Surat Pembaca

Pengiriman GoSend Same Day di Tokopedia Dibatalkan Pukul 17:43 WIB

Saya Afriyaldi. Saya mau komplain terkait pengiriman Same Day di Tokopedia menggunakan GoSend.
Berikut saya kirimkan kronologinya:

Nomor Invoice: INV/20220317/MPL/2140055835
Tanggal Pembelian: 17 Maret 2022, 06:53 WIB (JAUH SEBELUM pukul 17:00 WIB)
Kurir: Same Day – GoSend (Estimasi tiba 17 Mar 2022)
Nomor Resi: GK-11-560394098

  • 13:13 17 Mar
    Melakukan pencarian driver, harap menunggu.
    Kota Administrasi Jakarta Barat
  • 13:19 17 Mar
    Driver sedang menuju lokasi penjual untuk mengambil pesanan.
    Nama : Andr*** Reva***
    Telp : 628*******447
    Perkiraan pickup : 14:22 WIB, 17 Mar
    Kota Administrasi Jakarta Barat
  • 13:37 17 Mar
    Driver telah diganti dan sedang menuju lokasi penjual
    Nama : Hart***
    Telp : 628*******710
    Perkiraan pickup : 15:20 WIB, 17 Mar
    Kota Administrasi Jakarta Barat
  • 15:12 17 Mar
    Driver sedang mengantar pesanan ke tujuan.
    Nama : Hart***
    Telp : 628*******710
    Perkiraan tiba : 19:11 WIB, 17 Mar
    Kota Administrasi Jakarta Barat
  • 16:18 17 Mar
    Driver mengalami kendala (KENDALA ???), namun pengiriman akan dilanjutkan secepatnya. Silakan hubungi driver yang bersangkutan.
    Nama : Hart***
    Telp : 628*******710
    Kota Administrasi Jakarta Barat
  • 17:43 17 Mar
    Driver membatalkan permintaan pickup. Jangan khawatir, kami akan kembali mencarikan driver untuk Anda mulai pukul 09.00 WIB, 18 Mar 2022. Keterangan : Terdapat kendala pengiriman pada kurir.

Di sini saya kecewa, driver melakukan pembatalan di atas pukul 17:00 WIB, dimana dalam syarat dan ketentuan Tokopedia, di atas jam tersebut akan dicari esok harinya.

  1. Saya melakukan pemesanan dari pukul 06 :53 WIB.
  2. Driver dengan seenaknya membatalkan pesanan di atas pukul 17:00 WIB.
  3. Customer care hanya menginformasikan sesuai dengan syarat dan ketentuan mereka. Padahal mereka bisa cek dong, saya pesan dari jam berapa dan kesalahan driver mereka cancel di atas jam tersebut.
  4. Saya pesan same day itu berharap datang hari yang sama, bukan entar sok entar sok.

Tolong kepada Head of Customer Care Tokopedia, anak buahnya di-training ulang, karena mereka tidak punya empati sebagai customer care.

Terima kasih. Regards,

Afriyaldi
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Kabel charger iphone merek aukey berat nya 300 gram, saya butuh karena hp saya sudah lowbad dari pagi… makanya saya pesan pagi”

      • kalau mmg barangnya dianggap "sangat dibutuhkan", jika pengiriman 1 daerah & ada pilihan INSTANT KURIR, maka HARUSNYA pilihan itu yg diambil

        "kebiasaan" bbrp penjual di tokped mmg terlalu lama utk memproses pengiriman yg menggunakan kurir instant atau sameday.., contoh dlm kasus ini, order jam 6 pagi & penjual minta pickup sdh jam 1 siang.., mengakibatkan kurir menerima request pickup jg sdh siang, resikonya utk pengiriman sameday, bisa spt yg terjadi dlm kasus ini.., INI YG HRS MENJADI PERHATIAN BAGI TOKPED UTK BERSIKAP TEGAS AGAR PENJUAL (TERUTAMA "OFFICIAL STORE") TIDAK SEENAKNYA MENENTUKAN KAPAN MEREKA MULAI MEMPROSES PENGIRIMAN PESANAN APALAGI PENGIRIMAN "SAMEDAY".., dr kasus ini, pembeli order jam 6 pagi, penjual memproses jam 1 siang.., menurut saya pihak penjual yg KEBANGETAN, apapun alasannya

        utk pembeli.., ini "resiko" kita sbg pembeli dr penjual yg TDK BISA MEMAHAMI arti dr permintaan pengiriman "instant" atau "sameday" YG BLM MELEBIHI BATAS WAKTU PENGIRIMAN.., bayangkan, anda order jam 6 pagi, menggunakan kurir sameday tp baru diproses pengiriman jam 1 siang, terlalu KUCLUK penjual spt itu...

