Surat Pembaca

Top Up Saldo ShopeePay Rp1,15 Juta Tidak Kunjung Masuk Lebih dari Dua Minggu

Saya sebagai pelanggan Shopee, sangat kecewa dengan penanganan laporan top up saldo ShopeePay saya yang tidak kunjung masuk. Berikut kronologinya:

Pada tanggal 1 Januari 2022, saya top up saldo ShopeePay senilai Rp1.150.000 yang akan saya pakai untuk pembayaran Shopee SPayLater yang jatuh tempo tanggal 5 dan rencana belanja. Di keterangan transaksi sudah berhasil, tapi saldo ShopeePay saya belum bertambah. Saya tunggu mungkin masih pending.

Setelah 1×24 jam, saya cek lagi ternyata saldo belum masuk juga. Lalu saya chat ke Shopee, katanya akan ditangani laporannya. Sebelumnya saya sudah konfirmasi dahulu ke pihak bank dan pihak bank menyampaikan bahwa dana sudah berhasil terkirim ke pihak Shopee. Karena tagihan SPayLater saya jatuh tempo tanggal 5, maka saya minta segera diproses agar saldo saya masuk sebelum tanggal 5 Januari 2022.

Di history ShopeePay, keterangan status penambahan saldo “sedang diproses”

Tanggal 4 Januari 2022, saya tanyakan lagi laporan saya. Jawaban dari Shopee adalah: “Laporan masih diproses, dan jika ada tagihan yang jatuh tempo dalam waktu dekat, disarankan dibayarkan dahulu dengan metode bayar lain yang tersedia”.

Lha kan uang sudah saya pakai buat isi saldo! Pas nagih SPayLater aktif banget, mengingatkan denda keterlambatan. Giliran soal top up yang belum masuk berhari-hari responnya cuma nyuruh tunggu-tunggu terus. Nantinya dikira tidak mau bayar PayLater lah, kena denda lah, padahal sudah jelas dari tanggal 1 mau saya bayar.

Besoknya terpaksa saya pakai dana talangan lain untuk pembayaran Shopee SPayLater saya, karena saldo ShopeePay saya masih belum masuk.

Tanggal 7 Januari 2022, saya cek lagi status laporan saya. Saldo ShopeePaysaya masih belum masuk, dan di history ada keterangan status penambahan saldo yang tadinya “sedang diproses” menjadi status “gagal”. Saya coba cek rekening dan tanyakan ke pihak bank, infonya tidak ada dana yang kembali dan dana sudah tersampaikan ke Shopee.

Tanggal 7 Januari 202 hari itu, langsung saya sampaikan di chat Shopee bahwa dana belum masuk dan saya lampirkan buktinya. Jawaban dari Shopee laporan saya akan diteruskan ke tim terkait dan akan ditangani.

Okay saya tunggu kembali prosesnya. Lalu saya tunggu, sampai tanggal 15 Januari 2022, ternyata masih belum masuk juga saldonya, padahal saya sedang sangat membutuhkan dana itu (URGENT).

Tanggal 16 Januari 2022, saya tanyakan lagi lewat chat Shopee, jawabannya sangat mengejutkan,
Katanya dari tim terkait saldo sudah dikirim pada tanggal 5 Januari 2022.

Ini sudah sangat menjengkelkan. Kan tanggal 7 Januari 2022 sudah saya sampaikan laporan gagal dan dana yang belum masuk beserta buktinya, dan katanya suruh menunggu lagi dan akan disampaikan kepada tim terkait, Lalu dari tanggal 7 Januari sampai tanggal 15 Januari saya nunggu apaan?? Bagi saya itu bukan uang sedikit, dan akan saya pakai untuk keperluan URGENT.

Lalu saya harus bagaimana wahai Shopee? Saya hanya meminta uang saya. Namun tapi sampai detik ini tidak ada kejelasan apapun, dan hanya disuruh tunggu-tunggu tidak jelas dan tanpa tenggat waktu yang jelas. Saya sangat kecewa dengan penanganan laporan saya perihal top up ShopeePay.

Evi Wulandari
Kota Banjar, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar