Surat Pembaca

Mohon Tokopedia Care Menurunkan Tim Ahli dalam Kasus Komplain Saya

Awalnya saya ingin mengganti hp yang digunakan sehari-hari, karena hp sudah kadang tidak normal dan sudah lambat. Maka saya mencari hp yang lumayan kuat dengan merek yang bagus. Lalu saya melihat lapak di Tokopedia yang menjual Samsung Galaxy Note 5 full set ex SEIN, yang menurut deskripsi normal dan hanya minus headset.

Setelah saya melihat track record penjual, yang beberapa kali menjual hp dan ratingnya bagus, maka saya putuskan menghubungi lewat chat untuk bertanya dan nego, Setelah deal di harga Rp1,25 juta, saya memesan lewat Tokopedia dengan nomor invoice: INV/20220106/MPL/1922840811. Saya membayar sore hari sekitar jam 16:00 WITA tetapi keesokan harinya baru dikirim, alasan penjual sudah lewat batas pickup kurir. OK lah, saya pikir penjual sedang packing paket.

Beberapa hari kemudian paketnya sampai dan saya langsung videokan unboxing-nya. Di sini saya cukup salut kepada penjual, karena pakingnya berlapis-lapis bubble wrap dan di luarnya ada paking dus tambahan di luar dus hp itu sendiri (terlihat di video unboxing saya). Setelah saya videokan unboxing-nya saya cek fisik hpnya dan lumayan mulus, meskipun ada tanda-tanda kalau hp sudah pernah dibongkar.

Setelah cek fisik, saya coba nyalakan hpnya, ternyata masalah timbul. Hp hanya muncul logo Samsung Note 5 dan terus layar padam, sementara lampu tombol back dan recent menyala, tombol volume juga kedengaran suara saat ditekan.

Langsung saya chat penjual mengenai kondisi hp. Saya melampirkan di diskusi Tokopedia screenshot waktu pengambilan video unboxing pukul 13:16 (WITA) dan menghubungi penjual tentang masalah hp pukul 12:33 (WIB). Penjual menyarankan didiamkan dulu dan di-charge.

Saya coba charge dan hidupkan, ternyata bisa dihidupkan. Saat hp hidup, kondisi baterai hampir penuh, muncul masalah lain, yaitu saat hp mati layar atau stand by (sleep) hp tidak bisa di on-kan. Saya coba tekan tombol home hp malah restart.

Saya chat lagi penjual dan penjual menyarankan diemin dulu “mungkin kelamaan di jalan”. Saya pun mendiamkan sampai keesokan harinya.

Besoknya saya coba hidupkan Kembali, tetapi masalah susah hidup masih ada. Saya chat lagi, lalu penjual menyarankan reset pabrik saja, Saya searching di Youtube tutorialnya, lalu saya reset pabrik. Setelah reset pabrik saya cek kondisi semua hp normal saat layar menyala, tetapi masalahnya tetap muncul saat layar dalam posisi stand by (sleep), yaitu hp mati dan kadang restart saat tombol home ditekan. Saya chat penjual dan disarankan hanya diemin saja hpnya.

Saya rasa sudah gak normal ini hp dan saya putuskan ajukan komplain pengembalian. Penjual pun menolak dan melampirkan video pengecekan yang isinya orang sedang main game dan pengecekan hp saat layar on semua. Penjual mulai mengalihkan masalah dengan mengatakan saya mengeluhkan kalau hp tidak bisa on tanpa charger dan dia menampilkan video hp digunakan tanpa charger.

Lalu saya meminta admin supaya penjual memperlihatkan hp standby (sleep) dalam 10 detik ke atas terus di tekan tombol home, karena itu inti dari keluhan saya di luar hp yang susah dinyalakan. Namun penjual hanya meng-upload video yang saat hp dimatikan layarnya tidak sampai 1 detik. (Saya lampirkan video dari penjual).

Video penjual 1

video penjual 2

Video screen recorder penjual 3

Video penjual saat diminta bukti standby diatas 10 detik

Video penjual saat diminta bukti standby diatas 10 detik ke2

Saya pun meng-upload video masalah hp dimana hp restart dan kadang mati jika layar mati dalam 10 detik ke atas. Di sini penjual mengalihkan lagi masalah dan mengatakan itu hanya pengaturan waktu layar mati di hp (jawaban yang tidak nyambung). Penjual meminta video unboxing, perhatian admin teralihkan dan meminta saya memperlihatkan video unboxing.

