Surat Pembaca

Kecewa dengan Layanan Purna Jual Tablet Olike dari PT Oase Teknologi Asia

Pada tanggal 25 Oktober 2021, saya meminta tolong melalui adik saya untuk membeli 2 buah tablet OLIKE EDUTAB E3, karena anak saya membutuhkannya untuk sekolah daring. Lalu adik saya membeli dari  toko EVOGAD OFFICIAL di Tokopedia. Akun tersebut badge ungu, yang berarti toko resmi ya kan? Karena kebetulan Toko OLIKE Official saat itu produknya SOLD OUT. Tablet saya terima dalam keadaan baik, lengkap dengan kartu garansi resmi.

Lalu pada tanggal 24 Januari 2022, saya mencoba untuk melakukan service di alamat yang tertera di kartu garansi. Sesampainya di sana, saya gigit jari karena pusat service center-nya sudah tutup (ternyata service center brand IMOO). Kata tukang parkirnya “Sudah tutup mbak, sudah bangkrut, coba saja telepon tuh ada tulisannya di tembok”.

Saya coba chat, tidak ada balasan hanya centang 1. Saya telepon, tapi tidak dapat dihubungi, pun sama halnya dengan telepon resmi yang dibubuhkan di alamat website OLIKE (https://www.olikeindonesia.com/?lang=id).

Kemudian saya chat ke toko EVOGAD OFFICIAL mewakili adik saya, pun saya tidak mendapat jawaban ke mana harus melakukan service gadget ini. Saya berjalan kaki berputar di Ruko ROXY Mas, diarahkan ke Service Center OPPO. Gigit jari juga saya dapatkan, karena menurut pengakuan CS di sana, ada juga yang sudah meminta penggantian spare part sejak bulan November belum ada sampai sekarang.

Putus asa, saya meminta tolong adik saya untuk klaim garansi dari Tokopedia yang disediakan oleh Asuransi Sinarmas (berdasarkan nomor resinya “SIMAS”). Klaim sejak 24 Januari 2022, sampai detik ini 5 Februari 2022 belum ada update. Padahal tertulis maksimal 5 hari kerja, tapi sudah 12 hari normal dikurangi 4 hari libur/weekend, berarti sudah 8 hari kerja, belum ada update juga.

Saya coba chat ke nomor yang sebelumnya saya dapatkan di alamat service center di kartu garansi. Loh kok malah meminta saya mengirimkan produk ke alamat pribadi staf service center-nya?

Kemudian kemarin sore 4 Februari 2022, saya meminta bantuan dari Toko OLIKE Official di Shopee. Saya hanya ingin bertanya di mana service center resminya, saya tidak ingin meminta pertanggungjawaban apa pun. Asumsi saya, dengan kartu garansi resmi yang saya punya, saya bisa mengurus sendiri ke service center, hanya saja saya perlu tahu di mana service center resminya. Namun jawaban yang saya terima amat tidak memberikan solusi. Hanya karena tidak membeli di sana, CS tidak memberikan saya solusi dan alamat yang bisa saya datangi.

Padahal sesulit apa untuk memberikan alamat service center-nya saja? Apakah ada policy kalau beli gadget tidak di toko resmi, kartu garansi tidak berlaku? Atau kalo beli gadget tidak di toko resmi, tidak boleh membeli spare part resmi dari toko official?

Dengan adanya surat ini, saya ingin meminta jawaban resmi dari PT Oase Teknologi Asia (Olike) untuk memberikan jawaban dan kepastian kepada konsumen yang membeli produk Olike berbagai tipe dan fungsi. Ke mana kami harus mengadu atau melakukan perbaikan produk yang kami beli dari Anda? Apakah memang tujuannya hanya JUAL PUTUS saja ke konsumen di Indonesia? Supaya konsumen lain tidak mengalami hal yang sama seperti yang saya alami.

Mohon konfirmasi dan jawabannya. Terima kasih.

Stephanie
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • perlindungan konsumen di negara ini masih sangat kurang

    melalui lembaga pun juga tidak sebanding dengan biaya dan waktu yang harus dikeluarkan..

    semoga dengan surat ini ada respon yang lebih baik, perlindungan konsumen dari negara memang kurang, namun yang namanya keluhan dan komplain terbuka seperti ini pasti juga bikin perusahaan tersebut bertindak apabila memang masih operasional..

    • Di luar dari tidak baiknya baiknya after sales servicesnya OLIKE, produk yang saya beli kualitasnya sangat baik dari segi fitur dan teknologi. Fiturnya sangat baik untuk sekelas education tablet, dibandingkan tablet biasa.. Di tablet ini sudah ada layar anti radiasi, bahkan kita bisa atur jam nyala mati dan waktu tayang tabletnya bisa diatur harian.. Bahkan olike mengeluarkan produk tas yang mendukung postur anak supaya tidak bungkuk. Tapi kembali lagi, kalo sampai tidak ada tanggapan dari OLIKE, semoga jadi pembelajaran untuk para orangtua, tidak membeli produk OLIKE lagi di pasaran, karena tidak ada tanggungjawabnya kepada konsumen.. Oiya OLIKE ini infonya 1 perusahaan dengan OPPO dan IIMOO, jam keren yang bisa untuk lacak gps anak dan bisa untuk video call dari jam tangan :')

  • Di harga yang sama ada tablet huawei matepad t10 kids edition. Mungkin bisa dipertimbangkan juga, setidaknya service center nya lebih terjamin...

