Surat Pembaca

Pengiriman GoSend Same Day di Tokopedia Dibatalkan Pukul 17:43 WIB

Saya Afriyaldi. Saya mau komplain terkait pengiriman Same Day di Tokopedia menggunakan GoSend.
Berikut saya kirimkan kronologinya:

Nomor Invoice: INV/20220317/MPL/2140055835
Tanggal Pembelian: 17 Maret 2022, 06:53 WIB (JAUH SEBELUM pukul 17:00 WIB)
Kurir: Same Day – GoSend (Estimasi tiba 17 Mar 2022)
Nomor Resi: GK-11-560394098

  • 13:13 17 Mar
    Melakukan pencarian driver, harap menunggu.
    Kota Administrasi Jakarta Barat
  • 13:19 17 Mar
    Driver sedang menuju lokasi penjual untuk mengambil pesanan.
    Nama : Andr*** Reva***
    Telp : 628*******447
    Perkiraan pickup : 14:22 WIB, 17 Mar
    Kota Administrasi Jakarta Barat
  • 13:37 17 Mar
    Driver telah diganti dan sedang menuju lokasi penjual
    Nama : Hart***
    Telp : 628*******710
    Perkiraan pickup : 15:20 WIB, 17 Mar
    Kota Administrasi Jakarta Barat
  • 15:12 17 Mar
    Driver sedang mengantar pesanan ke tujuan.
    Nama : Hart***
    Telp : 628*******710
    Perkiraan tiba : 19:11 WIB, 17 Mar
    Kota Administrasi Jakarta Barat
  • 16:18 17 Mar
    Driver mengalami kendala (KENDALA ???), namun pengiriman akan dilanjutkan secepatnya. Silakan hubungi driver yang bersangkutan.
    Nama : Hart***
    Telp : 628*******710
    Kota Administrasi Jakarta Barat
  • 17:43 17 Mar
    Driver membatalkan permintaan pickup. Jangan khawatir, kami akan kembali mencarikan driver untuk Anda mulai pukul 09.00 WIB, 18 Mar 2022. Keterangan : Terdapat kendala pengiriman pada kurir.

Di sini saya kecewa, driver melakukan pembatalan di atas pukul 17:00 WIB, dimana dalam syarat dan ketentuan Tokopedia, di atas jam tersebut akan dicari esok harinya.

  1. Saya melakukan pemesanan dari pukul 06 :53 WIB.
  2. Driver dengan seenaknya membatalkan pesanan di atas pukul 17:00 WIB.
  3. Customer care hanya menginformasikan sesuai dengan syarat dan ketentuan mereka. Padahal mereka bisa cek dong, saya pesan dari jam berapa dan kesalahan driver mereka cancel di atas jam tersebut.
  4. Saya pesan same day itu berharap datang hari yang sama, bukan entar sok entar sok.

Tolong kepada Head of Customer Care Tokopedia, anak buahnya di-training ulang, karena mereka tidak punya empati sebagai customer care.

Terima kasih. Regards,

Afriyaldi
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Biasanya kendala ketika orderan dibatalkan saat sudah dijalankan bukan karena berat atau dimensi barang. Tetapi dikarenakan alamat & titik map tidak sesuai. Lalu driver menelepon penerima tetapi tidak tersambung. Mungkin driver tdk punya pulsa, mengandalkan WA tp nomor tsb bukan akun WA atau ada WA tp akun bisnis yg fiturnya tdk bisa ditelepon. Sehingga driver membatalkan & driver melaporkannya ke pihak aplikator sebagai pengiriman yg terkendala. Makanya di track record tertulis penerima utk menghubungi driver utk diselesaikan.
    Utk map memang sering terjadi titik tdk sesuai krn tergantung kendala pd koneksi dan jg di Jakarta banyak nama alamat yg sama. Akan clear jika ada komunikasi antara driver & penerima melalui tlp/Wa.
    Jadi pertanyaannya adalah :
    1. Apakah nomor tlp yg aktif sesuai dg yg di aplikasi Tokped? Klo lebih dipermudah nmr tlp yg ada WA pribadi bukan WA bisnis apalagi nmr tlp rumah/kantor krn hampir 75% driver tdk ada pulsa.
    2. Apakah penerima merespon ketika ada tlp masuk.
    Ketika driver ditelepon balik perima & tdk respon dikarenakan sdh menjalankan pengiriman yg berikutnya atau sdh sampai ketempat awal utk mengembalikan barang ke pengirim.
    Diharapkan pengguna belanja online mengisi nomor telepon di aplikasi manapun yg msh digunakan dan nomor tsb nomor pribadi.
    Semoga tdk ada kendala lagi dikemudian hari.

    • Telepon selalu aktif, bahkan saya tlp ga bisa terhubung dan WA si driver nya ceklis 1

  • Sebagai penjual, kalau Same Day tuh agak males nungguin ojolnya ga dateng², jadinya saat ojolnya dateng, saya keburu ada keperluan lagi di luar, karena yg order bukan cuma satu. Mungkin orderan Same Day sampai dibatalkan berkali² karena sellernya juga susah dihubungi. Jangan salahin drivernya juga.

  • Biasanya tarif pengantaran barang dari tokped atau shopee memang lebih murah untuk driver dibandingkan kita memesan langsung, jadi mungkin menurut driver ongkosnya tidak manusiawi atau lokasi tujuan pengirimannya sulit untuk mencari order kearah pulangnya, jadi hitungan driver menjadi rugi, jadi maklum saja jika tidak ada yang ambil order atas pertimbangan tsb

  • Kalau urusan driver saya agak riskan komentar karena lihatlah komentar diatas pasukan driver langsung serang. Seolah-olah driver ga pernah salah. Bahkan ga bisa lagi diskusi malah sudah saling menghujat.

  • kalo butuh cepat ya instan, driver ga ada tujuan lain selain kita. biaya pun paling mahal (karena eksklusif)
    kalo ga butuh cepat, ya pilih same day. karena di same day itu driver ngambil barang bisa sampe 7 tempat seller yg berbeda2, lalu mengantarkannya satu per satu ke pembeli, jd butuh waktu. kalo kesorean, pengiriman akan dilanjutkan besok.

  • Setahu Sy sameday itu kebanyakan esok harinya. Klu instan baru PD hari yg sama. Koreksi bila salah