Surat Pembaca

Tidak Bisa Mengajukan Pinjaman Kembali, Setelah Melunasi Tunggakan Pembayaran Kredivo

Saya melakukan pinjaman sebelumnya kepada Kredivo, pada tanggal 17 Oktober 2021, dengan ID transaksi: 165969646, nominal Rp5.100.000 dengan tempo 6 angsuran. Pada angsuran ke-4 dan ke-5, saya mengalami keterlambatan pembayaran. Namun pada angsuran ke-6, saya langsung melakukan pelunasan seluruh angsuran.

Sebelum pelunasan seluruh angsuran, saya sudah bertanya kepada pihak Kredivo apakah jika saya melunasi semua tunggakan saya, saya bisa mengajukan kembali? Pihak Kredivo mengatakan bisa, tapi harus tunggu 2-3 hari. Saya pun menelepon CS pada hari kedua, menanyakan kenapa pengajuan saya ditolak. Mereka menjawab sesuai email dari pihak Kredivo, terkait kendala keamanan.

Mereka juga mengatakan agar saya coba mengajukan dengan nominal lebih kecil, serta melakukan transaksi lain. Akhirnya saya membeli pulsa melalui Kredivo dan langsung melunasinya. Saya pun mencoba kembali mengajukan pinjaman, tetapi tidak bisa.

Saya menelepon kembali pihak Kredivo, tetapi kali ini jawabannya adalah investigasi akun dan harus menunggu 1 x 24 jam. Saya pun menyetujuinya dan menunggu kembali. Namun hari ini pun masih tetap tidak bisa. Bagaimana solusi dari Kredivo? Bagaimana agar saya bisa mengajukan pinjaman? Tolong kejelasan dari pihak Kredivo.

Karunia Shella Wardhany
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Karunia Shella Wardhany

Terima kasih atas informasi yang Ibu Karunia Shella Wardhany sampaikan di website Media Konsumen. Dalam menanggapi keluhan Ibu Karunia Shella...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Bagaimana agar saya bisa mengajukan pinjaman?
    -------------------
    Kalau saya jadi Kredivo sy tidak akan mengabulkan pinjaman anda.
    Saya sudah capek dibohongi, katanya bayar tepat waktu ternyata harus dipancing kata kata dulu supaya hutang dilunasi.

    Akyu tidak rhomaa....

  • kemarin ditagih dc tunaiku komplain di sene kan.sekarang ga di kasih utang sama kredivo komplain juga..wkwkwkwkwkwkwkwk hobi kok ngutang...

    • Walah, Hobby ngutang Pinjol ternyata.

      Sekalinya telat bayar lalu diancam Pinjol gak terima dan ngadu disini, ....pas udah gk diijinkan minjam pinjol curhatnya jugaa disini ..

      Ya udah lah, mungkin Pinjol lain udah ngeliat track record mu disini...suka telat bayar dan ngeluh di sini ketika dipaksa bayar..

      siapa yg ngga kapok minjemin kalau yg model begini?

        • Setau sy emang gitu. Dulu pernah telat 2 hari. Abis itu gak bisa langsung ngajuin. Nunggu dulu, cuma lupa waktu itu berapa lama. Kayaknya sebulan lebih dah. Benerin skor credit dulu. Kalau jelek gak di approve. Coba pake aplikasi laen... Indodana misalnya. Limitnya biasanya gede, tenor nya juga panjang... Masih banyak sih sebetulnya app lain.

          ~Hehe

      • Untuk kalian terutama untuk ts.JANGAN LAH SUKA MEMINJAM MINJAM DI PINJOL..KLO ANDA MENGERTI RIBA.ANDA TIDAK MINJEM KLO ANDA MINJEM ANDA PASTI ADA KENDALA.HIDUP SEDERHANA AJA.BISA MAKAN DPT HASIL HALAL BUAT ANAK MAKAN GA MASALAH BERSYUKUR AJA.DARIPDA HIDUP ANDA STRES MIKIRIN UTANG UTANG YANG BERAKIBAT TERHADAP DIRI ANDA SENDIRI..JANGAN MENJADI SOK KAYA.KLO MISKIN PENGEN FASILITAS SEPERTI ORANG KAYA BUANG JAUH2 PEMIKIRAN SEPERTI ITU...HIDUP MISKIN SEDERHANA ITU ENAK.SAYA MISKIN ALHADULILLAH GA PUNYA UTANG.WALAU SAYA SAMA ANAK ISTRI TINGGAL DIKONTRAKAN.GA NEKO2 BELI MOBIL BELI MOTOR YG MAHAL2..
        DAN JANGAN LUPA BERSYUKUR

    • Kaya'nya gali lubang tutup lubang.., setelah dapat pinjaman dari pinjol lain, lunasi di Kredivo, mau pinjam lagi dikredivo apa mau ngelunasin yang lain lagi..
      Sebaiknya HENTIKAN membiasakan pinjam dibanyak tempat...

