Surat Pembaca

Ancaman Penagihan Pihak Akulaku

Kepada Tim Akulaku,

Perkenalkan, saya Yulinda Pustiana. Saya adalah pengguna Akulaku sejak lama. Saya selalu membayar tepat waktu. Akan tetapi saat ini saya mengalami kesulitan keuangan dan telat 2 bulan untuk pembayaran tagihan saya.

Saya sangat kooperatif untuk menjawab pesan WA yang masuk dari pihak Akulaku mengenai keterlambatan ini. Akan tetapi hari ini saya merasa sudah diancam oleh penagihan pihak Akulaku. Pihak penagihan Akulaku mengancam kontak darurat saya, bahwa akan menghubungi kontak-kontak saya dan kerabat saya, serta perusahaan saya, dimana itu sudah di luar peraturan.

Sesuai bukti chat yang saya lampirkan, bahwa pihak Akulaku akan menghubungi kontak-kontak saya, dan ke kerabat saya, ke tempat suami saya bekerja dan keluarga saya. Dalam hal ini apakah boleh pihak Akulaku menyalahgunakan kontak-kontak yang ada? Saya sangat kooperatif dalam menjawab semua perihal tagihan ini. Sesuai peraturan OJK, apakah boleh pihak Akulaku menghubungi di luar kontak darurat?

Mohon pihak Akulaku untuk menindaklanjuti permasalahan saya, dan lebih memperhatikan cara penagihannya. Saya bukan tidak membayar tagihan saya sama sekali, saya masih berusaha mengangsur dari tagihan saya.

Terima kasih.

Yulinda Pustiana
Mojokerto, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara/i Yulinda Pustiana

Jakarta, 11 April 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Yulinda...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • setau saya jika masih koperatif pihak akulaku tidak akan menghubungi sampai di luarkontak darurat.
    dan saya yakin itu hanya ancaman agar anda ada tindakan pembayaran.
    mungkin anda pernah melewatkan telpon dari akulaku,karena akulaku jangankan telat, sebelum jatoh tempo pun pasti terus menerus di tlp.

    • Untuk telepon memang tersaring, untuk wa selalu saya jawab. Hari ini juga masih di luar Kontak darurat penagihannya, sudah keterlaluan menurut saya. Kecuali kalau saya ini tidak bayar dan tidak berusaha, beda lagi ceritanya.

      • Setau saya perkara utang piutang, tidak bisa masuK pidana.
        Jangan takut hadapi saja.
        Itu cuma gertakan saja.
        Kalo blm yakin, anda gandeng pihak LBH /ormas.

        • Suka gak suka' itulah resiko nya org pnya utang online'apalagi sblm kita di setujui pinjaman..ada perjanjian yg harus di sepakati '
          semua pijaman online emang seperti itu jika nasabah terlambat untuk membayar nya..tlp selalu berdering gak tau waktu..pagi'siang'sore 'bahkan di mlm hari pun jadi.

          • Intinya yaa kalau hutang wajib di bayar jangan malah menghilang giliran butuh ngemis ngemis giliran bayar kabur ... Emg hutang itu tidak bisa di pidana tapi ingat nanti di akhirat akibatnya jadi intinya berani berhutang berani juga membaya kan beres

          • Saya pernah juga di teror tagih bayar, di telpon via WA tapi tidak ada jawaban, di kirim pesan WA tagihan unt di bayarkan tagihan cicilan bulan maret 2022 dr tgl 21. 03.22 - 24.03022 jatuh tempo tgl 24.03.22i, walau sdh saya jelaskan "SAYA SUDAH BAYAR CICILAN DARI BULAN FEBRUARI 2022. UNTUK PERIODE MARET 2022".

        • Anda memang gk ada akhlak..
          Mau anda kuasakan ke siapapun utang tetap harus dibayar..

