Surat Pembaca

CS Shopee Food Tidak Membantu, Malah Membuat Masalah Semakin Parah

Dear Shopee,

Sungguh mengecewakan pelayanan agen Customer Care Anda. Pesanan ShopeeFood sudah saya tunggu 1 jam, tapi tidak diantar oleh driver. Karena driver pertama no response, akhirnya dicarikan ulang driver. Setelah driver baru menuju resto, ternyata restonya malah tutup.

Seharusnya Shopee lebih proaktif dalam menyelesaikan kendala. Ketika driver lama tidak sampai, bisa ditelepon dulu driver-nya supaya tahu posisi dan kondisi. Namun ini agen solusinya cari driver lain setelah 1 jam.

Akhirnya saya menunggu 2 jam. Dikabari driver kedua kalau resto tutup dan driver juga tidak bisa cancel order. Solusi yang diberikan terakhir apa? Cuma pengembalian dana ke ShopeePay dengan meng-cancel transaksi setelah 2 jam menunggu dan kelaparan, karena ulah agen Shopee yang menurut saya kurang kompeten.

Dengan adanya surat ini semoga bisa mengevaluasi action dan solusi yang diberikan oleh agen Shopee  ke depannya.

Terima kasih.

Abdul Mutholib
Bojonegoro, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Shopeefood baru beberapa bulan ini memang ga bisa cancel order, baik driver atau resto.Resto dikasih waktu 3 menit untuk terima atau cancel order,kalau ga dijawab ya otomatos keterima ordernya. Harus telfon call center kalau mau batalin dan itupun dipersulit kalau driver yang minta cancel. Jadi sepertinya driver yang pertama nunggu dibatalin CS atau pelanggan. Yang salah resto kalau ini.
    Dan mohon maaf buat TS, mungkin lain kali bahasanya bisa lebih baik kalau komplain di CS.

      • Tapi saya itu agak emosi ketika solusinya dicariin driver baru di resto yg statusnya tutup

        • Anda juga salah,pesen makanan malam2, sebaiknya kl pesan makanan sore hari, Masi pandemi biasanya resto tutup tidak boleh larut malam sesuai peraturan

          Cm demi mengejar vc diskon,lapar jadi alasan

          • Terus kenapa di aplikasi tampil buka dan bisa diorder ya sebelum gw nunggu 2jam? Gw ngikutin aplikasi dan bisa diklik. Resto tutup setelah dicarikan driver lagi. Kenapa ga dicancel dari pas kendala awal biar bisa pesen ulang. Malah dicariin driver lagi.

          • Enak bener nyalahin orang lu bro.. Mu diskon, pesen subuh kek, ya hak dia lah. orang malem2 laper kaga boleh? Geli amat komen lu haha bikin ngakak. 'Anda juga salah pesen makan malem2'... Funny and stupid.

          • Saya juga sebagai Merchant merasa hal ini tidak nyaman untuk pembeli maupun penjual,dan saya pernah mengalami hal tersebut. Ketika driver pertama tidak datang menjemput pesanan, 20 mnt pertama masih wajar, siapa tau kalau ada kendala dijalan (macet atau sebagai nya karna peran driver juga ada resiko nya saya bisa pahami itu) tapi kalau sampai berjam" dan makanan sudah dingin atau tidak layak dijual, kasihan kalau tetap dikasih ke pembeli. Hal tersebul membuat resah para merchant apa lagi tanggapan cs tidak membatu (katanya pesanan sudah diambil oleh driver) gitu saja. Jika pembeli ruginya hanya lapar tapi kalau penjual bagaimana?. Tidak bisa semata" menyalahkan pembeli juga dalam konteks tersebut, karena memang ini layanan pesan antar makanan dan kejadian seperti ini tidak hanya menimpa pembeli saja. Mungkin ini juga bisa menjadi masukan kepada pihak ShopeeFood, tolong lebih memaximalkan layanan dan mencegah hal ini terulang kembali. Terlebih lagi aplikasi Shopee termasuk aplikasi yang saya sukai dan mempunyai predikat baik di mata masyarakat Indonesia.

