Bayar Pakai Debit di Alfamart, Jadi Bayar Dobel

Pernah gak sih kalian belanja di Alfamart bayarnya pakai debit BCA, terus kalian gak tahu kalau transaksi itu double atau berlipat? Tahunya setelah buka mutasi. Itu yang terjadi padaku saat ini. Saya melakukan pembelian di Alfamart Warukulon, Lamongan, Jawa Timur pada tanggal 24 Februari 2022. Berikut mutasi transaksi debit saya, tapi untuk bukti setruk sudah tidak ada.

Gak tahu kenapa kasirnya diam saja, kurasa bukan anak baru juga. Saat melakukan transaksi juga ada 2 kasir di situ. Sengaja atau tidak, aku tidak tahu.

Setelah itu aku mengadu ke Alfamart, tapi cuma ke kasir bukan atasan. Bukan kasir yang sama, jadi mereka tidak tahu. Sudah seminggu sih, tapi belum ada pengembalian. Saya merasa sangat dirugikan, apalagi kasir yang kesal nyariin bukti (meski ketemu). Walaupun bukan kesalahan dia, tapi di situ aku melihat dia sebagai wajah Alfamart.

Saat selesai, saya dimintain rekening dan nomor WA. Aku sendiri yang merasa bersalah karena merasa merepotkan. Aku menulis ini hanya ingin tau prosedur yang seperti apa yang dilakukan oleh Alfamart dalam kasus ini, semoga ada yang membantu.

Desi Saputri Sri Rezeki
Lamongan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Alfamart atas Surat Ibu Desi Saputri

Menanggapi keluhan Ibu Desi Saputri Sri Rezeki – Lamongan, Jawa Timur di Redaksi Media Konsumen tanggal 5 Maret 2022 dengan...
Baca Selengkapnya

Komentar

      • Itu emang hak mbanya harus diperjuangin.
        Tapi kalau mau refund hubungi bca nya ya.
        Itu eror sistem edc, kasirnya sudah melakukan sesuai SOP.
        Kalau minta refund ke kasir nanti dia ganti pake uang pribadi.
        Apa ga kasian.

        • Oogitu ya bang, itulah tujuan saya menulis disini biar tau, soalnya saya gamau kalo mesti mba kasir yang ganti, mereka kerja mencari uang bukan malah mengeluarkan uang.
          Hanya saja kalo struk dari edc ada di saya 1 dan ada di kasir 2 apakah benar itu uangnya ga masuk ke merchant???
          Dari situ baru bisa tau kalo uang masuk merchant, merchant yang ganti, kalo uang ga masuk merchant khawatir si mba kasir yang akan ganti.

          • Begini kak,
            Biasanya cashier pas melakukan payment di mesin EDC, biasanya ada keterangan try again,yg salahnya cashier gak coba inquiry di mesin EDC apakah transaksinya berhasil/gagal,Kalo sudah ketahuan hasilnya biasanya cashier menunjukkan print out nya,jika berhasil kasir langsung input di pos cashier,tp jika gagal cashier coba transaksi lagi di EDC,sepengalaman saya jadi cashier seperti itu,kalau untuk di Alfamart biasanya setelah closhing ada yang namanya clerek proses tutup transaksi yg mana transaksi di komputer cashier, komputer server akan di cocokan dengan fisik yang di bawa si kasir,misal voucher, credits card,debit card,cash,jika terjadi selisih cash misal variant minus itu tanggung jawab cashier harus ganti di saat itu juga,kalo yang terjadi seperti mbak itu namanya variant plus card,yang nantinya masuk di data finance selisih plus kartu,dan tetap wajib cashier yang bertanggung jawab, karena kesalahannya si cashier tidak melakukan inquiry di mesin EDC.
            Kurang lebih seperti itu kak

      • Bukan murni kesalahan kasir kak, sayangnya kakak lupa waktu transaksi memasukan 2x pin atau tidak. Sangat jarang dan hampir tdk mungkin terdebit 2x kalau tidak memasukan pin 2x, kecuali yg kakak gunakan kartu yg contact less yg tanpa perlu pin. Pendebitan double biasanya karna error pada edc atau saat transaksi sinyal edc loss, dan tdk dicek dulu enquiry apakah yg pertama berhasil atau tidak, kemudian lngsung dicoba transaksi lagi yg kedua. Kalau dari cerita kakak, kasir sudah mencoba cek transaksi di tgl tersebut dan didapat memang terdebit 2x, kasus ini sudah 70% penyelesaian, 30% sisanya hanya teknis pengembalian dana, ini kaitanya antara merchant dan penyedia edc, kakak tinggal tunggu dan terus pantau. Proses pengembalian dana memang begitu rumit, saya yakin pihak merchant sedang mencoba melakukan konfirmasi kepada bank terkait.
        Pengalaman saya malah lebih rumit kak waktu jadi kasir, proses transaksi di edc gagal, enquiry benar-benar tdk berhasil transaksi, tapi sms notifikasi pendebitan di customer muncul berhasil, modar nggk tuh. Untung saat itu juga bisa langsung menghubungkan penyedia edc dan customer langsung via telpon, pihak edc menjanjikan pengembalian saldo, ya walau ada sedikit kekacauan customer marah marah ampe telepon toko dibanting.
        Jadi dipantau dan ditunggu saja, InsyaAllah dana akan kembali.