          • Dear all DC, mumpung bulan puasa coba diperbanyak ibadahnya. tolong hatinya dipakai ketika menagih. jangan bilang "saya cuma staff biasa dan mengikuti SOP kantor" tapi kalian lupa perintah Allah subhanahu wa Ta’ala dan gak gunakan hati kalian ketika menagih.

            (QS. Al-Baqarah: 280)
            “Dan jika (orang yang berutang itu) dalam kesulitan, maka berilah tenggang waktu sampai dia memperoleh kelapangan. Dan jika kamu menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui,”

            ini firman dari Allah sendiri. Tolong selalu diingat waktu kalian menagih.

            Please note, saya bukannya menormalisasikan gagal bayar hutang. tapi tindakan kalian dalam menagih yang sering gak mau tau keadaan debitur yang benar2 sedang susah yang bikin saya dan banyak orang kesal dan mungkin bertanya2, apakah kalian ini masih punya hati waktu menagih? atau sudah lupa/gak mau tau dengan firman Allah itu??

            Sumber: https://islam.nu.or.id/syariah/aturan-menagih-utang-dalam-islam-umAGq

        • Intinya klo hutang ya wajib bayar. Ingat jangan lebih salah lagi. Anda dzolim jga, klo membuat yg sudah membantu Anda, memberi hutangan seperti pengemis meminta uangnya kembali.

      • Laporkan mba
        Itu ojk
        Dilarang menagih keluar kontak atau no perusahaan.
        Apalagi sampe mau ambil barang.
        Jngn di bayar sxan mba.
        Suruh mereka datang laporkan sj.
        Sdh tdk sesuai sop ojk itu

    • Intinya yaa kalau hutang wajib di bayar jangan malah menghilang giliran butuh ngemis ngemis giliran bayar kabur ... Emg hutang itu tidak bisa di pidana tapi ingat nanti di akhirat akibatnya jadi intinya berani berhutang berani juga membaya kan beres

      • Hutang memang wajib, tp minta toleransi juga gak salah kan. Semoga DC yg komen nya sok suci semua keturunan nya berhutang di pinjol sampai Tua. Makan tuh pinjol

    • kaum nguntager kaum yg paling benar di muka bumi ini.mau bayar / ga di bayar bebas .nagih = zolim .komen kontra = lo dc..hidup kaum nguntanger.

      • hidup lah kayak loe suci aja gak pernah utang, jangan sampe ya kejadian di hidup loe,,, seenggaknya aku bertanggung jawab, bukan kabur...

          • idih kasian amat sih ngurusin utang orang, sana sih urusin hidup loe sendiri... bulapak sendiri sana, ngapain sih msih hidup di sini,,,

    • Sy sbgai pelanggan setia dari thn2016.udah pesan hp lebih dari 10x baru kali ini kena tipu pesan hp.datangnya hp ruksak kagak bisa dipakai sama sekali,minta ditukar gak bisa gak dibyar ditlp terus"an.diancam diteror.klo gak punya cicilan sebelumnya jujur sy gak akan bayarin cicilan barang ruksak,,udah tau ky gini lebih baik beli cash ditoko skrngmh100%..akulaku mengecewakan

    • Aku dulu juga perna jadi DC dan Alhamdulillah saya sdh insyaf.
      Pesan saya jadilah DC yg punya hati nurani

  • Saya juga pengguna akulaku

    Sebelum jatuh tempo mereka selalu menghubungi kita
    Terakhir saya off karena HP dijual

    Tepat tanggal 25 saya hidup kan aplikasi via HP teman (20 hari off karena tidak ada HP) untuk meminta kode VA
    Untuk pembayaran
    Dan VA saya dapat kan langsung saya bayar tanpa telat sikit pun

    Namun apa yang terjadi??

    Tgl 27 DC kerumah nagih uang cicilan ???
    Padahal udh lunas tgl 25 langsung di aplikasi

    Iki piyeee akulaku????

