ATS Vacations Tidak Kunjung Mengembalikan Refund Tour yang Batal 2 Tahun Lalu

Saya Lusijanti Ratnani. Pada tanggal 24 Maret 2020 yang lalu, saya bermaksud mengikuti tour ke Eropa Timur bersama teman saya melalu ATS Vacations. Namun karena pandemi Covid-19 yang berlangsung mulai pertengahan Maret 2020, maka tour tersebut dibatalkan. Padahal sudah lunas terbayar sebesar Rp39.760.000 total untuk dua orang. Sejak saat itu, kami sudah berusaha menagih uang refund. Namun selalu saja tidak dikembalikan dengan berbagai alasan.

Akhirnya pada tanggal 28 Mei 2021, ATS Vacations mengirimkan surat bermeterai yang isinya berjanji me-refund uang tour kami secara bertahap (3x) pada 31 Desember 2021, 31 Januari 2022, dan 28 Februari 2022 (surat terlampir) Namun hingga hari ini, 25 Maret 2022, kami belum menerima dana refund sama sekali.

WA yang kami kirimkan juga ditanggapi dengan sekedarnya, dan malah sempat diminta untuk mengalihkan dana ke paket tour baru. Kami ini sudah berumur, tidak berani ikut tour di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung, karena kami termasuk golongan risiko tinggi (screenshot chat WA terlampir).

Akhirnya tanggal 21 Maret 2022, saya meminta anak saya mengantar saya ke kantor ATS Vacations di Surabaya, dan ternyata masih saja tutup (foto terlampir). Padahal travel agent lain sudah buka semua.

Saya lebih kaget lagi waktu diberitahu anak saya, bahwa ATS Vacations sudah gencar berpromosi mengiklankan paket-paket tour baru via Instagram. Padahal utang lama uang refund kami saja belum dibayarkan. Teman-teman yang ikut tour dari travel agent lain sudah mendapat refund mereka, dan dari airlines, dll, juga diinfo kalau uang refund sudah dibayarkan ke ATS Vacations.

Mengingat kondisi pandemi terus berlangsung dan animo masyarakat untuk berlibur masih rendah, apakah harus ada korban-korban baru yang ikut tour namun uangnya tidak kembali jika tidak jadi berangkat karena kekurangan peserta?

Tanggal 21 Maret 2022, anak saya juga berusaha menghubungi ATS Vacations melalui nomor telepon hotline yang tercantum di Instagram, tapi tidak dapat dihubungi. Akhirnya anak saya mengirim komplain lewat DM Instagram dan WA, dengan tenggat waktu hari ini 25 Maret 2022 pukul 17.00 untuk pengembalian dana. Namun jawabannya juga hanya diusahakan dan tetap tidak ada uang refund yang masuk.

Saya harap uang refund saya bisa segera dikembalikan dan tidak jatuh korban-korban baru seperti saya di kemudian hari. Terima kasih.

Lusijanti Ratnani
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Korban tour travel ini banyak sekali, sampai hafal namanya. Bangkrut atau ada indikasi penggelapan ? Coba cari info korban lainnya, bisa rame² lapor ke kepolisian. Semoga cepat ada jalan keluar ya bu.

  • Kalau search di google dengan kata 'ATS vacation penipuan', ternyata muncul cukup banyak kasus dimana uang customer yg dibatalkan tidak dikembalikan.

    Bisa jadi ini tanda2/indikasi akan gelapkan dana dan kemudian pemiliknya kabur seperti First Travel dulu.
    Semoga saja tidak.

  • Klo dilihat ini sdh termasuk dlm penggelapan dana/penipuan,
    Bukti : surat bermaterai, WA & lengkapi rekening koran pada tanggal dijanjikan pembayaran.
    Tinggal ibu hubungi korban lain bwa ke kantor polisi biar diusut.

  • laporakn saja, parah banget 2 tahun menunggu saya sih ga bisa nunggu lama2 gitu apalagi uang sudah masuk refund lambat. semoga segera cair bu

  • Sebaiknya kalau mau libuan ke luar negeri. Nggak usah pake agen Travel. Ajak aja kluarga dan tman2 patungan bayar biaya perjalanan. Lebih aman

  • Kemaren sore (28 Maret 2022), refund tour dari ATS Vacations akhirnya sudah ditransfer ke ibu saya (Lusijanti Ratnani) & temannya dan sudah lunas. Terima kasih.

  • Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat artikel ini, dan kepada para pembaca atas saran, komentar, dan dukungannya.