          • Kok ngatur?
            Lo pikir semua orang hidupnya kayak lo gitu?siapa tau kegiatan dia sampe malem, saya biasa tuh pesen malem2 karena emg baru balik rumah malem banget udh cape, kalo di aplikasinya tulisannya resto buka yah saya beli disitu, kok ngatur jadwal org sih

        • mon maap nih pak abdul, klo status toko buka/tutup tuh yg bisa atur pemilik tokonya sendiri.
          dan soal ini "Ketika driver lama tidak sampai, bisa ditelepon dulu driver-nya supaya tahu posisi dan kondisi"

          setau saya CS shopee tidak mungkin memantau semua driver yg 'lama tidak sampai'

          jadi memang harus pemesan sendiri yg aktif, kalau driver lama gk respon ya langsung dicancel aja. klo saya biasanya langsung chat, klo gk bales dalam waktu 5menit ya mon maap langsung saya cancel

          • Tapi opsi yg dikasih ganti driver bang. Mungkin kedepannya kalau ada kendal (semoga gk ada) langsung gw reqnya cancel. Atau dikasih fitur cancel juga bagus.

      • Mmg semprul ini shopee, ipar bwt akun, alamat sama dengan saya, malah di blokir, trus klo mau pulihin minta upload ktp dan kk, pas sdh kirim di tolak, alesanya sdh pernah bikin akun sebelumnya....
        Parah bgt...saya minta jaminan data ga di salagunain,
        Jawab csnya cm sampai saat ini data aman...
        Suee bgt...

    • Menurut saya ini juga bisa kelalaian pembeli, sudah tau driver tidak bisa dihubungi kenapa menunggu hingga 1 jam? Soalnya saya pernah ngalami hal ini driver tidak ada respon lebih dsri 15 menit bisa langsung hubungi cs. Dan juga memang cs dari pusatnya pasti mengajukan penggantian driver saya sudah beberapakali seperti itu.

      • Memang dicarikan, tapi waktu dicarikan lagi itu restonya jadi tutup. Knp ga dicancel dari awal solusinya biar bisa pesan ulang ke resto lain. Apa gara2 saya ga punya bukti persetujuan dengan driver. Drivernya aja enggak bales 1 jam. customer care hursnya kan care bisa proactive bantu call juga kalau care sih.

        • Mana ada mas job desk nya customer care harus proactive bantu, customer care ya baru bantu kalau customernya complain

          • Itu waktu gw komplen ga ada call atau bantu konfirm ke driver.. atau paling enggak dikasih opsi cancel.

        • Lebay amat lu. Yang namanya sistem bisa aja tokonya lupa ga nutup resto. Kok ya bisane ngomong gak kompeten kek paling pinter aja

        • klo menurut saya sih ini murni kesalahan si pembeli ya...
          pesan makanan pukul 21.37 dengan tidak melihat jam tutup resto. prediksi saya ini restonya tutup antara jam 10 atau jam 11 mlm yg bisa dibaca di halaman penjual. harusnya klo sudah tau order makanan dengan waktu yg mepet, si pembeli yg harusnya aktif lah chat atau telp ke driver.
          bukannya pasif malah nunggu sampe 1 jam baru komplain, uda mah komplainnya pake bahasa kasar pula kelihatan tidak berpendidikan.
          giliran uda diganti driver masi aja komplain menyalahkan cs, sejak kapan cs punya jobdesk mantau posisi tiap driver yg jumlahnya ribuan???
          lain kali klo mau buat thread, at least tanya dulu ya ke rekan atau sodara yg setidaknya tau jobdesk orang yg mau dikomplain biar ga keliatan bodohnya.
          bikin thread yg menjelekkan nama suatu perusahaan, padahal yg salah dirinya sendiri kan konyol. salam cerdas!

          • Sabar mas Asep
            Pembeli kayak gini enaknya dijitak ???
            Udah larut malam masi aja repotin orang
            Gw yakin driver pertama no respon kemungkinan ga mau ambil resiko lebih besar
            Resiko di begal di jalan
            Pembeli mah otaknya mikirnya ga nyampe disitu
            KL punya pikiran ,nyetok mie instan dirumah,buat jaga2 kl lapar malam hari,nahan lapar sampe PG juga ga mungkin bikin orang mati

