Surat Pembaca

Belum Ada Pengembalian Dana dari KAI untuk Transaksi Gagal di KAI Access

Saya membeli tiket KAI melalui KAI Access, pada hari Sabtu tanggal 01- 04- 2022 pukul 01:38, jurusan Pasar Senen – Lempuyangan, dengan KA Progo keberangkatan 22:30.

Saya memesan lewat KAI Access, dengan langsung membayar melalui BCA Virtual Account saat itu juga. Berselang 2 menit, dari BCA m-Banking sukses berhasil, tapi dari pihak KAI tidak dikonfirmasi sampai batas waktu yang ditentukan berjalan habis. Otomatis tiket saya kedaluwarsa, karena sampai batas waktu tidak ada konfirmasi KAI yang sudah saya bayarkan melalui BCA Virtual Account.

Akhirnya saya dan istri putuskan untuk datang langsung ke CS Stasiun Pasar Senen pagi-pagi buta pukul 3. Sesampainya di Stasiun Pasar Senen, kami dihadapkan langsung dengan petugas security yang kurang ramah saat ditanya ruang CS di mana.

Sesampai di Stasiun Pasar Senen pukul 3.30 pagi, saya dan istri menunggu sampai pukul 05:00 operasional CS dibuka. Sesudah pukul 5 pagi saya dan istri masuk langsung ke bagian CS dan langsung mengajukan komplain. Kami meminta pengembalian dana saya dikembalikan hari itu juga lewat transfer BCA. Karena itu bukan kesalahan dari saya ataupun pembatalan, tapi dari pihak KAI yang punya aplikasi KAI Access tidak bagus di server-nya.

Tolong dari pihak KAI secepatnya mengembalikan dana saya yang sudah saya bayarkan ke KAI karena saya mau beli tiket ulang.

Yogi Priatna
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Saya juga kasus nya seperti itu pembayaran lewat virtual account BCA , PEMBAYARAN BERHASIL , tapi status tiket masih menunggu pembayaran dan tiba waktunya TIME OUT , saya panik tiket gak muncul , saya pagi ke stasiun kata CS pembayaran belum sampai di KAI , saya di print kan buktinya suruh ke BCA , dan saya disuruh telfon haloBCA , dan baru kemaren direfund dananya ..sedih banget sih berjuang tiket lebaran berhasil pembayaran ternyata tiket gak berhasil ???

      • Ya begitulah kalo lagi musim2 lebaran ataupun libur2 panjang laennya, terkadang sistem server aplikasi KAI tiba2 error beda jauh dengan aplikasi pny swasta...

  • iya si kalo beli jam segitu pake virtual account dari kai nya ga ada yg konfirmasi
    pegawainya pada tidur kali

    • Kan pegawai negeri Om, beda sama pegawai swasta Om... Makanya Aplikasi Negeri beda jauh sama Apliksai Swasta tetangganya Om... Bagusan Aplikasi swasta pny tetangga Om...

    • Sama persis ini min tolong laporan saya di tindak lanjuti juga dong... Bedanya saya beli tgl 31 maret 2022, dengan pembayaran VA Bca. Sama terbatalkan karena pembayaran di bisa terkonfirmasi padahal sudah berhasil dan terdebet di bca nya ..

    • Hi KAI,
      Saya juga pernah mengalami kejadian ini, Transfer Virtual Account berhasil tapi ticket tidak terbayarkan, dan sayang nya response dari KAI sangat lamban, dan sebagai konsumen sangat di rugikan, bayangkan jika konsumen hanya mempunyai uang pas Pasan sudah di bayarkan untuk beli ticket namun ticket tidak di dapatkan sementara uangnya menggantung tidak kunjung di kembalikan.
      Harap KAI untuk mereview dan memperbaiki sistem yang sudah ada.
      Terima kasih

