Surat Pembaca

Refund Limit Kartu Kredit dari Tokopedia Lambat

Pada tanggal 3 April 2022 pukul 22.10 WIB saya melakukan transaksi di Tokopedia menggunakan CC. Tapi dengan alasan saya ingin mengganti alamat pengiriman karena ada perubahan rencana (alamat yang baru jauh dari alamat yang sebelumnya) lalu pesanan tersebut terbatalkan dan mendapat notifikasi limit kredit akan dikembalikan maksimal 14 hari kerja. Dan ini sangat menghambat sekali karena saya butuh limit kredit cepat kembali untuk melakukan transaksi ulang.

Hari ini tanggal 7 April 2022 limit kredit belum juga kembali, dan dalam pesan notifikasi dana baru diproses pada tanggal 5 April 2022 pukul 00.10

Benar benar sangat mengecewakan Tokopedia, pengalaman saya sebelumnya pernah terjadi seperti ini di marketplace kompetitor-nya tetapi bisa menyelesaikan refund dalam waktu 1 hari sudah masuk ke limit kredit.

Sekarang saya hanya berharap cemas karna limit kredit belum kembali dan waktu semakin mepet dengan acara yang akan berlangsung

Yang saya keluhkan adalah marketplace kompetitor-nya bisa menyelesaikan refund dengan sangat cepat tapi mengapa Tokopedia sangat lambat dalam proses refund seperti ini. Ini jadi masalah yang sangat mengesalkan sekali karena saya ingin melakukan transaksi ulang namun terhalang oleh Tokopedia sendiri dalam proses refund-nya!

Alberto Nicolas Santosa
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mungkin lain kali jangan pakai kartu kredit. kalau saya transaksi di tokopedia selalu pakai virtual account, kalau refund hitungan detik sudah masuk saldo refund.

    • Betul, layanan menggunakan CC tidak secepat dengan VA. Tapi apa daya saya sudah budgeting menggunakan CC jadi mau tidak mau harus menunggu limit kembali.

      • pak apakah refund limit ke CC nya memang 14 hari kerja ? Atau tidak sampai 14 hari .. Ini saya sama halnya juga . Udah 3 hari belum balik limitnya

    • Kalopun mau pake CC dipastikan dulu segala sesuatunya dan ditanyakan dulu ke seller mengenai ketersediaan produk, jumlah yg dipesan, warna yg diinginkan & yg pasti alamat pengiriman sudah benar & sesuai. Apalagi ini total harga produknya lumayan besar. Dan memang kebijakan semua bank adalah untuk proses refund itu maksimal 14 hari kerja. Kalo mau komplain/menanyakan status refund ya harusnya langsung call ke pihak bank penerbit CC nya. Skrg yg harus dilakukan ya hanya menunggu.

    • sudah saya pahami maks 14 hari kerja tidak menutup kemungkinan lebih cepat, hanya saja harapan saya pelayanan tokopedia sama cepat nya dgn kompetitor sebelah dalam mengurus masalah seperti ini. Kompetitor nya 1x24 jam sudah kembali limit berdasar pengalaman sy sebelumnya

      • Yaa.. Bisa jadi masukan utk pihak toped supaya nambahin budget buat bagian finance nya..

  • Hampir semua marketplace seperti itu aturannya, kecuali Shopee yang langsung masuk Shopeepay. Mungkin karena dia punya ewallet sendiri, jadi biar banyak yang pakai juga, jadi "ditalangi" dulu sama Shopee. Diluar negeri malah sebulan dua bulan kalau refund CC.
    Proses refund CC melibatkan beberapa pihak,marketplace✓visa/mastercard✓bank penerbit CC. Sekali lagi kalau ada yang langsung itu ditalangi dulu.

    • Terima kasih infonya mas, jadi ternyata shopee itu menalangi dulu ya.
      Ini lebih baik sih, karna jika pembeli ingin re-order tidak perlu menunggu lama lagi

  • Begitulah sudah ketagihan utang. Meski ada kartu debit. Ttp aja nggak mau pake. Hemm kendati nunggu.. kebiasaan

  • klo boleh tau CC nya dari principal apa dan Penyedia jasa apa ??

    saya hampir tiap hari belanja d tokopedia limit balik secepat kilat setelah diketahui dibatalkan
    d notif lgs dr cc yg d pakai

  • Itu aturan maksimal yaitu 14 hari.biasanya sebelum 14 hari sudah dikembalikan saldonya.prosesnya ada di bank penerbit dan tergantung kebijakan masing masing bank. Jadi sabar ya.lain kali pastikan dulu ,kalau udah mantap baru bayar. Dari semua marketplace,tokopedia masih yg terbaik.

  • Aturan sudah ada dan tidak ada yang dilanggar oleh Tokopedia. Anda transaksi hari ini, tercatat di bank penerbit belum tentu langsung dihari transaksi. Bisa nunggu 2-3 hari baru tercatat di sistem bank Begitu pun refund, bank juga butuh waktu dari terima laporan tokopedia bahwa anda minta refund. Shopee pun seperti itu. Uang anda lebih cepat sampai karena ditalangin dulu. Shopee punya ewallet sendiri. Jadi bukan shopee cepat. Sepertinya limit kartu kredit anda kecil. Lebih baik minta naik limit.

      • Anda ini sepertinya orang yg suka terburu" Dan tidak teliti... Buktinya dalam komentar anda saja 2 x anda menyebut shopee yg ga ada hubungannya

        • Mungkin mas yang tidak teliti, saya menyebut shopee karna perbandingan dari komentar pengunjung lain yang membandingkan dgn shopee

        • saya pun pernah pengalaman di shopee spt ini, limit langsung kembali saya pun baru tau sistem nya dari komentar pengunjung diatas bahwa itu shopee yang menalangi dulu.
          Jadi tidak ada salahnya saya pun membandingan tokopedia dan shopee dalam kasus spt ini.

    • Itu bukan hanya aturan tokopedia, tp aturan dr bank penerbit... Krn saya sendiri pernah mengalaminya

      • Sudah saya tanyakan ke pihak bank yg bersangkutan, dan pihak bank menyebut cepat atau lambatnya dari pihak tokopedia

  • jadi 14 hari aja belum? udah nulis di sini?

    mending naikin limit aja bung, kok kayak kesusahan sekali sepertinya wkwkwkkw

  • 14 hari itu memang persyaratan dari pihak visa atau mastercard itu. Merchant sama bank penerbit bisa apa?