Terjebak Aplikasi Pinjol Ilegal PinjamUang

Kepada aplikasi pinjaman online (pinjol) PinjamUang,

Dengan ini saya membuat keluhan terkait pinjaman yang tidak ada persetujuan dan tidak bisa dibatalkan. Pada tanggal 8 Februari 2022, istri saya tidak sengaja meng-install dan membuat akun pada aplikasi PinjamUang.

Tidak lama, ada dana masuk dengan transaksi pinjaman Rp1 juta, tenor 7 hari dan harus dikembalikan pada tanggal 15 Februari 2022, dengan bunga yang sangat besar Rp300 ribu lebih. Kami mencoba membuat laporan untuk proses pembatalan pinjaman, tapi tidak pernah ada respons dari email yang sudah dikirim. Kami mencoba untuk menghubungi kontak yang tertera pada aplikasi, tapi nomor tujuan tidak tersambung.

Nomor dan email yang dicantumkan berbeda-beda dan tidak ada yang berhasil terhubung. Data pelanggan pun tidak tertera pada aplikasi. Saya mencoba untuk mengembalikan dana yang sudah masuk (tidak digunakan) tanpa harus membayar bunga yang tidak masuk akal.

Saya khawatir ke depannya data istri saya akan disalahgunakan jika tidak mengembalikan dengan bunga yang dibebankan. Alamat (fiktif) PinjamaUang: Jl. Jembatan Opat no.72 Maleer, Batununggal Bandung JawaBarat, 40274.

Faiz Mubarok
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

55 komentar untuk “Terjebak Aplikasi Pinjol Ilegal PinjamUang

  • 15 Februari 2022 - (15:19 WIB)
    Permalink

    istri saya tidak sengaja meng-install dan membuat akun pada aplikasi PinjamUang.

    kepencet tuh mksd nya tidak sengaja? sakti banget kepencet nya

    25
    2
    • 16 Februari 2022 - (08:46 WIB)
      Permalink

      Ini mah sama seperti yg terjadi sama saya, klo sy memang mengisi semua data & no rek. Tapi kita belum mengajukan (data & nonrek memang sdh kita masukkan), tiba2 d aplikasi (aplikasi ny kredit rupiah) ada notif bahwa uang sdh msk rek sy dan sy cek benar. Msk 1jt8rb & pelunasan 1,6jt tempo hanya 1 minggu, sampai saat ini sy tdk byr2. Sy tunggu WA dr mereka & benar 2 hari lalu mereka WA sy mengancam mau sebar data. Sy jwb klo uang anda mau kembali silahkan dtg lsg k rmh sy (kan jelas alamat rmh sy) dan akan sy byr cash sesuai yg mereka trnafr k sy. Krn klo kita transfer itu tdk akan mereka akui, itu berdasarkan komentar2 d beberapa aplikasi tersebut. Dan kita bisa melaporkan chat WA &link yg mereka kirim k email ny cyber polri.
      Dan sampai sy menulis ini, ternyata aplikasi aplikasinya sy cari d google Play Store sdh tdk ada, krn WA mereka jg sy blz klo sy akan mengirim WA & link mereka k email ny cyber polri.
      Krn ini kita tdk meminjam tp mereka yg ngasih (kasarny menjebak) kan kita blm mengajukan/menyetujui tp baru isi data tpuang sdh mereka kirim tanpa persetujuan kita. Jd ini namanya pemerasan & penipuan. Dan kita bs lapor k 2 intitusi resmi pemerintah yaitu Polri & OJK.

      47
      1
      • 16 Februari 2022 - (22:43 WIB)
        Permalink

        gak usah dibayar pak, toh ilegal, kalo sebarkan data ancam balik laporkan ke OJK dan polri, ada kok YouTube yang bahas pinjol bahkan mereka dikerjai, namanya wani apa gitu saya lupa

        3
        1
      • 17 Februari 2022 - (07:15 WIB)
        Permalink

        Iya sama dengan saya gan.,
        Hanya daftar akun., tiba” ada notif masuk.,

        Lalu sekarang aplikasi kredit rupiah hilang dari play store , ??