Saya pun meng-upload video unboxing dan tetap meminta admin supaya penjual memperlihatkan hp sleep (stand by) di atas 10 detik. Penjual hanya meng-upload video hp digunakan main game saja dan kembali menyudutkan saya karena di video unboxing saya terlihat memberikan tanda jempol yang kata penjual itu menandakan hp dalam keadaan normal (di video saya memberikan tanda jempol karena paking penjual yang sangat bagus menurut saya).

Saya tetap meminta video layar hp standby dalam 10 detik tetapi penjual tetap meng-upload video2 main game secara berulang dan mulai melontarkan tuduhan bahwa saya sengaja menipu, dan menahan-nahan uang hasil penjualan hp.

Di sini saya agak kecewa dengan admin Tokopedia, dimana bukti dari penjual (orang yang bermain game) seakan akan diterima oleh admin dan meminta bukti tambahan dari saya. Saya pun meng-upload bukti tambahan yang memperlihatkan hp mati (kadang restart dalam 10 detik ke atas kadang 20 detik).

Setelah meng-upload bukti tambahan (video bukti ke2 yang saya lampirkan), penjual kembali memprotes bukti saya dan mengalihkan lagi permasalahan, dengan mengatakan saya merusak hp karena menghidupkan hp dengan menekan tombol volume secara bersamaan. Saya membantahnya dan mengatakan saya tidak menekan tombol volume, tetapi saya menahan hp bagian kiri saat saya menekan tombol power di sebelah kanan.

Anehnya, admin Tokopedia menyetujui komplain penjual dan memenangkan penjual.

Yang saya pertanyakan:

  • Apakah admin Tokopedia Care tidak mengecek setiap video yang di-upload??
  • Kenapa dengan melakukan spam chat (dimana di sini penjual terus-terusan menuduh saya menipu, merusak hp dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan) bisa memenangkan komplain? Sementara penjual tidak satu pun videonya memperlihatkan hp standby (sleep dalam 10 detik ke atas) lalu di-on-kan itu hp kembali normal??

Akhirnya saya banding dan kembali meng-upload bukti saya yang ke-3, dimana saya dengan jelas memperlihatkan hp dihidupkan hanya dengan tombol power dan masalah hp itu yang mati sendiri (kadang restart) saat stand by (sleep di atas 10 detik).

Di sini penjual kembali menggunakan triknya dengan terus melakukan spam chat, bahwa saya telah merusak hp, karena melakukan prosedur salah dalam menghidupkan hp, yaitu menekan tombol power dan volume bersamaan. Setahu saya hp tidak sampai rusak jika power dan volume ditekan secara bersamaan, paling yang muncul menu service hp, dan juga saya tidak melakukannya. Hal itu dilakukan penjual sampai surat ini saya bikin.

Saya mohon Tokopedia Care untuk menurunkan tim ahli dalam komplain saya. Saya melihat admin yang menangani kasus saya kadang tidak mengerti dan malah mengikuti arahan penjual. Contohnya memenangkan penjual di bagian pertama, saat penjual menuduh saya menghidupkan hp tidak sesuai prosedur. Di sini admin tidak mengecek apakah hp akan rusak atau tidak jika tombol power dan volume ditekan bersamaan saat hp dihidupkan. Setiap bukti yang saya upload dijadikan alasan bagi penjual untuk menuduh saya.

Di sini saya meng-upload video bukti saya dan video dari penjual serta screenshot percakapan didiskusi. Video yang saya upload, baik dari video penjual maupun video bukti saya. Link screenshot diskusi di Yokopedia sampai surat ini saya siapkan: https://drive.google.com/drive/folders/1lt6j0BwR1nLB-SU_I2ksh9WS7OdSR3Bd?usp=sharing

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memberikan tempat untuk saya.

Mutmainnah
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Halo perkenalkan nama saya sandy

      Kebetulan buka berita dan nemu artikel ini, cukup sedih juga terjadi permasalahan di tokopedia, semoga lekas selesai ya

      Kebetulan saya di rumah ada samsung note 5 ga terpakai, kira2 pembuat surat pembaca bisa dihubungi lewat apa? Saya niat memberikan samsung note 5 saya secara gratis, terakhir sudah direset dan berfhngsi dengan baik cuma baterei saja yg kalah dan sudah saya buang batereinya hahaha

      Ditunggu kabarnya ya, oh iya kita sesama domisili makassar :)

      • Saya lg butuh buat sklh adik.. Apakah bisa? Kalau bisa, saya hubungi kemana?
        Thanks

      • Waduh.. ketemu komentator baik hati.. up deh kalo gt semoga dapat gantinya yg lebih baik

      • lcdnya bukan asli sudah diganti makanya begitu om..
        lain kali jangan beli online hape second.