    • Kalo saya mah, saya tantangin yg kaya gitu coba aja kalo berani dateng,bisa gw depak ?

      • Intinya yaa kalau hutang wajib di bayar jangan malah menghilang giliran butuh ngemis ngemis giliran bayar kabur ... Emg hutang itu tidak bisa di pidana tapi ingat nanti di akhirat akibatnya jadi intinya berani berhutang berani juga membaya kan beres

        • Gak kabur Lo aku bang Egi... Masih usaha cicil Lo ya... Aku juga gak ngemis minta2 di pinjemin... Aku pengajuan di kasih limit... Bukan pengemis loo ya... Hihihiii

    • Mgkin telat pembayaran, pinjaman yg macet hanya perdata dan nama kita jelek dipembiayaan ntnya, tapi penagihan dg cara mengintimidasi no. Yg di hp kita yg jadi masalah yg menimbulkan psikis. Berhati2 saja dan lakukan pembayaran, atau tetap aja diteror spt itu terus.

      • belum ada tangapan, malah ada ancaman mau nyari ke sosmed, padahal tiap hari nagih ke aku, katanya aku gak bisa di hubungin, Gila gak

        • Siapin bensin
          Suruh datng kerumh.
          Laporkan mba,itu sdh dikuar sop ojk.
          Menagih di luar kontak
          Bahkan mau ambil barang drmh.itu sdh masuk ancaman.suruh yg wa nya datang.
          Itu sdh dluar aturan ojk.
          Laporkan ojk

    • Nama nya org butuh kita gak bisa menyalahkan.
      klo bisa sih siapa dan apa pun sistem pinjaman klo bisa jgn meminjam.
      cuma di kembalikan dgn kebutuhan..apa lgi mengingat jika yg masih punya anak sekolah.biaya tidak sedikit''.

  • buset fidusia ? bukannya fidusia itu menyangkut jaminan ya ? kn ga ada ketentuan perkara jaminan di akulaku klo mreka mau eksekusi apa yang mau di eksekusi kecuali kita sudah membuat perjanjian dengan pihak akulaku tentang barang yang kita jaminkan untuk persyaratan pinjaman, sejak awal mreka tidak meminta jaminan jadi kalaupun mreka bawa2 UUD fidusia dari mana ceritanya ? lawak !! mreka mau tarik barang itu atas dasar apa sedangkan tidak ada barang yang kita jaminkan sejak awal -_-. kita melakukan pinjaman saja cuma bermodalkan data diri by KTP. etdah sekelas pinjol OJK sedang melawak.

    • Menurut saya, si DC cuma sok²an aja pakai2 pasal ini dan itu cuma utk menggertak padahal mereka juga ga paham makna pasal yg dicantumkan di situ..

  • Sekedar informasi, jika DC akulaku memakai UU fidusia khususnya pasal 23 (2) itu tidak salah gugatan, karena pasal 23 (2) itu hanya untuk barang objek fidusia yg di alih tangankan, di gadai, maupun di sewakan tanpa persetujuan dari si pemberi dan penerima fidusia. Apa lagi memakai KUHP itu salah karena wan prestasi perjanjian hanya bisa dibawa ke pengadilan PERDATA.

    Jadi untuk teman2 yg sekarang sedang memangalami kesusahan dari hal2 seperti ini seperti pinjol dan paylater. Jika memang belum bisa membayar jangan takut dengan gertakan2 seperti ini. Hadapi saja, karena sampe detik ini tidak ada perusahaan fintek yg sampe membawa kasus wan prestasi ini sampe ke pengadilan. Semua selalu berakhir dengan penagihan lewat tlp/wa dan DC lapangan. Jadi hadapi saja, Semoga membantu.