        2
        1
        • 18 Februari 2022 - (00:36 WIB)
          Permalink

          Gak usah bayar.. pemerintah sendiri yang bilang, pinjaman Ilegal / non OJK gak usah di bayar

      • 17 Februari 2022 - (07:38 WIB)
        Permalink

        Sana saya juga pinjanan 1 jt tenor 120 hari ternyata hanya dapat 600 rb dan tenor di kembalikan 7 hari 1,250.000 betul2 gila itu…
        Belum selama 3 bulan harus mengembalikan bunga2 nya

    • 15 Juni 2022 - (01:21 WIB)
      Permalink

      Sebetulnya klo menurut saya bukan tdk sengaja ini sama halnya dgan saya pada intinya kejebak potongan sama tenor saya setatus pinjam1200.000 yg di tranfer cuman 780000 sementara tenor 8.hari yg jdi masalah knappa potonganya segitu besarnya dan tenor 8 hari ini namanya jebakan tanpa pemberitaukan rincin bunga dan tenor sementara nomor & email yang dicantumkan di aplikasi sebagai pengaduan custamer tdak menanggapi soal aduan yg kurang baik di pinjol tersbut sya ingin mengembalikan uang yang sesui dia tranfer tpi tdk ada respon dari pihak pinjol ..ini kejadian serupa dengan saya

    • 16 Februari 2022 - (13:37 WIB)
      Permalink

      Sy buka goggle ad smacam iklan agen yg mau bantu mslh pinjol, krna posisi panik d tagih trus, akhr ny sy save no&kita ktmuan.. Kira sy dri awal dia tuh bisa nutup pinjol sy, trus bisa hutang d dia dengn cicilan murah
      Ga tau ny sy kya orang kehipnotis,sy faham tapi ga tau knp sy mau&iya aj d fto selfie/KTP..sampe rumah sy cek history goggle baru sadar no kontak, norek, fto selfie/KTP sy d Share’it dia.. Filing ud ga enak
      Semigu kemudian sampe skrng teror mulai berdatangan.. Penagihan dari semua pinjol dtng k HP suami&ank sy
      Ancaman, makian hampir typ hari
      Dsini sy cerita dengan sesungguh ny.. Hati2 bwt iming2 lepas dri pinjol, krna data ap pun kita d dia ga akan bisa kehapus, yg ad malah data kita d salah gunakan.. Sy pun ga tau nasib sy gmna selanjut ny
      Trimakasih

      • 16 Februari 2022 - (13:42 WIB)
        Permalink

        saya membuka jasa juga untuk bisa bebas dari pinjol, tidak perlu KTP,SELFI dan data lainnya

        data yang saya butuhkan hanya:
        1. info pembayaran ke pinjol nya(VA atau rekening)
        2. sisa utang anda

        kemudian serahkan pembayaran anda k saya senilai sisa utang anda, saya jamin pasti beres

        22
  • 15 Februari 2022 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Ya udahlah kalau ilegal.
    Pasti kedepan ada yg bilang jangan dibayar.
    Jangan begitu. Karena anda muslim saya ber khuznudhon dari nama anda kembalikan sesuai pinjaman lalu abaikan. Entah ada DC nagih atau apapun abaikan kan ilegal ini. Kalau data anda di salah gunakan, kalau samapai merugikan lapor polisi (meski mungkin tak berguna).

    10
      • 16 Februari 2022 - (23:42 WIB)
        Permalink

        jawabanya..singkat aja..jangan diperbolehkan di Indonesia ini pinjol bunga harian dan admin yang tinggi baik legal maupun ilegal..gitu aja repot

  • 15 Februari 2022 - (18:35 WIB)
    Permalink

    buat akun ko ga sengaja, kan harus masukin ktp, selfie ktp data diri dan rekening ?
    lagian iseng ko bikin akun pinjol, klo iseng mah isi TTS aja pak

    14
    1
    • 15 Februari 2022 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Lagian setau gw klo orang dah instal app pinjol, dan sampe bikin akun, emang udah niat mau pinjem. Klo ga ada niatan mau pinjem ngapain instal app y, apalagi sampe bikin akun ??

      7
      1
  • 15 Februari 2022 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Bilang aja pak, anda gak setuju istri minjem Pinjol dan berusaha membatalkan pinjamannya. Kan lebih enak jujur …drpd bohong

    15
    2
    • 15 Februari 2022 - (20:17 WIB)
      Permalink

      terus semua komen yg lo anggap ga sejalan itu DC ?
      pake otak dong, instal, buat akun, itu jelas mau minjem GOBLOK

      4
      18
    • 16 Februari 2022 - (05:15 WIB)
      Permalink

      Tu kan pasti ada yg bilang g usah di bayar. Iya mungkin urusan di dunia selesai kalau g dibayar. Tapi nanti pas di akhirat bagai mana dia mempertanggung jawabkan uang orang yg dia pakai itu?

      7
      3
    • 16 Februari 2022 - (05:49 WIB)
      Permalink

      Saya pernah pinjem yg legal..tapi dc nya ngeri seperti ilegal…saya mau mengadu cara nya gimana ya…?

  • 15 Februari 2022 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Sudah biasa Pak, disini alasannya ada yang iseng², tidak sengaja dll kalo udah kaya gini, cuma alasannya kurang masuk akal.

