Surat Pembaca

Dirugikan Biaya Overlimit CIMB Niaga

Di sini saya ingin membagikan pengalaman saya menggunakan kartu kredit Bank CIMB Niaga dengan nomor 5289-19**-****-9314. Alasan saya memakai kartu kredit ini sejak beberapa tahun lalu, karena tertarik dengan berbagai penawaran dari marketing kartu kredit tersebut.

Namun beberapa waktu terakhir sangat tidak nyaman dengan beban biaya overlimit, yang terkesan dipaksakan. Karena seharusnya tidak akan terjadi overlimit, jika tidak ditagihkan biaya overlimit. Hal ini terjadi dari bulan November 2021 hingga Januari 2022.

Pada awal bulan Januari 2022 saya sempat mengajukan keberatan melalui email 14041@cimbniaga.co.id. tapi tidak ada solusi dan jawabannya terkesan merendahkan. Saya tahu ketentuan biaya-biaya yang timbul, seperti halnya keterlambatan ataupun bunga. Kalau memang itu sudah sesuai dengan ketentuan, saya terima.

Saya cek tagihan saya dari bulan November 2021, pantas saja tidak ada pengurangan sesuai dengan pembayaran minimum, ternyata terus-menerus dibebankan biaya overlimit tiap bulannya dan itu sangat merugikan.

Karena masih berhutang tetap saya bertanggung jawab membayar tagihan, tapi tidak dengan biaya overlimit yang dipaksakan. Untuk itu, demi menjaga nama baik CIMB Niaga, saya harap agar bisa segera ditindaklanjuti.

Hary Fajar As’ari
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Hary Fajar

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Hary Fajar As’ari yang berjudul “Dirugikan Biaya Overlimit CIMB Niaga” (Mediakonsumen.com, 5 Februari 2022),...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Selamat pagi pak... Sayanhanya menyarankan.. pergunakan lah kartu kredit dengan bijak... Jgn sampe over limit... Kan udah ada s&k nya.. bapa baca dulu ga?? Jgn menyalahkan bank juga..heheh klo menurut saya sih itu bukan dirugikan pak.. tp dah jadi konsekuensinya sebagai pengguna apabila pnggunaan nya over limit...

  • Credit protector setau sya asuransi utk cicilan dr bank..jd bpaknya kena tlp dan mau pake itu..mungkin sm salesnya bahasanya ga d prjleas tau sndri asuransi gmn..jd klo bpaknya sakit rawat inap bs di ilangkan angsuran yg bersifat cicilan...ini klo ga salah yah..sya ga ad kok credit protector..saran sya klo blom sanggup byar mnta rekon atau penundaan..itu otomatis d twarkan klo kita tdk byar lewat dr 3 blan..kdang bank hrs d paksa kya gtu dlu br bs ngerti...

  • Saya juga pengguna CC CIMB dan beberapa bank lain, udah hampir 10thn aman aja tuh.. Bukan CIMB yg memaksakan biaya, lah anda aja yg ga ngerti, gw juga pernah overlimit tapi langsung bayar begitu tagihan muncul dan bulan berikutnya ga ada overlimit lagi.. dan untuk credit protector itu tidak wajib jadi saya ga pakai, untuk pembayaran jatuh tempo tiap bulan tgl 7 jadi bayar 3 hari sebelum jatuh tempo biar aman..

  • Kalau ada duit, lunasi dan tutup. Bisa dipastikan nanti pihak Bank akan merayu anda dengan sejumlah fasilitas dan juga akan refund overlimit anda asalkan anda tidak menutup CC. Tapi ini juga tergantung track record pemakaian CC anda juga. Saya sudah berkali-kali ancam tutup CC jika muncul biaya siluman, akhirnya dihapus sama mereka. Contoh annual fee, annual fee ini bisa banget gratis seumur hidup asalkan pemakaian kita bagus (bahkan tidak dipakai pun bisa gratis, asal jgn nunggak terus2an). Bayar dulu tagihan + annual fee kemudian telpon saja CS nya minta dihapuskan annual fee.

  • Iya saya juga bingung dengan cimb niaga mengenai over limit fee nya, pemakaian saya tiap bulan memang mendekati limit tapi tdak pernah sampai over limit, di karena kan ada bunga dan biaya admin dll memang jadi over limit. Beda dgn bank lain yg jika ada biaya over limit karena memang pemakaian melebihi limit bukan di tambah bunga dan by lain2, jika memang begitu berarti misal limit cc niaga 3jt pemakaian 2,9 itu sudah masuk over limit karena di tambah bunga dan by. Lain2.

    • Limit kartu kredit itu bukan hanya untuk pokok hutangnya saja, tapi juga termasuk bunga, iuran tahunan, denda, dsb. Jika ditambah dengan biaya tersebut ternyata melewati batas limit pasti akan kena over limit.

      • Iya pak makanya saya sudah lunasin dan tutup karna saya menggunakan beberapa bank cuma dari cimb ini yg saya kaget karna limit termasuk bunga dan biaya adm.

  • Ini website kagak saring2 surat yah.... Kalo kayak gini masak dilolosin. Pengirim memang overlimit, ngamuk2 biaya 'dipaksakan', suruh aja cek peraturan yg ditandatangani. Ngadi2

  • Ini contoh gaya elit tapi ekonomi sulit .. klau gk mau kena over limits ya jgn bayar minimum. bayar lah sesuai tagihan sesungguhnya