Paket Sedang dalam Pengiriman J&T, tapi Pesanan Malah Dibatalkan Sepihak oleh Shopee

Dear Shopee Indonesia,

Saya merasa sangat kecewa dalam pelayanan Shopee kali ini. Nomor resi: JP5636607055, dengan kurir J&T Express Indonesia. Pesanan dikirim pada tanggal 13 Desember 2021, tertahan di Gudang Kota Pinrang dari tanggal 8 Januari 2022, gak bergerak lagi, tidak tahu apa alasannya.

Namun tanggal 4 Januari 2022, pesanan dibatalkan secara sepihak oleh Shopee. Saya sudah menghubungi Customer Care Shopee pada tanggal 16. Sampai surat ini ditulis, CS Shopee masih menolak membalas chat saya. Padahal kalau ada masalah, normalnya dalam waktu 1 hari CS Shopee akan langsung membalas permasalahan kita.

Dari tanggal 13 Desember 2021 lalu dikirim sampai hari ini, sudah 5 minggu. Pihak J&T dan Shopee masih menolak untuk bertanggung jawab untuk masalah paket saya dan pesanan saya yang ditolak. Padahal jelas-jelas status pelacakan di Shopee dan Web J&T berbeda. Di pelacakan Shopee statusnya “Returned“, sedangkan di pelacakan aplikasinya J&T statusnya “On Hold” yang berarti tertahan.

Setelah ditelusuri ternyata tidak hanya saya saja yang mengalami masalah seperti ini. Sudah terdapat puluhan penjual yang pesanannya dibatalkan secara sepihak atau mungkin ada lebih dari itu..

Dengan ini saya meminta pertanggungjawaban dari pihak Shopee Indonesia atas masalah pesanan saya yang telah dibatalkan secara sepihak. Kalau misalnya paketnya hilang, saya mohon Shopee untuk mengembalikan dana saya segera.

Eric Santoso
Jakarta Utara


Update (28 Januari 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa masalah telah diselesaikan oleh pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Paket Sedang dalam Pengiriman J&T, tapi Pesanan Malah Dibatalkan Sepihak oleh Shopee

  • 23 Januari 2022 - (13:13 WIB)
    Permalink

    Saran saya mending matiin pengiriman J&T dan si cepat. Krn emang brengsek dlm pengiriman. Saya seller sekaligus buyer jg mengalami kondisi yg sama. Masa pengiriman sesama jaksel aja bisa 3hr pake J&T. Pengiriman dr tangerang ke Ciledug bs 5hr pake si cepat dengan status 4x gagal terkirim. Padahal ga pernah dkirim dan pool nya deket bgt d blkg apartemen.

    Shopee tidak akan membantu, cuma bs dsuruh sabar sabar aja. Ga mikir kekacauan yg dbuat krn keterlambatan itu. Jangan harap byk sm 2 ekspedisi di atas. Mending d non aktif aja.

    3
    1
    • 23 Januari 2022 - (19:12 WIB)
      Permalink

      Halahh sama aja semua ekspedisi, gw pernah pake ekpedisi mulai dr si cepat, anteraja, jnt, JNE, TUKU dan POS, wahana sama2 sering bermasalah sebagai buyer maupun seller
      Se jatim tapi pernah pengiriman sampai hampir seminggu apalagi pas harbolnas udah pasti lama nya minta ampun, barang hilang berupa HP jga pernah di ekspedisi itu (kecuali POS dan wahana karena pasti di tolak) tapi ganti rugi nya cuma mentok 500k pdhl redmi note 10 pro, apes nya di aplikasi Shopee gak ada fitur wajib asuransi kek Tokopedia hadehh
      Intinya semua ekpedisi sama aja cuma orang yg kebetulan apes nya di ekspedisi yg mana itu yg random
      Misal si A sering bermasalah pas pake jnt ya bakal hilang jnt sering bermasalah, atau si B bermasalah dngn anteraja pasti bakal bilang kek gitu jga dst

      • 24 Januari 2022 - (06:17 WIB)
        Permalink

        Inti nya JANGAN Pakai si ORANYE. Lihat aja di Media Konsumen ini. Kurang banyak kah yg protes dengan si ORANYE? 🙂

        Ganti pak lapaknya. Sukses selalu!

        1
        2
  • 24 Januari 2022 - (05:59 WIB)
    Permalink

    Shoppee lagi shoppee lagi. Kok pada gak kapok sih belanja dishoppee????? Padahal udah banyak kejadian. Trus asuransinya rancu lagi. Gak jelas. Aku sih gak berani belanja dishoppee.

    1
    2
  • 24 Januari 2022 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Masih pake sopi ya? MP ga beres kok dipake. Setaun lebih beli semuanya ke tokopedia. Sopi cm buat jualan dan bandingin harga.
    Sering juga seller sopi tak mintain link ke toped krn gw bnr2 ga mau berurusan sama sopi.

  • 24 Januari 2022 - (10:33 WIB)
    Permalink

    Seharusnya pesanan yg berstatus sedang dikirim itu tidak bisa dibatalkan walau by system bahkan pihak merchant pun tidak bisa melakukannya, jika menggunakan security system yg benar. Bahkan meskipun terjadi keterlambatan pengiriman pun bukan cancel yg bisa dilakukan oleh merchant tetapi merchant lah yg mempunyai tanggung jawab utk memperbaiki keterlambatan tsb terhadap pihak expedisi.
    Saya lihat disini kemungkinan ada yg salah dgn system shopee, yaitu adanya delay update status dari status sebelum terkirim menjadi status terkirim, padahal status di seller sedang terkirim tetapi di status buyer msh blm terkirim sehingga celah transisi status ini dimanfaatkan oleh buyer utk membatalkan transaksi.
    Kemungkinan lain mungkin shopee terlalu mudah memberikan wewenng cancel pada buyer. Kemungkinan ketiga, ini yg sangat merugikan seller, “jika pengiriman terlambat melebihi estimasi maka order akan otomatis dibatalkan”. Wah yg ketiga ini yg merinding buat seller, uang kembali ke buyer dan barang pun bablas jg ke buyer meski terlambat. Itu kemungkinannya menurut saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Paket Sedang dalam Pengiriman J&T, tapi Pesanan Malah Dibatalkan S…

oleh Eric dibaca dalam: 1 menit
9