Surat Pembaca

Paket Retur Shopee via J&T Hilang Tidak Ada Kabar

Perkenalkan, nama toko online saya di Shopee adalah Amelie Butik Wholesale. Pada tanggal 18 November 2021, saya mendapat order dengan nomor: 211118UCQBVBXF di Shopee, menggunakan kurir JNT. Namun paket secara sepihak diretur oleh sistem Shopee pada tanggal 26 November 2021, karena katanya alamat tidak jelas, tanpa ada klarifikasi terlebih dahulu ke buyer maupun ke saya sebagai seller.

Dana dikembalikan ke buyer oleh Shopee, sementara status barang yaitu blazer seharga 279.000 rupiah masih tidak jelas keberadaannya. Tanggal 28 November 2021, buyer mencoba memesan blazer tersebut kembali dengan order nomor: 211128NNVHVYVM. Saya sarankan menggunakan kurir Grab, puji Tuhan langsung sampai dengan alamat yang sama persis dengan yang pertama kali order.

Saya hanya meminta pertanggungjawaban JNT karena sampai sekarang paket yang diretur ke agen belum saya terima. Sudah berkali-kali saya tanyakan ke agen, tapi tidak ada hasil sampai tanggal 15 Februari 2022 saat saya menulis surat pengaduan ini. Pihak Shopee pun juga lepas tangan karena merasa sudah mengembalikan dana ke buyer.

Sebenarnya ini bukan kejadian yang pertama, tapi sudah kasus kedua kalinya barang saya hilang ketika dikirim menggunakan kurir JNT di Shopee. Sehingga saya putuskan untuk menonaktifkan layanan kurir JNT baik di Shopee, Tokopedia, maupun Bukalapak.

Amelia Wulandari
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga pernah bbrp kali diretur via jnt, dan memang gak pernah diantar balik, harus seller sendiri yg ambil ke drop point tempat pertama kali kirim.

  • Jnt memang ga jelas, pernah kejadian disaya. Makanya sampai saat sudah saya tidak aktif kan jasa kirim jnt,,,

  • Sama kak barang aku juga ga kembali ketika aku tanyain ke j&tnya belum datang brang tersebut, dan pihak shopee juga mengkonfirmasi kalau barangnya sudah ada di agen jnt

    • Coba bikin laporan lagi di shopee kak.. kmrn sdh ada tim shopee yang hubungin saya sih.. mau bantu follow up

  • Aku udh ga aktifin JNT karena bikin capek. Kenapa aku blg gt?
    1. Kalau ada orderan dan seller request pick up ke JNT sampe batas waktu habis ga akan d pick up. Beda dg Anteraja Sicepat pasti akan dtg pick up sekalipun telat mrk akan konfirmasi dlu tu hebatnya mrk
    2. JNT sering banget ga nganterin paket ke pembeli dg alasan bermacam2. Entah alamat ga jelas telp ga bs d hubungi smpe alasan terlalu banyak brg yg d anter jd ga ada waktu utk anter paket aku bahkan sampe 4 hari masih percobaan pengiriman mulu dah kan lucu alamat jelas tp selalu gagal kirim brg
    3. Kalau ada returan mrk ga mau anter balik ke penjual, bahkan penjual harus ke kantor JNT Gudang 1 Gudang 2 utk telusuri tu paket nyangkut dmn yg jaraknya ujung ke ujung yg ada d kotaku. Jelas bgt itu menyita waktu dan menambah biaya transport pasti. Yg rugi balik lg penjual
    4. Paket returan yg aku kirim awalnya dalam kondisi packaging rapi aman balik2 setelah 3 minggu berkelana bahkan smpe 4 minggu berkelana tuh entah kmana berkelana jd rusak alias ga bs d jual lagi dan baik pihak shopee dan JNT tidak mau tanggung jawab.
    Skrg pun nasib paket ku sama dg Penulis belum smpe setelah aku kirim dg alasan pembeli ga mau bayar karena aku pakai sistem COD. Pdhal COD2 lain aman2 aja tuh. Emang dasar pembelinya aja yg ga ada akhlaq belanja ga mau byr hehe. Kalau udh gt yg d rugikan siapa?? Ya penjual lg. Jd aku ga mau deh pakai JNT lg dan otomatis COD jg ga berlaku kalau d shopee. Beda klo toped aku ga prnah nemu kasus spt itu krn kurir toped hanya anter aja dan sicepat

    • Hai salam kenal kak.. sama jg di Shopee dan tokoped sekarang cuma aktifin jasa kirim SICEPAT dan JNE.. 2 kurir itu yang saya rasa paling kredible..
      Sukses selalu usahanya ya kak..

  • JnT kurir paling begoo dan Ribeet,. kejadian sama saya sebagai seller berkah.motorofficial di bidang sparepart,. tanggal 20 Januari 2022 saya mengirim paket pesan dengan akun gadogadogarage tujuan Bali,. setelah lebih dari 7 ahri pembeli pun emosi tidak ada kepastian baik dari kurir atau pun admin shopee yang sama Begoo nya,. hal hasil pembeli bilang kalau sampai tanggal 8 Februari 2022 masi belum ada kepastian akan masuk Artikel nya ke Media Konsumen dan benar saja setalah tangal 9 Admin memutus kam produk Hilang dan dana di kembalikan Full ke pembeli., Bego nya Gerai Jnt sewaktu saya tayakan paket saya bagaimana kelanjutan nya sbelum di putus kan Hilang,. Kurir Jnt meminta foto packingan produk sperti apa, saya bilang saya tidak foto, trus mereka miinta kalau bgitu foto produk nya aja sperti apa,. saya jawab looh kalo foto produk nya bearti anda mencari paket dengam cara membuka smua paket yang ada digudang atau tempat drop paket dong,. dengan jenius dan sangat pintar nya kurir menjawab Iyaa Jugaa sic,. What the Fuct,. segitu ternyata otak nya,. dan hal hasil paket saya yg hilang seharag 725.000 dan hanya diganti 225.000 dan hingga saat ini belum ada Klarifikasi knapa hanya 225.000 yang di ganti,. smoga pihk Shopee dan Jnt membaca tanggapan saya dan memberikaan penjelasan masalah terkait,. trima kasih

  • J&T emang suka Caur kalau masalah pengiriman dan pengembalian.. emang kurir yang satu ini anehh benerr

  • Malam semua..
    Puji Tuhan, masalah ini SUDAH SELESAI pada hari ini tgl 21 Februari 2022 dengan itikad baik dari tim SHOPEE yang sudah mengganti dengan voucher belanja senilai 279.000 (seharga blazer yang hilang). Terima kasih untuk SHOPEE. Semoga semakin lebih baik lagi service nya dan semakin sukses.

  • Terima kasih yang sebesar-besarnya juga untuk platform MEDIA KONSUMEN yang sudah menjembatani permasalahan ini sehingga bisa terselesaikan dengan baik. Sukses selalu!