Tidak Ada Itikad Baik dari Indihome untuk Membenahi Kualitas Jaringan dari Tanggal 16 Maret 2022 Hingga 1 April 2022

Pertama-tama terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat kedua saya ini, surat yang pertama masalah sama yang saya alami hingga sekarang.

Saya pelanggan IndiHome dengan 10 ID sekaligus PJ IT di RSUD RAJA MUSA Sungai Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Sungai Guntung Provinsi Riau:

  1. 111644100411
  2. 111644100105
  3. 111644100227
  4. 111644100220
  5. 111644100092
  6. 111644100099
  7. 111644100104
  8. 111644100038
  9. 111644100309
  10. 111644100479

Saya telah mengalami masalah dalam koneksi internet yang sangat lambat dan sering putus sejak 16 Maret hingga 1 April 2022. Speed yang saya dapat tidak sesuai dengan kecepatan internet yang dijanjikan IndiHome yaitu up to 50 Mbps.

Dalam keadaan “normal”, saya hanya mendapatkan speed 0-2 Mbps, yang bagi saya yang bekerja dengan sistem full remote dan di Instansi Rumah Sakit, sangat menghambat kegiatan berinternet dan berimbas pada kelancaran pekerjaan di lapangan.

Paling parah speed bisa sampai drop hingga hanya beberapa ratus Kbps saja (screenshot terlampir) dan koneksi juga sering terputus tiba-tiba. Tentu saja ini sangat merugikan saya sebagai pelanggan yang telah membayar biaya penuh untuk paket 50 Mbps setiap bulan, tapi tidak mendapat hak saya sebagaimana yang telah dijanjikan.

Saya sudah sering melaporkan masalah ini kepada pihak IndiHome melalui Twitter Tenesa TELKOM dan WA. Mungkin sampai sudah tidak terhitung sepanjang bulan Maret hingga bulan April ini dan berkali-kali meminta untuk diselesaikan. Namun ditanggapi dengan alasan radio full traffik tidak dapat menampung Bandwidth pelanggan.

Setiap saya melaporkan keluhan saya, hanya ditanggapi dengan “RADIO full traffik” koneksi dari RADIO yang tentu saja tidak terlalu membantu dan masalahnya sampai sekarang tetap sama. Walaupun saya sudah beberapa kali juga diberikan tiket pelaporan dan dijanjikan untuk perbaikan. Namun masalah downspeed internet masih berulang sampai hari ini.

Berikut hasil speedtest saya dari tanggal 24 Maret hingga 1 April 2022.

Pihak CS bersikukuh bahwa masalah koneksi yang saya alami akan segera teratasi. Yang mana faktanya hal tersebut masalah saya sejak bulan maret hingga bulan april lalu masih terjadi hingga sekarang. Bahkan setelah beberapa kali dilakukan “perbaikan” dari sisi sentral IndiHome.

Jadi sebagai rekap, masalah yang saya alami bukan hanya koneksi yang lambat dan tidak sesuai dengan harga yang saya bayar. Namun juga hak-hak saya sebagai pelanggan, yang tercantum dalam kewajiban pihak Telkom sbb :

  1. Memberikan Jaminan Tingkat Layanan (Service Level Guarantee) Layanan IndiHome sesuai dengan ketentuan teknis TELKOM yang berlaku.
  2. Memberikan kompensasi kepada PELANGGAN bila Jaminan Tingkat Layanan (Service Level Guarantee) Layanan IndiHome tidak terpenuhi atau terbukti terdapat kesalahan pada penagihan.

