Surat Pembaca

Paket Jualan di Shopee Hilang Setelah Di-pickup oleh Kurir J&T, Pihak Ekspedisi Hanya Angkat Tangan

Kejadian bermula pada tanggal 19 Januari 2022, ada pelanggan saya yang komplain mengenai paketnya yang tak kunjung sampai, dengan nomor resi JP7246085692 dan nomor pesanan Shopee: 211229E8BXP9RA. Padahal saya sudah melakukan pickup paket kepada ekspedisi pada tanggal 7 Januari 2022. Setelah saya konfirmasi, ternyata paket saya hilang.

Setelah saya cek kembali, ternyata ada 2 paket Shopee yang hilang, nomor resi: JP7246085692 dan JP7057694036, nomor pesanan 2112278Y1Y57Y4. Kemudian ada 1 paket Anteraja dengan nomor resi: 10003242933673 dari Tokopedia, yang hilang dan terbawa kurir J&T pada tanggal penjemputan yang sama.

Lalu saya konfirmasi ke pihak J&T siapa yang pada tanggal 7 jam 7 malam mem-pickup paket saya. Namun  dari J&T tidak ada yang tahu siapa kurirnya. Kalau memang ini penipuan, tidak mungkin paket saya yang lain jalan, dan sampai ke tangan pembeli, karena malam itu saya pickup lebih dari 20 paket.

Akhirnya saya diberi tahu nomor telepon pihak kurir J&T untuk menyelesaikan permasalahan. Saya diminta telepon ke sana ke mari, dan diminta datang ke sana ke sini untuk mencari paket saya yang hilang. Namun tetap tidak ditemukan di mana paket saya berada. Bahkan pihak ekspedisi tidak tahu ke mana paket saya di-drop setelah pickup.

Akhirnya pada tanggal 4 Februari 2022, saya diminta rincian isi paket dan nominal barang. Untuk 3 paket yang hilang, nominal kerugian 3 paket sebesar Rp1.292.500. Kemudian pihak J&T meminta saya untuk menunggu ±14 hari kerja untuk biaya penggantian. Namun sampai lewat 14 hari kerja, tidak ada kabar sama sekali, dan saat saya tanyakan mereka terus mengelak.

Saya telepon ke J&T pusat, malah disuruh minta ganti rugi ke Shopee. Saya telepon Shopee, tapi Shopee tidak bisa mengganti karna tidak ada resi fisik (pihak kurir tidak memberi saya resi fisik saat pickup) dan tidak ada statement paket saya hilang dari J&T. Lalu terakhir saya telepon J&T pada tanggal 16 Maret 2022, pihak J&T info bahwa akan dibantu untuk pengembalian dana, dan saya akan dihubungi.

Namun sampai saat ini sama sekali tidak ada itikad baik dari J&T. Bahkan kurir J&T mengaku sudah datang ke tempat saya, tapi kenyataannya tidak ada satu pun kurir yang datang ke rumah saya. J&T bersikeras bahwa paket akan diganti Shopee senilai 10x ongkos kirim, tapi sampai saat ini saya tidak menerima pergantian dana sepeser pun. Bahkan saya harus mengganti rugi kehilangan barang kepada pembeli saya, jadi di sini saya rugi 2x lipat.

Sangat disayangkan, ekspedisi sebesar J&T tidak memiliki rasa tanggung jawab, dan tidak ada tindakan tegas sama sekali, bahkan tidak ada sedikit pun niat untuk membantu. Chat saya tidak direspons sampai sekarang oleh kurir J&T yang bersangkutan. Saya dioper ke sana ke mari, bahkan pihak kurir memberi saya nomor telepon pihak J&T yang katanya akan mengganti kerugian saya. Namun saat saya chat, respons beliau kurang mengenakkan, dan bersikeras kalau beliau tidak tahu menahu.

Gita Puspa Rini
Kabupaten Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sekali lagi kalau pickup kurir nya difoto ditnya namanya sama id name tag nya dan minta tanda terimanya, biar tau kalau ada apa2 saya kalau jualan pickup kurirnya selalu saya foto dan saya minta tanda terima nya

  • Hi, kemaren saya juga bertengkar dg kurir jnt, cm masalah waktu.
    Saat saya telat memberikan uang COD 2-3 menit saja. Kurirx langsung ngomel2 karena waktunya habis oleh saya saat menunggu. WOW sekali. Waktu 2-3 menitpun jd masalah...

