Surat Pembaca

Pembatalan Polis BRI Life Tidak Semudah ketika Telemarketing Mengikutsertakan Saya

Ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Telepon Telemarketing Cigna Mengatasnamakan BRI Pusat, Berujung Berkurangnya Saldo di Rekening BritAma“. Secara singkat beginilah kronologinya:

  •  Tanggal 15 Maret 2022, saya dapat telepon dari +622151019210, yang mengaku dari BRI pusat memberikan asuransi gratis selama 2 tahun karena saya pengguna BritAma. Setelah itu saya chat kontak BRI, mengatakan itu bukan dari BRI pusat, dan saya disuruh hubungi nomor itu kembali. Namun setiap aku telepon, tidak pernah bisa dan mengatakan nomor itu tidak terdaftar. Saya chat kontak BRI dan menyampaikan hal tersebut, dan dia menyuruh menghubungi nomor tersebut secara berkala.
  • Tanggal 18 Maret 2022 ,saldo saya hilang sebesar Rp1.022.500. Setelah mengetahui hal tersebut lalu saya langsung pergi ke Bank Bri unit terdekat. Sampai di sana pukul 14.50, tapi sudah tidak diterima. Katanya sudah mau tutup, dan antrean masih ada. Kemudian pihak security menyarankan untuk telepon BRI pusat, setelah di telepon jawabannya adalah saldo saya didebit oleh pihak asuransi Cigna.
  • Tanggal 21 Maret 2022, saya menulis surat pembaca di Media Konsumen, lalu mendapat respons dari pihak Cigna yang mengatakan saldo itu tidak masuk asuransi Cigna. Setelah itu dapat telepon BRI pusat, uang tersebut masuk ke asuransi BRI Life.
  • Sebagai orang yang awam mengenai perihal seperti itu, saya coba datang ke bank BRI terdekat, menyampaikan masalah yang menimpa saya, yaitu tertipu dan terjebak ke asuransi BRI Life. Namun CS BRI mengatakan untuk masalah itu tidak bisa membantu, karena Bank BRI dan BRI Life adalah perusahaan yang saling berdiri sendiri, dan saya harus mengurusnya secara pribadi.
  • Kemudian saya telepon pihak BRI Life di 1500087, mau mengurus pembatalan polis dan pengajuan pengembalian dana, karena keikutsertaan saya terhadap asuransi tersebut tidak dengan penuh kesadaran dan keinginan saya. CS bilang untuk polis bisa dibatalkan, tapi premi yang sudah masuk tidak bisa dikembalikan, tapi menyuruh saya mencoba mengurusnya dengan menghubungi lewat email dan mengikuti prosedurnya.
  • Setelah itu saya menghubungi lewat email dan mengajukan permohonan pengembalian dana dan pembatalan polis. CS menyuruh membuat surat pernyataan beserta mengisi dokumen pembatalan polis dan menyerahkan foto KTP dan rekening dalam bentuk pdf. Yang semua itu sudah saya buat dan saya kirimkan pada tanggal 21 Maret 2022 pukul 17.30. Namun kutunggu sampai jam kerja hari berikutnya tidak ada balasan. Bahkan tanggal 22 Maret 2022 pukul 10.20 saya kirim email lagi dengan format berbeda, mengharapkan ada balasan. Namun sama sekali tidak ada balasan.
  • Kemudian setelah lama menunggu sebelum pukul 12.00 pm saya coba hubungi CS BRI Life di nomor 1500087. Namun tidak bisa berbicara dengan CS secara langsung, dikarenakan sedang melayani pelanggan lain, dan disuruh menunggu tanpa mematikan telepon, sambil diperdengarkan musik seperti ringtone. Setelah itu seperti sudah mau bisa berbicara langsung, tapi hanya pemberitahuan suruh menunggu lagi, sambil diputarkan musik. Setelah musiknya habis lalu sambungan telepon, dimatikan. Saya coba hingga 3 kali, tapi tetap sama.
  • Saya coba kembali pukul 1.08 PM. Namun tetap sama tidak bisa berbicara langsung, dengan alasan yang serupa yaitu sedang melayani nasabah lain. Lalu saya menulis dan memutuskan akan mengirimkan tulisan ini.