    • Resto juga tidak sepenuhnya salah, sistemnya yg harus dibenahi. Contoh aplikasi sebelah, 15 menit setelah dapat order tapi driver belum sampai resto otomatis cancel by sistem. Langsung dicarikan driver lain. Kalau ngomongin salah semua salah, kecuali driver ke2. Kasihan dia, udah seneng2 dapat order eee sampai resto sudah tutup. Rugi waktu, tenaga dan bensin

    • itu salah resto nya bukan salah orangnya yang pesan malam atau drivernya yg cmn ambil pesanan. Baru kemarin saya pasan shopeefood jam 20.28 sedangkan restonya tutup jam 20.30, 2 menit sebelum resto tutup dan diterima pihak restoran dan dikirim. Jadi itu salah restorannya kenapa nggak di tutup / nggk diterima orderan masnya dari pada masnya kelaparan dan orang shopeefoodnya yang udh ngabisin bensin jauh jauh ke restonya

      • Buat evaluasi aja sih bang terkait fitur sistem dan solving by cs juga ga harus cari driver. Dikasih lah opsi cancel ke buyer biar sama2 enak.

  • masa resto tutup bisa order harusnya pake sistem on/off, entah yang salah pemilik resto atau sistem sfood

      • Awalnya buka tapi driver pertama ga respons sampai resto tutup. Udah tutup bukannya dicancel malah dicariin driver baru. 2 jam baru dicancel. Goti bang,, agak laper jadi lumayan emosi karena ga solutif.

        • Oic, paham deh. Sama kayak GoFood sistemnya. Terbatalkan langsung cari driver baru, asal pesennya pas belum tutup ya dicariin lagi driver. Harusnya resto nungguin driver datang. Pernah beberapa kali seperti itu saya, nungguin driver 1 sejam walau udah waktunya tutup. Apalagi pas malam atau hujan...

          • Jadi harusnya csnya proactive call driver sih bang biar tau kondisi lapangan. Nggak serta merta dicarikan driver jika ga jamin bisa proses orderannya. Ini yg retry nyari driver juga manual by cs shope. Kalau misal dicall dan udah tau kondisi lapangan bisa kasoh solusi lain seperti cancek order. Nggak harus cancek order di driver ke2. Kan jadi 2 jam. Baru kali ini sih pertama kalinya kendala yang ga bisa solutif dr CS.

        • Ribet jadi manusia lo...tinggal keluar cari makan aja pake segala ribet...aneh emang zaman skrng.mentang2 online ya ga gitu juga kali nunggu 1jam..situ masih normal kan.klo 1jam ga ada kejelasan ya batalin cari makan diluar.

          • Maaf ya bukannya membela dan juga ini pendapat pribadi, monggo kalau menurut anda pendapat saya salah saya juga tidak masalah. Hanya saja masalah tersebut bukan masalah yg bisa dianggap sepele begitu saja, mungkin ada yg berpendapat "ya wajar lah namanya juga apk yg dibuat manusia ga bisa sempurna". Eh tapi kalau ketidak nyamanan pembeli, pembeli loh pembeli diabaikan begitu saja gimana jadinya ya? Karna kasus ini tidak hanya menimpa pembeli tetapi saya sebagai merchant juga pernah merasakan dan tidak hanya sekali atau dua kali saja

          • Sabar Bu fatimah
            Pembeli mentingin mumpung vc diskon
            Ampe larut malam repotin orang

            Yg alasannya lapar kan ga bs mikir
            Mungkin kl kenyang beliau jg ga bs mikir ?????

    • Yng penting bayar.
      Namanya belanja order :
      Bayar dikirim = dapat barang
      Bayar cancel = refund
      Tapi ini Bayar, ga dikirim bukannya dicancel eh dicariin driver di resto yg udah tutup 2 jam baru bisa cancek.

      Mau diskon mau enggak itu duit gw ☺️ ga ngutang loe atau bapak loe juga ya bang.

      • Ada benernya juga sih itu hak pelanggan mendapatkan apa yg dia pesan, bebas diskon/promo/kupon yg penting bukan tindakan fraud dalam bertransaksi. Dan shopee seharusnya bisa membantu kendalanya, bukan memperparah keadaan. Kalau dari lampiran sepertinya komplain di lebih 1 tiket karena penanganan awal dari solusi cari driver tidak menyelesaikan masalah dimana driver baru ke resto yg tutup. Kasian mana laper ? semoga nggak terjadi lagi kendala tersebut buat TS.

