Surat Pembaca

J&T Express Tidak Melayani Pengiriman Paket Berupa Smartphone

Kemarin tanggal 5 Februari 2022, toko saya mendapatkan pesanan berupa 1 buah smartphone. Kurir pengiriman yang dipilih oleh pembeli adalah J&T Express dengan tipe layanan Reguler. Bahagianya saya mendapatkan order untuk stok terakhir tipe smartphone tersebut.

Segera saya packing sebaik mungkin untuk segera saya antar ke agen J&T terdekat di lokasi saya. Namun apa yang terjadi? Agen J&T pertama yang saya datangi (yang lokasinya lebih dekat dan tempatnya lebih besar), dengan alasan yang tidak masuk akal, menolak menerima kiriman paket saya tersebut, setelah membaca di label pengiriman kalau ternyata paket saya tersebut berisi sebuah smartphone. Alasannya, takut hilang! What?!

Saya sampai bengong dibuatnya. Alasan macam apa itu? Tidak mau menerima paket karena takut hilang. Saya hanya geleng-geleng kepala dan tersenyum kecut ketika kurir yang melayani saya menyebutkan alasannya. Tanpa basa-basi saya ambil paket saya tersebut dari tangan sang kurir, dan langsung meninggalkannya begitu saja sambil menggerutu sedikit kencang.

Pantang menyerah, saya mencari agen J&T yang lokasinya sedikit lebih jauh dari tempat saya dan tempatnya tidak terlalu besar, karena hanya menempati kios kecil. Saya masih mengira kalau agen kedua yang saya kunjungi ini akan menerima paket saya.

Namun apa yang terjadi? Kembali kurir di agen kedua tersebut tidak mau menerima kiriman paket saya. Alasannya hampir sama dengan agen yang pertama, ditambahkan “Nanti ribet ngurus asuransinya kalau paket hilang“. Kembali saya geleng-geleng kepala, ketika kurir tersebut meminta saya untuk ke agen J&T pusat, bila ingin mengirim paket yang berisi smartphone. Ekspedisi macam apa J&T ini?

Saya sudah mengirimkan email konfirmasi untuk masalah tersebut via email ke kontak J&T Express Indonesia di alamat email: jntcare@jet.co.id, tapi hingga kini belum ada tanggapan.

Singkat cerita, saya langsung menonaktifkan semua layanan ekspedisi J&T Express ini di semua toko online saya. Karena saya benar-benar kecewa! Yang lebih membuat saya kesal adalah e-commerce tempat saya berjualan mengharuskan menggunakan layanan yang sudah dipilih oleh pembeli (ada note: Kurir harus sesuai, pilihan kurir tidak dapat diubah). Makin dalam saja kekecewaan saya terhadap J&T ini.

Di tengah kekecewaan saya, saya coba menghubungi pembeli yang bersangkutan untuk menceritakan masalah pengiriman ini, sambil sedikit curhat tentunya. Kita berdua sepakat dengan solusi yang saya berikan: Orderan ini di-cancel terlebih dahulu atas permintaan pembeli dengan alasan ingin mengubah kurir pengiriman. Lalu pembeli tersebut kembali melakukan order dengan menggunakan jasa ekspedisi yang lain. Saya bersyukur mendapat pembeli yang begitu mengerti keadaan saya, semoga Beliau sehat-sehat selalu! Amin

Untuk J&T Express Indonesia, saya tunggu sikap profesionalnya. Terima kasih.

Hendro Haryanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan J&T Express atas Surat Pembaca Bapak Hendro Haryanto

Sehubungan dengan surat pembaca Bapak Hendro Haryanto dengan judul “J&T Express Tidak Melayani Pengiriman Paket Berupa Smartphone” , kami ingin...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya pernah dapat orderan hape juga lewat tokopedia, pakai kurir sebelah. Memang ada pilihan pakai asuransi atau tidak. Memang tidak saya wajibkan. Pada saat itu pembeli tidak memilih asuransi. Dan pada saat saya drop di gerai, operator pengiriman bilang, "mas ini tanpa asuransi?". Saya jawab iya. Katanya kalau hilang atau rusak, bukan tanggung jawab kami. Saya jawab aja gapapa, pembelinya sendiri yg milih pengiriman tanpa asuransi kok. Akhirnya barang pun tetap dikirim dan selamat :D

    • mungkin banyak yang belum tau, ditokopedia jika pembeli memilih tidak menggunakan asuransi, maka jika hilang pembeli dapat refund dana full, penjual hanya diganti 10x ongkir, jadi mending setting wajib asuransi saja utk barang berharga.

