Surat Pembaca

Team Dispute Lazada Memenangkan Video Unboxing Pembeli, Penjual Dirugikan Rp3,6 Juta Produk Logam Mulia Antam

Terima kasih kepada pihak Media Konsumen atas dimuatnya surat kami ini. Surat ini kami tuliskan atas kekecewaan kami terhadap pihak Lazada sebagai salah satu platform marketplace yang ada di Indonesia, terkait keputusan dari Tim Dispute Lazada. Berikut adalah kronologi kejadian secara lengkap dan rinci beserta semua bukti screenshot dan video:

Kejadian bermula ketika toko kami di Lazada (https://www.lazada.co.id/shop/xplod-company), yang sudah bergabung selama 6 tahun dengan reputasi hampir sempurna, mendapatkan pesanan logam mulia sebanyak 6 pesanan, dari 1 akun yang sama, dengan sistem pembayaran COD ke pelosok jauh Indonesia. Berikut adalah salah satu detail pesanan tersebut:

Pesanan tersebut berisikan 1 gram Logam Mulia Antam 1 Gram dan Logam Mulia Antam 3 Gram. Seperti kebanyakan pemrosesan pesanan dari toko kami, semua pesanan dan pengemasan kami rekam dalam video yang tidak terpotong dan tidak diedit yang dapat dilihat pada channel Youtube kami :

Semua pesanan dan paket bahkan ditandatangani secara unik, ditempel dengan safety seal, dikemas dalam kardus dan dimasukkan ke dalam elegant pouch seperti yang terlihat pada video. Setelah pembeli menerima pesanan pembeli mengajukan klaim bahwa produk emas Antam 3 Gram pada pesanan tersebut tidak ada.

Pembeli telah memegang kendali atas paket dari kami beberapa menit untuk selanjutnya memanggil kurir kembali untuk merekam video ini di bawah ini.

Mudah mengetahui video ini merupakan manipulasi pembeli, karena pembeli sama sekali tidak terkejut atas kardus yang sudah berlubang pada pesanan tersebut, yang bisa dilihat pada detik ke 36 – 39. Dan lubang tersebut bukan merupakan lubang yang dihasilkan dari irisan pisau, melainkan lubang karena isinya memang sudah diambil oleh pembeli sebelumnya dan dikemas ulang pada bagian belakang paket.

Mengetahui praktik ini, kami dengan segera merespons klaim pembeli melalui fitur chat di Lazada, yang ketika artikel ini dipublikasi, terhitung berjalan 9 Hari dari tanggal 15 Maret 2022 tanpa membuahkan hasil. Pada tanggal 18 Maret 2022, terhitung 3 hari sejak kasus diajukan, kami diminta mengirimkan bukti video pengemasan ke email drtm@lazada.co.id yang merupakan email team dispute.

Pada tanggal yang sama email telah kami kirimkan dengan bukti lampiran video pengemasan seperti yang sudah kita lihat bersama di channel Youtube kami di atas. Berikut screenshot email kami tertanggal 18 Maret 2022:

Tidak hanya mengirimkan email 1x ketika diminta, kami juga berkirim 4 email lain untuk menuntut penyelesaian kasus ini. Namun tidak membuahkan hasil sama sekali. Berikut email yang kami kirimkan tertanggal 21 Maret 2022:

Pada tanggal 22 Maret pukul 07.34 pagi, kami kembali mengirimkan email untuk menuntut kejelasan kasus ini. Pada tanggal 22 Maret 2022 terhitung 7 hari sejak klaim diajukan, status klaim berubah seperti pada gambar di bawah ini, dimana statusnya adalah “Ditindaklanjuti ke pihak jasa pengiriman”.

Dari 6 tahun kami bergabung dengan Lazada dan mulai berjualan Logam Mulia, baru 2x kami mengalami peristiwa ini. Sebelumnya kasus selesai dalam 3×24 jam tanpa ada sedikit pun keraguan dari kami berjualan di Lazada.

Sayangnya kali sungguh sangat mengecewakan, dimana tim dispute Lazada tertanggal 23 Maret 2022 (8 hari setelah klaim diajukan) mengabulkan permintaan pengembalian dana yang dilakukan atas klaim palsu pembeli.

