IndiHome Tidak Bertanggung Jawab untuk Perbaikan Telepon Saya yang Mati Total

Saya adalah pelanggan Telkom sejak tahun 2006 dengan nomor telepon: 021 877147**. Akhir Februari 2022, telepon rumah saya mati total. Tanggal 17 Maret 2022, saya melaporkan kerusakan telepon ini melalui 147, dengan nomor laporan: IN134447645. Akan tetapi sayang sekali tanpa ada perbaikan sama sekali, laporan saya ini di-closed sepihak oleh pihak IndiHome.

Selanjutnya pada tanggal 22 Maret 2022, saya membuat laporan kembali melalui customercare@telkom.co.id, dengan nomor laporan: IN134687480. Lalu tanggal 22 Maret 22, ada teknisi IndiHome yang menelepon saya dan menyampaikan bahwa telah terjadi pencurian kabel tembaga di gardu di depan Bukit Cengkeh 2, yang menyebabkan telepon saya mati total.

Pihak Telkom tidak bisa untuk mengaktifkan telepon yang menggunakan jaringan tembaga, dan solusi satu-satunya adalah untuk mengganti jaringan telepon saya ke fiber optik. Bapak teknisi ini juga menjelaskan, untuk penggantian ini saya tidak dikenakan biaya, dan saya tetap bisa menggunakan paket yang lama tanpa ada perubahan biaya abonemen, karena ini bukan kesalahan saya sebagai pelanggan.

Saya pun setuju kalau begitu solusinya, karena yang saya inginkan hanya TELEPON SAYA BISA DIGUNAKAN KEMBALI SEPERTI SEBELUMNYA. Jika solusi seperti itu yang diberikan, saya rasa itu benar, sebagai bentuk tanggung jawab Telkom kepada pelanggannya.

Permasalahannya adalah sampai hari ini, 1 April 2022, tidak ada satu pun teknisi yang datang untuk perbaikan, dan telepon saya tetap mati total sampai sekarang. Lagi-lagi laporan saya ini pun di-closed sepihak oleh pihak IndiHome tanpa perbaikan atau konfirmasi apa pun. Lalu saya aktif menanyakan kelanjutan dari laporan saya ini melalui email ke customercare@telkom.co.id. Sayang sekali, yang saya dapat hanya nomor laporan yang langsung ter-closed pada saat yang sama saat laporan dibuat (IN135061386, IN135062071,IN135063453).

Lalu di mana tanggung jawab pihak Telkom (IndiHome) kepada saya sebagai pelanggan yang selalu memenuhi kewajiban saya tepat waktu, pada saat saya menuntut hak saya untuk dapat menggunakan produk yang telah saya bayar?

Mohon perhatian dari pihak Telkom IndiHome, semoga segera ada solusi yang menggembirakan.
Terima kasih.

Suly Haryani
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Konfirmasi dari Telkom terkait Pemberitaan “IndiHome Tidak Bertanggung Jawab untuk Perbaikan Telepon Saya”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Suly pada tanggal 4 April...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • indihome banyak sekali komplainnya akhir2 ini d media konsumen

    menarik pula apabila media konsumen menyediakan semacam infografik tiap bulannya, perusahaan mana saja yang masuk paling banyak di media konsumen tiap bulannya

    sebagai contoh(contoh saja ya):
    indihome : ⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛
    eporter :⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛
    XL :⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛
    J&T : ⬛⬛⬛⬛⬛⬛
    kremesan :⬛

    jadi ada ukuran juga bagi konsumen untuk memilih dengan hati2 perusahaan mana yang akan dipakai jasa/barangnya, dan juga perusahaan mana yang improve
    semisal ketika indihome mengetahui dia paling banyak di komplain di media konsumen, bisa melakukan pembenahan, dan kita bisa mengetahui apakah jumlah komplainnya berkurang atau tidak
    contoh:
    kremesan :⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛⬛
    indihome : ⬛⬛⬛⬛

    • Indihome pengguna nya udh ratusan ribu atau mungkin lebih, wajar aja ada banyak keluhan.. Ada 100 org aja yg complain disini, bisa dengan mudah dianggap kualitas indihome jelek gitu ya? 😅Hehe.. Sebenarnya simple aja sih, kalau kualitas jelek, ya kita tinggal pindah aja ke provider lain xl / indosat / yg lain..

  • kabel tembaga sudah tidak efisien dan sudah berkurang pelanggannya semua sudah di upgrade ke indihome, setahu saya nomor tersebut tidak bisa di upgrade ke paket indihome jika masih pake tembaga. alias nomor di tutup dan move paket indihome

  • Hadeww ..indiehome
    Makin Bulan Malah Kacau...Sering Banget Gangguan Sampai Ber Hari"....
    Giliran Gangguan Slow Respon...Giliran Daftar Pasang Baru Pada Cekatan....

    Woeeww Kwalitas Koneksi Di Benerin Dulu...Jangan Bnyak Gembar Gembor Promo Murah Aja Yg Di Banyakin

  • Browww.. 2022 maaih idihommmm aja wkwk masih pake swasta aja myrepublic, biznet gitu lhoo.. ngapain ngeribetin idup elu

  • Mei'21 Sy pernah mendaftarkan paket Internet ke First Media mlalui Online. Ktka chatt dgn kirim lokasi rmh trnyata wilayah rmh kontrakn sy masuk cakupan Area & Teknisi datg utk lht tempat. Teknisi bingung tarik kabel dr Gardu mau kermh krn utk tarik kabel kermh melalui belakang rmh saluran air (Got) . Teknisi pulg & sy dpt WA dr teknisi pembatalan otomatis.
    Juni'21 Sy mendaftarkan paket Internet ke Indihome scr online. Chatt WA dgn kirim lokasi rmh kontrakn sy trnyata wilayah rmh sy masuk cakupan Area. Teknisi datg kermh dgn mmbwa alat2 utk pasg Internet melalui belakang rmh di saluran air (Got) dgn buka sepatu. Sy msh simpen nmr HP / WA Teknisi shg ktka Sy pindah rmh kontrakn dgn RT yg sm, teknisi msh bantu utk konsumen Indihome.

    Jk tdk punya WA lama Teknisi Indihome percuma WA / Email pasti kurg direspon Indihome, lbh baik konsumen langsung datg ke Plaza Telkom Indihome terdekat.