Tagihan Aneh di Aplikasi Akulaku Finance

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk Media Konsumen yang telah menerbitkan surat saya ini. Hal tak menyenangkan ini bermula, ketika saya yang ingin membeli barang di Shopee menggunakan Akucicil. Namun anehnya transaksi saya ditolak, padahal limit Akulaku saya masih ada.

Karena penasaran saya mencoba untuk men-download aplikasi Akulaku Finance untuk melihat kredit poin saya. Saya pikir apakah kredit poin saya yang bermasalah? Namun alangkah terkejutnya saya setelah aplikasi ter-download, ternyata di banner tagihan terpampang tagihan sebesar Rp625.000 untuk bulan Desember 2021 dan sudah jatuh tempo selama 39 hari.

Padahal selama ini saya tidak pernah telat membayar ataupun menunggak cicilan saya. Saya sudah menghubungi CS Akulaku terkait masalah tersebut dan jawaban dari pihak Akulaku bahwasanya aplikasi Akulaku Finance tidak ada kaitannya dengan Akulaku yang sebenarnya dan hanya kerangka aplikasi saja.

Namun tetap saja saya tidak merasa tenang. Karena sampai saya membuat surat ini tagihan cicilan aneh tersebut tetap ada dan terus berjalan dan kini sudah 61 hari untuk jatuh temponya dan tidak bisa dibayar.

Saya mohon untuk pihak Akulaku dapat menyelesaikan permasalahan saya ini. Saya tidak mau ke depannya ada masalah, karena saya sudah melunasi semua tagihan Akulaku Akucicil saya. Berikut saya cantumkan bukti semua Akulaku Akucicil yang sudah lunas hingga Februari 2022.

Indah Puspitasari
Kota Lhokseumawe, NAD


Update (16 Maret 2022): Surat pembaca di atas kembali mendapatkan tanggapan dari pihak Akulaku sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku Indonesia atas Surat Ibu Indah Puspitasari

Jakarta, 9 Maret 2022 Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Ibu Indah...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • kan sudah dibilang CS tidak ada hubungannya, tidak usah dipikirkan, diabaikan saja. Uninstall aplikasinya.

    • Selama tidak muncul tagihan aneh tersebut,,aku laku tidak gencar menelpon saya untuk menagih cicilan,tapi semenjak ada tagihan aneh tersebut,aku laku gencar sekali menelpon saya berkali2 dan itu cukup menganggu,padahal saya tidak pernah menunggak ataupun telat membayar cicilan saya,saya membuat surat ini karena merasa cukup khawatir,karena setelah saya telepon ke cs tagihan tersebut bukannya hilang malah jatuh tempo pembayarannya tetap terus bertambah,dan saya hanya tidak mau bermasalah dikemudian harinya,nama saya buruk di bank indonesia ataupun ditagih oleh dc untuk tagihan yang smuanya sudah lunas.

      • Telepon CS Akulaku dengan direkam, lalu nyatakan keluar dari keanggotaan cabut berkas, jangan lagi berhubungan dengan Akulaku.
        Kalau bisa keluar cabut berkas dari Akulaku berarti tidak ada tunggakan, mulailah hidup konaah, apa adanya. rajin menabung, beli barang tanpa hutang, nyaman dan tenang.

        • Iya kak maunya juga gtu sperti yang kakak sarankan,ngeri juga soalnya,buat jaga2 walaupun katanya aplikasi finance bukan bagian dari akulaku itu sendiri dan hanya kerangka pelengkap saja tetap saja bikin khawatir,karena mau bagaimanapun tetap aplikasi itu aku laku yang punya,yang sudah2 saya baca tetap ada yang ditagih2 dc padahal sudah tidak ada lagi cicilan,saya juga takut kalau sampai kejadian seperti itu terjadi pada saya.sangat tidak enak rasanya cicilan sudah kita bayar sudah lunas tetapi masih ditagih,dan di bilang menunggak lagi.Terima kasih banyak kak atas saran dan masukannya🙏🙏🙏

      • Menurut saya aplikasi nya sih akhir akhir ini yg sedang maintenance.
        Karena bnyak juga yg mengeluh dengan aplikasi ini.

        • Akulaku finance ati2 yang asli akulaku, banyak kasusnya pake akulaku finance setelah dftar muncul tagihan baru kasusnya bkn ente aja sy baca puluhan yang kena kasus tagihan baru dr akulaku finance

      • Ya kalo itu bukan tagihan Anda ya sudah kenapa musti khawatir.. dan gak perlu juga dibayar, abaikan saja lahh kan sudah lunas semua hutangnya kan..

      • Saya nasabah Akulaku, sangat kecewa dengan penagihan Akulaku DC. Saya sebagai nasabah punya itikad baik untuk melakukan pembayaran tagihan saya dan konsekuensi saya terima dengan membayar denda keterlambatan atau data saya terblaclis. Dan baru bulan ini saya telat tidak berbulan bulan karena ekonomi saya lagi tidak stabil, Tapi anda jangan menyebarkan data saya dengan mengirim foto saya ke no telepon WhatsApp emergency dan kontak saya, SOP DC AKULAKU seperti itu? Sudah OJK tapi cara penagihan anda lebih dari ILEGAL
        saya tidak terima data saya di sebarkan saya akan laporkan ke pihak berwajib UD ITE (penyebaran data).