    7
    2
  • 15 Februari 2022 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Simpel, tidak usah dibayar, tidak usah dipikirkan. Sesuai anjuran pemerintah pinjol illegal tidak perlu dibayar.

    11
    2
    • 16 Februari 2022 - (05:17 WIB)
      Permalink

      Tu kan pasti ada yg bilang g usah di bayar. Iya mungkin urusan di dunia selesai kalau g dibayar. Tapi nanti pas di akhirat bagai mana dia mempertanggung jawabkan uang orang yg dia pakai itu?
      Bayar saja sesuai nominal yg di pinjamkan jangan tambahi jangan kurangi. setelah itu dah abaikan.

      8
      7
  • 15 Februari 2022 - (21:33 WIB)
    Permalink

    pada ke trigger dengan kata kata “tdk sengaja” hmm. btw untuk masnya, aplikasi ini kayanya sama deh kaya aplikasi tunai cepat. dan itu ilegal, dia berbasis koperasi tapi ga di awasi oleh ojk. dia jg gamau dibalikin kalo kita cmn balikin modal doang, dia pgn ada bunganya. emg gila. jadi lebih baik saran saya mah di settingan hape jgn izinkan aplikasi ini ngelacak kontak ataupun data di HP. udh gitu uninstall aja. karena takut takut nanti malah nerror kemana mana si DCnya.

    • 16 Februari 2022 - (14:24 WIB)
      Permalink

      Sdh telat kali. Semua data kontak sdh diangkut ke server mereka kali. Begitu install apk kan harus diizinin read contact

  • 15 Februari 2022 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Search di Google Maps, alamatnya fiktif di Bandung. Search di Google, keliatan developer aplikasinya dari Cina. Pinjol2 ilegal gini emang gak ada kapoknya meski udah digerebek aparat. Digerebek satu, muncul lagi yang lain. ?

  • 16 Februari 2022 - (02:08 WIB)
    Permalink

    Heheee udh ribuan x qu bilang jgn berurusan sm rentenir biarkan sj sipit yg merajai dunia rentenir

  • 16 Februari 2022 - (06:55 WIB)
    Permalink

    Ini korban penipuan iklan pinjol.
    Mungkin iklannya bunganya 0,?% tp setelah mengajukan dan terima uang dan notif bunga pengen batal.
    Yaudah lapor OJK dan kepolisian aja tp harus jujur kronologinya tdk bilang tdk sengaja heheheheh… ?

  • 16 Februari 2022 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Saran saya,anda SDH berani maju anda harus membayar,maaf bukan berarti saya membela pihak aplikasi,seperti pengalaman saya yg SDH SDH,sy ajukan pengembalian dana itu malah rawan untuk kita di tipu,dengan memberikan norek dan di suruh mengembalikan modalnya saja tanpa bunga,yg ternyata kita malah di tipu.jd jalan satu satunya kita bayarkan seperti di aplikasi.ingat harus melalui aplikasi dan nomor VA yg terdaftar di aplikasi.jika tidak saya jamin 100% anda telah ditipu,anda merasa SDH mnayar tetapi di aplikasi anda masih ada hutang.sekian penjelasan dari saya.semoga blm terlambat.dan 1lagi..saya bukan dari pihak aplikasi,tp sy ceritakan sesuai dengan pengalaman sy yg SDH SDH.silahkan lihat jejak saya.smoga bisa terhindar dari hal yg lebih membuat pusing.

  • 16 Februari 2022 - (09:46 WIB)
    Permalink

    tidak sengaja install – okelah dimaklumi
    tidak sengaja bikin akun?
    tidak sengaja isi data?
    tidak sengaja isi no rek?
    tidak sengaja selfi with KTP?
    pas lihat uang masuk, senyum :))
    pas lihat uang yg mesti dikembalikan, marah, bilangnya tidak sengaja.
    yg ky gini ga layak masuk MK sih menurut sy. tolong MK lebih selektif lg memuat surat pembaca

    • 16 Februari 2022 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Pada tanggal 8 Februari 2022, istri saya tidak sengaja meng-install dan membuat akun pada aplikasi PinjamUang. Klo itu sih namanya bukan tidak sengaja tapi sudah ada niat mau pinjam uang. Solusinya yah uang yang sudah d terima wajib d bayar, kesalahan dari istri

  • 16 Februari 2022 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Saran saya bayar saja sesuai jatuh tempo dan melalui virtual account yg ada diaplikasi, jangan sekali kali percaya bila ada pihak yg mengaku bisa membatalkan pinjaman dengan hanya mentransfer sesuai nominal yg sdh kita terima. Pinjol ilegal sangat rawan dengan penipuan. Anggap saja bunga yg dibayarkan adalah biaya pembelajaran agar tidak terulang kembali.
    Bila tidak dibayarkan sesuai jatuh tempo maka harus mampu menghadapi tekanan ancaman, gangguan dan rusaknya kredibilitas.
    Bila anda sudah siap mental silahkan tidak membayar pinjol ilegal, tetapi kalau tidak siap, bayarkan saja segera mungkin agar tetap kondusif.

