Surat Pembaca

Pelayanan yang Mengecewakan di Alfa X

Halo,

Saya mau cerita, hari Rabu 6 April 2022, saya ke Alfa X daerah Ciputat dekat UIN. Pertama kali masuk buka pintu, gak ada sambutan hangat dari pelayan atau pramuniaga di sini, ditambah muka yang jutek sekali, baik yang pelayan perempuan maupun laki-laki.

Lalu saya membeli air mineral, dan melihat-lihat menu yang ada pada papan menu, tanpa disambut atau ditanya oleh para pelayan, untuk memberikan bantuan mengenai produk makanan dan minuman yang dijual di Alfa X ini.

Saya inisiatif untuk menanyakan ke pelayan laki-laki  (saya lihat namanya di setruk setelah pembelian), terkait dessert salad sayur atau buah. Namun pelayan ini menertawakan saya, sembari bilang tidak ada. Kemudian saya melihat-lihat lagi, saya tanya menu yang mengandung buah apa? Kata dia ada jus saja. Saya tanya jus apa saja? Lalu dia menyebutkan jusnya, tapi saya lihat ada di papan menu dessert ES BUAH. Saya langsung berinisiatif bilang “Pesan es buah aja, tapi tanpa gula sama susu“.

Lalu si pelayan ini makin menertawakan saya, dan bilang “Gak bisa lah, masa buah sama es doang?“. Padahal saya ini pembeli yang seyogyanya dituruti permintaannya. Saya berusaha mengiyakan untuk es batu dan buah saja, tapi tidak dikasih sama si pelayan ini dan malah menertawakan saya kembali. Akhirnya saya kesal dan memutuskan untuk beli Americano dan Croisant Plain.

Sesudah itu saya menanyakan, apakah ada tempat untuk charge hp? Si pelayan ini kembali menertawakan saya dengan gaya slengean-nya bilang “Di sini gak ada colokan“. Lalu saya menanyakan apakah di atas bisa dipakai? Kata si pelayan “Bisa, tapi di lantai 3 rooftop“, dengan sinisnya menjawab pertanyaan saya.

Oke saya melakukan pembayaran dan saya membayar menggunakan debit BCA. Namun saya salah mengetik PIN saya, dan si pelayan menertawakan saya kembali. Setelah itu si pelayan menjelaskan kalau makanannya siap nanti diambil di tempat pickup-nya dengan suara pelan dan tidak terdengar, saya iya kan saja.

Lalu setelah itu saya duduk dan meminta Wi-Fi ke pelayan perempuan. Lalu pelayan perempuan ini buka masker bangun dan pasang muka jutek sembari melototin saya, sembari dia ambil kertas Wi-Fi-nya. Yangg saya kagetnya, pelayan itu memberikan saya kertas Wi-Fi dengan cara tidak baik dan tidak sopan, lalu berbicara menjelaskan Wi-Fi-nya sembari jalan.

Ternyata Wi-Fi-nya hanya dikasih 1 jam. Hahaha, terlalu pelit sekali. Padahal di review kalau di sini tempat nongkrong yang nyaman, tapi ternyata gak sebagus review-nya. Tolong ditindaklanjuti Alfa X. Saya kecewa!

Reyta Andini
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Alfamart atas Keluhan Pelayanan di Alfa X Juanda

Kepada Yth. Ibu Reyta Andini – Jakarta Barat Menanggapi keluhan Ibu Reyta Andini – Jakarta Barat di Redaksi Media Konsumen...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • wait wait, katanya muka pd jutek. kalo jutek, boro2 ketawa, senyum aja ga bisa. hal ini sepertinya bersifat subjektif. pelayannya anggap biasa aja, pelanggan anggap kurang ajar, kurang sopan.
    wifi cuma dikasi 1 jam? ya bagus dong. kalo dibebaskan, lu duduk dah berjam2 modal cuma 24.800, alfa x nya rugi dong yg seharusnya tempat itu bisa buat org lain malah ada lu udah berjam2 masih nangkring aja hihihihi. please ah komplain itu yg berbobot dikit, jgn memperlihatkan attitude buruk anda di publik, malah bikin malu doang wkwkwk

  • Selam gw krja d public Service cerita diatas seperti nya mengada ada...?

    kalau org jutek kgk mungkin ketawa tawa.. saat mendpatkan orderan yg gk ada dilist / menu.. malah makin jutek....

    trus masa iya udah di jutekin dan di ketawain dan di arahin ke rooptop kok masih mau minta password WiFi
    sama ajah ini customer menyodorkan diri utk jd bahan ketawaan...

    baek baek loh klo sampai diusut lewat CCTV dan pencemaran nama baik

  • Klo dijutekin & ngerasa diketawain sih harusnya ngacir aja ya, ini kok malah masih mau numpang ngecharge & minta password wifi?

  • ini untuk sedikit cerita jg ya karena aku udh bbrp kali ke alfa x dan ga cuma dialfa x juanda dan br kemarin bukber dialfa x, kayanya kaka ini be pertama kali kesini ya? soalnya setau ku dialfa x manapun mempunyai standar SOP yg memang untuk wifi minimal pembelanjaan 30rb baru bisa mendapatkan free widi itupun yg tidak seharian...sedangkan kaka nya hanya belanja 24rb kan? Kalo memang mau free wifi seharian dan mau colokan itu bs sewa working space kok cuma 50rb udh dpt free drink dan ruangan sendiri... dan kalau kaka nya complain masalah permintaan pesenan ngga dituruti masalah es buah yaa kl gasalah? Aku rasa mrk bukan ga nurutin apa yg kaka mau karna memang itu diluar SOP cara pembuatan mrk kak.. lain kali jgn main asal ngejudge pelayanan seperti ini sembarangan loh kak bahaya..

    • Klo es buah sih sebenernya hpp klo misal minta ga pake susu, ga pake es, ga pake ina ga pake inu, asal bayarnya tetep sesuai harga yang tertera

      Sama aja kayak makan di gerai ayam goreng cepat saji yang minumannya boleh aja minta "no ice", ato misal makan nasi rawon trus minta ga pake toge

  • "terjadi kelalaian dalam pelayanan kasir kami.
    Atas tindakan tersebut, kami sudah memperingatkan kembali Raihan dan semua crew di Alfa X Juanda"

    Woy buzzer2 bodong, ahahaha dah ngegas salah pula, btw masi kerja apa dah dipecat2in ahahaha...