        tapi buat anda pembeli.., jangan salahkan kurir pengantarnya, MUNGKIN mmg ada kurir yg "nakal", tp saya lbh percaya semua kurir pd dasarnya baik & bertanggung jawab.., mereka ada di jalan raya dgn segala resikonya utk mengantar pesanan kita, benar mmg itu sdh menjadi pekerjaan mereka, tapi dgn kita berempati, mgkn semua akan lbh baik...

        • sudah ada pembatasan waktu kapan pesanan expired, sepanjang koridor telah ditetapkan Seller danggap tidak menyalahi aturan.sanksi yang bisa diberikan untuk seller seperti yang disebutkan diatas adalah berikan review negatif.

          • Menurut pendapat saya sebagai(driver+seller+buyer)..😂😂😊😇
            Same day memang seperti itu sistem nya..
            Seperti yg tlah di katakan abang" ojol ini..
            Bukan salah driver(ya itu tadi,faktor jarak), juga buka salah seller(di kirim di hari yg sama,itu juga sudah nilai positif untuk sellernya, ya karna yg order bukan cuma 1 atau 2 orang)..
            Sebenernya Saya juga tidak mengerti kenapa bisa di namakan sameday klo seperti itu..😂
            Klo masalah grab vs gojek = sama aja..
            Pernah req pickup grab di lempar ke grab dan sebaliknya..
            Klo untuk pihak tokped,sekarang batas pengiriman malah di perketat di banding online store lain nya..
            SO.. saling introspeksi lah, mudah"an kedepan nya ada perubahan yg lebih baik.. 😇😇

        • Kalo mau cepet ya pake instant bro. Jangan salahin driver. Driver juga punya hak untuk batalin order entah ada kendala dengan motornya dll. Resiko pake layanan sameday itu ya begitu. Coba ente pake instant. 2 jam sampe ko. Kenapa gapake instant? Ngerasa kemahalan kah? Tolong lebih smart lagi yah bedain layanannya. Jangan apa² salahin driver. Driver punya hak untuk batalin order karna mungkin ada kendala

          • Bener sih cuma gk jelas aja, hari ini 2 kali dibatalin sama sameday go Send. tanpa alasan yang jelas

        • Lha, penjual juga dikasih estimasi dari sistem Tokopedia. Kalau mau saat itu pesan, saat itu kirim ga perlu belanja online, langsung aja datang ke tempat dia jualan. Ente pikir penjual cuma ngurusin packingan ente doang. Tiap toko itu udah ada jadwalnya kapan pickup dan kapan kirim, konsumen yang suka bawel justru biasanya yang belinya barang recehan, mungkin ente salah satunya kucluk.

      • Kalo mau pesan hari ini sampai hari ini jngan pake yg sameday bang, tp yg instan,, pasti cepet dah

      • Makanya ente daftar jadi ojol terus bawa barang SAMEDAY. Biar situ rasain susahnya bawa barang bejibun tapi ongkos receh. Mau cepat ente Instan walaupun mahal dikit 2 jam pasti barang sampe.

    • Jika itu saya, saya mencoba berpikir positif saja, mungkin pas lagi kirim barang2 (same day tdk bawa cuma 1 barang) tiba2 ada telpon dari rumah ngabari ibu/istri/anaknya dilarikan ke RS, atau mungkin ada kecelakaan baik dia atau keluarganya, mungkin juga motornya bermasalah, dsb. Saya maklum karena driver juga manusia bukan robot. Terkadang kita juga harus mengesampingkan aturan dan mengutamakan kemanusiaan dalam beberapa isu.

