Surat Pembaca

CS Gojek Tidak Paham dan Tidak Membaca Isi Komplain

Pada tanggal 24 Januari 2022, saya menghubungi customer service Gojek, untuk meminta penghapusan nomor polisi motor pribadi saya, yang digunakan untuk mendaftar sebagai mitra gojek oleh karyawan yang sudah diberhentikan. Saya meminta bukti tertulis sudah dihapusnya data kendaraan saya pada sistem Gojek, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Saya juga melampirkan bukti kepemilikan kendaraan.

Kemudian saya diarahkan untuk menghubungi CS Mitra Gojek oleh CS Gojek. Namun saya tidak dapat menghubungi CS Mitra Gojek, karena email tidak terdaftar sebagai Mitra Gojek. Sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya.

Customer service Gojek tidak memahami masalah dan tidak dapat menyelesaikan masalah. Untuk pembaca mediakonsumen.com, berhati-hatilah! Tidak heran banyak sekali driver bermasalah, karena driver Gojek bisa mendaftarkan kendaraan bukan milik driver dan TANPA PERSETUJUAN pemilik kendaraan. Sewaktu pemilik kendaraan komplain, para CS Gojek tidak bisa menyelesaikan dan memahami masalahnya, mem-pingpong komplain, dan terkesan memfasilitasi mitra yang nakal.

Sangat disayangkan Gojek tidak memiliki standar yang baik untuk customer service. Hal ini sudah pernah saya alami sewaktu bermasalah dengan pemesanan GoFood. Sekarang terjadi lagi dengan masalah perekrutan mitra driver (masalah ini).

Terima kasih.

Tjoe William
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • mungkin harus pakai email si driver nya pak baru bisa, takutnya komplain beda email malah jadi permasalahan, mungkin dikiranya tidak ada hubungan nya dengan driver

    • Sy sbg pemilik kendaraan yg dipakai karyawan utk mendaftar sbg driver tanpa sepengetahuan sy. Jd sy tidak tahu email nya. Harusnya dr pihak gojek yg cek, krn sy sudah memberitahu, nomor polisi kendaraan nya.

      • siapa bilang gojek ngak bagus.. walau plat mobil masih terdaftar. mobil kan udah sama anda. takut amat. aman bos. lebai

      • Akun bukan email,semua data diakun driver,mau ganti rekening,ganti nomer hp,ganti motor,pake akun driver bukan email driver

      • Sudah mencoba menghubungi via tlpn pak?
        Kalau email memang kurang baik responnya, kemungkinan besar dijawab oleh mesin
        Pengalaman saya sebagi driver dan pernah membantu customer mengajukan komplain lebih menyarankan via tlp

      • Bosnya cuma bisa main pecat saja sih.....kok tau juga motor buat daftar ojok dari mana ya?

        • salah langkah bapaknya.. harusnya ajak karyawan bapak ke kantor gojek untuk urus masalah ini, atau ganti via aplikasi driver.. kalo udah beres, baru pecat.. driver juga harus diberi perlindungan dong, masa segampang itu hapus nopol via email orang sembarangan.. daripada ketik panjang lebar post sana sini, komplen sana sini, mending tenaganya di pake buat datangi kantor gojek langsung dengan data pendukung yang lengkap, dan kalo bisa di ajak mantan karyawannya.. itupun klo mantan karyawan nya mau.. makannya jangan keburu emosi dulu pak, karyawan bapak juga bebuat seperti itu pasti agar ada penghasilan tambahan.. bisa jadi beban ekonominya meningkat, atau memang penghasilan tempat iya bekerja belum cukup untuk kesejahteraan keluarganya.. alhamdulillah nya mantan karyawan bapak gak terhasut hatinya untuk mencuri.. l

          • yap, anda tepat sekali. memang berhadapan sama pencuri tidak perlu emosi. hanya lakukan langkah yg tepat seperti yg saya lakukan.