      Bagaimana jika kamu tidak menggunakan Asuransi Tokopedia?
      Jika Seller tidak menggunakan layanan asuransi, risiko jika barang dinyatakan hilang atau rusak akan menjadi tanggungan Seller. Seller hanya akan menerima refund sebesar 10x ongkos kirim. Tentunya akan sangat merugikan jika kamu harus menanggung biaya kehilangan barang

      https://seller.tokopedia.com/edu/layanan-asuransi-tokopedia/

    • itu cuma HOKI, jgn bangga, mungkin anda HOKI sekali dua kali, tp seterusnya apa anda akan HOKI terus??? kalo siap dgn resiko kehilangan, mungkin jumlah cuan yg anda dapat cukup utk menutupi resiko kehilangan, ya monggo saja tanpa asuransi, itu pilihan kok, tp andai ke depannya terjadi kehilangan paket mohon jgn posting di MK apalagi dibumbuin novel atau playing victim wkwk... ingat fitur asuransi sudah disediakan oleh toped, fitur itu ada utk digunakan bukan diabaikan, be a smart seller

    • Saya sering melihat penjual hp di Tokopedia yang nulis deskripsi begini "kalau beli tanpa asuransi maka resiko ditanggung pembeli"
      Jujur saya ketawa, karena S&K di Tokopedia sudah jelas kalau beli tanpa asuransi lalu terjadi rusak / hilang, maka pembeli dapat refund full sementara penjual cuma dapat ganti 10x ongkir. Dan S&K ini bersifat mutlak.

      Kalau anda juga tipe penjual demikian, sebaiknya ubah cara jualan anda, jangan buat S&K sendiri yang menyalahi aturan marketplace. Lebih baik set wajib asuransi, kebetulan saya juga penjual hp di Tokopedia pembeli yang mau order tanpa asuransi cuekin saja. Resiko tidak sebanding dengan premi asuransinya. Itu saja.

    • Wow nyali anda besar bro, ada resiko hilang atau rusak, tapi anda tidak aktifkan wajib asuransi, ya siap2 tekor berarti bro. Masalah refund, tokped paling profesional kok, asal kita selaku seller/buyer ikut aturan yg dibuat.

  • Saya sudah lebih dari setahun tidak pernah pakai jnt lagi. Karena kurirnya suka ganti status diterima padahal barang belum sampai ke customer. Lalu customer komplain. Mungkin juga kurirnya memang banyak yg maling?

  • Saya sering kirim baramg lewat JNT, belakangan saya kirim kertas voucher yang nilainya tidak ada nilainya, maksudnya kalau hilang pun saya bisa bikin lagi, cuma anehnya ditolak sama JNT dengan alasan yg aneh juga, katanya paket terlalu kecil, lalu saya masukin kardus yang agak besar, alasannya lagi paket terlalu ringan, lalu maunya apa sih JNT ini? Pindah ke expedisi sebelahnya lancar saja mau kirim apapun asal bukan barang berbahaya dan yang bukan barang terlarang.

  • Bkn cuma J&T aja yg ga mau nerima pengiriman ponsel tp sicepat jg, klo utk pengiriman ponsel expedisi yg mau nerima itu yg saya tau JNE. Biasanya pihak expedisi menolak itu selain takut hilang jg karena ada batrei (batrei hp) didalam paketan ponsel itu. Karena batrei itu sifatnya bs terbakar dan meledak maka ada beberapa expedisi yg ga mau melayani pengiriman barang yg didalamnya ada batreinya.

  • Alasan Agen nya takut paket hilang itu arti nya agen mengerti kalau di jnt masih bnyak maling paket nya, kalau hilang proses nya panjang dan ribet,
    Saya pun pernah pengalaman beli di shoppe dgn pngantaran pakai jnt, masih 1 kota, jakarta to jakarta, paket stuck di gudang kota tujuan lebih dr 1 minggu, saya sampai komplain kirim email 2 kali dan juga minta seller nya ikut komplain jga tapi hasil nya nihil.. setelah komplain yg ke 2, tanpa kasih kabar, penjelasan,, dan tanpa pengantaran ke rumah saya oleh pihak jnt, paket saya statusnya sudah berubah menjadi paket dikembalikan ke seller. Bener" gak ada profesional nya. Yg bilang jnt itu bagus dan terbaik buat gw itu bullshit, pekerjanya nya aja gak ada pengangkatan karyawan cma mitra aja..

  • klo saya sih beli brg mahal biasanya pake instant courier krn biar mastiin kalau ada apa2 dipengiriman mudah di tracking dan dari dulu alhamdulillah gak pernah bermasalah., dari hp, kulkas, ac sampai tv sy beli online semua.,

  • Selain itu JNT Ekspres pengirimannya lama banget, gak seperti dulu pelayanannya bagus, sekarang tambah buruk, makanya dampe sekrang saya gak pernah pake ekspedisi ini, semoga kejadian ini menjadi lebih baik lagi buat JNT Ekspres

  • Tiap e-commerce punya ekspedisi sendiri. Penjual smart phone hanya aktifkan ekspedisi masing-masing e-commerce aja, biar aman, dan tidak ada pihak ketiga ( ekspedisi luar ). Saya dan keponakan saya pakek Shopee, selalu pilih J&T, kalau gak ada pakek Sicepat. Belum pernah beli smartphone, jadi tidak tahu kebijakannya seperti apa belanja smart phone di Shopee. Tapi Desember kemaren keponakan saya yang ikut dengan saya itu, dapet kiriman smart phone dari mamanya, beli di Lazada, alamat pengiriman alamat saya, pakek fitur alamat tambahan, ekspedisinya Lazada juga, tanpa saya tahu alasan adik saya pilih ekspedisi Lazada.