ksh tips? Itu gw ud byr mahal loh jg 1 km-an harganya 15 rb
      gw jg ud nanya ke aplikasinya, mrk ud pny jarak range tertentu,dan mrk mengiyakan kl jarak beda bbrp meter itu hrgnya tetap sama, krn saya jg prn coba di aplikasi jarak beda bbrp m, itu sama, coba aja anda cek aplikasi anda ,jarak beda 200-400 m apakah nambahnya gede bgt? Lagipula saya ud biasa pakai titik itu dan tdk prn ad mslh, driver lain prn saya jelaskan saja memaklumi kl perumahan itu mmg ga ad yg sesuai titik bloknya, itu bukan beda jalan loh, beda blok aja dan kebetulan blok rumah aku ga ada di aplikasi itu, dia kan blg dia org daerah sana, berarti hrsnya dia jg ud biasa antar org dan tau perumahan itu, kl mnrt saya,mmg dia mau cr masalah dan mgkn ada ga warasnya, mgkn dl prn dikasih bintang 1 oleh org lain, jd traumanya ampe kena getahnya k org lain. Org ga mgkn akan ksh bintang 1 kl dia yg ga berulah. Selama bertahun2 naik ojek pake 2 aplikasi itu, ga prn ada satupun driver yg tb2 gw baru turun ud maksa dan ancam jgn ksh penilaian apapun,dia blg ga bth penilaian dr gw. Ga ada angin ga ada hujan kok bs nuduh org sembarangan, kl dia ga senang krn gw kasih tips ya hrsnya terus terang aja blg, jjr ya kl drivernya sopan ga usa dia minta, gw dgn sndrinya uda kasih.

  • Harusnya lapor aja langsung ke aplikasinya, biar ditindak langsung.
    Memang macam2 ya tabiat driver, saya sendiri termasuk pengguna setia aplikasi ojol karena ga ada kendaraan pribadi. Dan setiap hari bertemu puluhan driver ojol di resto. Selama ini cuma kasus sekali aja driver kurang ajar diresto, sempat ramai juga dan akhirnya saya laporkan langsung. Akhirnya di PM tuh driver. Memang lebih baik didiamkan saja kalau driver marah2, apalagi sebagai wanita ya. Ntar baru dilaporkan langsung ke aplikasinya kalau udah tenang.

    • Iy bnr bgt trims bt sarannya, nanti stlh lbh lama,saya akan ksh bukti video dan kerusakan pintu rumah saya,krn saat ini saya belum berani,dia berulang kali blg saya pendatang dan mau bakar rumah saya kl saya berani lapor ke pihak aplikasi dan polisi. Tp mmg sih ini hny oknum tdk smua driver sprti itu.

    • Nahh iya setuju, emng kudu di laporkan driver yg kurang ajar seperti itu apalagi sudah sampai mengancam dan parahnya lagi merusak kawat besi rumah si Kaka..

      • Trims kak bt komennya, bnr sih ,sbnrnya aku jg msh ga ikhlas krn dia berbuat seenaknya ,kuatirnya korbannya ga aku aja, apalagi merusak properti milik org dan melakukan kekerasan itu d dpn mama saya yg ud lansia. Aku akan memikirkan hal ini,sekali lg trims, smg kt dijauhi org2 kyk gini ?

  • Satan aja kalau naik/turun angkutan umum atau gojek jangan sampai pas tujuan. Biar jalan atau muter dikit kitanya supaya gatau kita tinggal/kerja dimana.

    • Iy bnr, tp liciknya dia,dia tau rumah gw dl baru tb2 kerasukan sndri maksa jgn ksh penilaian apapun, pdhl pas d motor ga ada sdkt pun berbedat apapun, mmg sih di motor dia ud ngeluh, tp gw diam aja, krn gw ga tau keluhan dia apa,kl duduk d blkg ga kedengaran dia ngmg apa. Mgkn dia pikir gw bakal laporin dia krn dia ngeluh2 d motor, makanya sblm gw ksh bintang, dia ud ancam jgn ksh penilaian apalgi bintang 1, kl sampe bsk dia kena suspend, berarti orgnya gw :(, gila ngeri bnr ktmu org kyk gt. tp anyway trimd bgt bt komennya, smg kt smua bs berhati2 dan dijauhi org2 kyk gt. ?