  • coba check yang complain yang lain di topic aku laku... aku laku finance itu katanya bukan punya aku laku... mungkin yang musti ditanyakan ke cs nya kenapa gak bisa beli barang pakai akun aku laku cicil punya mbanya? tapi mba kalo mba tipe yang concern kaya gini sebaiknya beli barang cash aja jgn pakai app kaya gini soalnya yang pakai app kaya gini ada beberapa yang complain datanya kesebar dibilang punya utang di wa in berkali2 sama DC padahal uda gak ada tagihan..
    membuat diri sendiri tidak tenang... hanya saran saja

    • Iya kak,sudah baca2 dan banyak sekali yang komplen,memang sudah tidak saya pakai lagi,karena sudah tidak bisa dipakai walaupun limit cukup,lagipula saya mau pakai juga takut karena sudah ada kejadian seperti ini

    • Aplikasi ********
      Jangn di pakai lagi
      Tujuh turunan
      Sama persis tagihan bulan februari
      Sudh terbayar lunas 815ribu
      Sebelum jatuh Tempo tgl 25
      Ternyata masih ada lagi tagihan berikutnya untuk bulan Maret sebesar
      Rp 395.000 entah dari mana datangnya
      Semoga di laknat kalian yg makan dengn
      Cara zolim

      • Jadi gimana bang? Akhirnya abang bayar itu tagihan,yang saya,mau saya klik bayar tidak bisa tetapi jatuh tempo terus berjalan yang awalnya 39 hari sekarang sudah 61 hari,yang saya juga di akulaku finance itu 180 memang ada tapi sudah saya bayar dan lunas 1 lagi 450 rb dan saya tidak tau itu cicilan yang mana karena saya tidak pernah transaksi dan memiliki cicilan sebesar 450 tersebut.

  • ada 2 aplikasi akulaku
    akulaku finance yg sudah tidak terpakai
    dan ada aplikasi akulaku
    kalo ga percaya silakan cek PlayStore

    jadi saran saya abaikan tagihan di akulaku finance karena itu sudah ga boleh digunakan

    • alah akulaku aplikasinya bobrok sya sudah bayar lunas seharusnya 12x malah 13x plus denda....padahal sya telat 2 bulan dan ditawarkan program cicil dan dihapuskan denda..tapi ga apa2 sya bayar memang sya telat 2 bulan, tapi bulan berikutya sya selalu tepat waktu ga pernah lewat sampai lunas....nah lucunya bulan setelah sy mulai bayar lagi sampai lunas ada bunga berjalan terselubung, dan ditagih lagi setelah pembayaran ke 13...mulai lah dc akulaku meneror sya....sya tantangin udh bayar lunas koq muncul tagihan denda..jadi mereka tetep bilang sesuai aplikasi...aplikasi mereka tidak update dengan program cicilan sya...karena mereka bikin jadi 2 sistem di satu aplikasi, hati2 untuk yg ditawari porgram cicil atau restruk, karena dibalik itu akulaku melakukan pemerasan dan tidak pernah di konfirmasi dari awal....tagihan itu muncul setelah kita lunas

    • abaikan bagaimana...akulaku finance ganti nama jadi assetku satunya lagi di dana cicil..jadi pinjaman kita itu dimasukkan kedua aplikasi itu...jadilah tagihan terselubung...
      dan mereka akan meneror setelah tagihan cicil kita lunas...dc akhirnya tlp berdalih berdasarkan aplikasi...jadi sdh disetting sma mereka pada saat lunas lsg beralih ke salah satu sistem itu...kalau yg hutang cicil 1 bulan aman...tetapi kalau lebih dari beberapa bulan sistem itu bekerja...ini sya sdh laporkan ke ojk dan terkait lainnya...cs mereka tidak pernah punya jawaban apa yg sya tanyakan hanya bicara akan ditindak lanjuti mohan maaf atas ketidakyamanannya tapi selang 1 atau 2 bulan muncul lagi...saran sya di urus sampai tuntas jgn dibiarkan

    • Kalau memang sudah tidak dipakai kan sebaiknya dari pihak aku laku hapus saja aplikasi aku laku finance tersebut ini malah masih ada diplaystore,agar tidak meresahkan begini.

  • Secara awam bisa disebut itu aplikasi versi beta nya
    Jadi ga ada pengaruh apapun thdap data

  • Aplikasi akulaku finance di hapus aja
    Coba masuk ke aplikasi akulaku yg asli
    Ada tagihan gk,
    Soalnya di komentar akulaku finance di playastore banyak yg komentar begitu,
    Tiba-tiba ada tagihan

  • Masih mending saya aja kejadian tas saya hilang beserta KTP HP dan di HP ada limit banyak di kredivo shopeepaylater
    Dan itu belum saya pakai sama sekali dan kejadian itu saya ngurus Kartu telpon saya dan kembali tapi malah" Banyak teror tagihan dan sialnya password HP dan pin kredivo sama shopeepaylater pakai tanggal lahir 😭😂

  • Kejadian nya sama seperti yg saya alami mba, saya rutin bayar cicilan paylater di AKULAKU ga pernah lewat dari jatuh tempo sampai akhirnya waktu saya mau pakai limit buat belanja selalu di tolak sama akulaku, waktu saya cek aplikasi akulaku finance saya sampai kaget pas lihat tunggakan dari bulan Oktober 2021 - februari 2022 totalnya 5jt lebih dan lewat jatuh tempo lebih dari 360 hari.. saya udh komplain berkali-kali ke pihak akulaku tapi ngga pernah kasih solusi yg jelas..