        • Terima kasih bang Abdul komentar dan doanya. Namanya kok Abdul ??? pas banget bisa sama. Tapi saya komplennya di live chat platinum aja kok. Beda cs pertama dan ke2 sih.

          • Pernah kayak gini.
            Udah nunggu lama, eh tau2 nyaa toko tutup.

            Tp aku pantau untuk sll chat dan tlpn drivernya, yg aku kasihan driver nya udh jauh2 Dtg ke toko nya tp toko nya tutup.. dan yg bs cancel itu cm Shopee nya..driver dan customer ga bs

            Jd aku complain, Krn aku ksihan Sm driver yg udh bela2in ke toko tersebut tp tutup, kbtulan lumayan 1 kiloan drivernya ke toko tujuan..kan kasihan...

            Dan aku jg udh laper bangett.. tp ya ga bs marah jg.. Krn emang toko nya yg salah...

      • Jgn nyalahin cs jg mas, mereka itu ada aturannya dan memang kall ada masalah didriver pasti akan digantikan. Mereka bukannya ga mau cek driver sebelumnya tapi kan sudah ada masnya yang nyampein driver ga ada respon dan mereka cepat menanggapinya ya dengan pengantian driver. Masalah tutuo dan 2 jam nunggu mas itu masalahnya masnya ga ngecek teliti masa ia pesen makan nunggu sampe 1jam tanpa kabar aneh2 aja mas2. Lain kali kalo pesen online ya toh dicek chatnya kalo ga ada chat dari driver ya tunggu 15 menit jgn 1jam haha

      • Wakakaka penasaran ama model pembeli kayak TS. Serasa jadi Raja. Biasanya model2 kek gini org miskin beli pake voucher diskon. Krn diskon g dpt jadi ngoceh2. Mgkn pas di bikin sperma nya kecampur ama tai kucing jadi lahirlah model manusia kayak tS

    • Biasa boss.. klo perut terlanjur laper,dikecewain.. plus adab bahasanya kurang ya begitu..?

      Padahal customer servisnya ngikut sistem aturannya shopee food..
      Dikiranya CS nya kali yg bikin aturan nyari driver lain yg padahal udah tutup resto..

      Pdahal Itu mah murni kesalahan driver & resto..

      • Nalarnya kalau pihak shopee bida memastikan resto diutup knp dicariin driver lagi ya bang jago adab ug berakhlakul karimah. .?

    • Buat evaluasi sistem Shopee Food n Customer jga deh, kalo otoritas cancel n cari driver pengganti hanya lwt CS Shopee bkin ribet, driver n resto gak ad pilihan bwt cancel sdgkn mgkin sikon dilapangan kgk mgkinin, klo restonya yg salah tuh order jam operasional tapi menu kosong tp d aplikasi tersedia
      Customer jga hrusnya slalu on/aktiv d aplikasi n respon klo 15 menitan gak ad mobilitas n komunikasi ma driver.
      Klo d Gojek gak ad mobilitas driver 15 menit otomatis ganti driver pengganti & d Grabfood, driver bsa cancel skiranya ad kendala ma orderan...kadang klakuan customer jga aneh2, d chat mnta konfirmasi malah dread doang bahkan centang 1 doang dibubunginnya susah tanpa balasan pdhl byrnya COD, jarak lumayan jauh, alamat GK ssuai/GK jelas, playanan resto yg GK bagus dsb...

      • Dan kalau laper itu mmg udh emosi smpai ubun2..wkwkwwkwk
        Kyk aku tuh ... Aplg kalau nunggu lama eh ga enak... ****** banget..wkwkwk

        Tp tetap tahan jgn smpai Ngasih bintang jelek ke driver..Krn itu mata pencaharian mereka...

  • Pilih Grab atau Gojek aja gan. Ga usah si Oranye. Si Oranye ini emang banyak masalah doi, lihat aja di MK ini, banyak bener topik protes si Oranye!

    • TS ga tau prosedur dah marah-marah duluan wkwkwk
      Prosedurnya tuh kalo driver ga respon memang ditawarin ganti driver dulu. Itupun berdasarkan persetujuan dari si pengguna. Kalo penggunanya setuju buat ganti driver ya ganti driver, kalo ga setuju ya langsung aja minta batalin.