    Itu saja pengalaman saya dg jnt.

    • Ya iyalah pak. Waktu 3 menit itu berharga bgt buat mereka yg kerja sebagai kurir. Berapa orang kaya bapak bikin jadwal mereka berantakan & mereka pulangnya lebih malam lagi

      • Iya setuju sih, seharusnya kurir kalau tidak punya waktu, TIDAK USAH kerja sebagai kurir ya.
        Kan Nyari2 alamat, nelpon2 (butuh pulsa lg), nunggu uang pas, nunggu penerima keluar rumah, bla2, itu semua pakai waktu ya.

  • Sy juga pernah mengalami paket hilang spt ini dan di jnt jg, dan tdk ada tindak lanjut apapun, malah disuruh kesana kemari utk nyari paketnya, wkt itu isinya baju seharga 250.000, ya sdhlah sy ikhlaskan, kejadiannya sdh lama sih 1thn lalu, mudah2an tdk pernah ada kejadian spt ini lagi

  • Untung tiap kalo maketin laptop
    Gak pernah sesuai nama itemnya

    Kadang cuman ditulis keyboard
    Wkwk
    Takut jail kurirnya

  • Sekedar saran az. Usahakan jgn pernah ganti" kurir pickup. Usahakan setelah cetak/tulis resi manual d foto. Jgn lupa nama n beratnya anda tulis.

    Intinya nama penerima,no resi,berat paket. Lalu d foto/Vidio.

    • Mohon maaf jika salah dalam memahami.
      Namun, jika kesalahan dari seller yang memberikan paket kepada kurir expedisi yang salah, setahu saya memang tidak bisa mendapatkan penggantian. Yang bisa mendapatkan penggantian adalah paket yang hilang dalam perjalanan dan sudah sesuai dengan expedisinya.

  • Saya sbg seller kalau minta pickup jnt, gak pernah lewat sistem. Saya minta kurir yg terdekat tempat saya untuk pickup. Soalnya kalau lewat sistem, yg pickup itu dari gudang punya, org nya bisa ganti" dan bisa sampai 2 hari baru pickup. Tapi sebagai pembeli, saya selalu pakai jnt no 1, selama ini gak pernah ada keluhan sih, semoga aja lancar terus.

  • Duhhh ,saya baru aja ngalami paket di oper sana sini tanpa ada kejelasan yang pasti paket saya keberadaan nya di expedisi mana,yang awal saya pke Shopee express tapi pas suda di gudang daerah saya malah dari pihak shopee di oper k expedisi lain setelah saya cek ternyata paket saya tidak jelas ada dimana sebenernya ,pihak shopee express juga tidak mau tanggung jawab atas paket saya yang belum kunjung sampai di alamat hingga sudah melebihi batas estimasi paket sampai tgl brpnya ,hari ini juga belom tau paket saya ada dimana tidak tau

    • Kalau pengalaman saya beberapa kali pake Shopee express itu paket di oper ke JNE. Itu karena terpaksa nggak ada pilihan ekspedisi. Setelah itu saya nggak pernah pakai Shopee express lagi.

  • setau saya JNT pickup itu tidak ada tanda terima, cuma paket langsung dibawa kurir aja. nah diakalin foto paket sama kurirnya kalo pickup, karena dirumah ada cctv jd bs tau siapa yg pickup. beda sama anteraja dan sicepat sekali dia pickup manifest langsung berubah dan kalo anteraja langsung print resinya

  • Maka dari itu saya sebagai pelanggan ngirim pakai sicepat, krn ada keterangan dan foto muka orang yg pickup barang dari seller

  • Saya pernah kirim via jnt point HP 3 buah, untuk dapat resi, setelah saya datengin ternyata di bawa kabur sama adminya, lalu saya press yang punya agen, allhamdulilah di ganti semuanya sesuai faktur yang saya jual