  • beli HP bekas sebisa mungkin jangan online, beli ke konter atau COD/OLX biar bisa cek dengan teliti.

    ini kasusnya sudah dimenangkan penjual ya? kalo begitu ikhlasin aja semoga jadi pembelajaran dan pengalaman berharga buat yang lainnya

  • beli hp bekas ya untung2an, kadang msh gress kadang keliatannya doang gress tp pas dimainin seminggu baru ketahuan minusnya.
    kalo mau ga kecewa, tabung bbrp rupiah lg udah dpt hp baru

  • Maaf, saya tidak ada waktu untuk mengecek segala video maupun screenshot, tapi kalau dipandang sekilas dari isi SP ini, saya setuju bahwa nampaknya komplen pembeli cukup sah. Dan nampaknya memang penjual kurang menjawab/memberikan bukti seperti yang diminta pembeli, serta pihak marketplace nampaknya kurang mengambil peran sebagai pemimpin diskusi, tapi mudah terombang-ambing tergantung pihak mana yang lebih persuasif...
    Di lain pihak, apakah ada unsur kesengajaan dari penjual (mengirim barang yang sudah diketahui defect), entah lah.

    Memang harus diakui susah menjadi pengadil/hakim untuk kasus online, di mana pengadilannya pun hanya secara online, itu pun tidak berkomunikasi secara langsung (conference call dll) tapi cuma sekedar berbalas chat & mengirim gambar/video. Apalagi kalau hakimnya tidak punya kisi2/pendirian yang jelas & gampang terpengaruh omongan salah 1 pihak.

    Jadi mungkin benar juga komen2 di atas, bahwa lebih safe beli barang second jangan secara online, karena namanya barang sudah berpindah (-pindah) tangan, entah lah. Barang BNIB aja bisa factory defect, gak kebayang barang second.

    Tapi terima kasih atas SP ini, karena saya jadi tahu, bahwa ternyata dalam pengadilan online macam begini, spam chat alias mengirimkan chat maupun video ataupun gambar2 yang tidak terkait secara langsung dalam dialog yang sedang terjadi, ternyata bisa menjadi alat yang cukup efektif untuk "memenangkan perkara" LOL
    Biasanya sih dalam "dialog online" saya berusaha rasional & "berpendidikan" dalam berbalas chat. Tapi mungkin kalau sudah mentok saya bisa pake metode "spam chat" ini wkwkwk.

    • hmmm jujur saja mungkin kalau mau fair, dari sisi penjual juga tidak akan bisa memberikan bukti se spesifik itu, permintaan nya kan standby 10 menit, sementara penjual tidak fokus ke arah sana untuk video bukti nya sebelum mengirimkan.

      tidak mungkin penjual bisa mengupload sebuah bukti video baru, saat hp sudah ditangan pembeli sih

      • Betul, memang tidak bisa.
        Makanya susah.
        Tapi saya cukup tertarik dengan strategi "comot segala argumen" yang kemudian diambil oleh penjual.

      • Seharusnya Team Marketplacenya sdh bisa memberikan jawabannya, dikarenakan bukti2 dari buyer sudah jelas dan akurat.. sementara dari sisi seller tidak bisa membuktikan permitaan buyer untuk standby posisi hp. Ya semoga ada win win solution.. pada calon buyer, hati2 membeli barang elektronik di marketplace, hal ini pasti akan terjadi lagi.

      • Perhtiin video dari penjual, dia sett kecerahan 100% terus, dan mencet hp nya juga kliatan terburu buru wktu sebelum di packing, dan dia sperti menekan bagian atas layar setiap menekan kunci / buka layar, coba diperhtikan. Saya rasa ada yang ganjal dibagian itu

    • Saya sebagai penjual hp itu tidak bermasalah di saya . Saya curiga ini mau merusak reputasi toko saya..

      Awal unboxing pembeli ini hanya melampirkan video unboxing hp sampai tidak dinyalakan. Bukti dari video pembeli ( https://www.dropbox.com/s/t0v3qdpbtpk56oa/20220110_131643-1.mp4?dl=0 ) .
      Pembeli saat video hanya melampirkan video unboxing sampai hp tidak dinyalakan. Lalu, dia komplain hpnya bermasalah tetapi di diskusi pembeli mengirimkan hp dinyalakan tidak sesuai prosedur ( https://www.dropbox.com/s/f891zldrhibroxu/screenrecorder-2022-01-14-21-41-31-175.mp4?dl=0)

      • Solusinya cukup mudah dan sudah dilakukan juga oleh marketplace sebelah, yaitu kirim barangnya ke pihak marketplace untuk dicek dan ditest langsung oleh mereka. Kalo setelah barangnya dicek ternyata bermasalah, produknya balikin ke penjual dan uangnya balikin ke pembeli. Kalo barangnya ternyata gak bermasalah, produknya balikin lagi ke pembeli dan uangnya terusin ke penjual.

