Surat Pembaca

Label Harga Sudah Tidak Berlaku Masih Dipajang di Rak Barang Transmart Central Park

Pada hari Senin 24 Januari 2022 pukul 19:20 an saya bersama ibu saya membeli Susu Ultra di Transmart Central Park menggunakan E-voucher plus uang kas.

Pada pembayaran pertama saya membeli 3 buah Susu Ultramilk coklat dimana harga perbuahnya adalah Rp16.990, pembayaran berjalan lancar dan harga yang keluar di mesin sesuai label harga yang ada di raknya.

Selanjutnya saya melakukan pembayaran lagi untuk pembelian 1 buah Indomie Goreng dan 3 buah Susu Ultra Lowfat 1 Liter seharga Rp15.750/buah sesuai label harga yang menempel di rak susu. Tapi ternyata di mesin kasir harga yang tertera adalah Rp19.000/buah.

Karena saya merasa yakin bahwa harga yang tertera di rak susu adalah Rp. 15.750/buah maka saya berinisiatif mengambil label harga yang ada di rak susu dan menyerahkan ke kasir. Setelah diteliti ternyata label harga sudah tidak berlaku karena sudah lewat waktunya. Ketika saya ingin membatalkan pembelian untuk menggantinya dengan susu ultra coklat yang lagi promo namun supervisor kasir mengatakan tidak bisa karena pembelian menggunakan voucher.

Kepada petugas saya menanyakan kenapa label harga yang sudah tidak berlaku masih ditempel di rak susu namun tidak bisa dijawab alasannya mengapa.

Jadi pesan saya telitilah ketika ingin membeli di Transmart khususnya cabang Central Park karena harga yang tertera di label harga yang menempel di rak barang belum tentu adalah harga yang berlaku pada saat itu, ada kemungkinan harga yang tertera adalah harga yang sudah tidak berlaku (kadaluarsa) dan apabila kita ingin membatalkan pembelian karena merasa terkena prank belum tentu transaksi tersebut bisa dibatalkan.

Andaikata waktu itu saya sebagai pembeli diperbolehkan membatalkan transaksi untuk diganti dengan barang yang lain maka saya merasa tidak perlu bikin surat pembaca ini.

Christianto Hardono
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • kalau anda bisa bersikeras untuk menekankan tulisan harga yang ada di label, sama saja hal nya pihak transmart bisa menekankan tanggal yang ada di label

    kalau anda bisa baca harganya, tidak ada alasan untuk anda tidak bisa membaca tanggal nya

    dan lagi ya, ada hal yang aneh, pembelian tidak bisa dibatalkan karena memakai voucher

    dalam arti anda sudah tahu harga total nya 60rb, dan anda membayar pakai voucher, setelah dari itu baru anda protes

    beli itu termasuk akad ya, dalam arti anda sudah setuju harga dan barang, kemudian anda bayar sesuai yang diminta

    kalau anda memang berniat membeli harga promo, sesuai yang tertera, sewaktu di scan barcode, dan diinfokan total nya, anda sudah tahu dong harusnya bahwa harga berbeda dari ekspektasi anda? kenapa anda bayar pakai voucher dulu baru protes? kan tidak masuk logika nya

      • Label harga s/d 23 jan
        Pembelian di tgl 24 jan
        Masih bisa di maklum namanya manusia agak lama ganti label yg segitu banyak, pembeli memang mesti selalu teliti tetutama pd produk dengan label harga promo, tp pernah dengar jg ada aturan kalau ada perbedaan harga maka harga pada label lah yg akan di kenakan, cuma pembeli jgn berniat mensengajakan utk masuk di celah itu ya, kemungkinan selisih harhanya akan di benankan kpd karyawan terkait sebagai hukuman. Contoh aturan yg biasa kita dengar:
        -tidak perlu bayar apabila tdk disertakan struk cashier
        -reward lainnya apabila cashier tdk menawarkan isi pulsa
        -
        Dll

  • kan sudah ada keterangan berlaku sampe kapan di labelnya.
    pihak transmart jadi ga bisa disalahkan. kecuali ga ada keterangan tsb, barulah situ bisa ngamuk :)

    • Hampir semua supermarket/hypermarkert & minimarkert harga tertera di bbrp product yg pricetag tidak sesuai dgn harga aslinya, permasalahan ada di sdm (terutama spg/bnya) yg tidak cek & mengupdate pricetag tsb.

      #budayakan malas#

  • Keterangan tanggal ada persis di bawahnya kenapa tidak dibaca sekalian?bisa baca harga tapi tidak kelihatan tanggalnya. Waktu scan harga kan langsung kelihatan harganya berapa, bisa langsung batal kok (saya pernah).

    • TS nya Tolol g bisa baca dstu tertulis berlaku sampe 23 jan 2022. Situ beli 24 jan 2022 ya jelas harga promo dh gak berlaku. Udh salah tolol ngotot pake blowup ke media konsumen. Malah mepertontonkan ketololan sendiri

  • Yg menyalahkan TS pasti gak pernah kerja diretail, jelas itu kalalaian market lupa mencabut harga promo kalo simerah/biru harus nombokin itu kalo customer ngotot pernah viral kayanya dulu

  • Pernah ngalamin juga, yang di cabang Harmoni. Beda harga tercetak antara struk dan di label rak. (Tapi tidak ngeh soal tanggal kadaluarsa). Tapi pas label harga di ambil dan di cocok-kan memang pihak retail yang salah, dan selisih harga dikembalikan secara tunai.
    Untuk supermarket yang satu ini memang harus hati-hati ketika belanja produk promo. Belum lagi label yang di tempel ternyata untuk produk berbeda. Selain cek tanggal kadaluarsa juga harus cek barcode barang, apa sama atau tidak dgn label harga.

  • Ha.ha..jadi pro dan kontra deh diatas..
    Oya untuk pengetahuan aja..sesuai UU perlindungan konsumen" jika terdapat selisih harga di etalase dan di kasir, maka konsumen berhak mendapatkan yang terendah"
    Tapi kalimat diatas tidak berlaku buat kasus ini yaa..karna jelas bahwa validasi harga promo( tertera berlaku sampai tgl 23 tapi belinya tgl 24)

  • Intinya mah teliti, kadang saya sebelum cekout tak tanya ini masih promo atau engga atau lihat dilabel sampai kapan batas promo/potongan harga tsb, very simple.

    • Sdh pake voucher masih komplen pdhal cuma beda berapa ribu, udah ad tanggal berlakunya juga, pake bikin sp pula, weleh2 ga jelas ini orang.

Penulis
CHRISTIANTO HARDONO