  • Saya setiap belanja di Alfamart selalu memakai kartu debit tp belum pernah kejadian seperti ini

  • Sempet dihubungi kasirnya diminta dateng ke alfamartnya:(( padahal udah minta rekening dan kukasih, sedih sih kek gini disuruh bolak balik, mana udah pergi keluar pulau, mereka yang salah saya yang mau direpotin, sorry banget nih meski dengan nominal cuma segitu saya tetap memperjuangkan pertanggungjawabannya

    • Selamat pagi Bu Desi coba kirim email ke alfacare@mu.co.id ceritakan kronologinya. lamprikan struk yg di prin ulang dan mutasi dan telpon 1500959 biar lebih cepat ditangin. Terima kasih.

      • Belum lama juga mengalami hal serupa.. melakukan transaksi menggunakan debit jago di Indomaret, saldo saya sudah terpotong namun di mesin EDC nya belum ada konfirmasi bahwa transaksi sudah berhasil akhirnya saya bayar cash. Selang beberapa hari saya email ke tanyajago.com menjelaskan perihal yg terjadi. Setelah dilakukan pengecekan dari bank transaksi dinyatakan gagal/ batal, diminta menunggu beberapa hari untuk pengembalian dananya

        • Ini jawaban dari bank jago
          👇

          Halo Turahman,

          Terima kasih telah menjadi Nasabah setia Jago.
          Kami telah melakukan pengecekan laporan kamu pada tanggal 28 Feb 2022 dengan nomor tiket: 202831011. Dapat kami sampaikan transaksi dibawah ini dinyatakan Batal / Gagal.

          Rincian transaksi, sebagai berikut:

          Tanggal Transaksi : 2022-02-27
          Nama Merchant : IDM T7NB SEROJA 4 JL RAYA SEROJID 62
          Nominal Transaksi: 48700

          Bersama ini kami sampaikan bahwa transaksi kamu dalam proses pengkreditan dan membutuhkan waktu maksimal 3 hari kerja. Kami akan menginformasikan kamu jika transaksi sudah berhasil dikreditkan ke rekening kamu.

          Tenang aja pasti kembali kok😁

    • Mba Nya benar Memang Harus Memperjuangkan.. tapi itu Bukan Murni Kesalahan Kasir.. Karna Setahu saya Pihak Retail Itu Berpatokan Dg Struk..Jika Ada Transaksi Gagal Pada mesin EDC mbanya Bisa Komplain Ke Pihak BCA nya.. Jadi Jgn menggiring Opini Seolah Alfamart Itu Curang atau Gimna...Kasirnya Juga Sudah Bener ada itikad Baik Meminta No WA dan Rekening Mba.nya ... Mungkin Bisa jdi Kasirnya akan mengganti Uang Mbanya pakai Uang sendiri.. bukan Dari Perusahaan. LAIN KALI PASTIKAN DULU SEBELUM MEMBUAT ARTIKEL SAYA YAKIN mba nya Berkompeten dalam Bidang ini. .. ini sudah menggiring ke Pencemaran Nama Baik karna sudah menyebutkan NAMA PT..

      • Maaf kak, artikel diatas tujuannya bertanya, kali aja ada kasus yang serupa dan mau tau aja sistemnya seperti apa. Bukan bermaksud menjelekkan perusahaan itu, krn sampai hari ini saya masih selalu belanja di merchant tersebut meskipun bukan tempat terjadinya kasus itu.
        Saya gatau kasirnya baru atau engga, krn pada saat transaksi ada 2 kasir saling membantu.
        Sedikit herannya adalah mereka menunjukkan kekesalan karena kesalahan kasir lain (pada saat yang bersangkutan tidak lagi sedang shift), sehingga saya merasa tidak nyaman saat berkomunikasi, saya meminta maaf kepada mereka karena merepotkan saat itu, harusnya mereka minta maaf ke saya juga atas nama merchant (bukan mengemis permintaan maaf), ehh malah memperlihatkan kurangnya rasa kerjasama team.
        After all, sudah clear.

