Kuota Lokal Freedom Combo Indosat Sebesar 10 GB Menghilang

Dear Indosat,

Saya pengguna Indosat, ingin mengeluhkan kuota lokal saya yang menghilang sebesar 10 GB. Saya ingat bahwa saya sama sekali belum menggunakan kuota lokal tersebut, sejak paket Freedom Combo 60 GB Rp150.000 diperpanjang otomatis pada tanggal 16 Maret 2022.

Pada tanggal tersebut, kartu Indosat saya berada di Desa Pekan Seruway, Kecamatan Pekan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh, 24473. Di lokasi tersebut sinyal Indosat tidak ada sama sekali/blank spot. Saya tidak dapat menggunakan Indosat pada hari itu, sehingga saya menggunakan provider lain atau terhubung ke Wi-Fi untuk mengakses internet.

Kalau kita mengaktifkan paket Freedom Combo 60 GB 30 hari seharga Rp150.000, di aplikasi myIM3 untuk wilayah Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh, maka kita akan mendapatkan benefit kuota utama 25 GB, kuota lokal 25 GB, kuota pukul 01-06 pagi 10 GB, bonus myIM3 10 GB.

Benefit kuota yang didapatkan jika mengaktifkan paket Freedom Combo 150rb 30hr

Pada tanggal 17 Maret 2022, saya cek sisa kuota dengan cara ketik USAGE kirim ke 363 melalui SMS dan di aplikasi myIM3, kuota lokal saya sudah berkurang 10GB. Berikut bukti screenshot-nya.

Sisa kuota di aplikasi myIM3
Sisa kuota di SMS

Saya telah menghubungi Call Center Indosat pada 17 Maret 2022 pukul 16.53, di nomor 02130003000. Customer service tersebut menjelaskan kepada saya bahwa kuota lokal 10 GB memang sudah saya gunakan.

Saya sudah menjelaskan bahwa pada tanggal 16 Maret 2022, kartu saya berada di luar jangkauan sinyal Indosat, bertepatan dengan waktu perpanjangan otomatis paket internet Freedom Combo 60 GB 150 ribu 30 hari. Namun customer service Indosat tetap kekeh mengatakan bahwa saya telah menggunakan kuota tersebut.

Akhirnya saya menyarankan ia untuk dibuatkan laporan saja untuk ditindaklanjuti lebih dalam. Mungkin ada kesalahan sistem Indosat pada saat proses perpanjangan paket internet Freedom Combo 60 GB 150 ribu 30 hari, dimana pada saat itu kan nomor Indosat saya sedang berada dil uar jangkauan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut bukti berbagai screenshot penggunaan data saya bulan ini agar dapat dbandingkan dengan penggunaan data internet saya di sistem Indosat.

Record penggunaan data internet di aplikasi myIM3
Record penggunaan data internet di penggunaan data pada menu Pengaturan handphone
Record penggunaan data internet di aplikasi Internet Speed Meter Lite

Saya menulis keluhan saya di sini, agar saya bisa menjelaskan secara detail dan pernah terjadi sebelumnya, dimana saya mengaktifkan paket Freedom Internet 42 GB 100 ribu. Pada saat itu saya berada di zona Micro Cluster 2x lipat.

Seharusnya saya mendapatkan kuota 2x lipat atau 84 GB, karena kan saya mengaktifkan paket Freedom Internet tersebut di zona Micro Cluster 2x lipat, yang sudah saya pastikan dengan cara mengetik ZONE kirim ke 363. Namun, karena kesalahan sistem, jadi saya hanya mendapatkan kuota 42 GB saja. Lalu saya komplain ke 185, kemudian dibuatkan laporan dan akhirnya saya mendapatkan kuota Zona 84 GB yang seharusnya.

Saya berharap permasalahan saya dapat diselesaikan dan menemukan jalan keluar salahnya ada di mana, serta berharap agar tidak terjadi kembali di masa yang akan datang.

Terima kasih.

Budi Syahreza
Aceh Tamiang, Aceh

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar