Tidak Transparannya Proses Restrukturisasi KTA CIMB Niaga

Kepada Yth. MediaKonsumen.com
Dengan hormat,

Saya Eko Budhiarto, bermaksud mencari keadilan atas musibah yang saya alami. Permasalahan datang sewaktu wabah Covid-19 melanda Indonesia, KTA CIMB Niaga saya jadi tertunggak dan selang 2 bulan saya di-PHK karena SLIK OJK saya tidak baik. Saya sudah mengajukan restrukturisasi ke Bank CIMB Niaga, akan tetapi prosesnya lama dan tidak transparan.

Pada saat saya akan restrukturisasi, saya diwajibkan menutupi tunggakan saya 2 bulan dan sudah saya lakukan. Akan tetapi saya tetap di-PHK perusahaan karena status SLIK OJK di CIMB Niaga saya tertunggak.

Pada saat restrukturisasi, saya tidak diberi tahu rinciannya, hanya dijelaskan berapa angsuran yang saya bayarkan setiap bulannya. Selang beberapa bulan, saya minta perincian restrukturisasi kepada pihak CIMB Niaga, tetapi tidak ada jawaban.

Akhirnya saya baru mengetahui setelah gelombang 2 Covid-19 datang lagi. Saya tidak dapat mengangsur kembali. Namun yang membuat saya emosi, karena jumlah yang saya bayarkan setiap bulan tidak sesuai potongan bunga dan pokok yang sebenarnya. Saya mendatangi kantor CIMB Niaga dan meminta penjelasan, tetapi customer service tidak dapat memanggil pihak terkait. Padahal mereka di gedung yang sama, yaitu di Bank CIMB Niaga Bintaro sektor 3.

Pada akhirnya saya merasa dipermainkan. Saya mendapatkan telepon dari jasa lawyer yang mengurus KTA bermasalah. Akan tetapi setelah waktu yang saya tunggu, pihak lawyer juga mencari keuntungan dari saya yang tertimpa musibah.

Pihak lawyer malah mengikuti keinginan CIMB Niaga daripada konsumennya sendiri. Berikut bukti-bukti terlampir outstanding sebelum restrukturisasi, pengaduan dan selisih pembayaran yang tidak transparan.

Terima kasih.

Eko Budhiarto Gumay Putra
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Eko Budhiarto

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Eko Budhiarto Gumay Putra yang berjudul “Tidak Transparannya Proses Restrukturisasi KTA CIMB Niaga” (Mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Tidak Transparannya Proses Restrukturisasi KTA CIMB Niaga

  • 12 Februari 2022 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Lawyer abal2 pak, lawyer beneran maennya bawa kasus ke pengadilan masak maen recehan begini..

    4
    2
  • 13 Februari 2022 - (05:28 WIB)
    Permalink

    Perdata ngapain takut Ama lawyer,bawa ajah kepengadilan,ntar didepan hakim katakan cuma sanggup bayar 50 ribu sebulan dan saya udah gak kerja ,yg penting ada niat nyicil

    • 13 Februari 2022 - (05:35 WIB)
      Permalink

      mohon maaf sebelum covid 19 saya tidak pernah menunggak setiap angsuran. krn covid 19 perekonomian anjlok dan sangat berdampak untuk saya. saya awan soal hukum perbank an. karna yg saya lihat bnyk yg tdk membayar dan kabur. saya cuma ingin membersihkan nama saya pada slik ojk dan ingin kembali bekerja. krn saya memiliki tanggungan anak dan istri. setiap saya melamar pekerjaan terkendala krn slik ojk yg tidak baik. terimakasih

      • 13 Februari 2022 - (06:38 WIB)
        Permalink

        Emang kalo kita mau melamar kerja skrg cek SLIK ya mas?? Kok ky org mau ambil kreditan. Kalau bs jangan pake lawyer2 yg ngaku bs beresin utang piutang mas. Mereka cm ambil untung dikesusahan orang.