  • Gak usah takut Kak, kalo gw di posisi Kaka gw pasti lngsung kasih rating 1 bila perlu kalo di ancam segala laporkan ke pihak aplikator agar dia di suspend dan bila drivernya tetap mengancam lgi atau mau bakar rumah ya mau gak mau laporkan pihak berwajib. Yg namanya kekerasan ataupun ancaman ya harus dibawa ke pihak berwajib.. Soo kenapa musti takut terhadap orang seperti itu kak.

  • Mana nihh driver nya, berani koment gak di MK.. kalo gak berani berarti Lo driver PENGECUT cuman gertak sambal doank terhadap wanita.. gw jga ada sihh kerjaan smpingan sebagai Ojol.

  • kalo misal ojol gak terima titik melenceng kan bisa bilang baik misal minta tambah 5Rb kdang yg buat melenceng dr App error atau Hp ojol pake mediat*k yang murah, semoga driver anarkis kaya gini segera pensiun karna merusak image ojol

    • Iy bnr, kl mnt gitu ,aku ga mgkn ga ksh, krn ud biasa jg bertahun2 dgn jarak itu ga prn ad masalah. Iy ni oknum aja kak, msh bnyk driver yg baik hati, smg ga ad korban slnjtnya ?.

  • Laporin polisi, hrusnya rekam aja percakapannya ga mbak lain kali, itu udh masuk ke dalam dalam tindak pidana pengancaman. Jangan takut terhadap pelaku kejahatan. Nanti juga ciut tuh nyali nya kl udh ber urusan ama polisi, lapor polisi ga percuma kok, yg penting punya 2 alat bukti. Itu udh cukup. Bukti 1 suara rekaman atau video, bukti 2 melakukan kekerasan dgn merusak properti, Itu ada hukum pidana nya.

    Dan mba bisa DM ke ig dramaojol buat minta bantuan, identitas pasti dirahasiakan. Biasanya kasus bgini dibantu. Gausa takut sama pelaku kejahatan mba

    Buat yg diatas ngmg soal tip, ga semua org naik ojol punya duit lebih, kdang ada ya krn memang utk transportasi harian, se enaknya aja ngmg tip. Simpel nya gni, klo emg gamau nerima orderan krn cape, ya matiin aplikasi nya. Klo dia aktifin aplikasi artnya dia udh siap dgn segala resiko,

    tip cuma bonus. Ga perlu di harapkan, kl gak diksi yauda ikhlas. Gda kewajiban penumpang utk ngasi tip

    • Trims kak bt sarannya, iy saya ada rekam, hny saya rekamnya pas uda masuk k dlm rumah, knp ga rekam di awal jjr itu ga kepikiran plus saya jg takut dia bakal rebut dan banting hp saya, krn dia itu ud sprti mau mukul saya, makanya saat itu saya tarik mama saya masuk k rumah dan buru2 kunci pintu rumah, lalu krn dia ga puas, dia mukulin pintu saya sampai jebol kawat nyamuk saya, pdhl kawat nyamuknya yg bukan bahan nilon, yg termasuk bahan kuat keras. Saya akan cb saran kk utk post d ig drama ojol, cuman utk lapor polisi blm dl kecuali dia mulai neror lg, saya jg lg mempertimbangkan lapor k pihak aplikasi cuman hrs berhati2 krn saya satu2nya , sangat mudah dia menandai saya, bukannya bersikap rasis, tp mmg di daerah itu jrg ad org non pribumi, kl pun ada mrk pny kendaraan sndri, smntra saya hanya bs mengandalkan tranportasi umum utk pekerjaan sehari2 saya. dia berkali2 mengingatkan saya akan mencari saya dan rumah saya dibakar jika sampai pihak aplikasi mengsuspend akun dia. Setuju dgn anda soal tips, akan sangat berat tiap hari saya ksh tips krn saya pakai itu tiap hari, kl pun saya ksh tips itu krn ada nilai lebih dr ojol ya yg sopan dan ramah.

Penulis
Widya