Ganti Kartu SIM Baru Indosat, Dipaksa Beralih ke Pascabayar Tanpa Justifikasi yang Jelas Selain Kebijakan Perusahaan

Saya bermaksud mengganti SIM card Indosat, karena SIM card yang lama hilang saat hp dicuri. Namun ternyata saya diwajibkan untuk ganti ke SIM card pasca bayar, minimal selama 3 bulan. Saya diminta untuk membayar 3 bulan sekaligus di awal sekitar Rp300 ribuan, yang jelas bikin saya kaget. Apalagi saat itu saya tidak memiliki ATM dan uang cash yang banyak, karena dompet juga dicuri.

Saya tanya alasannya apa harus pakai pasca bayar? Cuma dijawab kebijakan Indosat. Padahal saya tidak pernah ada masalah dengan prabayar yang saat ini dipakai, masih ada pulsanya dan juga paket data. Saya cek semua pilihan paket pasca bayar, akhirnya diinfokan boleh bayar untuk sebulan dulu sebesar Rp110 ribu, ditambah dengan deposit Rp50 ribu yang akan hilang kalau saya beralih ke prabayar lagi nantinya. Jadi total Rp160 ribu sekedar untuk ganti kartu baru.

Form yang saya isi pun merupakan FORMULIR PERUBAHAN LAYANAN, yang mana saya tidak pernah menginginkan perubahan layanan, hanya ganti kartu saja!

Setelah terpaksa bayar pun, masih harus menunggu 3×24 jam! Jujur saya sebagai pelanggan setia (10 tahun lebih) ini sangat mengecewakan.

Dari gerai Indosat saya pergi ke XL Center untuk ganti SIM card yang satu lagi. Eh cuma diminta biaya Rp10 ribu untuk penggantian kartu baru. Prosesnya cepat tanpa paksaan ini itu, kartu pun aktif dalam 1×24 jam. Sangat pro konsumen dibandingkan gerai sebelah!

Bulan ini jadi bulan terakhir deh pakai Indosat, ganti semua aplikasi yang ter-registrasi dengan Indosat ke XL saja. See you good bye!

Mohammad Arief Fajryanto
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Sudah di respon dari Galery Indosat bersangkutan tidak lama setelah tulisan saya di posting. Alhasil diberitahu kalau itu hanya "penawaran" saja dan boleh saja ditolak. Walaupun saya yakin 100% kalau cs yang waktu itu bilangnya "wajib" dan itu juga terjadi dengan pelanggan lain sebelum saya yg juga menulis hal sama disini. Tapi ya sudah lah, sudah dibantu dengan cepat dan juga sudah diberikan pengembalian dana ke rekening. Saya bisa apresiasi kecepatan mereka untuk refund dan proses kartu saya ke prabayar seperti yg seharusnya.

      • Fixed sama persis dengan yg saya alami bersama istri saya 2 bulan yg lalu. Kehilangan HP.
        Minta penggantian SIM Card malah Dipaksa beralih ke pascabayar.
        Persyaratan ribet.
        Aktif butuh waktu 3 x 24 jam.

        Sudah jatuh tertimpa tangga pula.

        Lokasi Gerai Lippo Karawaci

      • Saya juga mengalami seperti ini. Ganti SIM card yang hilang malah disuruh beli paket postpaid yang nggak saya butuhkan. Kalau ditolak, permohonan ganti SIM card saya tidak akan diproses. CS gerai terkesan memaksa ke pelanggan. Ketika ditanyakan melalui CS Indosat online, dikatakan bahwa penawaran tersebut sifatnya hanya opsional saja, dan boleh ditolak. Tapi kenyataan di lapangan berbeda dengan apa yang dikatakan CS Indosat. Sebab, saya sudah coba sampai ke 3 gerai, sama saja. Selalu dipaksa untuk membeli paket yang tidak kita butuhkan sebagai persyaratan penggantian SIM card baru. Walau sudah ditunjukkan bukti chat dengan CS Indosat Online, mereke (CS Gerai) berdalih bahwa ada kebijakan yang berbeda di masi g-masing Gerai Indosat. Permasalahan ini sebenarnya sudah bertahun-tahun dan tidak pernah ada penanganannya dari Indosat pusat. Sudah banyak komplain pelanggan yang dituliskan di Media Konsumen. Jika ada pelanggan yang komplain di sini, baru Indosat pusat mau menangani. Terjadi terus berulang-ulang. Seperti dengan Penulis, saya juga membandingkan penggantian SIM card AXIS di XL Center, proses verifikasi data tidak ada setengah jam, kartu sudah aktif kembali dan hanya membayar 10 ribu rupiah. Sedangkan di Indosat, sudah dipaksa beli paket yang tidak diperlukan, bayar mahal, kartu barunya juga masih harus menunggu 3 hari bahkan kadang sampai seminggu baru aktif lagi. Indosat ini kualitas terbaiknya apa yah? Sudah pulsa sering ditilep nggak jelas, koneksi internet super-duper lambat parah, merasa eksklusif sehingga cuma buat ganti SIM card baru saja harus merogoh kocek sampai lebih dari 350 ribu.?!? Mendingan beralih saja ke operator lain, masih banyak yang lebih baik pelayanannya.

      • Saya kematen jga bayar paket pascbayar 3 bulan di paksa csnya katanya wajib, bagi saya yang 300 itu banyak, meskipun dapat ganti paket data, tpi ini namanya pemaksaan. Saya minta tanggung jawabnya. Saya akan buat artikel juga lah kalo ada hal hal aeperti ini.