        Untuk memastikan bahwa itu barang yang sama dengan yang dikirim penjual, tinggal samakan aja nomor IMEI-nya. Kalo penjual merasa barangnya tidak bermasalah, tentunya gak akan rugi kalo barangnya diretur, selama itu adalah barang yang sama, enggak ditukar oleh pembeli.

          • Ya kalo udah males, minta dibalikin aja barangnya. Kalo situ yakin itu barangnya gak bermasalah, selesai urusan.

        • Ya gimana ga curiga unboxing tidak sampai hp dinyalakan dan untuk sekarang mengajukan naik banding pakai hp yang sama tapi beda. Sebelum2nya udah jangal di komplain pertama pembeli hp tidak ada tampilan kalo di colok charger udah dikirimin waktu bermain game, hp stand by juga bermain game gamenya beda dari sebelumnya.

          • Buat buktiin omongan ente, barang beda kan bs disuruh cek imei dll pakai screen record. Dari tulisan ente aja keliatan, muter" blunder yg jd masalah apa yg dipamerin apa ngegame terus. Dibilang saat screen mati lama mau dihidupkan bukan masalah game atau apapun saat kondisi hp menyala itu kuncinya

      • Lu tega ya. Galaxy note 5 itu hp jadul lu jual 1jt lebih.... Itu 500rb juga orang mikir. Kasihan TS.

      • sejak kapan nyalain hp dgn teken power dan volume bikin hp rusak ??? hahaha .. ngaco !! keliatan kalo seller cuma berkelit krn jual barang yg mmg udah ga layak.

        Rata2 hp android, power + vol down itu masuk fastboot, power + vol up itu masuk recovery.
        Intinya ga ada masalah dgn teken tombol² tersebut ... dan ga merusak hp.

  • Bisa saja hpnya rusak saat di perjalanan, kita gak tahu gimana ketahanan itu hp terhadap goncangan saat di perjalanan. Mengingat umur hpnya yang sudah diatas 5 tahun, bisa saja sebelum pengiriman hp normal, tapi ketika terkena goncangan ada IC yg kena berakibat hp rusak.
    Perlu diingat lagi, ini hp second dengan umur sudah diatas 5 tahun.
    Alangkah lebih baiknya jika ingin membeli hp untuk daily driver beli yg baru dan bergaransi resmi. Kalupun mau ambil second belilah secara tatap langsung (cod) jangan online.

  • Galaxy note 5 keluaran 2015 sdh lama banget kualitas mesin & battery pasti sdh menurun, belum lagi mesinnya kita gak tahu sudah service atau belum, kenapa gak beli keluaran baru saja yg garansi resmi kan banyak yg 1 jutaan dan mesin & battery pasti baru. Jangan beli hp jadul spek tinggi dengan embel2 mantan flagship. Performa flagship dulu pasti kalah dengan hp kelas menengah keluaran terbaru.

  • terima kasih media konsumen telah menerbitkan keluhan saya.
    - update 17 januari, team tokopedia memenangkan penjual kembali dengan alasan saya yang menyalakan hp tidak sesuai prosedur padahal saya melampirkan bukti hp yang lain dinyalakan sambil menekan tombol volume berkali kali tidak terjadi error 1 kali pun.dan kembali bukti dari penujual yang saya minta (bukti hp standby 10 detik) tidak juga ditampilkan.
    - akhirnya saya banding kembali, dan setelah MEDIA KONSUMEN MENAYANGKAN keluhan saya,19 januari(hari ini) team tokopedia menelpon saya dan menanyakan spesifikasi software hp.(semoga ini berasal dari team ahli tokopedia)
    - dikolom diskusi seperti biasa spam chat penjual masih berlanjut. dan kini menuduh saya menukar komponen hp dimana saya melampirkan screenshoot jeda waktu unboxing dengan komplain saya kepenjual hanya kurang dari 30 menit.dan saya juga sudah pusing membaca semua pesan penjual dikolom diskusi.
    hal ini betul2 menyita waktu saya untuk membuat dan mengupload video pembelaan yang sebelumnya seperti tidak dianggap sebagai bukti.
    -terima kasih saran teman teman, dengan kasus ini saya sudah kapok belanja hp bekas lewat online, dimana banyak celah yang bisa dimamfaatkan.
    -semoga SP ini juga bisa memberi edukasi kepada teman teman.