    • 18 Februari 2022 - (00:41 WIB)
      Permalink

      Rusaknya kredibilitas ? Masuk ke blacklist BI kah ? Wkwkwkw
      Keren sekali pak, ilegal bisa masuk ke daftar blacklist

      • 18 Februari 2022 - (04:45 WIB)
        Permalink

        Pinjaman ilegal jelas tidak akan bisa melaporkan kredit macet ke BI. Rusaknya kredibilitas justru akan lebih parah dan nyata akibat aksi DC nya yg akan mempermalukan, mengolok olok, dan merendahkan peminjam dengan membuat grup WA sumbangan, menagih dan mengancam di medsos, memberitahu kepada seluruh orang yg ada di daftar kontak HP. Dan masih banyak lgi yg bisa dilakukan para DC ilegal yg bisa menghancurkan kredibiltas secara financial, tetapi kredibilitas sebagai manusia. Sehingga banyak para korban pinjaman ilegal kehilangan pekerjaan, dijauhi dan konflik dengan teman dan keluarga. Bahkan sampai ada yg bunuh diri karena secara mental tidak sanggup menanggung malu dan tidak mau membuat susah orang orang terdekatnya.

  • 16 Februari 2022 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak mau bermasalah sama pinjol ya jangan berhubungan sama pinjol meminjam atau hanya iseng iseng kalau meminjam uang di pinjol terus dapet masalah ya anggap saja azab karena memakan uang riba??

  • 16 Februari 2022 - (22:42 WIB)
    Permalink

    ah…pinjol legal kh, ilegal kah..nota bene bunga harian, admin dan ganas menagih….banyak negatifnya ke masyarakat..ngk ada gunanya…banyak meresahkan saja..bubarkan aja pak ojk pinjol bunga harian semua..lebih baik dorong dunia perbankan atau sumber pembiayaan yg ada undang undangya untuk lebih mempermudah syarat pembiayaan untuk masyrkat indonesia. kasihan msyrkt indonesia gara gara pinjol bunga harian..sungguh meresahkan …lama lama masyarakat atau umkm Indonesia bnyak bangkrut dan terbelakang gara gara si pinjol. sebelum terjadi ..diperangi atau dibubarkan aja dah

  • 17 Februari 2022 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Gw bukan muslim. Jadi gw gak usah bayar. So mau apa lu? Bawa bawa akhirat gak ngaruh ke gw. Gw bukan muslim. Jadi gw tetap masuk ke sorga. Paham ya…

    So klo mau ke sorga tp gak mau bayar pinjol ilegal, ya pindah agama

  • 17 Februari 2022 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Pernah dibahas di y.tube kalau sistem pinjol ilegal itu memang agak licik. Pengguna tinggal memasukkan data dan nomor rekening lalu dana ditransfer saat itu juga. Tidak seperti pinjaman legal yang diberikan limit Kredit dan nantinya pengguna bisa memutuskan apakah mau meminjam atau tidak.

    Jadi saran saya agak berhati-hati dan waspada saja.

    • 18 Februari 2022 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Makanya jangan iseng dengan aplikasi pinjol ilegal, banyak info mengenai bahayanya pinjol ilegal, masih saja iseng download aplikasinya.

  • 19 Februari 2022 - (06:54 WIB)
    Permalink

    Saya dulu hampir aja mau kejeblos ke PINJOL ini, namun Allah sepertinya masih sayang sama saya, tiba2 hape saya habis kuota dan mau beli kuota eh ternyata harus servis motor krn rem depan belakang harus diganti

    Akhirnya jual semua yg ada di rumah buat beli kebutuhan semasa pandemi dulu, akhirnya 1 tahun kemudian barang yang terjual bisa saya beli lagi meskipun bekas, termasuk motor dan PC

    Sementara teman saya yang ngajak saya buat PINJOL, sampai skrg kalo ketemu isinya ngeluh aja, padahal udah 1 tahun lebih namun masih gak selesai selesai

    Hindari PINJOL, kalo ada tanggungan lebih baik jual barang dirumah, meski barang habis, hati plong dan bisa berfikir dan semangat cari rejeki lain tanpa perlu di kejar2 dan dihantui tanggungan

 Apa Komentar Anda mengenai PinjamUang?

Ada 55 komentar sampai saat ini..

Terjebak Aplikasi Pinjol Ilegal PinjamUang

oleh Rivani Astari dibaca dalam: 1 menit
55