Kehilangan Barang, Tokopedia dan SiCepat Tidak Bertanggung Jawab

Saya adalah penjual di Tokopedia. Transaksi terjadi pada tanggal 27 Desember 2021, produk yang kami jual adalah kacamata dengan nomor resi SiCepat: 002782983796. berikut adalah status pengiriman yang ditampilkan sistem Tokopedia.

Saya heran, kenapa paket dikembalikan ke Jakarta dan akhirnya paket diterima oleh Arifin (yang bersangkutan)? Sebagai informasi, Arifin bukanlah saya.

Saya tidak menanyakan status ini, karena saya dengan sabar menunggu konfirmasi atau notifikasi selanjutnya dari sistem. Namun karena saya rasa sudah lama sekali tidak ada perubahan status ataupun konfirmasi yang saya terima, saya menanyakan status pengiriman saya ke CS Tokopedia pada tanggal 17 Januari 2022.

Kemudian pihak Tokopedia melakukan konfirmasi ke pihak SiCepat. Karena sampai tanggal 22 Januari 2022 tidak ada tanggapan dari pihak SiCepat, CS Tokopedia meminta saya mengisi formulir klaim kehilangan. Kemudian saya tunggu lagi dengan sabar dan baru mendapatkan balasan pada tanggal 28 Januari 2022 sebagai berikut:

Klaim tidak dapat dilakukan karena sudah melewati batas komplain, dan pihak Tokopedia ingin mengubah status pengiriman menjadi terbatalkan. Jelas saya keberatan dengan keputusan ini. Kemudian pihak Tokopedia menyarankan ke depannya untuk melakukan pelaporan maksimal 7×24 jam sejak statusnya menjadi terkirim.

Yang saya sesalkan:

  1. Bagaimana saya bisa tahu jika status dari sistem itu benar-benar update?
  2. Kenapa tidak ada notifikasi penerimaan barang jika memang barang itu sudah terkirim? Bahkan sampai sekarang 10 Februari 2022 saat surat ini ditulis, status pengiriman masih ada di sistem.

Saya pun sudah coba menghubungi 2 nomor CS SiCepat pada tanggal 28 Januari 2022, untuk mendapatkan kejelasan dan mendapatkan nomor tiket #259026 dan #223810. Namun sampai sekarang tidak ada balasan sama sekali.

Guntur Mahardhika
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Betul juga ya gan, seharusnya status di pembeli juga sama berarti sampai saat ini statusnya masih ada.

      • Terima Kasih Media Konsumen sudah menayangkan surat yg Saya tulis, sehingga surat ini bisa langsung sampai ke Pihak yang tepat. Tokopedia sudah mau Bertanggung Jawab untuk masalah ini. Sukses selalu untuk Tim Media Konsumen, pembaca, Dan juga Tim Tokopedia.

      • Datengi aja gerai terdekat dengan rumah sesuaikan dengan alamat,, paket pasti ada disicepat ga mungkin hilang,, kalo pun hilang kurir pasti ganti

        • Iya sama, dulu paketku yang dijual juga hilang, gw cariin itu paket dampe ku gebrak kantornya, akhirnya diserahkan krmbali dan ternyata memang ada kurir yang agak nakal. Berani banget gitu ngambil paket orang, mentang2 di resi tempel ada ditulis nama barang, tau barangnya mahal malah diembat

  • Saran aja baiknya bila ada indikasi tranksaksi bermasalah langsung komplain jangan nunggu lama. Intinya kita harus cerewet. Saya barusan juga kena masalah di tokopedia dan sicepat, paketan muter gak jelas, nyasar berulang2. Total dari order sampai selesai 25 hari. Mana nominalnya gede buat saya. Jadi trauma mau belanja di tokped.

    • Terima kasih sarannya Ka, ini masalahnya pembelinya ga cerewet, bahkan sampai sekarang ga complain barangnya ga sampai2.