    • Turut prihatin apa yang dialami oleh TS membeli barang second.

      Mau tanya, apakah vidio dari penjual itu memvidiokan unitnya yang dikirim ke pembeli?
      Serial number nya sama enggak yg dikirim ke pembeli?

    • Wah mending beli xiaomi atau infinix ?? harga 1,2 udah dapet hp yg lumayan buat daily driver
      Kalo samsung mah kalopun beli yg second harus beli yg minimal seri S7 keatas itu baru beneran flagship yg masih bisa dipakai sampe sekarang

    • Tuduhan pembeli ini sepatutnya tidak benar tolong media konsumen tidak mengambil dari 1 sisi saja:
      # sebelumnya pihak di diskusi saya seperti kambing hitam dipojokkin saya walau udah dikasih bukti hp tidak di charger bermasalah saya kirim video pas main game tanpa di charger nyari alesan lagi nih.ya saya mintalah bukti unboxing eh ga lengkap sampai dinyalakan.
      # bukti unboxing tidak sampai hp dinyalakan.
      # bukti video selanjutnya pembeli memperlihatkan video dia menyalakan dan mematikan hp secara tidak benar lalu error.
      # lalu diskusi dimenangkan penjual.
      # lalu pembeli mengajukan naik banding setelah produk dia rusakkin dengan menekan tombol yang tidak benar. Tapi di bukti ini dia nyalainnya bener sedangkan hp sudah error di bukti video sebelumnya karena nyalain dan matiinya g bener.
      # lalu saya sebagai penjual ngasih bukti lagi lah video dia pas perusakkan.
      # tapi dia minta video pas hp stand by udah dikasih trus dia nulis dicatettan stand by (sleep) kan aneh stand by itu artinya menyala.
      # saya spam in tuh biar pembeli ga nyari alesan lagi. Sebelumnya dia komplain hp bermasalah kalo tidak di charger dan saya kirimin tuh buktinya masih alesan lagi pada akhirnya saya kesel soalnya pertama pihak penengah pro sama dia.
      # setalah di jelasin admin tokopedia luluh tuh saya rekam video dia dan perusakkannya.
      # menang lagi tuh saya.
      # sekarang pembeli ngajuin banding lagi tapi pakai hp yang lain. Dan kasus belum selesai2 barang di dia dan uang di tokopedia ketahan saya cuman bisa bertahan karena barang juga udah ga di saya.
      # nah sekarang lebih hebat lagi pembeli ngeviralin di sini. Memang pekerjaan tuh ada ujiannya saya ngerintis dari tahun 2015 dirusak reputasinya dengan mudah.

      • Semakin banyak spam yg anda tuangkan, semakin salah anda. Kan orang salah suka cari alasan, sudah anda buktikan sendiri itu dengan chat spam anda?

      • Orang cod aja ada garansi minimal 3-7hari diliatin ktpnya juga biar klo ngilang seller buyer bs ke rumah, eh ini online ga ada garansinya lol

        Kata kuncinya cuman hp posisi sleep bbrp saat lalu ditekan, bukan saat hp msh menyala. Si buyer sdh menyebutkan ga ada problem saat hp menyala namun saat hp didiamkan 10 detik krg lbh.

        Sama satu lg hp ditekan tombol volume + power pasti akan masuk ke menu reebot dan disitu ga muncul jika semisal ketekan volume pun tdk akan ada effek samping ke hpnya sepengetahuan saya

    • Biasanya kalau seller yg jujur akan kasih garansi minimal 3 hari setelah barang diterima, seller ini keliatan jual barang rusak. Ini nama sellernya siapa? Supaya kedepannya org tdk tertipu sama seller ini

    • Hai TS, saya bisa hubungi dimana? Kebetulan ada Samsung Note 5 saya yang mau saya hibahin

      Saya ada komen sebelumnya ternyata salah tempat malah balas komen orang lain hahaha

      Saya tunggu ya kabar nya, bisa via wa atau email ?

  • Risiko penumpang apalagi beli 2nd lwt online, bwt pembelajaran ajaa masih banyak hp baru seharga 1 jt-an drpd flagship <5th.. Biasanya emang elektronik umur <2th banyak masalahnya apalagi yg spt hp tiap hari dipegang, rawan jatuh dll.. Kalo bs dimenangkan tokped sih bagus tapi gini ini kan menyita banyak waktu.. Semoga kelar dan dicarikan solusi terbaik..

  • Ya sudah diikhlaskan saja. Saran saya tinggal bawa aja ke tempat service. Semoga bisa diperbaiki. Dan kedepannya berhat-hati membeli barang seken online.