      • Boleh berfikiran seperti itu, gaada yg salah.
        Tp alangkah baiknya memberitahu permasalahan kenapa meng censel.
        Jika punya tatakerama yg baik orang akan melakukan itu walau sesusah apapun itu kalo sudah jadi kebiyasaan .

  • Next time, saya sarankan menggunakan instan aja bang, jangan sameday. Saya juga pernah kecewa bgini, tapi mau gimana. Nasi udah jadi bubur, dibatalkan pun percuma.
    Saya selama pakai instan ga pnah telat, 15 menit langsung pickup driver nya
    Ini sameday emang parah, karena nunggu paket yg sekalian jalan, kl engga ada yg sekali jalan. Biasanya dibatalin

    • Same-day itu yang di pick up banyak tempat. Belum lagi ukuran barang daribanyak tempat. Kalau mau cepat ya pakai Instant. Instant hanya pick up satu tempat.

      • Jangan pakai GoJek mas. GoJek memang kurang profesional menurut saya. Pakai yg mahal sedikit, GrabSend driver nya lebih profesional. Beberapa x punya pengalaman tidak menyenangkan dengan driver GoJek, sampai akhirnya saya pakai GrabSend, drivernya lebih profesional dan tidak kasar.

          • Tendensius dimananya ya? Saya ga pegang saham apapun di dua perusahaan itu. Saya bicara berdasarkan pengalaman pribadi...klo situ tersinggung, lebih baik curahkan waktu perbaiki managemennya daripada sibuk mengkritisi pengalaman pribadi orang.

    • Ya sistemnya emang gitu bang. Dihitung jarak terjauh. Jadi orderan yg 2 atau 3 kalo sejalan dianggap nitip. Kalo jarak terjauh 10 km ya dapet 22rb meskipun ada 3 antaran

      • Ya itu makanya saya bilang, kalo mau cepat hrusnya pilih yg instan, beda dkit doang harga ongkir nya, tapi ya balik lagi ke barang yg dikirim. Kalo ga bs dibawa pake motor ya percuma

  • Harap maklum itu jg bukan salah toped. Itu tokonya jg klik kirim sdh jam 1an. Same-day kan bukan hanya pickup barang anda soalnya. Kalau drivernya batal di sistem baru bisa mencari driver baru dan tunggu ada driver searah ygau ambil itu klik terima

  • karena memang driver reject, dan secara sistem juga CS tokopedia tidak bisa lagi cari driver karena sudah melewati jam operasional pickup sameday.

    • Penjual: AUCKEY (kemungkinan Official Store)
      order barang: 6.53 pagi tgl 17
      Request pickup: 13.13 Wib (masih wajar)
      Sudah pickup: 15.12 Wib
      Kurir berkendala: 16:18 Wib
      Pengiriman Dibatalkan kurir: 17.43 Wib

      Kemungkinan Barang di terima: besok hari nya tanggal 18

      Menulis komplain di medkom: tgl 19 (sehari setelah brg diterima)

      yudh meleset 1 hari aja kan, gak berempati kpd abang gojek yg berkendala dilapangan: bisa mogok, cuaca buruk, macet, sakit, kecelakaan, hp error, kabar buruk dr keluarga, ban bocor, dll

      • Saya tulis medkom tgl yang sama bambang… tp untuk posting di media konsumet itu ga langsung posting kaya di facebook sampe sini paham ya… ini bukan soal empathy ke driver tp tangguh jawab… sampe sini paham yaa?

    • Yang ribut” barang berat, saya paham aturan pengiriman dan saya bukan beli kulkas yg dikirim pake gosend item nya cuman kabel charger iphone tampa kepala…kenapa sampai kesal iyu karena kabel nya saya butuhin bangey makanya pesan dari pagi… sampe sini payam ya?

    • Baik paduka, dengan uang 15rb - 20rb dunia ini milikmu, semua harus lancar sesuai kehendakmu.

  • Makanya klo order sameday di toped pake grab aja, pengalaman dapet orderan sameday ke depok ongkir 32rb, klik pick up jm 15an, sampai menjelang maghrib nggak ada driver yg pickup akhirnya berubah sendiri jadi instan, ane lihat di aplikasi driver yg pickup ongkir 76rb.