      Lagian tau restonya tutup kan setelah diganti drivernya, sedangkan TS hubungin CS sewaktu kendala driver pertama yg ga respon bukan resto tutup.

  • Emang kalau laper ya begitu sih pasti kondisi emosian. Saya juga pernah gitu order tapi si driver diam aja. Kalau saya biasanya 5 menit no respon saya lgsg chat ke Shopee minta cari driver lain. Alasannya driver tidak ada respon. Nah itu nanti lgsg dicariin. Detik itu juga. Justru masih mending di Shopee bisa dicariin penggantinya. Kalau di aplikasi lain mau ganti driver ya musti cancel dulu. Gaada gofood grabfood yg bs cancel otomatis kecuali drivernya cancel. Resto tutup juga biasanya driver info kak mohon maaf resto udh tutup jadi pelajaran aja sih. Kalau udh 5 menit gaada respon udh telfon juga ga diangkat mending cancel aja. Bukan mau buat driver jadi gak dapat orderan tapi kitanya juga kan kelaparan..

  • Di GOJEK gofood gak bisa cancel pesanan baik driver ataupun customer, di GOJEK pesanan gofood batal otomatis jika driver tidak bergerak menuju resto langsung ganti driver otomatis.

  • wkkw.. tumbenan ada dari costumer yg ngomel ke sopi. biasanya gw sbg driver yg ngomel ke costumer karena titik alamat ngga sesuai. sama resto yg applikasi nya di onin. padahal dia lagi ngga buka lapak nya.

    • Ya kalo driver ngga bales bales atau di telpon ngga jawab itu wajib dipertanyakan kenapa, pas uda kaya gitu harusnya minta cariin driver baru lagi atau minta cancel. Customer service ngga mungkin nelpon driver (lagian lu sendiri kan yang bilang driver no respon, udah no respon terus di telpon buat apa? Buang waktu lagi nunggu telpon kaga di angkat angkat?) paling ngasih opsi cariin driver baru tapi kita tetep bisa minta cancel meskipun customer service cuma ngasih opsi nyari driver baru. Dan untuk kasus resto tutup biasanya resto kalo menjelang tutup atau prepare waktu tutup itu meskipun ada orderan yang belom ke kirim (pengalaman gua ya) orderan masuk tapi pas driver nyampe bilang "dah tutup mas" jadi resto ngga mao cancel gitu dan malah pembeli jadi korban.
      Dan untuk cancel sendiri bukan cuma shopee kok yang ngga bisa, rata rata kaya gitu kalo udah dapet driver ngga bisa cancel.

      Dari awal harusnya kalo driver 10 menit kaga ada tanggapan di chat dan ngga ada pergerakan di map ya mending cari driver baru, ngapain nunggu 1 jam, toh minta cariin driver baru atau minta cancel ngga bakalan sampe 1 jam cuma 5 menitan selesai.

      Emosi bikin orang jadi bego kaya lu. Kenapa dari awal kaga lu aja yang proaktif ngurus orderan lu? Ngapain nunggu berlama lama apalagi sampe nyuruh driver buat di kasih penalti? Lunya aja yang bikin waktu lu sendiri terbuang, driver kaga gerak cuma ditungguin sampe 1 jam sambil nahan laper, itu lu kaga ngerti cara ngehubungin cs apa gimana dah. Kalo dari awal sejak orderan diterima 5-10 menit driver ngga ada respon atau ngga ada pergerakan terus lu hubungin cs ngga bakalan sampe 5 menit dapet driver baru atau cancel order (dan waktu lu cuma kebuang sekitar 15 menit).

      Emang bener ya istilah lapar bisa bikin orang galak dan bodoh. Emosi gua ngeliat cara lu ngirim pesan ke cs udah tau makanan ngga dateng ya emang karena lunya aja yang bodoh, ini malah nyalahin orang dasar bodoh baru pertama kali order makanan secara online atau gimana si bodoh yaampun atau kaga tau cara ngehubungin cs buat cancel order/cari driver baru?

      Udah tau order buat diri sendiri tapi kaga ada proaktifnya sama sekali malah mengharapkan orang laen yang proaktif ke orderan lu.

  • Gua mah kalau di Shopee ga ada tanggapan dari driver 10 mnt gua cancel, tinggal ss pesanan ke pusat bantuan beres