Surat Pembaca

Pengembalian Dana atas Produk yang Hilang di Shopee Tidak Sesuai

Perkenalkan saya Mario, seller onderdil mobil (berkahmotorofficial) di Shoope. Kejadiannya pada tanggal 20 Januari 2022, akun gadogadogarage memesan sebuah sensor turbo dengan harga Rp725.000 dan kurir J&T free ongkir, nomor resi: JP9674268740. Ternyata paket dinyatakan hilang tanggal 11 Februari 2022.

Email balasan shopee

Akan tetapi dana yang dikembalikan oleh Shopee hanya sebesar Rp225.000, dengan alasan tidak memakai jasa asuransi. Setelah saya cek di aplikasi seller, saya tidak ada kolom yang mengharuskan ada jasa asuransi.

Saya berjualan di marketplace bukan hanya di Shopee, tapi ada di Tokopedia dan Bukalapak juga. Hal yang sama pun pernah terjadi, tapi dana penggantian full senilai harga produk. Hingga tulisan ini terbit saat ini masih belum ada penjelasan dari pihak Shopee kenapa seperti itu.

Semoga pihak Shopee membaca artikel ini dan segera memberikan penjelasan kepada saya di nomor telepon yang saya sudah berikan. Semoga bisa selesai dengan secepatnya. Terima kasih.

Mario
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ya memang seperti itu ketentuannya.
    Jika paket tidak pakai asuransi cuma diganti 10x ongkir, itu juga tercantum di website J&T.
    Kenapa di Bukalapak & Tokopedia diganti full? Jelas, disana ada opsi asuransi pengiriman, dan penjual bisa centang wajib asuransi di produknya.

    Dalam hal ini, sistem Shopee memang bobrok, karena tidak / malas menyediakan opsi asuransi pengiriman di platform nya.

    Saran saya sebagai sesama penjual online, lebih baik anda tidak perlu jualan barang mahal yang sekiranya harga melebihi 10x ongkir di Shopee. Lebih baik posting barang tersebut di marketplace lain saja.

    Saya juga gak mau jualan barang mahal disana, karena opsi perlindungan buat penjualnya nggak ada. Cukup jadikan Shopee sebagai tempat jualan barang yang murah / recehan saja. Itu sekedar masukan. Daripada terulang kejadian seperti ini.

  • Shopee tidak ada opsi asuransi, seller yang mesti aktif minta tambah asuransi ke pihak ekspedisi. Saya pernah beli laptop di shopee sellernya menambahi sendiri asuransi, namun paketnya didrop di counter bukan pickup.

  • Tokopedia dan bukalapak mereka menyediakan asuransi sendiri, jd bukan asuransi dr jasa kirim. Bisa bayangkan berapa pendpatan tokopedia dan bukalapak dari asuransi saja. Mungkin cara berfikir shopee begini, buat apa asuransi, kl jasa kirim itu amanah pasti tidak akan menghilangkan kiriman customernya. Kl sampai hilang ya harus tanggung jawab kembalikan, tidak usah pakai asurani karena sudah membayar ongkos kirim.

    • Dulu awal2 saya berjualan online gak ada ini asuransi2an di marketplace manapun. Semakin kesini peraturan berubah ada yang menerapkan asuransi ada yang acuh tak acuh.
      Salah satunya yang masuk acuh tak acuh ya shopee ini.

      Bener2 real sebagai pihak ketiga, sebagai perantara saja tanpa memikirkan untung rugi dari pihak penjual dan pembeli.