Ternyata prosesnya sangat sulit sekali. Tidak seperti ketika telemarketing mengikutsertakan saya ke asuransi BRI Life, yang begitu dengan mudahnya lewat telepon dan sudah mengetahui semua data pribadi saya, suruh mengiyakan menerima hadiah asuransi gratis selama 2 tahun, sebagai hadiah untuk pengguna BritAma. Sampai sekarang ketika saya hampir menyelesaikan tulisan ini, hampir pukul 02.00 pm, email pun tidak ada balasan dan tanggapan dari BRI Life.

Saya sudah tidak tahu lagi harus bagaimana, jika saja saya adalah orang yang berada, mungkin tidak akan mau sampai lelah mengurus ini itu ke sana kemari hanya untuk mendapatkan hak yang hilang (meski untuk diketahui uang itu adalah uang masyarakat yang dititipkan kepada saya, dan bila itu hilang, maka mau tidak mau saya pun harus menggantinya). Yang mana, semua yang aku lakukan itu penuh pengorbanan baik berupa waktu, tenaga, materi dan yang paling berat adalah pikiran. Hingga beberapa hari tidak mampu untuk bekerja. Apalagi setelah kejadian itu, anak saya yang masih kecil 2thnan jadi rewel, sering marah-marah dan banyak menangis tidak seperti biasa.

Saya mohon kepada pihak terkait mohon bantuannya sekiranya sudi membatalkan polis dan yang terpenting adalah mengembalikan uang saya. Jika tidak mau, ya sudahlah saya lelah dan menyerah. Semoga Allah yang Maha Kuasa, Adil dan juga Penyayang yang akan menunjukkan keadilan dan keperkasaannya. Aamiin Allahuma Aamiin ya Robbal ‘almin. Terima kasih untuk pihak Media Konsumen yang telah sudi memuat surat ini.

Wassalamu’alaikum.

Miftakhul Azis
Magelang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mohon surat ini di hapus, sebab di waktu sekarang sudah ada respon dari pihak brilife, terima kasih

    • Surat yg sudah di muat tidak bisa dihapus...
      Nah ini kesalahan anda ke yg ke 2
      Pertama Tidak mendengar kan baik baik saat mendapat telpon
      Ke dua tidak membaca syarat dan ketentuan media konsumen,karena seluru surat yg telah di muat tidak dapat dihapus maka sebelum menulis wajib di pertimbangkan dari segi dampak, kebenarannya

      • @LimboFindEVO Ok terimakasih atas penilaiannya, tp menurut saya, saya sudah mencoba sebaik mungkin mendengarkan dan memahami pembicaraan si penelpon, dan itu jelas mengatakan dari bri pusat memberikan hadiah berupa asuransi selama 2 tahun, karena pengguna britama. Untuk nama programnya entah disebutkan atau tidak saya kurang tahu, sebab saya awam tentang asuransi, maka dari itu aku memintanya memberikan dokumen untuk bisa dipahami, dan dia menjanjikan polis yang akan di kirim. Tapi setelah 3 hari setelah di telpon tersebut, saldo saya ada yang hilang tanpa sepengetahuan saya& tidak ada pemberitahuan sebelumnya , setalah melalui banyak proses dan akhirnya tau uang tersebut masuk ke asuransi brilife, maka dari itu mengapa saya menyebutkan asuransi gratis yang katanya dihadiahan itu, saya menyebutnya jebakan & penipuan oleh telemarketing tersebut. Sebab setelah telpon itu, nomer tersebut juga tidak pernah bisa di hubungi kembali.
        Dan untuk nomer dua, maaf saya juga sudah memahami dan membaca syarat tersebut, dan sudah sangat memikirkan kebenaran dan juga dampaknya. Perlu untuk di ketahui saya mengirim surat tersebut tgl 21/03/22, berharap segera di muat oleh media konsumen agar cepat mendapatkan respon dari pihak terkait. Tapi tanggal 25/03/22 baru di muat, sedangkan respon dari bri life sudah ada pada tanggal 23/03/22. Dan jika anda menanyakan mengapa meski sudah tahu surat yang telah di terbitkan tidak bisa di hapus, namun saya tetap mencoba memintanya? Jawab saya adalah agar tidak ada komentar seperti anda, dan juga agar tidak ada kesalahpahaman dengan pihak terkait. Sebab saya menulis surat itu hanya bertujuan untuk ada pihak yang sudi membantu agar masalah saya terselesaikan dengan baik,terutama dengan pihak terkait. Bukanlah untuk menambah beban/ pun masalah kepada saya, yang merasa telah menjadi korban. Maaf & terimakasih

