Surat Pembaca

Shopee Seenaknya Menghubungi yang Bukan Kontak Darurat

Yth. Shopee,

Saya menulis surat ini, karena pihak Shopee tidak menyelesaikan komplain saya, yaitu soal Tim Penagihan yang seenaknya mengakses data kontak saya untuk dihubungi. Padahal kontak-kontak tersebut tidak saya cantumkan di aplikasi Shopee.

Cerita bermula, saat saya telat beberapa hari dalam membayar tagihan Shopee SPayLater bulan Januari 2022, yang jatuh temponya pada bulan Februari 2022. Dikarenakan keuangan saya kolaps, ditambah saya harus kontrol mingguan ke dokter yang cukup menguras kantong. Namun saya mencoba mencicil beberapa kali sampai akhirnya lunas kemarin.

Saya heran sekelas Shopee kenapa sampai seenaknya menelepon orang lain di kontak saya, contohnya mertua dan teman saya. Dari pukul 7 pagi sampai pukul 7 malam pula! Mengganggu sekali. Ketika saya protes, tim penagihan bilang bahwa nomor tersebut otomatis ada di sistem mereka.

Halo Shopee! Sudah mirip pinjol ilegal nih ngambil kontak konsumen. Padahal di pengaturan aplikasi, saya sudah mengatur untuk tidak mengizinkan Shopee mengakses kontak.

Komplain saya yang kedua yaitu, saya sudah lunasi tagihan eh malah Shopee SPayLater saya tidak bisa dipakai! Saya ini konsumen lama, dan baru telat juga berapa hari, tapi sudah sebegitunya Shopee membekukan akun saya.

Saya minta Shopee merespons dengan benar permasalahan saya ini, karena via CS-nya tidak menyelesaikan masalah. Komentar di aplikasi disuruh kirim via DM Twitter. Sudah dilakukan via Twitter, cuma direspons ala kadarnya.

Yuniwati
Bandung, Jawa Barat


Update (1 Maret 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa pihak Shopee telah memberikan penjelasan sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Intinya yaa tetap slah yg pinjam karna telat byar biarpun telatx cm beberapa hari doang...klo smpai di telpon oleh pihak shoppe yaaa itu udah konsekuensi dr keterlambatan qt..untuk pembekuan akun dgan metode shoppelater mnurutq ya wjar mereka menolak karna ada keterlambatan tadi jdi blaclist ya semacam kita utangin orang trus telat yaa jera deh..

  • Kalau tidak mau dihubungi ya dilunasi mbak, kalau takut risih dihubungi ya jangan ngutang mbak. Kalau dirasa gasanggup bayar jangan maksain belanja. Tekanan berbanding lurus dengan gaya, kalo hidup mbak banyak tekanan berarti mbak kebanyakan gaya

    • Oh saya ga kebanyakan gaya. Saya pake buat beli kebutuhan bayi saya & dapur saya. Bukan belanja barang ga penting.

  • Intinya adalah gak usah banyak gaya, hidup sesuai dengan kemampuan aja kalo gak mampu yaa gak usah dari pada maksain dan akhirnya nunggak, hidup kalo gak ada hutang itu hati tenang. Karena namanya DC itu profesi nya, kerjaan mereka menelpon nasabah yang ada keterlambatan pembayaran dan kenapa mereka telpon orang lain selain yang kita cantumkan? Karena mungkin sebelum nya mreka sudah konfirmasi ke semua data yang ada tapi mungkin kita gak kooperatif atau sama sekali gak merespon makanya mereka nyari referensi lain yang bisa sampaikan ke orang yang bersangkutan karena mereka menjalankan apa yang mereka kerjakan. Kalo masalah nya gak mau kemana-mana ya selesaikan sebelum jatuh tempo yang di berikan.

  • Telat bayar dihubungi yaa wajarlah, yang gak wajar itu kmu belum bayar hutangmu terus kamu bikin review bintang 1 laah wong masalahnya di kamu kok aplikasinya yg disalahin..

    Realistis juga kak, dimana² klo udah telat pasti susahlah dapat kepercayaan untuk dikasih lagi.. dan jangan dikomparasi dengan pembayaran tagihan sebelum²nya yang selalu tepat waktu karena itu gak nyambung..

    Hakmu dapat pinjaman, kewajibanmu membayar. Hak mereka menagih karena kewajiban memberi pinjaman sudah dilakukan.. klo gak mau ditagih jangan pake

    • Yang saya anggap ga wajar adalah menghub diluar kontak darurat. Apalg saya masih bisa dihub. Kan poin komplain saya itu.
      Klo dia nagihnya ke saya ya ga bakal saya komplain lah.
      Ya nyambung lah, selama jadi member shopee pembayaran bagus, trus suatu waktu telat tp perlakuannya seperti telat berkali-kali & kurang menyenangkan, saya punya hak juga buat komplain. Shopee juga manusia bisa sekali-sekali salah.

  • Heran, semakin kesini semakin banyak orang yang jelas-jelas menunggak hutang, telat pembayaran yang (katanya) cuma beberapa hari, kemudian ditagih akhirnya ngamuk nulis surat pembaca. Poinnya apa sih? Ya kalau gamau diperlakukan seperti itu, gausah hutang. Belanja lah sesuai isi dompetmu, jangan menuruti gaya. Gitu aja kok repot banget ya.

    • Poin saya disini adalah cara penagihan. Klo dia hub saya / kontak darurat doank sih ga kan saya komplain.
      Yang niat bayar telat juga siapa? Wkt saya oake paylater saya sudah memperhitungkan saya bakal bisa bayar. Tapi tiba" ada trouble trus jadi terhambat bayar memangnya siapa yg tau? Emangnya saya juga tiap kali selalu telat bayar? Saya pake shopee buat kebutuhan bayi& dapur saya bukan buat gaya!

  • Hahahhaha,
    Ternyata sekelas Shoope pake juga alesan * pihak ketiga*
    Udah kaya artis nih yg rumah tangga nya d ganggu Orang ketiga.
    Malu lah Shopee kalo sekelas Ente juga nyerahin masalah beginian ke pihak ketiga. Mana Ada kerjaan Pihak ke tiga yg bener, Debt Collector lagi.
    Wahai Para Debt Colector, Sekali kali lah Anda itu kerjaan nya Ngg nyakitin Orang. Rejeki Anak cucu Anda pertruhkan demi sebuah Ego,
    Puas maki2 orang. Carilah kerjaan yg bener, yg rejeki nya Toyibah buat kasih makan keluarga dan keturunan Ente, sadarlahhhh
    Masih banyak kerjaan yg baik, halal dan toyibah

  • Hidup berkah tanpa ngutang. Awal SPay later, y ujung-ujungnya pinjol.. Sabelas duabelas. Usahakan memiliki batang tanpa hutang. InsyaAllah hidup tenang