    • Ya Allah.. driver mengalami kendala bknnya empati malah menyalahkan, klo itu driver ternyata laka sampai akhirnya hrs membatalkan pesanan gmn? itu ada anjuran distatus pengirimannya utk menghubungi driver terkait, anda mencoba utk menghubunginya ga? Anda jg order apa emangnya? biasanya klo driver2 sameday sampai membatalkan orderan itu berarti barangnya itu melebihi dr ketentuan berat dan besarnya dan tdk mungkin dpt mereka angkut. Anda jg menandai kolom durasi pengiriman utk sameday, pasti anda berfikir klo barang pesanan anda itu pasti akan sampai dlm waktu kurang dr 8 jam, silahkan anda baca tulisan kecil diatas kolom2 tsb, disitu tertera klo durasi pengiriman terhitung sejak barang diserahkan ke kurir oleh penjual jd selama barang itu blm diambil oleh kurir maka durasi pengirimannya blm mulai dihitung jd jaminan 8 jam sampai itu blm berlaku. Anda tdk berhak menyalahkan kurir ataupun perusahaan kurir nya selagi barangnya blm diambil dan dibawa oleh kurirnya!! Tunggu aja sampai pukul 09:00 esoknya pasti barang anda akan diproses utk dikirimkan kembali ga perlu pake komplain disini sgala apalagi sampai meminta pertanggungjawaban dr pihak gojek nya, malu2in diri sendiri aja..

      • Sebenernya sih ya tetep salah drivernya juga. Kok ngebatalin tanpa kasih tahu dulu ke penerima barangnya, jam segitu pula. Karena walaupun di status pengiriman ada keterangan "harap hubungi driver", tapi kan ga smua pembeli pantengin aplikasinya terus. Kalau memang driver ada halangan kan bisa aja langsung hubungi penerima kendalanya apa & izin untuk dibatalin. Apalagi driver pickupnya juga masih siang, same day siang biasanya masih aman sore/malem dah sampe.

        Tapi emang bener kalau untuk sameday sekarang saya lbh prefer pake grab aja, atau malah anter aja (paling murah cuma 15rb dan selama ini belum pernah lewat hari).

        • lah ga ada kewajiban bagi driver utk memberitahukan terlebih dahulu ke customer klo mau mengcancel apalagi utk orderan yg dr e-commerce, driver bebas utk membatalkan orderan dan jg memilih2 orderan yg mau dia jalani ga ada itu yg namanya kewajiban bagi driver utk menjalankan semua orderan yg masuk. Driver sameday itu beda dgn driver kurir2 ekspedisi seperti sicepat, JNE, J&T, dll, klo driver2 kurir2 expedisi mah emang wajib menjalankan semua yg ditugaskan kpdnya dan berkewajiban utk memberitahukan jika ga jd pickup ataupun ga bs pickup pd waktu yg telah ditentukan tp itupun jg hanya kepihak pengirimnya bkn kepenerimanya. Driver ojol itu bebas bos, mau ngejalanin orderannya kek, mau ngecancel sesuka hatinya dia kek, mau milih2 orderan kek, sesuka-sukanya dia lah.

          • Gatau ya ada kewajiban atau nggak, saya juga ga ambil pusing amat smpe mau ngecek aturannya kaya gimana. Cuma ada namanya etika kerja sih dimana2.

            Logikanya orang ambil job, ditengah jalan dia berhenti & batalin sepihak tanpa penjelasan apa2. Yang rugi siapa? Ya yang punya job & calon konsumen.

          • Tambahan, ngebatalin job nya pas udah deadline pula. Bebas sih bebas bos, tapi jangan sampe saking bebasnya jadi anti menerima masukan aja.

          • Sorry bang disini ane tidak membela siapapun, memang untuk orderan mau di ambil ataupun tidak itu memang hak driver karena setau ane driver adalah mitra bukan karyawan jadi ya wajar bisa sesuka hati. Ya termasuk konsekuensi di dalamnya.
            Tapi perlu di catat antara konsumen dan driver saling membutuhkan saya yakin driver butuh orderan , konsumen butuh jasa driver. Jadi disana akan lebih arif bila kedua belah pihak saling menghargai.