  • Hai kak itu sitem cod atau e transaksi ya ?
    Karena saya pernah dapet orderan fiktif 3x tapi sistem cod untuk jasa pengiriman berbeda dan saya langsung bilang ke kurir saya gak pesen dan dimintai foto ktp berserta dengan diri saya sudah barang itu kembali lagi.

    Kemungkinan itu yang terjadi dengan anda kak kalau sitem cod ya

    • Oh iya betul kalau tidak Salah cod, mungkin Pihak yg kompeten dari Tokopedia atau Sicepat bisa mendalami, karena Saya sudah 2x kehilangan Barang, produk yang sama kacamata. Yang pertama sudah diganti Sicepat, yang kedua diganti oleh Tokopedia

    • Paling sering kejadian d shopee gara2 COD trs pembeli ga bisa d temukan sama kurir tu paket katanya dikembalikan ke penjual. Bahkan status di tracking nya tertulis Paket sudah diterima ( penjual) padahal gw ga prnah terima brg. Ternyata paket nya stack di gudang expedisi ( saat itu pakai JNT) dan brg returan berhenti d gudang JNT. Mereka ga mau anter ke penjual krn d harapkan penjual ambil sendiri ke gudang ekspedisi. Jd kmungkinan itu paket anda nyangkut di gudang ekspedisi yg anda pakai kirim paket

  • Opsi asuransinya di set wajib, jadi gak pusing mikirin barang kalau hilang / rusak. Saya selama jualan di Tokopedia selalu set produk wajib asuransi, sampai saat ini selalu di ganti kalau ada masalah. Enak, gak pake lama
    Langsung klaim, resiko transaksi tanpa asuransi ya begitu, ribet muter-muter gajelas status klaimnya.

  • Selalu sperti itu sicepat
    Kmrn saya juga beli barang bisa2nya si cepat slah kirim konter sicepat lalu di operkn lagi slah lagi jd barng tidak di antar

    Pernah dlu beli barang dr jkrt pakai si cepat malah kok bisa slah kirim ke bali pdhl saya do jawa timur dn kata si CS siCepat harus nunggu agi 3 hari
    SiCepat sering tidak mau tanggung jawab memang

    • Ane juga pernah tuh. Jual salah kirim. Pas dikirim balik barang rusak. Komplain sama toped ga ada kabar dan selesai tanpa kejelasan. Komplain ke sicepat alasannya barang tidak masuk barang kategori barang yg di asuransi kan. Ongkir di bebankan pula.

  • Pakai asuransi juga ga menjamin....barang hilang, pembeli dapat refund, penjual yang ada dipotong ongkir iya, biaya penggantian barang ga ada. Padahal udah isi klaim kehilangan barang, dll. Bagian komplain & cs ga ada solusi. Payah....

  • Saran Ane sih gan jangan main cod. Yg pakai cod kebanyakan bermasalah. Kadang buat dijahili sama pembeli nakal. Terutama di sopee banyak barang yg sudah sampai tapi di batalkan system. Kerjasama kurir sama pembeli pun ada. Caranya gimana mereka yg tau sih. Kalo di toped sih barang hilang pakai si cepat sudah sering. Padahal pakai asuransi tambahan dari toped. Giliran di klaim toped nya ga ada jawaban pasti dan hasilnya ga jelas. Kita komplain ke sicepat kadang kasih jawaban barang yg dikirim tidak termasuk kategori yg di asuransi kan. Kadang di ganti. Ga pernah jelas. Serba salah sama sicepat karena ongkir gratis ya salah satunya dia. Kalo di tutup ada daerah yg ga dapat ongkir gratis. Pake sicepat keselnyapun minta ampun. Apa lg kalo jemput paket. Ga tau waktu. Sudah di kasih tau kalau jemput jam kerja. Malah jemput jam 8 malam. Gudang sudah tutup pakai telp segala. Sudah tau yg mau di jemput sudah di gembok. Parahhhh

  • sicepat mmg selalu masalah, sy pernah jg belanja di tokped pilih paket yg 3-5 hari nyampe jdinya sebulan bru nyampe, pertama statusnya hilang ternyata kurirnya blg dikirim via laut, mana kurirnya bad attitude parahhh..