  • Mbak harus tahu, dalam sistem layanan keuangan mbak itu memiliki nilai atau skor kepatuhan dalam membayar, dan itu tercatat di OJK. Skor kredit itu bisa diakses sama semua lembaga keuangan, jadi kalau skor mbak-nya rendah pasti semua kreditur akan menolak memberi pinjaman, walau mbak belum pernah meminjam di perusahaan pemberi kredit tersebut...
    Ketepatan pembayaran pokok dan bunga itu disebut kolektibilitas kredit...
    Ada 5 kolektibilitas kredit sesuai peraturan OJK :
    1. Kolektibilitas 1: Lancar, apabila debitur selalu membayar pokok dan bunga tepat waktu. Perkembangan rekening baik, tidak ada tunggakan, serta sesuai dengan persyaratan kredit.

    2. Kolektibilitas 2: Dalam Perhatian Khusus, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga antara 1-90 hari.

    3. Kolektibilitas 3: Kurang Lancar, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga antara 91-120 hari.

    4. Kolektibilitas 4: Diragukan, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga antara 121-180 hari.

    5. Kolektibilitas 5: Macet, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga lebih dari 180 hari.

    Jadi mbak bisa mengira² pernahkah macet membayar tunggakan kredit ditempat lain. Kalau pernah, bisa dihitung berapa hari mbak menunggak pembayaran? Kalau lebih dari 90 hari dipastikan mbak akan kesusahan mencari kreditur yg resmi...

    • Kredivo emg begitu, suka2 punya...saya nga pernah telat bayar, byr tepat waktu masih aja pengajuan nga di terima. Pinjam1x di kasih,2x di kasih, 3x buru2 di kasih alasan ini itu.pinjol apa begtu hahaha udah mesti kasih izin lagi kontak....langsung saya unistall...wkwkwk

      • Saya pengguna kredivo dari awal tahun 2017, awalnya karena tertarik dari salah satu ecomerce yg menawarkan beli sekarang bayar 30 hari tanpa bunga. Saya tertarik dan install aplikasinya, syaratnya cuma foto KTP, sama menghubungkan dg akun digital, tanpa meminta ijin akses ke kontak (kalau anda bilang minta ijin akses kontak, berarti anda tidak pernah install kredivo), dan saya disetujui sebagai basic account. Saya tidak pernah mengajukan sebagai premium, tapi karena skor kredit saya bagus tiba² saja sudah jadi premium akun saya. Terus terang saya menggunakan kredivo untuk pembelian barang, bukan untuk pinjam uang, karena cicilan kredivo untuk 3 bulan bunganya 0 persen. Dan saat akhir bulan promonya cicilan 6 bulan bunga 0 persen...
        Untuk pinjam uang mending datang ke BRI, disana ada KUR dengan bunga rendah. Tentu saja syaratnya skor kredit di OJK bagus... ???

      • Sudah terlalu banyak kasus kasus yang terjadi menggunakan aplikasi Kredivo. Pihak Kredivo harusnya tanggap melindungi konsumennya dengan membuat penyelidikan dan laporan ke Polisi. Dan masukan kepada OJK serta Polisi harusnya tidak tutup mata dengan kasus viral Kredivo. Harus aktiv juga melakukan pemeriksaan dan penyelidikan apakah yang terjadi ini, murni pemain eksternal atau jangan jangan ada juga pemain internal Kredivo yang mengerti system dan kelemahan di Kredivo..

  • Hahaaa pemaksaan supaya bisa utang lagi.. temen gue aja gak bisa dipake lagi Biasa aja.. ini Komplen wkwkwk..

    • Silahkan evaluasi sendiri bagaimana pembayaran utang anda. Dan ngaca diri tukang pinjam. Sebelum protes.

    • Pas cek ig nya ternyata mbaknya msh muda bgt, msh kuliah di daerah pamulang ?

  • Hahaha harusnya anda nyadar diri,gak punya Cermin kali ya jadi gak bisa ngaca diri sendiri,pada Bulan Februari 2022 anda mengemis pada Dc Tunaiku untuk diberi keringanan Suku bunga, anda menunggak tidak membayar angsuran dari bulan Desember 2021-Februari 2022.
    Dan sekarang anda mengemis meminta diberikan kredit oleh Kredivo !!!
    Status Skor kredit anda sebagai kreditur ada di System OJK.
    Sepertinya anda sudah tidak akan mendapatkan kredit lagi karena History anda pernah menunggak/macet pembayaran selama 90 hari.
    Ko Seneng banget sih Mbak Hidup banyak Hutang,apa mempunyai Hutang itu cuma hobi & gaya Hidup Mbak saja.
    Sekian dan Terima Nasib.

    • Ya betul kak, apalagi tunaiku itu kan apk nya bank ya, bank Amar. Ya jelas aja bank bisa gampang untuk ngecap kalo kreditnya jelek, kena deh tu BI checking atau KOL nya

  • jangan berusaha lepas dari pinjol.. di saat di tolak jangan berlangganan hutang.. biar hidup tenang..

  • Gali lobang tutup lobang akhirnya berada dipusaran pinjol laknat yang susah buat lepas. Saya sudah lepas dari pinjol dibuat galbay, daripada harus galob tulob. Peduli amat sama blacklist perbankan, yang penting sudah tidak berurusan lagi dengan perbankan