Surat Pembaca

Masalah Top Up Saldo DANA Menggunakan PayPal

Kepada Yth.
Redaksi Media Konsumen.
Di Tempat

Perihal: Top Up Saldo Yang Belum Diterima Sejak 6 Januari 2022, Uang Tidak Diterima atau Dikembalikan

Pada tanggal 6 Januari 2022, tepatnya pukul 18.03.00 WIB, saya melakukan transaksi isi saldo ke nomor Virtual Account (VA) PT. Bank Permata TBK yang disediakan oleh aplikasi DANA melalui akun PayPal saya (*********.*****ial@gmail.com) dengan nominal Rp11.409.677 IDR atau setara dengan $821,35 USD, akan tetapi tidak masuk sama sekali ataupun dikembalikan.

Nominal yang ditransfer tersebut bukan nominal kecil, sehingga keprofesionalitasan dari pihak DANA semestinya dapat dipertanggungjawabkan, bukan sebaliknya.

Adapun nomor VA punya saya berakhiran 1984. Segala bukti transfer sudah saya serahkan kepada pihak DANA melalui e-mail. Namun hingga saat ini, uang tersebut belum masuk ke akun DANA saya ataupun dikembalikan ke akun PayPal saya.

Saya sudah berkali-kali menghubungi pihak DANA melalui fitur aplikasi Resolution Center sejak 10 Januari 2022, pukul 10.33 WIB. Bahkan melampirkan segala bentuk bukti transfer dan transaksi. Tapi tetap saja belum ada tindak lanjut dari pihak DANA.

Saya sudah memberitahukan pihak PayPal terkait perihal saya belum menerima uang ke VA PT. Bank Permata yang disediakan oleh DANA. Bahkan dari pihak PayPal telah memberitahu bahwa uang tersebut telah berhasil ditransfer ke nomor VA PT. Bank Permata TBK yang disediakan dalam aplikasi DANA dengan akhiran nomor VA 1984.

Pihak PayPal juga memberitahu saya bahwa jika terjadi kegagalan atau kesalahan dan tidak menerima uang ke VA PT. Bank Permata TBK yang disediakan oleh DANA tersebut, semestinya uang tersebut dikembalikan ke dalam saldo Paypal. Akan tetapi hingga saat ini tidak ada sedikit pun uang yang kembali ke saldo PayPal. Hingga saat ini pihak Paypal juga menunggu kebijakan dan informasi dari DANA.

Saya telah bertanya kepada pihak PT. Bank Permata TBK. Kemudian pihak PT. Bank Permata TBK memberitahukan bahwa terkait hal ini, saya harus menghubungi penyedia VA tersebut, yakni pihak DANA. Saya bahkan berkali-kali menghubungi pihak Bank Permata, mereka selalu bilang bahwa hal itu harus diselesaikan sendiri oleh DANA. Saya juga sangat kecewa dengan pelayanan Bank Permata, kenapa Bank besar seperti itu tidak profesional dan membantu dalam penyelesaian perkara seperti ini?

Saya sangat meminta tolong akan pertanggung jawaban dari pihak DANA. Saya kecewa karena pihak DANA terlalu mengulur waktu mengatasi keluhan yang disampaikan oleh saya selaku konsumen.

Mohon segera atasi keluhan saya yang terlampir dalam e-mail (*********.*****ial@gmail.com) dengan ID Tiket Pelaporan: 12257661. Saya menunggu kebijakan dan itikad baik dari pihak DANA. Saya sangat meminta tolong untuk menyelesaikan perkara ini.

Ahmad Yani
Selakau, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Yani

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Yani di Media Konsumen, “Masalah Top Up Saldo...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Jendral Ahmad Yani, saya berterimakasih atas jasa-jasa anda yang telah anda lakukan untuk negara kami ini, hidup INDONESIA

  • limit dana dan semua dompet digital aturannya saldo maksimal cuma 10 juta.
    apa tidak dibaca terpampang jelas di aplikasi dana nya? saldo max 10 juta, transaksi max 20 juta/bln?

    kalo misal DANA mau balikin transfer ke Paypal/luar negeri itu kena fee gak sih? kalo ada biayanya ya bakal tambah susah suruh si DANA buat balikin.

    • Tranferin saja ke rekening pribadi knp hrus dana..selama ini pkai paypal tranfer ke bank lokal lncar 1hr sdh masuk...bakalan lama baliknya

      • Saya WD 250K aja dari Paypal ke Dana blm Masuk"

        Wd Tanggal 27 Samapai skrang tangaal 30

        Ga ada Reaksi apa" 🙉

  • Kenapa tidak withdrawal ke Bank Account personal saja. Setahu saya untuk withdrawal dari PayPal nama pemilik PayPal dan nama rekening penerima harus sama.

  • Bosen anjir, Dana Pasti masalah top up gak ngotak?

    Maksimal top up itu semua dompet digital 10Jt rupiah/bulan.
    Mana dari paypal lagi...
    Kira kira balik gak ya duit nya (refund)

  • Murni kesalahan shopee , seler dapat nomer hp pengguna shopee dari mana kalau tidak dari Shopee sehingga pengguna di rugikan,

  • Yang kami semua heran adalah kenapa anda mentransfer uang dari Paypal ke DANA ? Sementara anda pasti punya rekening bank bukan?. Saldo DANA sebenarnya bisa diisi lebih dari 10juta asalkan anda adalah MITRA BUKALAPAK dimana kelebihan saldonya akan masuk ke SALDO MITRA dan bisa ditarik dari DANA jika Mitra sudah terverifikasi.

    • Suspect fraud, tarik pp ke ewallet bukan bank. Kalau norek biasa kan bisa masuk dari TT, kalau VA mostly ngga bisa