Pembatalan Penerbangan Batik Air Secara Sepihak, Shopee dan Traveloka Tidak Ada Solusi yang Jelas

Saya membeli tiket Batik Air di Shopee dengan kode booking: XSXIZL untuk tanggal 03 Januari 2022. Namun H-1 jadwal penerbangan, tiba-tiba saya dapat info dari Google, bahwa penerbangan di-cancel. Dari pihak Batik Air, Traveloka dan Shopee tidak ada email atau SMS atau pemberitahuan apa pun, bahkan saya juga tidak dapat info jadwal penerbangan pengganti.

Kemudian saya lakukan refund dong di aplikasi Shopee. Karena saya nggak ada info ya, malah refund disamakan dengan pembatalan biasa (30-90 hari kerja). Saya chat dengan agen Shopee, diminta tunggu 30-90 hari juga dan jika mau cepat, saya diminta menghubungi Traveloka.

Saya menghubungi Traveloka, diminta menghubungi Batik Air. Saya hubungi Batik Air, infonya akan dikembalikan 21 Januari 2022. Tanggal 21 Januari 2022, saya belum dapat refund juga. Saya hubungi lagi Batik Air call center, malah diminta hubungi ke Traveloka. Saya hubungi lagi Traveloka, malah diminta hubungi lagi Shopee. Udah gitu aja terus, muter-muter nggak ada prioritas sama sekali. Bukan saya yang cancel penerbangan, tapi saya yang kena akibatnya.

Saya chat dengan agen Shopee, jawabannya hanya “Mohon maaf ya ka, karena sedang covid-19 sering terjadi hal yang tidak menentu“. Justru karena covid-19 lah kalian lebih paham dengan kondisi customer, kenapa refund dilama-lamain? Bukan juga customer yang salah, malah kena imbasnya. Jadi minta tolong ya tim Shopee, tim Traveloka, tim Batik Air, solusi yang bijaksana.

Terima kasih.

Nova Ocharina G.
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Pembatalan Penerbangan Batik Air Secara Sepihak, Shopee dan Traveloka Tidak Ada Solusi yang Jelas

  • 27 Januari 2022 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Dapat info dari Google ya soal pembatalan. Tanpa sms atau email. Itu yakin 100% penerbangannya batal ? Soalnya belum tentu juga kalau itu cancel gan, belum tentu akurat kalau dari Google aja. Harusnya ada SMS dari maskapai kalau ada pembatalan. Dari pihak Batik Air bilang kalau penerbangan awal dibatalkan juga ?
    Semoga cepat selesai

    • 27 Januari 2022 - (13:46 WIB)
      Permalink

      Iyaa emang batal, besok nya waktu terbang pake maskapai lain kita cek juga. Emg yg itu cancelled tnpa info

        • 29 Januari 2022 - (03:25 WIB)
          Permalink

          Bukan salah maskapai sepenuhnya. Karena saya pernah cekin di bandara (tiket beli dari pihak ke 3) saya marahbkarena tidak diinfo penerbangan dimajukan, ketika di buka data booking saya, yg tercantum dalam sistem adalah EMAIL si PIHAK KE 3 DAN nomer telfon si pihak ke3, bukan email / HP pribadi saya.

          Dan si pihak ke3 tidak MEMforward info perubahan tsb dari pihak maskapai ke kontak saya.

  • 27 Januari 2022 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Kak, next mending beli ke airline langsung aj. Soalnya pembelian dengan pihak ketiga seperti traveloka, tiket.com, dan sejenisnya itu aja ud ribet dan refund ga jelas. Ini malah pake pihak ke 4 Shopee. Ya tambah ruwet jadinya.
    Mending langsung konfirm ke airline jg kl ada pembatalan, kl dr pihak lain trs ga akurat ya sudah bisa kita yg kena getahnya.

    • 28 Januari 2022 - (13:32 WIB)
      Permalink

      Bagi yang pernah/sudah mengalami (seperti saya), pasti seperti itu prinsipnya.
      Tapi bagi yang belum pernah (atau mungkin yang pernah mengalami, cuma tetap ngeyel…) pasti tergiur dengan diskon/cashback dll. yang ditawarkan pihak ketiga/keempat/kesekian.

      • 29 Januari 2022 - (03:21 WIB)
        Permalink

        Saya pernah dapat pengalaman serupa JAUH sebelum covid. Akhirnya pihak maskapai sendiri “MENYARANKAN” Sebaiknya kedepanya untuk pembelian tiket (apapun maskapainya) langsung dg pihak maskapai, bukan dari pihak ke3 agar tidak dilempar² dan langsung di handle secara internal untuk reschedule / refund.

        Semenjak itu saya selalu membeli dari pihak maskapai, jadi sekiranya ada Perubahan jadwal / pembatalan, kita dpt info lgsg dari pihak maskapai, dan bukan menunggu informasi yang di forward ke pihak ke2 atau ke3.

        2
        1
  • 29 Januari 2022 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Ya buat pengalaman, mesti hati2 kalau beli tiket lewat pihak ke-3 seperti Shopee karena mereka memang bukan Travel Agent, hanya partnership sama pihak ke-2 (Traveloka). Mungkin tergiur sama promo diskon atau cashback tapi resikonya lebih besar dari manfaatnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Batik Air?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Penerbangan Batik Air Secara Sepihak, Shopee dan Traveloka …

oleh Ocharina Ocha dibaca dalam: 1 menit
8