    • Yang bisa ganti. Si driver,kalo driver nggak mau ganti motor juga mungkin kaya nya kalo bisa,kecuali driver ganti motor buat narik goride,
      Kalo main food dan bosen bebas,

    • Sekedar memberi masukan dr sisi driver intinya komplain ingin menghapus data kendaraan yg dipakai di sistem, sejauh inikan sudah laporan via email dan responya kurang memuaskan mungkin ini secara intrinsik CS yg menangani di email ataupun telepon tidak memiliki wewenang untuk melakukan perubahan data KL saran saya si bapak langsung datang ke kantor gojek di Kemang atau kantor perwakilan terdekat langsung hubungannya ke satgas (orang management yg lebih kepada compliance di lapangan) mungkin mereka bisa punya jalur bypass hingga penghapusan data nopol kendaraan yg dipakai..

    • Coba pak jangan email customer service Go-Jek itu buat customer. Tapi pakai email Gojek Driver Support .

    • Update :
      CS GOJEK, memang SANGAT PANDAI. Jam 10:34, sy mendapat email lg utk menghubungi driver support. Mungkin customer service gojek harus kembali belajar membaca dan memahami masalah.
      Dan herannya tidak malu menjawab hal yg sama, padahal sudah jelas sekali yg ditanya apa dijawab apa.

      • Percuma cs driver gojek gak bisa memberi solusi, saya tanya via telpon aja ngasih solusi gak jelas.
        Emang ampas cs gojek bg.

      • Sama Pak, saya duuulu sekali juga pernah bermasalah dengan 2 alamat e-mail saya yang "dicatut" untuk pendaftaran akun (ketika itu saya masih malas daftar, secara gojeg nya juga masih baru2 buka; di mana daftarnya tidak seperti sekarang yang pake no HP, tapi bisa juga pake alamat e-mail).

        Komplen A dijawab B (gak nyambung). Terus aja komplen (saya waktu itu via e-mail), ngomong/ngetik bolak balik. Padahal saya kirim e-mail ya pake alamat e-mail milik saya tersebut, eh nyari CS yang punya mata untuk bisa lihat bahwa e-mail yang saya permasalahkan = e-mail yang sedang saya gunakan untuk kirim e-mail, ternyata susah sekali.

        Akhirnya untuk alamat e-mail yang 1 gol, karena akhirnya nyampe ke CS yang level lumayan tinggi sehingga "pemahaman bacaan" nya nyampe level nya.
        Alamat e-mail yang 1 lagi tidak gol. Sampe akhirnya kemudian gojeg mengubah pendaftaran menjadi pake nomor HP, baru saya bisa klaim lagi itu e-mail.

        Perjuangkan terus sampe bisa dapat operator/CS yang kemampuan "pemahaman bacaan" nya sesuai level...

        • Iya, memang CS gojek kurang dan sangat lamban. Jd sy post di media konsumen.com supaya publik juga berhati-hati, karena tidak ada peraturan yg mewajibkan meminta persetujuan pemilik kendaraan utk mendaftar menjadi mitra.

          • Saat sesuatu tidak diatur sistem CS dan manajemen adalah robot, mereka tidak dapat melakukan apa-apa.

    • Coba d kantor gojek ny aja bang.. setauku CS utk gojek customer & gojek driver berbeda.. mending langsung k kantor aja, bawa kelengkapan data mantan karyawan yg kmrn daftar mitra, biar akun ybs diurus sekalian. semoga membantu.

    • Semua customer service rata rata gak mengerti product nya dan jika dia mentok karena ada handycap kewenangan mereka sangat tidak mau lapor atasan. Mkn atasan nya juga ngasih kpi yg aneh kalo banyak lapor maka performa jelek.
      Atasan dan perusahaan nya yg salah besar

  • Setahu saya penghapusan/ penggantian plat nomor kendaraan hanya bisa dirubah melalui akun si driver atau datang langsung ke kantornya saja..
    Berhubung si karyawan sudah di keluarkan, sebaiknya langsung datang ke kantor gojek saja

    • Tuntutbaja gojek sebagai tersangka 2 yg tidak verifikasi nama dan alamat surat kendaraan. Gojek sebagai institusi lalai dan bisa meresahkan dengan sangat mudah orang mendaftarkan property orang lain ke perusahaan nya dan mengumpulkan data penting. Seseorang tanpa hak.

      • Memang Kamu tahu perjanjian kemitraan dengan gojek ???
        Ingin menuntut perusahaan gojek Indonesia ???
        Hahaha...
        Kompor...

    • Tpi tidak semudah itu bang untuk menutup akun si drivernya,bknnya cs ga mau membantu,karna yg lapor itu bkn drivernya,melaikan orang lain.jadi cs juga tidak langsung memblokir seenaknya bang,itu setau saya ya,klo ada salah mohon di koreksi.