        • Kurang lebih sama dengan yg saya alami. Sy ke bank BRI thn 2018 dgn tujuan membuka rekening buat anak saya, kemudian sy ditawari untuk ikut BRI life waktu itu tdk ada persyaratan hanya KTP sy diambil datanya maka sy langsung jadi anggota asuransi BRI life. Dan saya langsung membayar polis saat itu RP 500.000/bln sampai -+1 thn. Sy mengundurkan diri/pembatalan polis Desember thn 2020 karena sdh tdk mampu membayar tpi sampai sekarang uang saya belum keluar. Waktu sy ke pegawai bagian asuransi bawa berkas pembatalan polis sy, sy di suruh menunggu paling lama 14 hari kerja uangnya sdh keluar tpi sampai sekarang uang itu belum juga keluar. Setiap sy tanyakan ke pegawai asuransinya katanya sabar masih proses. Sy tdk tau mau urus kemana lagi biar uang sy bisa kembali.

          • Apa tidak mencoba hubungi call centernya langsung (1500087) ? Saya juga hub callcenter tsb, dan disuruh mengurus lewat email. Dan katanya uang kembalian akan diproses dlm waktu 14 hr kerja. Tapi entah nantinya berhasil apa tidak, saya belum tahu, & masih menunggu.

          • Wah... Saya 2 bulan cuma di janji menunggu 14 hari tapi faktanya tidak di hubungi lagi... Semoga kasus seperti ini terangkat ga ada korban lgi, ntah uangnya d makan siapa..minta uang sendri dikembalikan kok sulit minta ampun

        • Gw nih pada tanggal 2 September 2022 pukul 16.30 WIB dapet telpon dari no +62 yg ngakunya dari bri pusat. Gw angkat telpon nih ditawarin gini "Bapak nasabah britama terpilih sebagai nasabah yg diberikan program bri life selama 2 tahun dengan premi 282.500 per bulan. Bila bapak dalam jangka waktu yang sudah disebutkan masih sehat maka saldo dikembalikan sebesar 25% dari premi yg dibayarkan." Trus gw jawab "Apa 282.500 perbulan gitu, uang gw muter bakalan gw pake." Terus dijawab lagi sama penipu, "Kalau keberatan, yg premi 112.000 perbulan. Bapak." Trus gw jawab "Ayah saya ada asuransi, kakak saya ada asuransi, masak gw juga harus bayar 112.000 kan males." Gw batalin tuh, ehh malah nutup telpon dengan nada marah dan jutek. Sekian cerita dari pengalaman gw maaf nih kalo ada kata yg salah.

        • Mas minta tolong cara pembatalan BRI life ini giman ya . Saya juga kena mas . Dan mau pembatalan. Apakah bisa dibatalkan mas ?

          • Sama mas, saya barusan juga kena, kira kira gimana ya biar bisa dibatalin, parah nih BRI jadi was was mau naruh uang di BRI

    • Saya punya pengalaman yg sama mengenai ditelpon oleh telemarketing asuransi lalu tiba2 saldo tabungan terdebet otomatis. Jadi saran saya, next kalo ada telpon mengatasnamakan bank atau apalah yg meminta waktu kita 5 menit utk presentasi, langsung saja katakan dg tegas : "maaf, saya tidak tertarik" dan segera matikan telpon anda. Karena kalau ada kata "iya" pada percakapan anda dg pihak telemarketing, makan akan dijadikan dasar persetujuan utk dilakukannya autodebet. Saya juga heran kenapa pihak bank bisa semudah itu mengakomodir autodebet dari pihak asuransi tanpa meminta tandatangan/PIN nasabah.

      • Betul. Jangan sampai mengatakan "Ya".
        Saya kalau ada penelpon mengatasnamakan bank ini itu, saya langsung katakan "TIDAK", "Kalau saya butuh saya akan langsung ke Bank nya", "Anda tidak berhak menelepon saya, karena nomor saya bukan untuk Anda, tapi untuk Keluarga saya"
        Penelponnya langsung kesurupan, ceracau nggak jelas.
        Beberapa saya sempat rekam otomatis.