    • Ya saya tau :) saya compare kedua tablet ini sebelum membelinya. Mungkin pernah denger kalo Huawei menggunakan fitur apps sendiri bukan google play :) ada kemungkinan beberapa apps tidak compatible dengan devicenya, itu yang menjadi pertimbangan saya, dan saya kurang yakin family link bisa di gunakan di huawei matepad..
      Setiap orang pasti punya pertimbangan untuk membeli device, pun harga olike lebih mahal daripada huawei, tapi disayangkan sekali perusahaannya tidak melakukan after sales yang baik, semoga keluhan saya ini bisa didengar oleh managementnya dan bisa menjawab solusi semua konsumen olike seperti saya.. Karena di luar dari tidak adanya service center yang resmi, brand ini mempunyai fitur2 yang baik di semua produknya, banyak sekali, tapj sayang sekali jadi takut membeli kembali karena hal ini.

  • Sepertinya Olike juga punya produk smartwatch yang banyak direview youtuber tekno, yang katanya udah resmi tapi kok layanan after salesnya gitu. Sebaiknya benahi dulu layanan purna jual kalau ingin bersaing dengan brand2 lain. Semoga permasalahnnya segera terselesaikan

    • Ini yang saya maksudkan mas, betul sekali, yang perlu diperbaiki itu after sales servicesnya.. sangat disayangkan sekali ? terima kasih..

    • sejak awal saya malah masih ragu dengan merek ini dan terimakasih sudah melakukan review dilayanan konsumen.
      dulu pernah pakai tablet mito, after sales nya bagus, sekarang sudah rusak karena dibanting anak-anak.
      sekarang masih device Xiaomi, temen saya benar-benar diganti sparepart layarnya ketika bermasalah dan tidak ada biaya karena masih garansi.

  • Sumpah berani bgt beli tablet dgn merk yg kurang terkenal, saya yg tech-savy aj baru tau ad merk olike, pdhl masih bnyk merk lain kyk huawei dan samsung bahkan advan yg merk lokal, utk educational purposes tablet.. sebenarnya paling bagus huawei, terlepas dy ga bisa google services, tp huawei ttep bisa pakai google via browser..bahkan install ini itu pun bisa lewat 'app gallery/petal search' sebagai ganti dr play store..
    Huawei sendiri jg secara fitur lengkap seperti kids mode..

    Dgn kisaran harga 2-3jtan
    Samsung huawei advan udh paling unggul kalau tablet..

    Kalau fitur² lainnya itu gmn kita yg atur efesiensi nya..
    Kalau soal klaim garansi..selama kita chat dan dpt alamat dr official nya, mending kirim² aja biar ga repot..dan screenshot chat nya sebagai bukti kalau ad apa..

    • Setiap orang pasti punya pertimbangan sendiri mas :) bukan karena tech savy atau tidaknya ? saya beli 2 tablet yang sama, yg 1 masih dalam keadaan baik dan sangat berguna untuk mengatur jadwal main gadget anak saya setiap harinya, bahkan saya bisa atur kapan tabletnya bisa nyala atau mati, saya bisa atur per jam bisa berapa lama mereka main gadget, saya bisa matikan langsung jg dr device saya :) terlepas dari tidak baiknya after sales servicesnya, saya tetap akui olike lebih baik dari brand yang mas sebutkan karena saya juga menggunakan 2 brand tersebut untuk kami orang dewasa.. Untuk advan sendiri tidak lebih baik mas.. Terima kasih atas tanggapannya ??

  • oppo, vivo, imoo oneplus kan bawahnya BBK, tapi saya cek kok gak ada info ya kalau Olike sebagai brand nya BBK

  • Update : 17 Februari 2022
    Pada tanggal 7 Februari, Admin EVOGAD menghubungi saya, dengan itikad ingin membantu claim katanya.

    Tanggal 8 Februari saya kirimkan via ojek online ke alamat yang mereka berikan, diterima oleh staff bernama A*N*.

    Tanggal 11 Februari saya follow up kembali, katanya 'belum diambil oleh pusat, kemungkinan besok (12 Februari).'

    Tanggal 15 Februari saya Follow up kembali update status claim saya. Jawabannya 'belum di ambil oleh pusat'

    Tanggal 16 Februari, saya tanyakan kepastian berapa lama saya harus menunggu, jawabannya "belum ada info dan belum di pickup oleh team OLIKE"

    Wah sepertinya OLIKE belum membaca surat keluhan saya saat ini ya, bener2 pengen banyak orang kecewa dan akhirnya seperti saudaranya IIMOO bangkrut di Indonesia karena layanannya buruk sekali..

  • Update terakhir 26 Februari 2022 :
    Dari pihak OLIKE sama sekali tidak ada proses updatenya, EVOGAD juga mulai slow responds, saya chat dibalasnya 1x24 jam lalu tidak ada lanjutannya.. Alasan terakhir dari pihak OLIKE tidak pickup tabletnya..
    Tablet ada di tangan evogad official di greenlake..
    Lucu ya, diterima pihak evogad sejak 8 februari, masa sampe lebih dari 10hari kerja di luar weekend ga ada progressnya?!
    Dari Pihak Tokopedia sudah membantu untuk partner asuransinya, sayang tablet yang saya beli masih di tangan evogad, dan ga di apa2in! YaLord, semoga terbalaskan dunia akhirat ini yg makan duit konsumen..

    • Hai kak. Apakah sudah ada kelanjutan dr pihak olike? Saya sejujurnya sangat tertarik utk membeli produk yg sama krn fitur utk anaknya bahkan blm saya temukan pd tablet seharga berapa pun. Barangkali jawaban kakak bs mematahkan keragu2an saya :) terima kasih