Surat Pembaca

Reminder Tagihan Fintech JULO Sangat Mengganggu

Saya adalah pengguna dari aplikasi pinjaman online yang sedang marak saat ini. Saya mempunyai beberapa akun di aplikasi pinjol (resmi dan diawasi OJK) seperti Kredivo dan Indodana, dan saya tak pernah ada masalah atau tunggakan cicilan sebagai debitur.

Beberapa waktu yang lalu, ada kawan yang butuh dana tunai. Maka saya coba iseng apply aplikasi Julo dan saya mengajukan pinjaman untuk membantu kawan saya tersebut.

Singkat cerita, pinjaman saya disetujui dan cairlah dana tersebut ,dengan jatuh tempo setiap tanggal 5 setiap bulannya. Sudah 2 bulan, ini petugas CS/reminder Julo saya nilai sangat berlebihan, dengan melakukan teror telepon berkali-kali, padahal baru tanggal 31.

Kecuali saya telat bayar, menunggak bayar atau lari dari kewajiban sebagai debitur, itu bisa saya maklumi. Namun ini saya rasa sudah kelewatan. Saya juga akan mengadukan secara online kepada OJK agar lebih mengawasi bagaimana kinerja fintech seperti ini.

Screenshot akun Julo

Hanya masalah reminder/pengingat apa sih susahnya pihak Julo via sms atau email atau via Whatsapp Businnes??? Kan terasa lebih profesional.

Sebagai gambaran hampir 3 tahun saya pakai Fintech Kredivo dan belum pernah sekalipun merasakan ditelepon oleh reminder / pengingat tagihan kan sudah ada notifikasi di aplikasi.

Dan untuk OJK sebaiknya aplikasi seperti ini segera ditertibkan atau dikenakan sanksi. Bukankah dengan sharing data debitur dan meng ACC pinjaman seseorang pihak fintech kan sudah mengetahui riwayat kredit dari debitur.

Suparno
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JULO atas Surat Bapak Suparno

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Menanggapi keluhan bapak Suparno pada artikel media konsumen yang bapak tuliskan, JULO mengerti akan kekecewaan bapak...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Nggak ada masalah dengan kawan saya bosqu ..ngga ada masalah dengan pembayaran...masalahnya ada pada petugas reminder Julo

  • Maaf sedikit out of topic.

    Saran pentingnya :
    Jgn sekali2 berhutang a.n nama anda untuk membantu orang lain, meskipun itu saudara anda atau teman baik anda, apalagi ke Rentenir, Pinjol, Bank, atau lembaga keuangan

    • Nggak ada masalah dengan kawan saya bosqu ..ngga ada masalah dengan pembayaran...masalahnya ada pada petugas reminder Julo yang sangat mengganggu

      • Kalau anda ada waktu, coba deh browsing pengalaman-pengalaman orang yg meminjam/berhutang dengan namanya sendiri krn membantu sudara atau teman

        tp yah terserah dikaulah, yg penting saya sudah ingatkan ...
        Moga cepat beres semua masalahnya ya

      • Anda auto surga. Bantu kawan berhutang ke pinjol dan rela pula diteror remainder. Fix anda masuk surga. Kalau saya seh ogah. Biar aja teman yang butuh yang daftar ke pinjol daripada ujungnya terganggu dengan remainder.

        • Kalau masuk surga urusan Tuhan bosqu...gini anda punya teman yg diwaktu anda sedang sesusah susahnya orang yg terkena musibah dan orang itulah yg menolong finansial anda dan keluarga anda...bahkan 2 juta bukan nilai yang sebanding dengan apa yg orang itu berikan .. dan ketika keadaan terbalik dan bisa saya hanya membantu lewat pinjol ... Maaf jadi curhat

          • Berbuat baik itu dibenarkan tapi anda pun harus paham konsekuensi pinjol. Remainder mereka memang kayak teror. Membantu bukan berarti menyerahkan diri diteroris remainder. Banyak yang sudah komplin soal pinjol terkait remainder. Ini pembelajaran buat anda. Pinjol itu ya memang sadis.