    • Sebelum di proses biyasa nya ada email.dan surat yg di kirim ke rumah setelah ada surat pihak asuransi telpon lagi untuk memastikan bergabung atau tidak asuransi itu kita bayar bukan nabung

      • saya memang ga percaya ama ni asuransi..kalau dia telpon kalau saya bicara sebentar slangsung saya matiin..bodoh amat

      • Bang saya juga kena apakah klw kita buat rekening baru dengan bank sama apakah akan ke auto debet juga mohon penjelasannya

          • Halo kak, proses pembatalan polis nya apa saja persyaratan nya ya?. Tolong info nya, karena dari CIGNA nya disuruh mengirim nama, no. Polis, dan data2 kita. Saya takut untuk mengirim nya karena dari awal sudah menipu. Tolong info nya kak

      • Alhamdulillah uang yang telah di debet, di kembalikan sepenuhnya, dan pembatalan polis jg berhasil

        • Oh syukurlah..trus jarak antara surat yg ms ajukan di terima itu dengan pencairan berapa hari?

        • Maaf! Itu beneran dikembalikan sepenuhnya? Punya saya udah 2,5 tahun jalan ikut brilife...Caranya gimana biar bisa dikembalikan sepenuhnya ?

        • Mas saat ini sy jg kena tipu, sy sudah ke brilife yg di unit kota sy trs dihubungan cs pusat nya krn katanya tidak bisa membatalkan lewat CS yang di unit (gk tau tu fungsi mereka di unit ngapain malah masih sempet2nnya promosiin asuransi ra mutu ki).
          lalu dr CS pusat by phone sy ngisi formulir suruh nunggu 4 hr kerja, yg sy tanya apakah cukup itu atau email jg ngirim berkas ajuan? duh merepotkan .... antisipasi sy nol kan saldo, sy mau pindah bank aja.

    • Halo kak, saya juga ditelpon hari ini saat sore, emng iya saya setuju atau nge iyain, tpi karena saya takut itu penipuan saya tarik saldo saya di atm, klo gak ada saldo di atm apkah nanti kebatal sendiri atau polis bri life nya batalin sendiri karena kita gak bayar sebab saldo tidak ada, terus klo gak bisa, cara batalin nya gimana karena blm ada waktu satu hari saya setelah nerima telpon tersebut,.bisakah saya batalinnya?

      • Jadi uang kakak terpotong gak sampe sekarang ? Gimna kelanjutanya kak ? Saya juga barusan dapat tlpn kaya gitu . Gimna cara batalinnya ? Terima kasih

        • Awalnya terpotong, tp sudah di kembalikan semua setelah saya sukses mengurus pengembalian premi & pembatalan polis. Lalu saya sekarang sudah ganti rekening, & aman tiada potongan. Cara batalinnya bisa mengurus lewat email, lebig baik hub call center brilife dahulu, nanti di beri petunjuk cara mengurusnya.

          • Update : saya telah menghubungi nomor BRI life katanya bila ganti no rek tidak apa apa jika belum ditarik, dan tidak tahu telemarketing yang bagian mana bila belum ada penarikan biaya. Data kita bearti aman?. Apakah Abang juga saat ditelpon ditanyakan tentang riwayat kesehatan?

      • Ka, surat pernyataan nasabah tu kayak gimana ya? Soalnya untuk pengajuan premi ada surat pernyataan nasabah

    • saya mau bertanya, apakah saya meminta telepon diakhiri ditengah jalan apakah kemungkinan uang saya masih aman, saya takut saya dianggap setuju secara sepihak.

      • Jika tidak pernah mengiyakan / mengatakan setuju dlm suatu kesempatan, kemungkinan tidak akan terdebet

        • walaupun saya sempat mendengarkan tawaran yang diberikan sampai setengahnya, dan juga saat saya minta telepon ditutup pihak penelopon sempat marah marah kepada saya, apa saya bisa mengartikan sikap ini bahwa saya tidak akan didebet.

        • dan juga kalau cuma kata ya, saya merasa ada mengatakannya beberapa kali saat ia menjelaskan keuntungan yang saya terima, tapi belum ada kalimat apa bapak setuju atau tidak? apa kata ya saya pada situasi itu bisa mereka gunakan sebagai dasar saya setuju. sebetulnya saya masih was was sampai sekarang.

          • Jika saya di posisi anda, mungkin saya akan memindahkan uang yang di rek berkaitan ke rek lain(bisa semua atau sisakan secukupnya jika masih akan diaktifkan) ,atau pindahkan ke rek/buat baru jika blm punya rek lain. Ditakutkan sampai terpotong saldonya,sebab jika itu sampai terjadi ribet mengurusnya

    • Assalamualaikum bang, saya barusan kena in di telpon. Karena saya masih bangun dan tidak jelas saya berikan saja data saya dan bilang iya setuju. Blm ada balasan lanjutan dan saya ganti rekening untuk aman. Ini gimana ya bang? Perlukah menghubungi call center untuk membatalkannya?