    • tlg donk min komplain saya dikasi solusi jg,,
      udh telp pulsa abis, udh dm ig, udh email jg, tp blm ad kejelasan..
      mw telp lg bingung, karna buat telp sama harga tiket ny ga jauh, tp klo gak balik kan sayang, itu hak kita, tiket ny ga jd kedaftar pula, transaksi sejak 27 maret

      • Sudah lapor pihak stasiun belum ? Langsung ke CS stasiun .. CS stasiun akan print out kan data nya langsung lapor BCA kalo gak langsung telfon download aplikasi haloBCA ,kak nanti langsung proses refund 1x24 jam waktu jam kerja semoga membantu .. saya juga seperti itu Alhamdulillah dana sudah kembali

        • belum kak, karna aku pesen ny pake aplikasi kai acces,,
          apa bis aya kak klo pesen lewat aplikasi trus komplain k stasiun? karna udh dr tgl 27 kak, hihi

      • Sudah lapor pihak stasiun belum ? Langsung ke CS stasiun .. CS stasiun akan print out kan data nya langsung lapor BCA kalo gak langsung telfon download aplikasi haloBCA ,kak nanti langsung proses refund 1x24 jam waktu jam kerja semoga membantu .. saya juga seperti itu Alhamdulillah dana sudah kembali

  • pernah kejadian seperti itu karena gagal sistem sudah terdebit tapi gagal dianggap batal proses refund 30 - 45 hari kerja . tidak bisa instant karena mereka juga perlu adjustment uang yang masuk dan keluar biar balance. sabar saja nanti balik kok

    • Buset lama banget, iya kalo yang bersangkutan punya dana double buat mudik. Kalo budgetnya cuma single , bisa gagal mudik dong, yang gak pintar systemnya yang menanggung akibat konsumennya... Ish ish tak patut tak patut

      • itu aturan kai akses sejak zaman online pertama kali ya. ya jelas uang pasti balik.

      • Ya begitulah kalo berangkat dengan kereta api & beli tiketnya di Aplikasi pny kereta api sendiri... Berbeda dengan naek Bis kalo cancel lngsng di kembalikan dananya...????

    • Masih, tapi emang begitu lah kalo aplikasi punya negeri beda dengan swasta yg semua serba bisa. Intinya negeri sama swasta beda jauh....

  • Transaksi online perbankan di atas jam 24.00 - 05.00 pagi dini hari memang sangat rawan bermasalah, karena saat itu jam maintenance server, usahakan hindari transaksi di jam-jam tersebut, lakukan transaksi di jam kerja wajar system.

    • Namanya juga lagi berburu tiket murah & bisa dapet tiket yg sudah di rencanakan Om.... Kalo berburunya siang bukan berburu namanya tuh sih om...??

  • Alhamdulillah dana sudah di transfer pihak KAai ke rek BCA saya pribadi. Saran saya tolong lebih di tingkatkan & lebih di perbaiki lagi system Server aplikasi KAI Access karna kita sebagai konsumen berburu tiket mudik murah di jam2 tidak sibuk & tolong jg buat pihak KAI di selesaikan secepatnya buat pihak2 konsumen yg bernasib sama seperti saya. Terima Kasih banyak KAI & sukses selalu buat KAI. Saya suka Kereta Api Indonesia...???

  • Era digital seperti ini, PT. KAI masih tertinggal jauh. Untuk refund dana penumpang saja membutuhkan waktu 30 hingga 40 hari kerja.
    Saya hingga saat ini belum juga mendapat refund dari KAI. Dengan code booking D2K5PY5. MOHON TANGGAPAN

    • Sudah lapor pihak stasiun belum ? Langsung ke CS stasiun .. CS stasiun akan print out kan data nya langsung lapor BCA kalo gak langsung telfon download aplikasi haloBCA ,kak nanti langsung proses refund 1x24 jam waktu jam kerja semoga membantu .. saya juga seperti itu Alhamdulillah dana sudah kembali