          • @Ryan Nah ente ga tau kan klo driver ojol itu ga da kewajiban utk hrs menjalankan orderan yg diterimanya, makanya cari tau dulu tentang ojol baru komen. Logikanya bkn bgtu bos, ente salah besar klo menerapkan logika itu didunia perojolan, pikir baik2 klo orderan yg didapatnya hrs membawa barang yg berat ataupun jg besar ditambah hrs membawa barang2 dr orderan yg lainnya jg dan hanya mendapatkan bayaran yg kecil, siapa org yg mau? klo pun ada yg mau itu jg pasti karena terpaksa atau dipaksa. Klo ente sendiri yg mengalaminya apakah ente mau menjalankan orderan tsb? ane yakin pasti ente jg ga akan mau. Ngebatalin sepihak dan tanpa ngasih penjelasan apapun itu haknya ojol bos, dan klo pun emang mau ngasih penjelasan knp mau membatalkan itupun jg paling ke pengirimnya bkn ke penerimanya karena posisi driver jg dlm keadaan akan mengambil barang bknnya sdh akan mengantarkan barangnya. Pahami lg kata2 "akan mengambil dan sdh akan mengantarkan", pahami bedanya.

        • Ojol cuma MITRA Bukan Karyawan, kalau nt mau komplen langsung ke staff nya.

      • Hai bunda, driver sudah di hub tapi tidak tersambung dan item cuman kabel charger ( ga ada 1 KG) jd ga berat ya bunda

        • Driver dengan seenaknya membatalkan pesanan di atas pukul 17:00 WIB.
          Hai Boy, driver Gojek itu mitra bukan karyawan. Jadi hak driver mau diambil atau tidak . Berbeda dg ekspedisi lain seperti anteraja, sicepat, ninja, kurir dari ekspedisi tersebut wajib membawa paket.

          • Kenapa saya koment dengan seenak nya? Karena batas pengambilan driver lain itu jam 17:00.. saya itu ga masalahin si driver mau sampai kapan yg pasti same day ( hari yg sama) kalau misalkan tidak di hari yang sama jangan same day dong namanya… terus hak dia memang mau ambil atau tdk.. seengak nya kalau dia udah ambil ya tanggung jawab… atau cancel sebelum pukul 17:00 wib.. dari sini paham gak keluhan nya apa? Jangan kemana”

  • Jgn ngarep terlalu tinggi kalo komplen ke toped Krn yg jawab robot bang sekalinya yg jawab orang jawabannya suru baca tos hehehhehe tapi btw ini kasusnya sama sellernya dah bukan sama topednya kyk nya order jam 06 dikirim jam 13 udah ketinggalan kereta bang

  • Saya juga pernah ngalamin kaya gini..
    Tp yg pertams barang y apa dulu bisa jadi barang yg emang seharusnya di kirim bukan pake motor
    Ke dua bisa jadi driver y emang ada kendala di jalan
    Ke tiga coba hub y CS pihak gojeknya jangan CS tokped, itu langsung di cariin yg baru saya dibatalin krn 18:00 pake someday jam 20:00 langsung keterima barang y.

  • Anda kirim brg apa sy mau tanya klo brgnya guedee besarr gendutt beratt
    Pake sameday berarti otakmu taruv dmna
    Klo brg yg km kirim ga guede pasti di bwa / di pick up sm driver
    Bahlul ente

    • Kabel charger iphone merek aukey (tampa kepala) kenapa saya kesal karena hp sudah lowbad kabel yg saya punya rusak makanya dari pagi saya beli

  • Pak/bu, coba lampirkan juga dimensi paket yg akan di pickup driver.. Dan berat nya.. Driver berhak menolak/membatalkan order pickup kalau dimensi/berat nya tdk masuk akal

  • Hapus aja surat ini, bikin ulang yang terlampir foto paket/barang nya.. Beserta dimensi dan berat paket.. Driver berhak menolak paket kalau melebihi dimensi/berat yg sdh ditentukan.. Biar gk ada kecurigaan antara anda dan pihak tokped/gojek.. Siapa tau driver sdh sampai lokasi pickup, lihat paketnya gk masuk akal, pasti dia cancel dong order pickup nya..

    • Kabel charger beratnya berapa ton kah mas? Kabel buat charge pesawat Thanos ya?