Surat Pembaca

BPJS Ketenagakerjaan Menahan Uang JHT Saya

Terima kasih sebelumnya untuk Media Konsumen. Saya adalah pekerja yang terkena PHP saat pandemi covid, Saya sudah tidak bekerja dari bulan Desember 2021. Pada bulan Januari 2022 saya lihat status BPJS Ketenagakerjaan saya sudah non aktif, maka saya ajukan klaim ke BPJS Ketenagakerjaan.

Pengajuan klaim saya diterima dan dijadwalkan tanggal 10 Januari 2022 video call dengan petugas BPJS Ketenagakerjaan. Setelah video call dan dicek semua kelengkapan dokumen saya, sudah ok dan saya dijanjikan 1 minggu untuk pencairan dana JHT (Jaminan Hari Tua) saya. Saya pun menunggu.

Setelah lewat 1 minggu, kembali saya hubungi BPJS Ketenagakerjaan, karena dana sama sekali belum masuk rekening say  dan sangat susah sekali terhubung dengan CS BPJS Ketenagakerjaan. Saya hubungi melalui Twitter, Instagram, Facebook, email dan juga telepon call center 175, sangat susah sekali.

Pengaduan melalui web, Wa, Twitter

Saya tidak menyerah, terus saya hubungi dan saya dapat email dari BPJS Ketenagakerjaan, bahwa saya disuruh tracking melalui website-nya. Saya balas kalau sudah tiap hari saya tracking, tapi tidak pernah ada kejelasan kapan pencairannya. Terakhir saya dapat email dari BPJS Ketenagakerjaan, bahwa saya disuruh menunggu kembali sampai tanggal 2 Februari 2022.

saya sangat marah dan kecewa. Kok bisa diundur sangat lama sekali? Ini uang saya, hak saya, kok ditahan-tahan, mau diapakan uang saya? Apalagi saya baca di berita, pada Undang-Undang masalah BPJS Ketenagakerjaan terbaru, mulai Februari 2022 JHT tidak bisa dicairkan, apa ini maksudnya?

Apakah sengaja dana saya ditahan sampai bulan Februari? Kalau nanti saya bertanya ke BPJS Ketenagakerjaan akan dijawab kalau JHT saya tidak bisa diambil menurut undang-undang yang terbaru? Seperti inikah cara kerja lembaga pemerintahan yang seharusnya membantu pekerja?

Saya menyetor iuran setiap bulan, tetapi tidak boleh diambil. Saya sangat berharap sekali dana itu dicairkan. Pada saat masa pandemi ini uang itu sangat berarti untuk saya buka usaha, karena lowongan pekerjaan sangat susah sekali.

Riski Dhani Juniarta
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BPJAMSOSTEK atas Keluhan Bapak Riski Dhani Juniarta

Menanggapi pengaduan yang disampaikan oleh Bapak Riski Dhani Juniarta, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) memohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang kami berikan....
Baca Selengkapnya

Komentar

  • itu kelihatan bahwa proses nya yang menghambat adalah proses verifikasi dengan perusahaan tempat dimana anda di PHP(lol)

    ya bukan salah BPJS nya kalo perusahaan tempat anda di PHP itu lama

  • Semenjak pendemi, luar biasa memang banyak korban PHK, imbasnya banyak yg klaim BPJS JHT

    Mungkin mereka jg kewalahan untuk proses cepat

    • Itu klaim nya terlalu cepat mba, biasanya bpjs menunggu status tidak aktif dulu dari perusahaan. Minimal 2 atau 3 bulan lah setelah resign baru klaim. Sabar aja dulu

      • Pengalaman sy wktu sy di PHK..sy langsung cairkan ga menunggu sampe 2 atau 3 bln..stlh sy video call 3 hari dari situ langsung cair..

  • Ga perlu ngegas. Itu semua ada prosedurnya, kan perlu konfirmasi kepada perusahaan lama. Mana tau elu bermasalah dikntor lama, kan g ada yg tau. Sabar, pikirkan sebelum bertindak dan mengumbar umbar nambah masalah.

