Masalah Pembayaran Tagihan MCF (Mega Central Finance) di Bukalapak

Dear BRI, MCF, and Bukalapak,

Tanggal 5 Maret 2022, saya membayar cicilan ke-34 MCF (Mega Central Finance) di Bukalapak via VA BRI, dan dinyatakan berhasil. Saldo rekening saya juga terpotong saat itu. Ternyata tanggal 25 Maret 2022, saya ditagih pegawai leasing, karena tagihan belum dibayarkan. Benar saja, saya coba bayar lagi ternyata masih dengan cicilan ke-34.

Karena sudah jatuh tempo dari tanggal 22 Maret 2022, dengan terpaksa, saya bayar tagihan yang ke-34 itu lagi melalui Indomaret tanggal 29 Maret 2022. Karena semakin lama saya membayar, saya akan dikenakan denda semakin banyak lagi.

Penanganan dari Bukalapak lambat sekali. Saya sudah melapor melalui email, twitter, dan call center, terhitung laporan saya dari tanggal 25 Maret 2022. Namun sampai hari ini 1 April 2022, keluhan saya belum tertangani. Dari BRI lempar tangan ke Bukalapak, karena kata call center-nya transaksi sudah memotong saldo rekening, berarti transaksi tersebut berhasil.

Dari Bukalapak, responsnya cuma menyatakan kalau transaksi sukses. Padahal logika ya, jika transaksi saya di Bukalapak tanggal 5 Maret 2022 itu sukses, tidak mungkin tanggal 29 Maret 2022, saat saya bayar di Indomaret masih tertagih ke tagihan yang sama, tagihan ke-34, sebesar Rp794. 500 (karena telat bayar dari jatuh tempo tanggal 22 Maret 2022). Baru setalah saya bayar di Indomaret itu, saya cek tagihan saya di nomor kontrak MCF, tertagih ke tagihan ke-35.

Jadi intinya, pembayaran di Bukalapak itu gagal. Pertanyaan saya, ke mana uang saya yang saya bayarkan tanggal 5 Maret 2022 itu? Padahal di Bukalapak sudah dinyatakan berhasil. Saya minta refund pembayaran pertama saya sebesar Rp759. 500. Intinya saya bayar tagihan ke-34 itu double (2 kali). Saya minta refund uang yang saya bayarkan pertama kali.

Tolong BRI selaku bank pembayaran, MCF (Mega Central Finance) sebagai leasing, dan Bukalapak sebagai pihak yang menyediakan jasa pembayaran leasing, agar saling follow up dan berkoordinasi. Semoga masalah seperti ini tidak terulang. Supaya masalah saya terselesaikan, saya juga lampirkan bukti pembayaran dan saldo terpotong saya.

Umar Ghani
Brebes, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Perihal Masalah Pembayaran Tagihan MCF (Mega Central Finance) di Bukalapak

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Masalah Pembayaran Tagihan MCF (Mega Central Finance) di Bukalapak

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Masalah Pembayaran Tagihan MCF (Mega Central Finance) di Bukalapak

oleh Brilliant dibaca dalam: 1 menit
6