Buruknya Proses Investigasi Akulaku, Sebulan Lebih Status Pembayaran Akucicil Belum Berubah

Sesusai dengan judul yang saya tulis “Buruknya Proses Investigasi Akulaku, Sebulan Lebih Status Pembayaran Akucicil Belum Berubah”, merupakan alasan mengapa saya sampai “tega” menulis artikel ini.

Jadi ceritanya, pada bulan Desember 2021, saya berencana melunasi tagihan Akulaku untuk jatuh tempo Januari dan Februari 2022, dengan menggunakan 3 metode pembayaran berbeda. Yaitu dengan BCA, Neo Wow dan terakhir CIMB Niaga.

Tanggal 8 Desember 2021, saya melakukan pembayaran tagihan jatuh tempo Januari 2022 sebesar Rp708.100 (BCA) dan sisanya Rp6.600 (NEO WOW)/status LUNAS. Lalu pada bulan yang sama, tanggal 26 Desember 2021 tengah malam, saya kembali melakukan pembayaran untuk jatuh tempo Februari 2021 sebesar Rp617.800 melalui Bank CIMB Niaga, kode virtual: 5919000009074450.

Pertanyaannya, mengapa sejak 26 Desember sampai 30 Januari 2022, status pembayaran Akucicil saya belum juga berubah? Padahal sudah dibantu dengan melakukan konfirmasi ke pihak Akulaku, baik melalui CS aplikasi, telepon, WhatsApp, sampai mengirim semua bukti pembayaran ke alamat email payreport Akulaku.

Tidak ingin dirugikan, saya berinisiatif menghubungi bank CIMB Niaga melalui email untuk memastikan apakah pembayaran saya sukses atau tidak. Pihak bank menginformasikan jika status pembayaran tersebut SUKSES dikirim ke NICEPAY/Akulaku. Kemudian meminta saya menghubungi Nicepay sembari memberikan alamat email yang bersangkutan.

Pada hari yang sama saya langsung menghubungi Nicepay untuk menanyakan ulang perihal status pembayaran. Tidak menunggu lama, pihak Nicepay langsung membalas pesan dengan mengirim bukti kode virtual, nama saya, jumlah nominal dan status pembayaran. Di sini saya kaget ternyata status pembayaran tersebut dalam kondisi expired/tidak berhasil.

Namun pihak Nicepay juga meyakinkan saya, jika dana yang dikirim oleh Bank CIMB Niaga bisa saja dalam status SUKSES, tapi GAGAL di sisi Nicepay. Maka secara otomatis dana tersebut akan langsung masuk/refund ke merchant PT AKULAKU sejak 28 Desember 2021.

Artinya, sejak 28 Desember Nicepay telah mengembalikan dana Rp617.800 itu ke Akulaku. Di sini saya juga dibuat bertanya mengapa dana saya yang jika gagal tidak langsung masuk ke rekening pay Akulaku saya atau setidaknya kembali di-refund ke alamat bank CIMB saya?

Tambahan lagi yang membuat saya sedikit kurang puas bahkan kecewa, adalah pelayanan dari CS Akulaku dan tim yang dirasa sangat lambat, seakan kurang profesional, terutama di sisi proses investigasinya. Sebagai buyer saya tentu dirugikan karena status pembayaran saya di aplikasi Akulaku belum juga selesai.

Belum lagi batas jatuh tempo Februari ini sampai tanggal 10. Saya tidak ingin nanti mendapat tagihan pembayaran atau dikenakan biaya keterlambatan. Padahal sudah jelas saya menyimpan bukti pembayaran dan kode virtual.

Sebelumnya, saya termasuk salah satu pengguna aplikasi Akulaku sejak 2018 dan tidak pernah telat dalam membayar cicilan. Bahkan dua bulan sebelum jatuh tempo saya selalu melunasi tagihan untuk dua bulan sekaligus. Namun saya dibuat kecewa dengan sistem cek laporan cicilan dan proses investigasi yang bisa dibilang sangat lama.

Saya berharap semua masalah ini bisa segera diatasi mengingat saya sudah membayar dengan nominal yang tidak sedikit. Jika perlu bukti percakapan dengan Nicepay/CIMB untuk tindaklanjut investigasi akan senang hati saya berikan.

Yuli Hayuningtyas
Ponorogo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Yuli Hayuningtyas

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Ibu Yuli Hayuningtyas pada tanggal 31...
Baca Selengkapnya