 

Toko kami yang sudah 6 tahun bergabung dengan Lazada dengan persentase reputasi hampir sempurna dan berada pada level 6 penjual, dengan semua produk kami sudah berada di “Produk Terlaris” seperti :

Emas Antam 1 Gram : https://www.lazada.co.id/products/free-elegant-pouch-emas-antam-1-gram-certicard-2022-logam-mulia-antam-1gr-certieye-terlaris-xplod-gold-i5795320883-s11252768935.html

Dengan reputasi sempurna bintang 5 pada semua produk Logam Mulia kami, bagaimana ini bisa terjadi? Kekhawatiran kami memuncak dengan adanya kasus ini. Satu-satunya kasus, dimana team dispute Lazada menyebabkan kerugian pada toko kami senilai Rp3,6 juta. Kami menunggu respons Lazada atas kasus ini. Kami berharap manajemen Lazada bertindak adil terhadap kasus ini.

Terima kasih.

Rian Rahmanda
Karanganyar, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Lazada atas Surat Pembaca Bapak Rian Rahmanda

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 24 Maret 2022, mengenai “Team Dispute Lazada Memenangkan Video...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Aneh,pembeli blm mbuka bgks yg item itu,tp dah blg "ini kosong" , drmn dia tau pdhl br dibuka dus,kantong item br dipegang dah blg dlmnya kosong

  • "Tapi kok ga ada isinya?"

    Itu ganjil banget, padahal belum di buka kantong hitamnya. Berarti itu paket emang dah dibuka duluan sama buyer

  • Kok bisa ya. Saat paking 2 kartu warna hitam d bawa dompet d atas buku(putih). Sedangkan buka paket posisinya dompet d atas buku(putih) kartu hitam d bawa buku.

    Moga masalanya cepat beres.

  • Kurir lazada beberapa emg ada yg busuk, entah dari lex atau kurir lain yg gendong. Pernah kena modus dapet order tujuan pelosok, barang diretur karena tujuan salah, seperti biasa barang retur dikumpul dulu menunggu order barang yg sama, lah waktu mau dikirim dan dipacking ulang isinya ternyata ditukar barang lain. Kardus sama isinya beda, lampu variasi bus, ditukar lampu kelap-kelip buat kaki lima. Niat ama mau nyolong pake modal dulu. Dikomplain ke seller center lazada juga ga ada hasil.
    Sekarang solusi agar tidak kemalingan lagi pake dus yg tebel, order dus double wall ke pabrik kardus, dan dilapis kresek item agar anti air.
    Dan untuk barang mahal ditimbang beratnya dan difoto melalui chat ke pembeli, klo barang yg datang beda beratnya, berarti hilang oleh kurir, bisa buat bukti komplain ke lazada.

  • Anti klimaks nih bro.... Udah jadi konsumsi publik, endingnya malah kagak dibahas, gimana sih?!

    • Sudah dibahas dan dijelaskan hingga tuntas di kolom komentar. Saya paste lagi ya :

      Perhari ini 24 Maret 2022 Pukul 11.32 Pihak Lazada telah menghubungi toko kami dan memastikan status “Refund Pending” tersebut tidak dikurangkan dari laporan penjualan kami melainkan klaim yang sudah diganti rugi oleh pihak Jasa Kirim.

      Kami sangat berharap kasus seperti ini tidak perlu terjadi lagi di masa mendatang pada platform Marketplace Lazada. Penanganan kasus oleh Team Dispute bisa lebih diperbaiki lagi agar tidak terlalu memakan waktu yang berlarut – larut. Apresiasi kami terhadap platform Lazada atas respon cepat kasus kali ini.

      Kami juga menghimbau pihak jasa kirim untuk melakukan prosedur pengiriman paket dan SOP pengiriman sesuai dengan kebijakan dan ketentuan masing – masing jasa kirim.

      Setelah ini toko kami akan melengkapi pengemasan dengan lebih baik lagi agar tidak terjadi kasus serupa. Kami juga telah menonaktifkan fitur COD di toko kami untuk meminimalisir tindakan serupa. Kunjungi toko kami di Lazada Birthday Sale dengan kualitas dan harga terbaik https://www.lazada.co.id/shop/xplod-company

      Terima kasih kepada Media Konsumen telah mempublikasi Surat Pembaca kami dan komentar – komentar dari akun lain yang meningkatkan visibilitas artikel ini. Salam ?

  • Persis sama seperti toko saya yang dibanned permanent karena melayani pembeli penipu seperti ini bedanya yang dikirim processor Ama kejadiannya di Tokopedia yang salah bukan kurir atau pembelinya melainkan tim pusat resolusi Tokopedia atau dispute lazada yang memenangkan gugatan klaim penipunya