Fery Harianto
Kabupaten Indragiri Hilir, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Tidak Ada Itikad Baik dari Indihome untuk Membenahi Kualitas Jaringan dari Tanggal 16 Maret 2022 Hingga 1 April 2022

    • 6 April 2022 - (13:01 WIB)
      Permalink

      Di tempat saya sudah pakai Fo pak dan jaringan lancar saja. Jika dilokasi bapak masih radio berarti belum menyeluruh untuk fo dilokasi bapak. Indihome saja dilokasi bapak masih pake radio tower apalagi proveder lain fristmedia atau biznet pasti lebih gaada kan pak?
      Coba pak ke plaza ada layanan yg lebih bagus kok setau saya dikantor pakenya astinet mantappp kecepatan selalu sama

  • 4 April 2022 - (01:03 WIB)
    Permalink

    @FeryCarlos
    Pak, kebanyakan ISP sekarang pake senjata “up to”, dimana mereka bisa mengelak untuk quality of servicen-ya. Selama jaringan belum jatuh/down, mereka cuek2 aja pak. “Masa bodo amat sama konsumen toh perjanjian tertulisnya ‘up to’ ini”. Ngeselin sih pak kalau kejadian seperti ini. Cuma untuk kedepannya (biasanya setelah kontrak satu tahun), adakan saja kontrak ulang. Minta CIR (Committed Information Rate) , tulis paling kecil dpt bandwidth berapa pada jam sibuk? rasio antar konsumen dapat berapa? kalau bisa 1:4, tapi itu harus tertulis jelas. Sukur-sukur dapat rasio 1:1 atau 1:2 tapi ini jarang terjadi kecuali ISPnya sepi pelanggan.
    Kalau lambat penanganan dengan jangka waktu lebih dari satu minggu, mending pindah layanan, pak.

    • 4 April 2022 - (08:12 WIB)
      Permalink

      ini mereka mengaku salah kok pak, siap memberikan restitusi, dan mereka juga mengakui salah menjual internet masih menggunakan radio bukan FO dari pusat

      • 4 April 2022 - (18:49 WIB)
        Permalink

        Sekali lagi ada keluhan dari Indi. Mau sampai kapan mereka bisa stabil antara barang jualannya dengan riilnya.
        Beruntung saya sejak pertama berlangganan internet tidak pakai indi krn banyaknya keluhan yg saya baca.
        Di tempat saya, bogor, pakai myrepublic terus ada tawaran baru yang lebih murah dan speed lebih tinggi pindah ke oxygen. Proses pindahnya pun sangat-sangat mudah.

    • 5 April 2022 - (10:22 WIB)
      Permalink

      Kadang ora gak tau kalo utk perkantoran antara wifi dan utk komputer tdk bisa dipakai bersamaan krn akan menyebabkan error / ngelag indihome saya dl jg gt skrg sdh bagus

    • 4 April 2022 - (08:13 WIB)
      Permalink

      ini mereka mengaku salah kok pak, siap memberikan restitusi, dan mereka juga mengakui salah menjual internet masih menggunakan radio bukan FO dari pusat

  • 4 April 2022 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Hmmm ganti pak pakai LintasArta. Jempolan deh service nya ?.
    Mau pake radio ada, FO ada, hybrid jg ada.
    Atau minta koneksi trial jg bisa

  • 5 April 2022 - (22:10 WIB)
    Permalink

    idiehome Lagi.. Indiehome lagi..
    paraaahh ..Makin Bulan Makin Banyak Gangguan anya…
    Tagihan Tetap..Koneksi Sering Eror Sampai Ber hari Hari

  • 6 April 2022 - (10:11 WIB)
    Permalink

    1. Mas nya pakai Broadband bukan Dedicated Internet. Biasanya RS pakai yang dedicated.

    2.Indihome memang begitu mas karena anggapanya pusat yang pakai Indihome itu pelanggan rumahan… Nyebelin sih. .. Kalau untuk kantor dan rasanya Internet sangat penting bukan pakai paket Telkom Indihome, tetapi Telkom Astinet. Karena dia ngasih SLA (Service Level agreement) dan garansi penanganan 2 jam, sebelum eskalasi masalahnya mas.

    3. Kesimpulan nya jangan pake Indihome, ganti aja.. Cari yang dedicated internet fixed bandwith.

    • 6 April 2022 - (17:43 WIB)
      Permalink

      ini krna faktor di daerah kami belum masuk kabel FO dari pusat mas,. masih via metro(radio)

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Tidak Ada Itikad Baik dari Indihome untuk Membenahi Kualitas Jaringan …

oleh FeryCarlos dibaca dalam: 2 menit
16