  • Anda memang teman yang sangat baik, sampe 3 bulan berturut2 anda meminjam dipinjol ini untuk teman anda, salut saya.. ?

    • Maaf bosquu Bukan teman bosqu....
      Teman banyak ...kawan yg sedikit.
      Teman itu disaat kita senang pada datang..
      Kawan.... disaat kita sedang susah mereka yg menolong ... Itu kawan...

  • Halo JULOvers,

    Terima kasih atas informasi yang diberikan.
    Tim JULO akan menindaklanjuti perihal pengaduan tersebut.

    (HR)

  • dengan "Maka saya coba iseng apply aplikasi Julo dan saya mengajukan pinjaman untuk membantu kawan saya tersebut" saja sudah salah , jangan sesekali pinjamkan DATA PRIBADI anda ke org lain, jadikan pelajaran. kalo bisa jangan coba coba deh punjal pinjol apapun alasannya.

    • maksud bapa ini dia mau pinjem uang ke temenya tp gk ada uang jdi dia rela minjol 2jt buat kasihin ke temenya,, dan dia jg yg bayar istilahnya dia minjem buat kasihin ke temenya,, tp protes ke julo krn pengingat pembayaran yg seperti di teror emg lebih gila dari pada bank keliling dipasar!

  • Yang Jadi Masalah kan Reminder, notif pengingat.. Kenapa pada masalah ke kawannya bla bla bla..
    Masalah TS mau bantu temennya atau tidak ya itu privasi TS. Ngga semua yang namanya temen itu nikam..

  • Kasihan amat ini TS. Dia sharing tentang reminder JULO malah yang komentar pada mempermasalahkan soal membantu orang lain. Ah ya sudahlah.

    Buat TS, lain kali kalau mau posting yang beginian, jangan terlalu detail. Contoh pada postingan ini, seharusnya ngga usah ada kata "membantu teman". Jadi ngga diserang komentar orang lain.

    Eh tapi entahlah. Kalo ngga pake kata bantu teman juga mungkin masih bakalan ada yang bilang, "Iya memang begitu resiko berurusan dengan pinjol". Padahal Anda sudah membandingkannya dengan Kredivo. Tapi mungkin masih tetap akan ada yang komentar seperti di atas.

    Ah ya sudahlah.

    Saran saya justru lain kali ngga usah ngadu di media online seperti ini. Ujung-ujungnya malah bakal ada komentar yang menyalahkan kita.

  • Julo emang parah, tahun 2019 saya pernah pakai aplikasi ini
    Cuma pinjam 2juta saja ambil tenor 3 bulan

    4 hari sebelum jatuh tempo di telepon setiap hari, Dah gitu yang nelpon berlagak layaknya bot
    Suara laki laki kebencong bencongan

    Sumpah ane paling anti dan jijik sama laki laki yang kebencong bencongan, akhirnya ane lunasin total pdhal msh sisa 1 tenor lagi, langsung minta dihapus data

    Lalu admin nya bilang, kalo data dihapus ga bisa pengajuan lagi
    Saya bilang gak apa apa, saya tidak butuh pi ham disini lagi

    Akhirnya data saya dihapus dan saya tidak akan pernah instal lagi aplikasi ini

    • MK yang dulu bukanlah yang sekarang. Awo awo
      Skrg kalo curhat apa2 di MK yg rajin bales deceh deceh.. malesss iiiih.. ga nyambung blsnya.. sok pada suciihh jiwahh ragahh.

    • Julo memang seperti itu.. OJK sudah mengingatkn bahwa penagih pinjol tidak jauh beda dengan rentenir.. Pinjol ini bagaikan boom waktu.. Semoga terlepas dari pinjol

  • Seru juga baca komenan...ane uda 2 x pinjam am bang julo...sampe saat ni biasa aj nga ada orang" julo yang tlf atu dll....malah yang ke 3 di suruh ajuin lagi....