      • Cara refund nya gimana pak? Saya telpon call center nya dia bilang sudah tdk bisa refund. Kejadian saya sama persis dgn yg bapak alami

    • Sama persis ini dg sy, puluhan tahun pake nmr indosat ilang pas ke jepun. Dipaksa ambil paket pasca 3 bulan buat dapetin balik nomor. Saya lebih rela ilang nomor dibanding dipaksa pake pasca n paket quota 3 bulan...mkn buat masukan aja buat mrk..
      Andai yg paksa merk sebelah yg sinyal nya sudah mapan, akan sy pertimbangkan kali ya.. 😁

  • Hi kak, terima kasih sudah menghubungi kami. Saat ini keluhannya sudah dalam proses penanganan. Salam ^Dasa

    • Prosas proses prosas proses terus.. itu nomor istri saya sama sekali gak aktif tuh.. kasus sama seperti di MK, HP berikut nomornya hilang malah disuruh ke pascabayar, dasar indosat cacat

  • Karyawannya panik 😅 ngejar target penjualan malah ngakali pelanggan, pecat saja sudah

    • Rata2 karyawan cs di isat mobile itu kontrakan . Makanya kerjanya agak cacat. Saya jg dl pernah ilang nomer mentari lalu disuruh ganti pake pasca. Apesnya sama 3 bulan br bisa ditutup nomernya.

      • Kiraian saya doank yg ngalamin emang dasar indosat penjilat orang lg kesusahaan malah dibikin ribet dibikin susah

  • Sampah bgt oprator nie harus naik ke MK dulu baru direspon ya kalo mau benahi pengantian kartu tinggal ditulis digerai ganti kartu 10rb sesimpel itu tp gak dilakukan jd ini memang kebijakan dr pusat harus menyusahkan konsumen dulu, dlm arti konsumen sdh kena musibah hp hilang malah diperas suruh kluar duit besar ?

    • Bener banget. Harus bikin surat pembaca dulu di MK baru direspon. Informasi antara CS Indosat pusat dengan CS Gerai saja sudah nggak selaras. Masa cuma perkara ganti SIM card saja harus diwajibkan beli paket internet atau beralih ke pasca bayar? Kalau kita tolak penawaran tersebut, nggak bakalan dilayani penggantian SIM cardnya sama CS Gerai. Kan terkesan maksa banget.

  • kalo produknya bagus, gak perlu dipaksakan, sudah pasti otomatis banyak yang mau berlangganan.
    masalahnya produk pasca bayar itu mahal dengan kualitas layanan sama saja dengan produk prabayar yg tarifnya lebih murah dan banyak promo.

  • Indosat memang sedang tidak baik² saja..perkara ganti kartu hilang aja masih jg di rampok..
    Gimana kabarnya sama jaringannya wee..gw yg pengguna ooredoo dan g suka gonta ganti nomor,,semenjak join bareng tri jaringannya nyampah semua..
    Yaa namanya jg perusahaan india..banyak nipunya

  • Banyak yang komentar hal yang sama, jd jelas saya tidak halu ketika saya bilang kalau cs mewajibkan untuk ganti ke pascabayar saat ganti simcard.

    Karena waktu di telpon oleh bagian PR gerai Roxy Mas nya dia bilang tidak mungkin itu wajib karena hanya tawaran dan boleh ditolak kalau memang tidak berkenan, mungkin yang disampaikan cs nya "bapak kurang mengerti..." LOL

    Ini mah penipuan konsumen namanya kalau dibanyak gerai ada kasus serupa, tidak mungkin semua cs nya ngelakuin hal tersebut kalau tidak disuruh sama atasan.

    Siapa yang bisa sampein ini ke hotman paris ya biar ramai hahaha.

    • pengalaman saya ke XL center buat ganti kartu yng hilang di wajibkan isi pulsa min 50ribu.....pulsa tetap masuk 50ribu malah dapat bonus free kuota internet + tlp all oparator 2 minggu full...

    • Sy jg mengalami hp di curi. tgl 31.01.2022. sy ke gerai Indosat mall ambassador unt minta SIM card baru. Sy harus byr 269.000 (migration prime 100/3M). Sy nolak tp ga bisa. Tp smpai HR ini sy ga pernah bs gunakan paketny. Klo bs uang sy kembalikan.

  • indosat lagi, tampaknya provider yg satu ini langganan masuk di MK.
    sudah byk kejadian yg tidak mengenakan ketika ingin mengganti kartu di gerai.

  • XL juga pascabayarnya jelek. Dikasih kuota gede anehnya cepet habis. Dulu juga sempet coba pascabayar smartfren dijanjiin sama gerai bakal lebih bagus sinyal. Eeeh yg ada malahan di banyak lokasi sinyal hilang sdgkn yg prabayarnya bagus banget. Bingung kenapa gitu ya.
    Sebenarnya yg salah sih pemerintah lebih tepatnya sistem pemerintahan. Saat ini perlindungan buat kerugian macam begini hampir gk ada padahal jelas2 merugikan masyarakat.

  • iya nih saya juga ada kartu rusak, semenjak baca ulasan2 di google setiap gerai indosat, saya jadi males ganti kartu rusak, lebih baik pakai provider lain, ayolah indosat segera perbaiki manajemen gerai nya, masa ganti kartu bayar 25 ribu jadi ratusan ribu