Surat Pembaca

Aplikasi Akulaku Mengakses Kamera HP Secara Diam-diam?

Mohon penjelasan dari Akulaku, terkait masalah penggunaan kamera HP secara diam-diam ini. Pada saat itu saya sedang tidak membuka aplikasi Akulaku, tapi kenapa ada penggunaan kamera?

Apakah ada pasal perjanjian penggunaan kamera secara diam-diam tersebut? Setahu saya, pengambilan gambar atau penggunaan kamera dibolehkan saat menggunakan aplikasi, untuk mengambil gambar keperluan seperti upload berkas.

Bayangkan kalau misalkan kita sedang mandi, tiba-tiba aplikasi Akulaku ini mengambil gambar secara diam-diam, tanpa sepengetahuan kita dan disalahgunakan. Saya jadi berpikir-pikir lagi untuk menggunakan aplikasi seperti ini.

Saya pengguna aplikasi Akulaku, tanpa mempunyai tagihan dan pemakaian hanya sesekali. Maaf, saya uninstall dulu aplikasi Akulaku untuk sementara waktu. Ngeri juga, takut jika data-data pribadi saya disalahgunakan.

Rangga Jepisa
Tangerang Selatan, Banten


Update tanggapan dari pihak terkait (27/4/22):

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara/i Rangga Jepisa

Jakarta, 11 April 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Rangga...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Wuih parah banget tuh. Harusnya jgn uninstall doank tp ajukan penghapusan akun agar gak ada masalah nanti. Banyak masalah transaksi di situ

    • Bagaimanapun kamera adalah hak privasi pengguna. Operator bisa kena jeratan pidana & perdata.
      Wah kalau minta bantuan ke timnya bang Hotman Paris, abis tuh akulaku .
      @Rangga, tuntut aja ke pengadilan. Bisa kok

      • Akulaku semakin hari semakin aneh privasi orang mau diaskes, dan dc2 yg gak ada etika bisa intimidasi

        • Bisa keluarin banyak uang maksudnya wkwkwk.. jan saranin ke pengadilan deh bang klo lu sendiri gak pernah tau estimasi budget perkara perdata. Itu lebih seperti menjerumuskan orang wkwkwk

        • kalau lazadan dan shoope bang jd duit ngga bukannya juga ada izin akses kamera😂

      • Untuk saat ini akulaku buat gue GK ada masalsh...udah 3tahun apl akulaku cukup memuaskan.... Kembali ke dri kita masing"
        Sebisa mungkin menjaga data dri kita .

        • Semua pinjol memang mengakses semua isi perangkat hp jadi yg sudah kejerat pinjol dan tidak sanggup bayar buang aja sadap nya baru galbay

        • Bukan diam2 bang. Awal gunakan dulu kan butuh foto ktp sama selfie megang ktp. Kalau habis itu sudah gak dipakai lafi. Ijinnya bisa dihapus kok

          • Iya bang gak diam2 cuma kalo Abang gak baca artikel ini gak mngkin Abang kfikiran kan klo mau hpus stelah dgunakan haduhh abanggkuuu...

      • Tinggal matikan aja perizinan. Di android Masuk setting-Aplikasi-Perizinan. Beres. Gak perlu uninstal aplikasi

      • shope,lazada,akulaku semua ada persetujuan akses kamera, tpi ngga secara diam2 bang.. cuma akses buat keperluan verifikasi/upload foto yg berhubungan sm aplikasi. klo akses diam2 itu udh penyalahgunaan

    • Wah parah banget, untung gak jadi install akulaku. Bagi yang sudah install app ya, segera uninstall

  • Setau saya dari awal pandemi Akulaku bisa akses perangkat , dulu sih ga bisa. Jadi bisa lihat hampir semua di hp. Tapi baru tahu kalau dia juga akses kamera diam², macam pinjol ilegal aja. Dulu kan pernah viral da yang ditagih sambil dikirim foto sedang makan.

  • pada saat install aplikasi, pasti harus klik ok beberapa kali hingga aplikasi siap digunakan.
    misalnya aplikasi meminta ijin mengakses lokasi, contacts, galeri, kamera, dll..
    kalau kita tidak menyetujui biasanya aplikasi jadi tidak bisa digunakan.

    kalo kita setuju menggunakan aplikasi akulaku, maka artinya akulaku sudah dikasih ijin untuk mengakses lokasi, kontak di hp, kamera dan foto yang ada di galeri hp kita.

    • Yes betul, jika ada keperluan berkas yg mesti di upload untuk mendukung pengajuan pinjaman atau cicilan tapi ga secara diam2 pengambilannya, padahal HP sedang saya charger dan tidak buka aplikasi dan mengajukan pinjaman atau cicilan.

  • Benar... Minta hapus akun dulu baru uninstall, takutnya sewaktu waktu akun/data anda di akulaku disalahgunakan oknum tak bertanggung jawab alias maling. Karena udah pernah kejadian...

  • Gila bener ya aplikasi ini. Tidak beda dengan sindikat jual beli privasi orang.

  • Penggunaan kamera hanya boleh digunakan saat pengajuan berkas, setau saya itu syarat dari OJK utk pinjol terdaftar, jika penggunaan kamera terdeteksi diam2, benar2 terjadi.. ini sudah masuk pelanggaran pidana, bisa dituntut secara hukum.. jika anda kenal lawyer, bisa disomasi itu.. tapi biayanya memang banyak, tapi tuntut saja secara materi lebih banyak..

    • maksud dr diam2 gmana tuh bang?
      cuma mau tau ada hasil/bukti ngga kalau akses diam2?

      bukannya apk sejenis juga gitu ya shoope lazada gojek juga ada akses kamera?buat daftar ya?

    • Somasi kok langsung ngmg tuntutan materil bang.. jan ngajarin orang halu deh, klo jenengan ngerti hukum harusnya ngajarin kapan bisa ngajuin dan fungsinya buat apa sih. Bukan malah ngajarin orang seolah-olah bisa nyari duit dari somasi.. itu salah bang

  • Hati-hati dengan Akulaku, aku sudah hapus aplikasi ini, karena nomor hape saya tersebar ke pinjol2 ilegal. Semenjak gabung akulaku hanya seminggu langsung banyak sms dan wa dari pinjol ilegal. Dan data2 kontak di hape di akses oleh akulaku, aku gak percaya dengan pinjol satu ini.

  • laporin aja bro,sepertinya udh ada niat ga baik itu...pencurian hak dan data2 privasi bisa terjadi itu,bahaya kalo di diamkan...