      • 13 Februari 2022 - (08:31 WIB)
        Permalink

        sebelumnya mohon maaf. saya bekerja di perbankan. untuk menunggak saya sdh koordinasikan dgn pihak kolektornya semampu saya. saat ini saya usaha dan serabutan. bkn berarti saya tdk memiliki etikad baik biarpun pokok sdh terbayarkan tetapi tinggal bunganya. kalau sejak awal cimb transparan mungkin tdk terjadi seperti ini. kalau memberi masukan baca terlebih dahulu kata2 nya baru komen. saya sdh 3x top up cimb dan terakhir ini yg tdk transparan. untuk saudara munzir semoga tdk menimpa anda. dan anda tdk akan berkata seperti itu kalau mengalami seperti saya. nama saya di perbankan rusak hanya di cimb lainnya clear.

  • 13 Februari 2022 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Sadarlah nggak mungkin akan diperlakukan dengan baik kalau nasabah menunggak utang seperti mas ini. Beda dg nasabah yg baik yang selalu lancar bayar utang. akan dilayani dg manis dan ramah. Dimana2 berlaku ketentuan tak tertulis seperti itu.

    • 13 Februari 2022 - (12:52 WIB)
      Permalink

      seperti nya saudara munzir akbarwan sangat pintar sehingga sekolah tidak lulus. di baca kata2 nya baru komen.
      kalau dari awal cimb niaga konfirmasi ada ini itu setelah restruk mana mungkin saya ikut restruk. saya jg bkn karyawan bank lg. dan saya jg tidak pernah bekerja di cimb niaga. saya punya anak istri tdk seperti saudara munzir. gaji karyawan bank jg tdk besar, umr jakarta lbh sedikit. dan sekarang saya usaha dan serabutan untuk mencukupi kebutuhan. saya hanya ingin penjelasan rincian restruk yg tdk saya terima dan ada selisih pembayaran yg saya tdk di konfirmasi. apakah salah saya menayakannya. krn minta secara langsung tdk di berikan saya masukkan ke online seperti ini. kalau di hitung awal pinjaman saya bisa lunas kalau ada kejelasan. pokok pinjaman sdh msk tggl bunganya. krn sya ada itikad baik agar data bank sya jg lancar sya ingin melakukan pembayaran yg sesuai kemampuan saya.

      1
      2
  • 13 Februari 2022 - (07:52 WIB)
    Permalink

    Maaf Pak, memang kerja d bidang apa sih, kok melamar kerja nya harus cek d SLIK/OJK? Yah logikanya kl mw beresin utang yg harus ada uang, kl mw ada uang ya harus bekerja. Kalo kerja aja ga boleh kapan utang mw lunas?

    • 13 Februari 2022 - (09:40 WIB)
      Permalink

      Bapaknya kerja bidang perbankan, jadi memang dari dulu wajib SLIK bersih. Kerja jadi admin di perusahaan besar juga hampir semua wajib SLIK mulus. Kalau sudah tua juga susah pindah bidang pekerjaan, tau lagi kalau fresh graduate ya. Bisa milih² kerjaan.. Jadi serba salah bapaknya ini, ya kalau ada jual aset. Kalau ga ada ya entah gimana

  • 13 Februari 2022 - (09:09 WIB)
    Permalink

    Kerja butuh silk OJK?
    Ya cari lah bidang lain yg ngga perlu silk OJK, ngga usah muter2 jawabnya, nyari kerja tapi kna Coll buruk gmn bayarnya klo ngga bisa nyari kerja
    Jawabannya
    1. Nyari aja kerjaan yg ngga perlu silk OJK, BUANYAK banget pak, asal niat mah pasti dapet makanya jangan terpaku 1 bidang saja, kecuali anda benar2 profesional di bid tsb, saya yakin klo profesional banyak yg mau nampung meskipun silk jelek

    2. Cari hutangan ke keluarga trus lunasin semuanya, tinggal komitmennya buat cicil ke keluarga beres toh (klo trek record kita bagus pasti ada ko sodara yg ngasih pinjeman), inget LUNASIN jangan pinjem buat bayar cicilan itu mah sama jga bokong klo ngga langsung lunas, cma gali lubang tutup lubang

  • 13 Februari 2022 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Dasar bego juga. Pegawai bank kerja di bank. Ngutang di bank itu juga. Nggak bayar2. Macet. Masuk Black list SLIK OJK. Memalukan sekali. Sedangkan pegawai bank bisa macet apa lagi rakyat biasa. Kemana sih gaji di trima setiap bulan?
    Apakah bank tempat kerjanya jg banyak kredit macetnya kah.

