Surat Pembaca

Bunga Kredivo yang Cukup Besar

Saya pengguna Kredivo sudah cukup lama. Sebelumnya saya tidak pernah terlambat untuk membayar. Namun saat sekarang saya meminjam lagi Kredivo dan terlambat membayar, karena ada suatu musibah.

Saya memiliki 2 tagihan di Kredivo, dengan pinjaman awal Rp9.700.000 dan yang harus saya bayar Rp13.950.000 (belum termaksud bunga keterlambatan). Saya sudah tidak mampu kalau harus membayar bunga Kredivo yang cukup besar. Karena saya terlambat membayar, sehingga bunga keterlambatan saya cukup besar. Sementara bunga pinjamannya juga sudah cukup besar.

Saya sudah minta keringanan ke DC lapangan yang sudah datang ke rumah, maupun DC call. Namun tidak bisa. Saya sudah ditagih oleh DC lapangan yang sudah datang ke rumah, DC telepon yang menelepon ke tempat kerja. Padahal saya respons chat dari Kredivo.

Saya mohon untuk keringanan kepada Kredivo. Saya akan membayar cicilan saya, tapi saya tidak sanggup apabila harus membayar cicilan + bunga + bunga keterlambatan.

Anisa Nurtiana
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Anisa Nurtiana

Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Anisa Nurtiana di Mediakonsumen.com tanggal 08 April 2022 pada kolom Surat Pembaca yang berjudul “Bunga...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • besarnya bunga memang subjektif, tapi itu harusnya TIDAK RELATIF terhadap kekayaan kita saat memulai hutang dan tengah berhutang

    pas awal ngutang lagi ada duit dan pemasukan stabil, bunganya kecil?

    pas tengah ngutang g bisa bayar, masa bunganya bisa dianggep tambah besar?

    ya bunga nya sama oi dr pas awal ngutang wkwkwkwkwkwkkw, dari awal anda tahu bunganya brp, bukan tambah besar, kemampuan anda membayar yang tambah kecil, bukan salah bunga nya

    kalau anda merasa bunganya besar dari awal, jangan ngutang di situ

    bilang saja inti nya anda g bisa bayar, minta keringanan, jangan salahin bunga nya, karena anda sendiri yang setuju untuk bayar bunga segitu besar, serta bersedia membayar bunga keterlambatan apabila memang telat bayar

    • Betul sekali.mestinya tidak usah pinjam kalau sudah tau akibatnya.hidup yg sederhana saja.

      • Sudah sering beberapa kali di beritahu menkopolhukam kalo pinjol gak perlu dibayar kalo memang sudah tidak mampu, atau kalo perlu laporkan saja ke nomor whatsapp OJK di 081157157157 atau telp ke 157 buat laporan disitu..

    • Mendingan gak usah dibayar biarin.. gak bakal masuk penjara.. dosa kita yang nanggung bukan kalian.

      • Bukan soal dosa Zon. Tapi SLIK/BI Checking nya jadi jelek karena Kredivo sudah terdaftar di OJK, selanjutnya malah tidak bisa pinjam uang/KPR/KKB ke siapapun kecuali rentenir illegal.

        Mbok ya ngasi saran itu dipikir dulu. Jangan asal kayak si politisi Zonk Zonk itu. Walah Zon, Zon.

        • masalahnya kaum ngutangers itu ya gini, orang yang mau utang baik2 dijerumuskan juga untuk tidak bayar, sama orang2 yang galbay kyk manusia satu ini

          ga paham saya kok bisa2 nya nyuruh orang g bayar, kalo pinjol ilegal masih oke lah, lah di surat kredivo, HCI ada aja yang bilang jangan dibayar

          gvlok jangan ajak2

        • Buat apa pinjam uang lagi kalo emang nggak perlu, emang elu tau kalo dia rumahnya maaih ngontrak segala bawa2 KPR segala.. Lu yg halu apa govlog?

        • Jual apa yang ada, motor, perabotan, mulai hidup baru dengan apa adanya jangan di ada ada in

      • Ada yg org yg berpikiran kek gini. Gak bayar utang. Enak bgt ya dapetin duit. Ngutang gak dibayar

    • Setahu saya di kredivo itu ada klausul jika telat membayar maka akan ditambahkan denda sebesar 1 kali cicilan bulanan. Emang gila sih ketentuannya, makanya harus teliti membaca ketentuan pinjaman. Saya limit puluhan juta ga pernah saya pake.

  • 12 bulan.
    Masih bayar 2 bulan..
    Kurang 10 bulan lagi.
    Semoga dapat rejeki dadakan.

  • Klo buat pinjam uang , sy tdk sarankan . Lebih baik ambil KUR di bank pemerintah, kredivo buat belanja kali 2 ke Alfa atau kredit elektronik. Smoga cepat selesai masalahnya

  • Saya juga pengguna kredivo namun saya g brani ngutang gede2 krna ngtang gede pasti bunganya juga gede kn

    • Saran sy anda hrs minggat atau anda akan dikejar2 trus sm renteniirr
      Mimpi buruk ketika qnda pinjam uang sm rentenirr

    • Saya pikir kalau mau hutang ukur dengan kemampuan keuangan kita tiap bulannya. Berapa ada dana lebih. Dan jangan ambil cicilan full sesuai dana lebih kita. Tapi separuhnya dana lebih tersebut. Sebab akan ada pengeluaran tak terduga suatu saat. Jika ada dana lebih saya bayar dobel ke kredivo. Agar suatu saat tidak bisa bayar kita ada kelebihan pembayaran yg bisa menjaga kita kalau sampai tidak ada dana

    • Sama, saya pengguna kredivo dpt limit 6juta, udah cicil 4x tapi udah 2 tahun lebih galbay. Dc dtg kermh org batak 1org 2x yg ke 3x berdua org papua sama ambon.. Mereka pulang tangan kosong, cuma disuguhin kopi doang.. Cuma bilang kalo saya udah ga bisa bayar.. Mau apa lagi? Peraturan yg sekarang lebih dari 3bulan galbay jgn ditagih. Kalo masih nagih juga diemin atau usir kalo kerumah.. Dc pihak ke3 cuma nyari duit doang tapi masih sayang sama nyawanya.. ?

  • Besaran bunga tidak berubah. Jadi tidak bisa disebut bunga membesar. Disebut bunga membesar jika kredivo sesuka hatinya menaikkan bunga. Dikasus anda ini bunga cicilan dan bunga keterlambatan sesuai dengan perjanjian diawal. Kesimpulannya adalah bukan bunga yang membesar tapi kemampuan membayar anda yang turun. Jadi lebih bijak jika Anda berterus terang dalam membuat judul yaitu "Saya Minta Keringanan Cicilan Kredivo". Jika anda jujur, saya yakin kRedivo memberi keringanan tapi anda salah jalur. Justru memfitnah seolah olah kredivo membesarkan bunga. Bijaklah dalam mengeluh tanpa memfitnah.

  • Setau ane kalo fintech jika pinjaman bayar telat bunga keterlambatan itu jauh lebih besar, dr bunga jika tdk terlambat, kredivo sejauh ini mematok bunga relatif kecil dibandingkan dgn yg lain dengan catatan bayar tepat waktu, jika telat yaah tanggung resiko laah coz jumlah pinjaman cukup besar pula itu...?

    • Kredivo tu klo pinjam uang bunganya mmg besar, potongan admin aja udh besar blm bunganya per bln. Keterlambatan seharipun dihitung sebulan lbh besar lagi dr bunga pokok, jadi bunga berbunga maka tagihan jd besar. Klo buat belanja paling murah cicilan 1bln cm kena admin 1%.