  • Wah parah akulaku kenapa jadi sekelas pinjol OJK afpi tolong diawasi kok ada DC yg meneror di luar kondar akulaku jd pinjol ya

    • Masalah terang benderang begini kok tdk ada respon dr pihak berwajib yg punya kewenangan..apa² kok mesti viral makan korban baru bergerak..ga takut dosa? Ahh itu nanti saja dialam kubur dinikmati. Ngeri...

      • Intinya yaa kalau hutang wajib di bayar jangan malah menghilang giliran butuh ngemis ngemis giliran bayar kabur ... Emg hutang itu tidak bisa di pidana tapi ingat nanti di akhirat akibatnya jadi intinya berani berhutang berani juga membaya kan beres

        • Aku gak kabur Lo guys, malah masih bertanggung jawab cicil, tapi malah ancam2 kayak gtu...

  • Ini hanya sekedar saran untuk calon pinjolers atau TS,
    Kalau mau pinjem duit di pinjol, jangan sekali-kali memasukan kontak darurat terutama ortu.
    Tips nya nih, beli kartu GSM 'odong-odong' (banyak yg jual di marketplace sekitar 3-5rb yang udah aktif). Beli aja sekitar 3-5 kartu. Modalin aja HP GSM biasa/jadul contoh: nokia 3360/3160 dsb. Masukin kontak darurat ke nomor odong-odong itu, ini untuk antisipasi kalau teror DC pinjol ngancem ke nomor kontak darurat. Dan ini efektif sudah dijalankan oleh beberapa orang.
    Contohnya ada di youtube ?

  • Makanya kalo minjem uang, tau kapasitas bisa balikin apa kagak.
    Kebiasaan org indo, yg minjem lebih galak daripada yg di pinjem.
    Mau pinjem muka2 melas, giliran di tagih muka2 judes.

    • Kapasitas balikin KLO masih kerja bisa bang, ini kondisi di rumahkan .. kita Ndak mau juga lah kayak gini ... Semoga Abang dan keluarga gak ngalamin kayak aku ya .. aku juga minjem ke akulaku gak ngemis... Kita pinjam, di ACC dr sananya... Bukan ngemis2 ya... Lagian aku gak galak kok. Hahaha q masih bertanggung jawab balikin hihihi ..

      • Tipsnya adalah: beli tunai untuk kebutuhan/barang2 konsumtif, jgn pernah pakai sistem angsuran. Terlihat ringan tapi itu lilitan ular piton, bisa meremukkan sendi2 perekonomian keluarga.

        • suami saya kerja, tapi usaha sendiri bu, saya di rumahkan ini kerja tapi wfh, jelas pendaptan kami menurun, memang ini keslahan karena terjerat pinjol, tapi bukan berarti saya juga gak tanggung jawab, sebisa mungkin saya masih angsur walau belum nutup. klo untuk jual kami udah gak punya apa2 bu, ada motor tapi memang di buat untuk jalan kerja suami. mau jual diri ya takut dosa? gmn donk bu?

      • upss juga, jangan2 mbaknya gak punya utang nieh, semoga mbak gak ngalamin ya kayak aku... se enggaknya aku udah tanggung jawab dengan masih angsur lo,,, di baca deh, pke kacamata, mana aku galak,,, gak bisa baca ya? semoga mbak nya kaya terus deh...

  • Pinjol zaman now mah mau Legal atau Ilegal sama saja prosedur nya, semoga permasalahannya cepat selesai dan cepat mendapatkan dana untuk penyelesaian pembayarannya.

  • Saya juga pengguna akulaku,tp saya selalu putar otak jika sdh waktunya bayar saya cari pinjaman(ilangin malu dulu?)intinya kalau kita sdh bayar akulaku tenang dan tinggal urusan kita sama tmn atau saudara gitu aja..itu kalau saya,Krn sebelum pademi keuangan saya aman" aja skrng kurang sehat...

    • ya maaf, saya sudah mau untuk gali lobang tutup lobang, apalagi ke saudara sekarang gak semua saudara itu mengeti. beruntung anda punya sudara yang mngerti.