      • Tdk menghubungi pun uangnya sdh aman klo ganti rekening, tp mgkn lebih baik menghubungi call senter untuk memastikan tidak di ikut sertakan program asuransi tersebut, di khawatirkan ada sesuatu yang tidak di inginkan terjadi di kemudian hari. Tapi saya juga tidak tahu banyak tentang asuransi

        • Nama kantornya offline nya apa ya? Apakah BRI life atau BRI insurance?.
          Jika lewat call center nanti harus bilang apa ya bang?.apakah bertanya jika kita sudah terdaftar dan jika iya mau dilepaskan?

          • Sepertinya bri life. Tanyakan sudah ikut terdaftar apa belum, serta ceritakan kronologi lengkapnya. Jika telah terdaftar minta utk pembatalan polis/keikutsertaan tersebut. Lebih cepat menghubungi nya lebih baik.

  • Kenapa awalnya setuju ikut asuransi saat di telpon? Setelah kena potongan premi malah cepat cepat minta balikin dana. Literasi oh literasi

    • Baca mknya nyet asal jeplak jdi orang jgn males baca, klo males baca tdk tahu pokok persoalnya no nulis no jeplak

    • Kasus saya sama dgn Bpk. Mitakhul. Mao tanya Pak, kalau belum ada nomor polis bagaimana membatalkannya bisa perjelas? Terima kasih.
      Urgent.

  • Terdapat ketentuan ‘Hak untuk Mempelajari Polis’ atau Cooling Off Period bahwa nasabah mendapatkan waktu 14 hari kalender sejak tanggal penerbitan polis untuk membaca polis. Dalam periode tersebut, nasabah bisa membatalkan polis tanpa dikenakan denda dan uang premi dikembalikan semuanya.

    Dah itu aja.

    • Ya terimakasih untuk penjelasannya, dan sebelumnya saya juga cari info dan mendapatkan penjelasan seperti yang anda jelaskan tersebut, maka dari itu saya bergerak cepat agar semua cepat beres dan mendapatkan hak saya kembali

  • Yang komen menyalahkan mungkin belum baca kronologi pertama sebelum surat ini terbit. Jadi menurut penulis memang ditawari dan hanya menjawab "setuju/ya/bersedia" semua lgsg di proses tanpa embel2 kontrak dan lain2. Kurang lebih seperti itu. Soalnya saya sudah pernah, dan untungnya sebelum itu saya sudah pernah baca thread orang kasusnya sama persis. Jd waktu ditelfon cmn bilang hmmm... gmn? Apa? Dan pura2 ngga denger.

    • Ah, kayanya ga jg. Dia pasti agak lumayan lama bicaranya sampe tahu di tawari asuransi 2 tahun gratis

    • "Pada tanggal 15 Maret 2022, ketika saya masih tidur siang pukul 15.29, saya terbangun karena mendapat telepon dari +622151019210, yang mengatasnamakan BRI Pusat. Katanya memberikan selamat kepada saya, karena pengguna BritAma, dan beruntung mendapatkan hadiah berupa asuransi gratis selama 2 tahun. Awalnya saya percaya itu dari BRI, karena dia sudah mengetahui data diri saya dengan lengkap, tanpa saya memberitahukannya.

      Lalu saya disuruh jawab setuju, ketika dia membacakan/berbicara. Saya coba memahami dengan seksama dan sepertinya tidak ada yang mencurigakan dan merugikan. Si penelepon membacakan tentang apa yang didapatkan dari asuransi itu, meski lama-lama dia berbicara dengan sangat cepat dan kurang jelas. Setelah itu saya pun meminta file data yang tertulis, agar saya bisa memahami semuanya. Dia mengatakan suruh tenang, sebab akan mengirimkan polis kepada saya dalam waktu 14 hari kerja". Tuh di baca baik2 tulisan dia yg pertama.

  • Kebanyakan asuransi emang seperti itu... Tidak pernah dijelaskan secara detail, hanya di iming-imingi keuntungan jika mau ikut asuransi. Apalagi asuransi BRIlife, pernah kejadian pada saya. Saya langsung mengajukan pembatalan, meskipun uang yg terpotong dari rekening tidak kembali sepenuhnya, paling tidak saya tidak terbebani angsuran bulanannya.