  • Kayanya itu dr jaringan di edcnya kedebit 2x. Trx pertama ga keluar struk gada inquirynya lalu di debit lagi . Tp trnyt udh 2x. Saya pernah kejadian karena pas itu edc loading. Di trx mereka tdk ada tp di mbanking ada . Akhirnya dibantu dr alfamartnya untuk dia lapor ke bagian finance atasannya mungkin dan saya jg lapor ke BCA untuk pengaduan terdebit 2x yg sukses yg terakhir ditanya blabla bla ditunggu 4hr kerja kalo ga slh. Balik lagi saldo saya. Kalo nemuin kaya gtu lagsunh lapor aja ke Bank terkait pasti bisa dicek.. makasih

    • Halo kak terimakasih sudah berbagi. Saya sengaja tanpa menghubungi BCA krn setelah saya menunjukkan mutasi dari mbanking ke kasir, kasirnya mencari struk-struk di tanggal tersebut, dan mereka menemukan 2 struk yang dari edc itu.

  • saya pernah menjadi kerja jd Admin kasir... biasanya itu terjadi karena gangguan sinyal, yg membuat receipt tidak keluar,

    harusnya pihak kasir melakukan check transaksi terakhir di Mesin EDC jika ada gangguan, jika yg muncul transaksi lama.. bisa mengulang transaksi nya, tp jika muncul transaksi yg baru, yah jangan diulang...

    • Ha begitu ya bang, saya awalnya tidak menyadari kalo edc mengeluarkan 2 struk (yang saya lihat saya transaksi) adalah tanda 2x pendebitan heheh padahal saya selalu bayar pakai debit kalo belanja dimana-mana, cuma tidak memperhatikan saja.

      • sbnarnya itu tanggung jawab kasir, karena tidak semua customer mengerti cara gunakan EDC ....

        dari kasus mba, sepertinya si kasir belum ditraining / mengalami gangguan struk yg gk muncul...

      • TRANSAKSI GAGAL tidak akan mengeluarkan Struk... Mba kasir itu berpatokan Pada Struk

        • Tapi setelah saya mengadu ke kasir hari itu, kasirnya menemukan 2 struk dari edc, harusnya cuma 1 kan di mereka, karena satunya di kasih ke saya.
          Mereka saat lagi rekapan berarti hanya merapikan tidak memperhatikan kenapa ada 1 struk edc yang tidak di solatip dengan struk monitor merchant.
          Karena setelah tgl 24 itu saya masih belanja kesana dan saya yakin banget mereka mengenal saya krn sering kesana.

  • Saya pernah alamin kejadian yg mirip di indomaret, 2x input, yg pertama gagal yg kedua sukses. Untung saya cek mutasi rekening. Saya tunjukan ke kasir, kasir kemudian cek edc. Benar ada 2x transaksi. Kemudian kasir mengembalikan kelebihan nya, hanya saja ada fakta yg di ingat. 2x transaksi krn sinyal edc yg bermasalah, transaksi oleh bca dianggap legal. Uang sdh 'msk' ke penyedia mesin edc. Kasir mengganti memakai uang mereka sendiri krn penyedia edc tdk bertanggung jwb atas transaksi gagal dan bca mengganggap transaksi legal

    • Terimakasih bang sudah berbagi pengalaman, apakah dari mesin edc keluar banyak struk? Soalnya kasus saya dapat 3 struk, 1 dikasih saya 2 disimpan mereka

  • Sekali lagi saya mohon maaf jika ada salah kalimat dalam penyampaian, disini adalah situs bebas bagi konsumen untuk menyampaikan keluhan/pendapat/pertanyaan/berdiskusi/sharing dll, tidak ada sekalipun maksud saya menjelekkan merchant Alfamart.
    Dari sini kita semua bisa tau dan belajar pengalaman sama-sama. Thanks

  • Hallo Mba Desi.

    Perihal Case kamu itu terjadi karena kemungkinankoneksi EDC yg bermasalah, dimana pas gesek yg pertama itu "Transaction Failed/ Try Again", yang ternyata memotong saldo atm anda sehingga terjadi yg namanya Transaksi Gantung.

    Jika seperti itu, anda harus menelpon ke pihak Bank nya untuk memberi sangahan terhadap transaksi gantung tersebut, tentunya pihak minimarket tsb bersedia buat berita acara jika di minta oleh pihak bank.

    Pasti ada kasus transaksi gantung di setiap store kalo koneksi edc tsb bermasalah.

  • Langsung ke bank nanti dikomplen biar bank yg urus. Kalo di edc bank yg sama maka perlu 14 hari kerja maksimal untuk penelusuran