    • 13 Februari 2022 - (12:30 WIB)
      Permalink

      Lah tinggal ngomong gampang, knapa ga gini kenapa ga gitu. Namanya orang hidup kalau ada apa² ya siapa tahu.
      ” Everyone has a plan until they got punch in their mouth ”
      – Mike Tyson

      • 13 Februari 2022 - (15:35 WIB)
        Permalink

        Mike tyson bilang gitu y… Nice quote, bwt bapaknya yg sabar ajaa Pak namanya lgi diuji. Tinggalin kredit nya udah fokus d usaha.. Banyak koq bs hidup tanpa kredit bank.. Gagal bayar udah..

  • 15 Februari 2022 - (09:05 WIB)
    Permalink

    …biasalah klo udah mandek bayar….jadi oanjang x lebar jadi saran sya pq….hadapi dan jangan banyak ngeluh…emang begitu klo kita mandek bayar utang ke bank…apapun banknya utang ma pasta dikejar….

  • 15 Februari 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    si cimb niaga emang brengsek kalau urusan restrukturisasi..jadi ya hati-hati aja..gak usah pinjam di niaga sekalian untuk yang belum pernah pinjam pinjam..
    saya mau mengajukan keringanan pelunasan, gak dikasih terus karena saya ikut program payment holiday atau apa lah itu..saya niat bayar dengan bunga nya dipotong aja gak bisa, padahal saya mau mengembalikan uangnya lebih awal..brengsek banget niaga ini..
    belum lagi, saya gak pernah dapat info berapa saya yang harus byr tiap bulan, saya terus kena denda karena saya telat bayar denda di bulan sebelumnya karena saya bayar sesuai jumlah cicilan saya tanpa nambahin bayar denda bulan sebelum…kayak lingkaran setan jadinya..saya bahkan gak dapat info lewat WA atau pesan berapa yg mesti saya bayar per bulan, disuruh ke cabang utk tahu infonya, karena di CS tlp gak bisa verifikasi akibat saya gak ingat berapa transaksi terakhir di cimb app saya karena saya bahkan lupa password nya utk buka apa karena sudah lama bgt gak pakai itu app..
    brengsek banget pokoknya cimb niaga soal begini…
    untuk yg belum pernah pinjam, jangan pinjam di cimb niaga..
    untuk Pak Echo, semoga masalahnya lekas selesai..

  • 17 April 2022 - (17:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama, saya tidak mengajukan program restrukturisasi tiba” Didaftarkan otomatis dari pihak bank, cuma diberi SMS 1 hari untuk membalas jika tidak membalas otomatis langsung didaftarkan, sedangkan tidak ada email mengenai rincian pembayaran dan saya baru tau ada SMS kurang lebih 1 mingguan! Dibatalkan pun sudah terlambat tidak bisa dibatalkan! Kerugian saya kurang lebih 10jt an karena bunga yg gak jelas itu. Pihak bank malah membantah kalo itu rugi, padahal sudah jelas kalau itu rugi! Padahal pemotongan auto debet, malah saya yg disalahkan tidak membayar padahal pihak bank yg tidak memotong! Saya coba telp cs lewat app octo kalau saya tidak mendaftarkan program restrukturisasi saya tidak bisa mengikuti program restrukturisasi, tapi kenyataannya saya tidak mengajukan tetapi didaftarkan! Parah sih CIMB Niaga.

 Apa Komentar Anda mengenai KTA Bank CIMB Niaga?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Tidak Transparannya Proses Restrukturisasi KTA CIMB Niaga

oleh Echo dibaca dalam: 1 menit
18