      • saya tidak meminta tutup akun driver, hanya meminta no polisi kendaraan kami yg dihapus, karena memang bukan motor karyawan

    • Kalo daftar ojol itu bebas,,yang penting tahun perakitan,mau motor daerah mau atas nama siapa,nggak penting,yang penting motor masih layak didaftarkan

      • Sepengalaman saya jd driver center apk kompetitor, ya gk segampang itu buat daftarin kendaran yg nama di stnk beda sma nama mitra. Harus punya surat kuasa yg ditandatangani di atas matrai.

  • entah kenapa kok komennya si penulis banyak di dislike ya? sama sekali tidak ada salah padahal, dan concernnya yang ditulis di surat valid kok

    apakah ini yang namanya di ijo in?

    • Lebih baik Bapak hubungi customer service bagian layanan customer terlebih dahulu lalu dapat berkunjung ke Kantor gojek Di area kemang Timur ( Jakarta selatan ) atau JL.sangaji ( Jakarta pusat ) untuk pelayanan area DKI JAKARTA untuk penghapusan data nopol kendaraan terdaftar Mitra driver ex karyawannya.
      Karena hanya Mitra driver gojek terdaftar Dan aktif Yang dapat akses Dan ditanggapi pada email gojek support tersebut diatas. Bukan tanpa sebab hal ini diberlakukan untuk keamanan Mitra driver gojek.

  • Mungkin jalan satu satu nya yang paling gampang adalah menghubungi mantan karyawan bapak , karena di aplikasi driver bisa mengganti data diri lagi . Karena si mantan juga melakukan kesalahan seharus nya dia tanggung jawab dengan apa yang di lakukan , sedari dulu yang aku tau memang gojek bisa merekrut mitra walaupun data stnk tidak sama dengan ktp , asal semua jelas .

    • Kalo mantan karyawannya sudah sakit hati,ngapain diurusin mending dibikin puyeng sekalian,kali,alias disengaja,

      • sbenernya sih ga puyeng, cuma nulis disini uda sangat membantu dan menjadi bukti bahwa memang kita sudah meminta gojek utk menghapus no polisi itu. kalau hanya di sistem gojek saja kan pasti susah.

  • Gua ga ngerti perjanjian Gojek dengan Mitranya bagaimana sebelumnya.
    Penghapusan akun sepihak atas permintaan orang lain/ tanpa persetujuan mitra sebelumnya apakah Gojek bisa terkena tuntutan hukum?! Mungkin bisa saja seperti sesuai prosedur bank yang syaratnya harus ada surat keterangan dari instansi yg berwewenang (Polisi, Jaksa dsb). Harus ada pengajuan secara tertulis dsb. Yah ga ngerti juga tapi perusahaan sekelas Gojek pasti sudah memikirkan kondisi Jika ada permintaan penutupan akun dari pihak ketiga. Bagaimana semestinya.

    • Ya gak bisalah menghapus akun orang lain.
      Ibaratnya kamu seperti memecat karyawan orang seenak jidak lo...
      Selama driver gak bermasalah kenapa harus di hapus akunnya.gojek punya tata tertib sendiri.

    • Yg diminta TS bukan hapus akun, hanya ganti nopol pada akun drivernya. Kan kantor gojek bisa saja minta driver untuk datang verifikasi nopol kendaraan yg sebenarnya. Bukan malah terus pakai nopol kendaraan punya mantan boss nya.

    • Penutupan nopol driver dari pihak ke-3 dibenarkan. Apabila pihak ke-3 dapat menunjukkan bukti kepemilikan sah kendaraan seperti stnk Dan bpkb sesuai dengan KTP Dari pihak ke-3 dikantor gojek

  • Lebih baik datangnya langsung kantor ops gojek terdekat, atw klo di Jakarta dateng aja ke kantor gojek di Jl Kemang Timur. Sebenarnya sih gak ada masalah toh kendaraan sudah ada di anda. Yg jadi masalah klo anda naik motor tsb pakai atribut Gojek dan melakukan tindakan melanggar hukum Yg di cari pasti driver yg terdaftar .Banyak motor bekas driver gojek di jual gak pernah ada masalah secara hukum, paling mesin doang parah.