Top Up Saldo ShopeePay Rp1,15 Juta Tidak Kunjung Masuk Lebih dari Dua Minggu

Saya sebagai pelanggan Shopee, sangat kecewa dengan penanganan laporan top up saldo ShopeePay saya yang tidak kunjung masuk. Berikut kronologinya:

Pada tanggal 1 Januari 2022, saya top up saldo ShopeePay senilai Rp1.150.000 yang akan saya pakai untuk pembayaran Shopee SPayLater yang jatuh tempo tanggal 5 dan rencana belanja. Di keterangan transaksi sudah berhasil, tapi saldo ShopeePay saya belum bertambah. Saya tunggu mungkin masih pending.

Setelah 1×24 jam, saya cek lagi ternyata saldo belum masuk juga. Lalu saya chat ke Shopee, katanya akan ditangani laporannya. Sebelumnya saya sudah konfirmasi dahulu ke pihak bank dan pihak bank menyampaikan bahwa dana sudah berhasil terkirim ke pihak Shopee. Karena tagihan SPayLater saya jatuh tempo tanggal 5, maka saya minta segera diproses agar saldo saya masuk sebelum tanggal 5 Januari 2022.

Di history ShopeePay, keterangan status penambahan saldo “sedang diproses”

Tanggal 4 Januari 2022, saya tanyakan lagi laporan saya. Jawaban dari Shopee adalah: “Laporan masih diproses, dan jika ada tagihan yang jatuh tempo dalam waktu dekat, disarankan dibayarkan dahulu dengan metode bayar lain yang tersedia”.

Lha kan uang sudah saya pakai buat isi saldo! Pas nagih SPayLater aktif banget, mengingatkan denda keterlambatan. Giliran soal top up yang belum masuk berhari-hari responnya cuma nyuruh tunggu-tunggu terus. Nantinya dikira tidak mau bayar PayLater lah, kena denda lah, padahal sudah jelas dari tanggal 1 mau saya bayar.

Besoknya terpaksa saya pakai dana talangan lain untuk pembayaran Shopee SPayLater saya, karena saldo ShopeePay saya masih belum masuk.

Tanggal 7 Januari 2022, saya cek lagi status laporan saya. Saldo ShopeePaysaya masih belum masuk, dan di history ada keterangan status penambahan saldo yang tadinya “sedang diproses” menjadi status “gagal”. Saya coba cek rekening dan tanyakan ke pihak bank, infonya tidak ada dana yang kembali dan dana sudah tersampaikan ke Shopee.

Tanggal 7 Januari 202 hari itu, langsung saya sampaikan di chat Shopee bahwa dana belum masuk dan saya lampirkan buktinya. Jawaban dari Shopee laporan saya akan diteruskan ke tim terkait dan akan ditangani.

Okay saya tunggu kembali prosesnya. Lalu saya tunggu, sampai tanggal 15 Januari 2022, ternyata masih belum masuk juga saldonya, padahal saya sedang sangat membutuhkan dana itu (URGENT).

Tanggal 16 Januari 2022, saya tanyakan lagi lewat chat Shopee, jawabannya sangat mengejutkan,
Katanya dari tim terkait saldo sudah dikirim pada tanggal 5 Januari 2022.

Ini sudah sangat menjengkelkan. Kan tanggal 7 Januari 2022 sudah saya sampaikan laporan gagal dan dana yang belum masuk beserta buktinya, dan katanya suruh menunggu lagi dan akan disampaikan kepada tim terkait, Lalu dari tanggal 7 Januari sampai tanggal 15 Januari saya nunggu apaan?? Bagi saya itu bukan uang sedikit, dan akan saya pakai untuk keperluan URGENT.

Lalu saya harus bagaimana wahai Shopee? Saya hanya meminta uang saya. Namun tapi sampai detik ini tidak ada kejelasan apapun, dan hanya disuruh tunggu-tunggu tidak jelas dan tanpa tenggat waktu yang jelas. Saya sangat kecewa dengan penanganan laporan saya perihal top up ShopeePay.