  • Udah, ditutup saja rekeningnya, anggap musibah, lupakan dan jadikan pelajaran kejadian pahit ini, jangan injakkan kaki lagi ke kantor bank tersebut. Buat rekening baru atau pindah ke bank lain.
    Lanjutkan hidup, hati tenang, anak dan rumah tangga juga tentram.

  • Dalam kasus saya itu, tidak ada email masuk dan polis juga belum saya terima apalagi telpon konfirmasi tersebut, sebab kejadian itu baru selang 3 hari, setelah mendapat telpon telemarketing tersebut

    • Kasus saya sama dgn Bpk. Mitakhul. Mao tanya Pak, kalau belum ada nomor polis bagaimana membatalkannya bisa perjelas? Terima kasih.
      Urgent.

      • Hub call centernya brilife, nanti di suruh download form pembatalan polis, dan isi semua yang di perlukan, dan di tulis di alasan, beritahukan bahwa anda belum menerima polis dan mengajukan refund premi dan juga membatalkan kerjasamanya, semoga membantu

    • Hallo kak kasus kakak sama dengan saya yg barusa saja mendapatkan telpon yg mengaku BRI menawarkan asuransi gratis yg saya setujui ptapi saya belum begitu memahami persyaratan dan ketentuan disebutkan sangat cepat saya belum mengetahui adanya pemotongan debet premi, saya tau nya asuransi gratis 2 tahun. telepon tersebut di hari Rabu tanggal 8 November 2023, kemudian 3 hari dari telpon tersebut saldo pada rekening saya terpotong pada Jumat tanggal 10 November 2023, tanpa adanya konfirmasi dulu dari pihak bank dan saya pun belum menerima buku polis nya. Saya sedang proses pengajuan lewat email, semoga bisa dibatalkan dan dana bisa kembali

  • Kalau sudah ada bank yang menawarkan investasi berbentuk tabungan itu wajib hati2. Karena nanti arahannya pasti ke asuransi. Bisa juga kedoknya berupa survey singkat. Abaikan saja dan langsung tutup cukup katakan sedang sibuk atau tidak berminat.

  • memang telemarketing ini bahasa nya bagus2... kemaren2 sy hampir kena jebakan dari kartu kredit dia bilang "selamat pa pengajuannya sudah acc KK nya mau di kirim ke mana" klo sy gak ngeuh sy jawab ke kantor dah jadi tuh KK nya padahal sy ga pernah ajuin. jadi saran saya bagi semua mending cut di awal pembicaraan saja jika ada telemarketing - maaf sy tidak tertarik- biar langsung clear ... kecuali memang anda tertarik

  • @azza apa mgkn karena kasusnya beda, klo punya saya saat pengajuan polis blm mendapatkan, dan belum juga ada 14 hari saat pengajuan di hitung dari mengatakan setujubsaat di telp marketingnya. Apa coba nulis artikel aja di media konsumen & ceritakan kronologi detilnya, siapa tahu/berharap tidak lagi bertele tele/nanti cepat ada tanggapan langsung dari pihak brilife, seperti saya waktu itu. Jadi semua bisa cepat clear. Ya semoga sukses dan tidak ada lagi kasus seperti itu yang menimpa orang lain lagi.

    • bagaimana menyelsaikan masalah untuk membatalkan bri life ini, karna saya pun mendapatkan hal yang sama di telpon lalu menjelaskan secara cepat dan 1 point yang saya dengar adalah program ini gratis selama 2 tahun tapi saya tidak merasakan kejelasan dalam arti 2 tahun gratis itu

      • Untuk membatalkan, bpk bisa hub call center brilife (bisa cari di internet) , lalu ikuti semua persyaratan yang di berikan, semiga berhasil

        • Baik terimakasih pak. Tapi dengan kasus yg terjadi apakah bpk diminta no rekening sebagai pembayaran autodebit nya? Dan apakah hanya pengguna BRI BRITAMA saja pak? Bagaimana dengan pengguna simpedes dan memiliki 2 rekening dalam 1 nama apakah dari bri yg terdaftar kita tutup apa dia akan pindah secara otomatis ke rekening 1 nya lgi pak?

          • Saya tidak di minta no rek utk autodebetnya, sebab mereka sudah tau hanya suruh konfirmasi, sedangkan utk pengembalian premi, diminta no rek aktif utk pengembalian dana nya.
            Biasanya utk promosi asuransi seperti itu lebih menyasar ke pengguna britama, sedangkan simpedes jarang.
            Setahu saya, tidak akan pindah secara otomatis kalau beda rekening meski satu nama/pemilik.