  • Itu yang bikin terhambat proses verifikasi ke perusahaan tempat anda kerja dulu, bukan BPJSnya, kalo perusahaan nggak mau verifikasi ya ga cair tu duit. Saya cairin jht hari ini vid call dengan petugas, besoknya uang sudah masuk rekening. Coba tanyakan ke perusahaan tempat anda kena PHP ?

    • Saya malah keluar sebelum tamat kontrak, saat keluar denger2 dari senior karyawan yang ga tamat kontrak gabakal bisa cairin bpjs nya. Tapi nyata nya saya bisa ? walau pake paklaring dapet niru dari temen yg yg keluar tamat kontrak hha

    • Iya,karena saya kemarin klaim juga begitu prosedurnya karna gak ada packlaring cuma surat pernyataan saja dan memang mesti koordinasi dengan HRD supaya Cepat,saya kemarin klaim gak sampai 5 hari Kerja.

  • Coba di liat lagi aturan2 seperti jht tidak bisa di cairkan mulai bulan feb 2022 apakah sudah valid aturan tersebut . Oh yah jangan lupa iuran bpjs ketenagakerjaan itu tidak sepenuhnya di bayarkan dari gaji peserta . Melainkan ada sumbangsih prusahaan tempat anda bekerja . Jadi itu bukan sepenuhnya uang anda pribadi ?

  • Ya sabar itu kan harus verifikasi tempat anda dulu kerja karena dari data yg dilampirkan mungkin ad yg meragukan pihak bpjs buat membayar jht anda!! Bisa jadi dari masalah paklaring nya yg bermasalah antara tgl masuk dan keluar beda, atau dari stempel dan ttd nya hanya scan bukan ttd atau stempel basah
    Makanya pihak bpjs harus memverifikasi dulu ke tempat anda dulu bekerja

  • Sabar mbak..
    coba tanya bpjs/lapak asik,
    apakah ada kekurangan dokumen pendukungnya ?
    Jalin komunikasi dgn kantor lama anda,kuncinya komunikasi.
    saya aja yg sdh resign 5 thn lalu baru cairin bpjs akhir thn kemaren,alhamdulillah lancar meski perlu minta paklaring dan dokumen yg kurang. tq

  • Mba saran saya :
    1. Datang ke bank dimana rekening tabungan yg mba gunakan utk menerima transfer uang JHT, krn kasusnya sama seperti teman saya, pihak bpjstk sudah transfer, cek di atm belum masuk tp cek di bank sudah masuk krn rekening teman saya sudah lama tdk digunakan utk transaksi sehingga harus diaktivasi ulang rekeningnya.
    2. Sampaikan ke perusahaan tempat mba bekerja sebelumnya utk segera membalas konfirmasi email dari bpjstk atas keakuratan data2 mba yg sudah lampirkan saat klaim.
    3. Setau saya krn saya HRD yg familiar dan selalu/harus update dan paham UU/PP ketenagakerjaan ,tidak ada bunyi Klaim JHT tdk bisa lg di Februari 2022, itu hoaks mba
    4. Cek saldo JHT mba melalui aplikasi JMo, saya sekarang menyarankan staff/teman saya yang sudah resign yang saldonya di bawah Rp 10 Jt utk klaim via aplikasi Jmo saja krn lebih cepat verifnya, ga smp 15 menit setelah ajukan klaim, uangnya langsung masuk rekening…keren dah
    5. Klo pengen klaim antri bisa juga di kantor cabang bpjstk terdekat,jadi bisa tau langsung tuh kendala kelengkapan berkas dan data kita, klo ga salah namanya klaim Onsite
    Semoga jawaban saya membantu ya mba..ntar klo sudah tau permasalannya jgn lupa klarifikasi ya mba, semangaat mba dan semoga cepat dapat kerja baru ya