Evi Wulandari
Kota Banjar, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya dr atas smp bawah sepertinya tidak dijelaskan top up nya pakai apa? Transfer bank, dr alpamat, atau aplikasi lainnya?

  • Nah itu bener atas ane
    Saya juga penasaran itu
    Top up nya pake virtual account / transfer bank biasa/ atau pakai flip
    ato yang lain mungkin.

    Kalau virtual account harusnya tidak bermasalah...

    • Saya transfer dari mandiri, dan bukti transfer sudah saya lampirkan ke shopee sejak awal laporan

  • iya, tranfer nya pake apa , om ?
    kok bisa jadi masalah gitu....
    klo tranfer pake "goib... ya wajar jadi bermasalah gitu

  • Dulu saya juga pernah bermasalah gini. Tapi saya top up via Alfamart, dari pihak Alfamart klaim sudah berhasil karena struk nya keluar. Tapi shopee nya problem. Itu proses hampir 3 hari lebih saya komplain ke Alfamart dan shopee juga. Tapi abis itu dana masuk kok lewat dana adjusment itu. Kakak perlu tunjukin bukti top up via apa ke shopee. Jadi shopee bisa cek ulang.

  • 1.9jt itu apa ya..???

    Kata CS.Shopi nya coba cek tanggal yang disebutkan itu, apa benar tanggl yang disebutkan udah masuk.?

    • 1,9 juta adalah saldo yang saya tarik dari topUp topUp yang berhasil, silahkan bisa dibaca dan dihitung di data history topUp saya.

      Sudah dicek dan sudah saya laporkan bahwa status gagal dan dana belum masuk.

  • Bayar paylater knp ga langsung lewat VA aja teh, lbih praktis ga harus topup shopeepay dulu

    • BETUL PAKE VA MANDIRI LANGSUNG LUNAS TAGIHAN GAK PERLU TOP UP TOP UP
      EMANG KURANG PENGALAMAN DIA

      • @Agus: mungkin si Ts top up shopay sekaligua utk belanja,sayapun top up shopay sampe ratusan kli ga prnh ada maslh(saya top up shopay utk pembayaran paylater dan belanja).saya make paylatter udah bertaun2 dan BAYARNYA make shopay dan TIDAK PERNAH ada mslh.jgn salahkan ts krn dia byr paylatter dengan cara top up di shopay.😆😆 saya beli pulsa cuman 10.000 di shopee trus pulsanya ga masuk tuh,2 hri kemudian dikembalikan tuh ama shopee..makanya aneh aja top up di shopee kok ga bisa masuk..

      • Belum tentu juga aman Om, sy baru aja byr paylater pake VA mandiri, ternyata paylater nggak terbyr, tagihan msh ada. Sy chat shopee berulang2 jwbn kurang lebih sm dgn TS, diteruskan ke pihak terkait... setiap hari sy chat, sy email dan terakhir sy gk mau tutup chat sebelum ada kepastian. Barulah mereka mau hubungi sy by phone. Dan gak lama paylater sy terbayar. Ini proses 2 hari dr sy membyr paylater. Tiap hari sy spam chat ke shopee. Sy minta kepastian bahwa tidak ada denda jika lewat jth tempo, krn sy sdh bayar seblm jatuh tempo. Ini kejadian baru aja tgl 4 januari 2022. Sy jd mulai was2 kl mau byr paylater takut kejadian lg seperti ini.

  • Teteh Top Up nya pake VA Bank Mandiri bukan? Maksud saya yang [ 893+Nomor Shopee ]. Saya gak pernah ada masalah kok

  • Q lbh mnding bayar tagihan spylater lari ke alfa/indomaret lbh praktis, kdng klo lagi nga pegang duit cash lewat mbanking, klo lagi pegang duit cash ya ke alfa alhmdlh tdk ada mslh selama ini lancar2 aja... Nga perlu top up top up shopepay ribet kerja dua kali, udah toup ujung2nya buat bayar cicilan spylater, kculai buat pribadi pembayaran Pake shopepay it's ok...
    Kedepanya klo mau byr tagihan spylater langsung aja ke tagihanya, nga perlu isi2 Shopepay dn pd ahirnya isi shopepay buat bayar spylater 😀😀😀