      Tapi sebagai penjual dan pembeli awam yang kayak gini rawan. Karena tidak tau "cara main aman"

  • sejak awal udah ada s&k nya kalo mau asuransi harus mengajukan pembelian langsung ke pihak jasa kirim saat pickup atau drop off dan dananya dipotong langsung dari saldo penjualan.. harusnya seller udah tau makanya shopee ga bakal bertanggung jawab untuk masalah seperti ini.. kalo hilang ya diganti 10x lipat ongkir

  • Maaf untuk kak Permalink, memang benar kalau untuk msalah itu sudah ada SnK nya pergantian 10x ongkor, tp lain crita kalao pembeli tdk mau menggunakan jasa asuransi, lalu apa msuk logika nya kita mananggung biaya asuransi yg bukan milik kita dan untuk soal jualan receh aja di shopee itu jelas bukan cara dalam mencari jalan terlebih lagi shopee market place yg boleh di bilang bukan market place ecek ecek,. dan sampai saat ini kasus saya masi di pertimbang kan karna Real bkn kesalahan kita sebagai penjual, bkn masalah harga nya yg 725 diganti hanya 225 akan tetapi ada produk lain yg jauh lebih mahal, kalao sperti ini akan terus ber larut larut dan lama lama akan tidak ada yang mau menjual di shopee kalao sperti ini jelas menguntung kan kurir,. trima kasih smoga pihak kurir JnT dan shopee membaca artikel ini dan segera terselesaikan

    • masuk logika, karena sebagai seller, yang menjual barang di platform tersebut secara langsung dan tidak langsung menyetujui keadaan tersebut

      logikanya anda mau berjualan disuatu tempat yang aturan nya seperti itu, ketika kepentuk aturan, anda protes, kan aneh?

      logikanya harusnya anda tidak jualan di shopee sama sekali kalau tidak setuju ketentuan tersebut, bukan nunggu kepentuk baru protes kan? kan tidak masuk akal

      • Kakak klo aturan yang merugikan belah pihak buat apa, semoga dengan adanya kejadian ini shopee tau antar aja bisa antisipasi supaya tidak berulang kembali.

        • anda yang jual HP di shopee itu ya?

          berjualan itu bukan cuma asal buka akun, buka akun itu dibaca aturannya, kalau dirasa aturannya tidak menguntungkan bagi anda, buat apa anda buka akun?

          "terus kenapa kok bisa banyak yang mau buka akun dan jualan di shopee?"
          ya mereka belajar dan punya mitigasi sendiri untuk meminimalisir terjadinya kerugian

          berjualan itu belajar bang, tidak asal naruh item nya di marketplace dan cuan

          saya jadi anda, tidak akan pakai uang tersebut untuk modal jualan apabila anda tidak mengetahui mekanisme marketplace

          terakhir ya saya luruskan, saya TAHU aturan nya merugikan dan memang SUDAH SEHARUSNYA ada asuransi
          masalahnya kalau shopee dan anteraja memang mau, DARI DULU sudah ada asuransi nya bang, g nunggu anda minta, anda siapa?
          yang butuh pintar itu penjual dan pembeli nya, transaksinya punya resiko merugikan, dipikir dulu diteruskan atau tidak

  • Ada asuransi pulsa aja ada asuransi nya 2 bulan kmren beli hp juga dari pihak seller wajib cetrang asuransi kalau buyer gak mau centrang asuransi dari pihak seller langsung di cencel GK di kirim

    • untuk kak ivan,. emang bener mekanisme nya sperti itu 10x ongkir,. yg jd masalah dsini bkn kita penjual yg tdk mau di memakai jasa ass, kita penjual smua mau mau aja pakai ass toh bkn kita yg byr, dan dsini pembeli yg tdk mau, kalau kita mggunakan jasa ass trus kt yg byr akan tetapi pembeli yg menikmati jasa ass itu,. dimana logika nya dan itu sudah di luar fungsi ass sdiri,. dmana ass berfungsi melindungi kepentingan diri sdiri,. apakah kaka mau membayar ass untuk kepentingan org lain,. mau jg yg mendapatkan ganti rugi 10x itu pembeli bkn penjual,. karna kita sebagai penjual tugas kita hanya sampai Memberikan produk sesuai keterangan, mempacking dengan selayak nya dan mengirimkan ke kurir sesuai tenggat wkatu yg udah di tentukan,. hanya sampai dsitu,. trima kasih

      • logika nya, kalau anda tahu berjualan di marketplace ini berpotensi merugikan, anda seharunya tidak berjualan di marketplace ini